Cara Membuat QRIS Dana Bisnis, Manfaat, dan Syarat

cara membuat qris dana

Cara membuat QRIS dana bisnis sebenarnya cukup mudah dilakukan, Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui caranya. Padahal dengan membuat QRIS, seseorang bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan manfaat untuk menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari dalam berbisnis.

QRIS sendiri termasuk dalam metode pembayaran non tunai yang sengaja dikembangkan oleh BI. Dalam hal ini, QRIS menggunakan system scan QR Code. Selain pada bank-bank resmi, QRIS juga bisa digunakan di berbagai dompet digital.

Menggunakan QRIS sangat memudahkan seseorang dalam melakukan aktifitas. Misalnya, seseorang ketika makan tidak membawa dompet. Orang tersebut bisa langsung menggunakan QRIS untuk melakukan proses pembayaran. Asalkan tempat makan tersebut menyediakan QR Code.

Cara Membuat QRIS Dana Bisnis

Metode pembayaran dengan menggunakan QRIS ini masih terbilang baru. Pasalnya, pihak pemerintah baru saja mengesahkan metode ini pada tahun 2019. Sehingga saat ini sedang pesat-pesatnya seseorang menggunakan metode ini karena dirasa sangat memudahkan seseorang dalam pembayaran.

Sebelum menggunakan QRIS dana bisnis, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Terdapat beberapa tahapan yang wajib dilakukan ketika akan membuat QRIS. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara membuat QRIS dana untuk dijadikan referensi bagi pengguna:

  • Buka aplikasi dana dan pilih menu pada bagian menu bisnis. Jika tidak ada cobalah untuk melihat di bagian bawah.
  • Setelah itu, pilih “daftar sekarang”
  • Isi semua informasi yang dibutuhkan mulai dari nama bisnis, jam operasional, produk apa yang akan dijual, dan lain sebagainya.
  • Setelah selesai, klik lanjutkan.
  • Setelah itu, calon pengguna diminta untuk mengisi alamat. Meliputi kecamatan, provinsi, kode pos dll. Setelah itu klik lanjutkan.
  • Selanjutnya, akan muncul halaman konfirmasi meliputi semua informasi yang telah diisi tadi. Pastikan semuanya terisi dengan benar dan jujur untuk mempermudah segala aktivitas selanjutnya.
  • Jika dirasa sudah yakin, klik untuk mengonfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat sampai pihak dana melakukan proses verifikasi dari data yang telah dikirimkan. Kemudian jika verifikasi berhasil, pengguna akan segera membuatkan kode QRIS dana.

Keuntungan Menggunakan QRIS Dana Bisnis

Setelah mengetahui cara membuat QRIS dana bisnis, saatnya untuk mengetahui manfaat serta keuntungan jika seseorang memutuskan untuk membuat QRIS. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini beberapa benefit yang akan didapatkan ketika seseorang menggunakan QRIS dan bisnis:

1. Transaksi Menjadi Cepat

Manfaat pertama ketika para pemilik bisnis menggunakan QRIS dana bisnis yakni transaksi akan lebih cepat. Hal ini dikarenakan para konsumen tidak perlu lagi membawa uang fisik untuk berbelanja. Selain itu, para penjual tidak perlu repot mencari uang kembalian.

Dengan melakukan pembayaran menggunakan metode ini proses pembayaran akan cepat serta efektif. Asalkan konsumen memiliki koneksi internet yang stabil. Para konsumen cukup scan kode kemudian memasukkan jumlah uang yang harus dibayarkan.

2. Proses Jual Beli Menjadi Mudah

Para pemilik usaha tidak perlu membuat dan mendaftarkan banyak merchant untuk menyediakan pembayaran. Pemilik usaha cukup membuat satu kali untuk menerima pembayaran apk dari QRIS. Cukup satu kode, penjual bisa mendapatkan pembayaran dari berbagai metode.

Asalkan para pemilik usaha mengetahui cara membuat QRIS dana bisnis, maka urusan jual beli menjadi mudah. Selain itu, tampilan pada toko akan terlihat lebih simple serta lebih elegan. Sehingga jika dipandang tempat tersebut akan lebih nyaman.

3. Mencegah Peredaran Uang Palsu

Tidak bisa dipungkiri, saat ini semua hal dalam kehidupan membutuhkan uang. Hal ini membuat orang yang tidak bertanggung jawab sering membuat uang palsu. Tentu saja kegiatan tersebut sangat merugikan banyak orang termasuk pemilik usaha.

Hal tersebut ternyata bisa dihindari oleh pemilik bisnis yakni dengan menerima pembayaran dari konsumen menggunakan uang digital. Para pemilik usaha banyak menggunakan metode QRIS dana karena untuk menghindari segala bentuk penipuan dari konsumen.

4. Keamanan Transaksi Terjamin

Dengan menggunakan QRIS dana, keamanan dalam bertransaksi akan lebih aman. Hal ini dikarenakan metode dalam pembayaran sama dengan transfer antar rekening bank. Setiap transaksi biasanya membutuhkan kode atau pin persetujuan dari konsumen terlebih dahulu.

Ketika ada suatu metode transaksi yang dirasa kurang wajar, biasanya konsumen biasanya akan melaporkan kasus tersebut ke penyedia layanan. Hal tersebut dilakukan karena dalam layanan tersebut semua kegiatan dalam transaksi dicatat secara online dan jelas.

5. Membantu Pemilik Usaha dalam Mencatat Transaksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam QRIS setiap transaksinya secara otomatis akan tercatat secara online. Pemilik usaha akan dimudahkan dalam proses pencatatan tersebut. Sehingga QRIS ini bermanfaat untuk melengkapi data-data secara lengkap.

Riwayat ataupun data transaksi juga mudah diakses dengan real-time. Dengan demikian pengelolaan keuangan usaha akan lebih efisien serta efektif. Pemilik usaha pun bisa memantau. Seluruh aktivitas dan riwayat keuangan dengan mudah.

6. Metode Pembayaran yang Variatif

Dalam melakukan pembayaran, pemilik bisnis biasanya akan memberikan berbagai pilihan. Salah satunya adalah menggunakan QRIS. Metode pembayaran itu yang sering dipakai konsumen. Hal tersebut karena tidak semua orang memiliki uang cash.

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang beralih dari pembayaran tunai ke pembayaran digital. Dengan bantuan metode QRIS ini, konsumen akan mudah serta lebih nyaman menggunakan QRIS dalam melakukan prose jual beli.

Syarat Membuat QRIS Dana Bisnis

Setelah mengetahui cara membuat QRIS dana bisnis dan manfaatnya ada baiknya mengetahui syarat-syaratnya. Dengan melengkapi persyaratan yang ditetapkan pengguna baru bisa membuat QRIS. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa syarat yang harus dilengkapi:

1. Memiliki Dana Bisnis dan Lapak Usaha

Syarat ini wajib dimiliki oleh pengguna. Bagaimana akan membuat QRIS dana bisnis jika tidak memiliki akun dana. Selain itu, seseorang juga akan kesulitan membuat QRIS dana bisnis jika orang tersebut tidak memiliki suatu usaha atau lapak.

2. Akun Diupgrade ke Premium

Syarat kedua ini wajib untuk dilakukan. Salah satu syarat melakukan upgrade akun dana adalah dengan mengupload foto identitas yakni KTP. Agar cepat dalam proses verifikasi, sebaiknya foto KTP tersebut jangan blur dan wajib jelas dibaca oleh system.

Jangan khawatir, jika foto tersebut tidak buram, proses verifikasi tersebut akan cepat. Biasanya hanya memerlukan waktu sehari semalam untuk proses verifikasi. Setelah berhasil, pengguna bisa melanjutkan untuk melakukan pembuatan QRIS dana bisnis.

Itulah cara membuat QRIS dana bisnis, manfaat, serta syarat yang harus dipenuhi calon pengguna. Tidak bisa dipungkiri saat ini banyak orang yang tidak memiliki uang cash. Hal tersebut dikarenakan orang-orang lebih memilih menggunakan uang digital.

Banyak orang menggunakan uang digital karena dirasa lebih efektif dan tentunya mudah. Selain itu, para pemilik bisnis juga lebih senang memakai QRIS karena lebih mudah dalam melihat catatan riwayat keuangan.

Cara untuk membuat QRIS dana bisnis pun juga mudah dilakukan serta tidak membutuhkan waktu yang relatif lama. Bagaimana? Apakah tertarik untuk mencoba membuat QRIS dana bisnis untuk memperlancar usaha? 

Related Posts

transfer bca ke blu

Simak 2 Cara Transfer BCA ke BLU Termudah

Transfer merupakan cara yang amat ampuh dan dipilih banyak orang untuk mengirim uang tanpa harus mendatangi teller.  Kini tersedia berbagai cara praktis dalam melakukan transfer BCA ke…

Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri

Mau Tahu Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri? Simak Penjelasannya!

Bagi yang memiliki hutang di akulaku, maka saatnya tahu bagaimana cara bayar akulaku lewat livin mandiri agar terbebas dari biaya admin. Sebab memang kebanyakan orang malas bertransaksi…

cara bayar indomaret pakai shopeepay

Cara Bayar Indomaret Pakai Shopeepay Serta Keuntungannya

Cara bayar Indomaret pakai Shopeepay membuat transaksi, di salah satu jaringan market ini semakin mudah. Karena para pembeli tidak perlu membawa uang tunai lagi dan memikirkan uang…

Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA

Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA dengan Tepat? Simak Ulasannya

Kemudahan cara transfer dari BSI ke DANA nyatanya masih belum mampu menjangkau setiap masyarakat, pengguna BSI. Cukup disayangkan, mengingat akses transfer yang bisa dilakukan tak terbatas waktu…

Cara Transfer Neo Ke Shopeepay

Belum Tahu Bagaimana Cara Transfer Neo Ke Shopeepay? Yuk Simak Penjelasannya!

Neo menjadi salah satu dompet digital, sayangnya banyak yang belum tahu bagaimana cara transfer neo ke shopeepay untuk dilakukan. Sebenarnya untuk melakukan transfer atau transaksi cukup mudah….

cara bayar parkiran pakai ovo

Cara Bayar Parkiran Pakai OVO dan Promo Pembayarannya

Artikel diperbarui pada 29 Desember 2022. Dengan adanya berbagai teknologi pembayaran, para pengguna semakin mudah untuk melakukan pembayaran. Bahkan, ada cara bayar parkiran pakai OVO sehingga para…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.