Cara Ganti Nomor Hp di ATM BRI, Lakukan Demi Keamanan!

cara ganti nomor hp di atm bri

Artikel diperbarui pada 8 Juli 2023.

Setiap nasabah bank BRI harus menyertakan nomor Hp yang aktif ketika membuka rekening. Jika nomor tersebut hilang, ada cara ganti nomor Hp di atm BRI yang bisa dilakukan. Caranya mudah dan tak membutuhkan waktu lama.

Nomor Hp yang digunakan untuk data pada sebuah rekening di bank memang harus diupdate. Sebab, nomor lama yang sudah tidak aktif dengan jangka waktu yang panjang maka akan diperjualbelikan lagi oleh operator telepon.

Selain itu, salah satu fungsi nomor Hp adalah untuk SMS Banking BRI. Mengganti nomor Hp yang sebelumnya sudah terdaftar bisa dilakukan melalui mesin ATM BRI. Namun sebelumnya nasabah juga harus menghubungi call center.

Cara Ganti Nomor Hp di ATM BRI dengan Mudah dan Cepat

Mengganti nomor Hp via ATM BRI dirasa lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Namun, sebelum mengunjungi ATM, nasabah bisa menghubungi call center terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk melengkapi data diri sebagai nasabah.

1. Hubungi Call Center

Sebelum melakukan cara ganti nomor Hp di ATM BRI ini, nasabah harus menghubungi call center dan ingat untuk tidak memberikan PIN ATM kepada siapapun. Call center tidak akan menanyakan PIN ATM karena hal itu terkait keamanan rekening nasabah.

  • Siapkan beberapa data yang diperlukan terlebih dahulu sebelum menghubungi call center. Data yang diperlukan seperti KTP, kartu ATM atau kartu debit dan buku tabungan. Cara ini untuk menghindari lamanya waktu telepon karena persiapan yang kurang.
  • Hubungi call center BRI di nomor 14017 melalui perangkat telepon.
  • Jika sudah terhubung, nasabah bisa mengikuti instruksi untuk memilih layanan yang tersedia.
  • Pilih ekstension 9 untuk M-banking dan tunggu selama sambungan berlangsung. Customer service akan terhubung dan menanyakan kepentingan penelpon atau nasabah.
  • Sampaikan tujuan untuk mengganti nomor Hp yang telah terdaftar sebelumnya.
  • Pihak customer service akan memberikan beberapa pertanyaan soal kebenaran data demi keamanan nasabah. Misalnya seperti nama dan alamat lengkap sesuai dengan KTP. Termasuk menanyakan nama ibu kandung, nomor rekening hingga perkiraan saldo terakhir yang dimiliki.
  • Tunggu hingga pihak customer service melakukan verifikasi. Mengingat proses ini cukup memakan waktu, pastikan bahwa pulsa yang digunakan untuk telepon tidak habis atau telepon tidak terputus.
  • Jika proses verifikasi tidak terkendala maka nomor lama akan terhapus melalui customer service. Nasabah bisa menggunakan nomor Hp yang baru untuk melakukan registrasi ulang.
  • Apabila ada kesulitan untuk menggunakan nomor yang baru, nasabah bisa meminta bantuan customer service.

2. Kunjungi ATM BRI Terdekat

Pastikan bahwa menghubungi call center untuk penggantian nomor Hp sudah berjalan lancar. Berikutnya, lakukan langkah verifikasi via ATM BRI. Pilih ATM terdekat pahami langkah-langkah berikut dengan cermat.

  • Lakukan transaksi pada umumnya dengan memasukkan kartu ATM BRI pada mesin.
  • Pada layar akan muncul pilihan bahasa yang akan digunakan seperti Indonesia atau English. Pilih bahasa yang dikuasai untuk melanjutkan transaksi.
  • Masukkan pin ATM BRI dengan benar.
  • Pilih menu registrasi yang muncul pada layar kemudian pilih menu SMS Banking.
  • Jika tertera halaman memasukkan nomor, silakan masukkan nomor handphone baru yang sudah diverifikasi melalui call center sebelumnya.
  • Nasabah juga harus membuat pin baru sebanyak enam digit, kemudian ulangi langkah tersebut. Buat pin ATM yang unik agar tidak mudah tertebak.
  • Tunggu hingga proses penggantian pin ATM selesai.
  • Struk akan keluar dari mesin ATM. Pada struk akan tertera informasi soal penggantian nomor. Pastikan nomor yang dimasukkan memang benar adanya dan tidak ada kesalahan.
  • Pilih opsi selesai pada layar jika nasabah ingin mengakhiri proses tersebut.
  • Tunggu hingga kartu ATM keluar dan cara ganti nomor Hp di ATM BRI ini selesai.
  • Nasabah sudah bisa menggunakan layanan SMS Banking menggunakan nomor Hp yang baru.

Alasan Pentingnya Perbarui Nomor Hp

Operator telekomunikasi akan menjual nomor Hp yang tidak aktif dalam jangka waktu lama. Hal tersebut memungkinkan nomor itu digunakan oleh orang lain. Patut waspada bila nomor Hp disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab, seperti:

  • Aksi kejahatan tindak penipuan mengatasnamakan pemilik nomor. Terutama untuk urusan kartu kredit dan rekening bank karena nomor Hp masih terhubung dengan rekeningnya.
  • Penipuan saat belanja online, oknum penipu bisa dengan mudah mendapatkan persetujuan pembayaran menggunakan OTP atau One Time Password.
  • Penyalahgunaan transaksi E-banking.
  • Mengganti nomor Hp harus disertai update atau pembaruan data untuk mobile banking karena dana mobile banking bisa terkuras oleh pelaku kejahatan.

Apabila nomor Hp yang sebelumnya sudah terdaftar di rekening tetapi hilang atau hangus sebaiknya segera melakukan cara ganti nomor Hp di ATM BRI. Selain demi kenyamanan transaksi, faktor keamanan juga harus dipertimbangkan.

Meski terbilang mudah, namun cara ganti nomor Hp ini harus dilakukan oleh yang bersangkutan. Tidak bisa diwakilkan demi keamanan nasabah termasuk ketika melakukan penggantian melalui call center BRI.

Fungsi Nomor Hp di Rekening BRI

Keamanan data perbankan tiap nasabah merupakan prioritas tinggi. Terutama untuk menghindarkan nasabah menjadi korban skimming yang merugikan. Hal ini menjadi salah satu fungsi nomor Hp di rekening, fungsi lainnya seperti:

  • Nomor Hp bisa berfungsi sebagai SMS Banking. Nasabah bisa melakukan aktivitas perbankan seperti transfer, cek mutasi hingga melakukan berbagai jenis pembayaran hanya dengan mengirim SMS ke 3300. Namun setiap transaksi dikenakan biaya pulsa.
  • Nomor Hp juga bisa sebagai pelengkap data dari pemilik rekening. Sehingga ketika ada kepentingan perbankan, pihak bank bisa menghubungi nasabah langsung melalui nomor tersebut. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa update nomor Hp diperlukan.
  • Persyaratan wajib saat pembuatan rekening. Tentu pihak Bank akan meminta nasabah mengisikan nomor Hp aktif untuk berbagai kepentingan. Sehingga nanti nomor tersebut bisa langsung terhubung dengan layanan digital banking.
  • Untuk aktivasi BRImo. Perlu diketahui bahwa aplikasi BRImo ini merupakan aplikasi keuangan digital. Nasabah bisa melakukan aktivitas perbankan seperti transfer tanpa harus datang ke bank, sehingga nomor Hp aktif begitu diperlukan.

Jika nomor Hp yang digunakan pada aplikasi BRImo hilang, penggantian nomor tidak bisa langsung dilakukan secara manual. Tetapi nasabah harus datang ke kantor cabang dengan membawa beberapa persyaratan dan bukan diwakilkan.

Pentingnya kelengkapan data dari rekening bank berfungsi sebagai penunjang keamanan. Meski terlihat sepele, namun nomor Hp yang terdaftar pada rekening bank sebaiknya dipastikan tetap aktif. Mengingat banyaknya aksi kejahatan skimming yang mengancam perbankan.

Meski cara untuk mengganti nomor Hp di ATM BRI ini mudah, tetapi pengajuan penggantian itu tidak bisa diwakilkan atau melalui orang lain. Demi keamanan transaksi, hindari memberi PIN ATM kepada siapapun.

Cara ganti nomor Hp di ATM BRI bisa dimulai dengan menghubungi call center terlebih dahulu. Sampaikan keinginan untuk mengupdate nomor Hp, lakukan verifikasi data via telepon dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Related Posts

biaya transfer bsi ke bca

Ketahui Biaya Transfer BSI Ke BCA dari Berbagai Platform 

Artikel diperbarui pada 10 Desember 2023. Sebagaimana bank lainnya, pastinya akan dikenakan biaya transfer jika transaksinya dari dua bank yang berbeda. Termasuk, biaya transfer BSI ke BCA…

Cek Saldo Manulife – Cara Mudah dan Cepat Melakukan Pengecekan Saldo

Artikel diperbarui pada 10 Desember 2023. Tak Perlu Bingung Lagi, Ini Dia Cara Mudah dan Cepat Cek Saldo Manulife Kamu sebagai nasabah Manulife tentu pernah mengalami kebingungan…

Kenapa Tidak Bisa Cek Saldo JHT?

Artikel diperbarui pada 10 Desember 2023. Masalah yang Sering Terjadi Kamu mungkin pernah mengalami kesulitan saat ingin mengecek saldo JHT secara online. Hal ini bisa terjadi karena…

Cara Cek Saldo KIP – Mengetahui Dana Siswa dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 9 Desember 2023. Masih Bingung Cara Cek Saldo KIP? Baca Ini! Apakah kamu sedang mencari cara cek saldo KIP dengan mudah dan efektif? Jangan…

Cek Saldo PKH 2022: Cara Mudah Mendapatkan Informasi Terkini

Artikel diperbarui pada 9 Desember 2023. Perkenalan Apakah kamu salah satu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)? Jika iya, maka kamu pasti ingin tahu bagaimana cara cek…

Cara Cek Saldo K Vision

Artikel diperbarui pada 9 Desember 2023. Cara Mudah Cek Saldo K Vision Apakah kamu sering mengalami kebingungan mengecek saldo K Vision? Sebagai pengguna K Vision, pastinya kamu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *