Inilah Cara Kredit Truk Bekas Tanpa DP dengan Mudah

kredit truk bekas tanpa dp

Artikel diperbarui pada 26 Desember 2023.

Di zaman modern ini, seseorang tidak harus memiliki uang banyak untuk dapat memiliki barang impiannya, karena adanya sistem kredit. Seperti contoh pengguna dapat kredit truk bekas tanpa DP, dengan begitu truk bekas akan mudah dimiliki.

Namun tetap saja, dengan sistem kredit harus siap akan konsekuensinya, yaitu mencicil tanggungan setiap bulannya. Tapi tentu saja cara kredit ini mempermudah seseorang mendapatkan benda yang sedang dibutuhkan, tanpa harus menyiapkan banyak uang.

Kredit truk bekas tanpa DP wajib diketahui jika hendak membeli truk namun uang belum mencukupi untuk membeli secara cash. Lantas bagaimanakah caranya? Apakah mungkin kredit tanpa DP? Simak berbagai paparan di bawah ini.

Bisakah Kredit Truk Bekas?

Mungkin pengguna masih kebingungan, apakah mungkin memiliki sebuah truk bekas dengan cara kredit? Bahkan tidak membutuhkan DP di awal cicilan. Jawabannya adalah mungkin, sebelum masuk pada caranya, harus mengetahui apa itu kredit truk bekas.

Jadi kredit truk bekas adalah sebuah pinjaman untuk pembayaran kepemilikan kendaraan (truk). Cara ini bisa dimanfaatkan jika ingin memiliki truk namun belum mempunyai cukup uang, sehingga tidak dapat membeli secara cash.

Jika diwajibkan membeli secara tunai, pasti tidak semua orang dapat memiliki cukup finansial untuk bisa membelinya. Oleh karena itu, kredit truk menjadi solusi yang tepat bagi yang membutuhkan namun belum mempunyai dana yang cukup.

Bahkan, pengguna juga dapat mencari pihak atau layanan yang bisa memberikan kredit truk bekas tanpa DP. Hal itu akan sangat meminimalisir biaya yang dikeluarkan di awal, serta tentu saja makin memudahkan untuk dapat mencicilnya.

Cara Kredit Truk Bekas Tanpa DP

Setelah mengerti apa itu kredit truk bekas, juga perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan kredit truk bekas tanpa DP. Jelas bukan sembarangan instansi yang menyediakan layanan kredit kendaraan tanpa Dp.

Juga bukan sembarangan cara, agar bisa membeli truk bekas secara kredit namun tanpa memberikan DP. Adapun disini akan membahas caranya secara detail dan jelas, selengkapnya simak paparan berikut.

Perlu diketahui terdapat dua cara yang bisa dipakai pengguna, untuk mendapatkan kredit truk bekas tanpa DP. Kedua cara ini mungkin belum banyak diketahui orang, karena memang kebutuhan truk yang jarang pada perorangan.

Umumnya yang mencari atau membutuhkan kredit truk bekas adalah sebuah instansi atau pabrik, hal itu karena untuk keperluan distribusi barang. Namun juga tidak menutup kemungkinan terdapat orang yang ingin memilikinya untuk keperluan pribadi.

Dua cara yang dapat digunakan pengguna adalah C2C sistem dan dan leasing. Pengguna perlu mempelajari dua cara ini, agar dapat memiliki truk bekas dengan cara kredit dan juga tanpa DP. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

1. Memakai Leasing

Cara pertama untuk kredit truk bekas tanpa DP adalah dengan menggunakan Leasing. Jika pengguna belum tahu, Leasing adalah instansi yang memberikan layanan pembiayaan berupa aset atau barang bagi perorangan atau perusahaan.

Dalam transaksi Leasing, akan disepakati jangka waktu untuk pelunasan pembayaran. Jika pengguna tidak dapat melunaskan cicilan, maka pihak lessor berhak untuk mengambil lagi barang yang sudah diberikan. Oleh karenanya, terdapat catatan penting yang harus diperhatikan.

Yaitu pastikan pengguna mampu untuk membayar cicilan yang telah disepakati di awal. Agar proses Leasing dapat berjalan dengan lancar sampai barangnya dapat ditebus dengan lunas. Jangan sampai di tengah-tengah perjalanan, pengguna tidak mampu untuk membayarnya.

Terkait truk bekas, pengguna juga dapat memanfaatkan transaksi Leasing ini. Namun, pastikan pengguna telah memilih Leasing yang tepat dan tentu saja tanpa mengharuskan DP. Kemudian, pastikan juga pengguna mampu untuk membayar cicilannya hingga selesai.

Sebenarnya mencari Leasing tanpa DP termasuk mudah, karena Bank Indonesia telah menetapkan batasan ukuran Loan to Value (LTV). Ketentuan ini berlaku untuk batasan DP pada kredit pembiayaan kendaraan bermotor. Selaras dengan aturan BI nomor 23/2PBI/2021.

Selain itu juga terdapat aturan dari OJK nomor 35/POJK.05?2018 terkait penyelenggaraan usaha pembiayaan. Agar instansi tersebut menyediakan relaksasi pada masyarakat, dengan penghasilan yang rendah namun ingin mempunyai kendaraan.

Dengan kedua aturan tersebut, tentu saja pengguna akan diuntungkan. Karena akan mempunyai peluang besar untuk dapat mendapatkan kredit truk bekas tanpa DP.

2. Menggunakan C2C Sistem

Cara berikutnya untuk mendapatkan kredit truk bekas adalah dengan memakai sistem C2C. Mungkin sistem ini masih terdengar asing di telinga pengguna, karena memang sistem ini tidak terlalu terkenal di masyarakat.

Jadi sistem C2C atau kepanjangannya adalah Customer to Customer. Caranya adalah pengguna mencari sendiri pihak yang menjual truk bekas kemudian datanglah lokasinya. Setelah itu silahkan melihat-lihat dan mengecek keadaan truk yang akan dibeli.

Cara ini memang lumayan merepotkan, karena pengguna harus berusaha dan mendatangi sendiri ke lokasi penjual truk bekas. Juga harus melihat dan mengecek kondisi dari truknya, dalam hal ini pengguna juga wajib memiliki pengetahuan yang luas.

Namun ketahuilah, cara ini merupakan yang paling efektif untuk mendapatkan truk bekas tanpa DP dan pastinya murah meriah. Sebab pengguna akan mendapatkan harga pertama (langsung dari pemilik truknya).

Berbeda ketika pengguna hendak membeli truk di showroom atau toko otomotif lainnya. Untuk harganya pasti lebih mahal, karena pengguna tidak membeli dari orang pertama (pemilik pertama truknya) melainkan dari perantara.

Pastinya para perantara penjual otomotif pasti juga akan mematok harga yang lebih tinggi, hal itu demi untuk keuntungan yang akan didapatkan. Maka sistem C2C menjadi solusi yang sangat tepat, untuk menghindari harga yang terlalu mahal.

Untuk mencari penjual truk bekas, pengguna harus pintar-pintar dalam mencari informasi. Berikut beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan banyak informasi seputar truk bekas:

  • Menghubungi teman atau kerabat dekat, kemudian menanyakan terkait info penjual truk bekas.
  • Melihat iklan di koran.
  • Mencoba searching di browser.
  • Mencari di marketplace Facebook.
  • Memasang status terkait info penjual truk bekas pada WhatsApp atau media sosial lainnya.

Itulah beberapa cara yang dapat pengguna lakukan untuk mendapatkan truk bekas dengan harga yang terjangkau. Pengguna juga harus selektif dalam memilih dan mengecek truknya, pastikan keadaannya masih normal dan harganya terjangkau.

Tips Kredit Truk Bekas Tanpa DP

Setelah mengetahui 2 cara untuk mendapatkan truk bekas tanpa DP pengguna juga harus memperhatikan beberapa tips penting ini. Adapun beberapa tipsnya adalah:

  • Beli dari pihak yang terpercaya, seperti yang telah dikatakan di awal, pengguna harus selektif sebelum mengambil kredit dari seseorang. Pastikan pihak tersebut dapat dipercaya.
  • Pilih truk bekas yang masih berusia muda, karena kualitasnya masih lumayan terjaga dan mudah untuk perawatannya. Berbeda dengan yang sudah berumur tua, pasti banyak spare part yang sudah usang dan perlu diganti.
  • Dahulukan memilih truk yang umum (dipasaran), karena dengan begitu biasanya juga pasti akan lebih terjangkau. Juga kesediaan spare partnya pasti akan melimpah.

Itulah beberapa penjelasan terkait cara kredit truk bekas tanpa DP. Pilihlah antara dua cara di atas yang lebih pengguna suka kemudian praktekkan dengan selektif dan berhati-hati. Karena dalam membeli barang bekas memerlukan ketelitian yang ekstra.

Related Posts

Cara Cek Saldo Rekening Ponsel Melalui SMS

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Paragraf Hook Kamu sering kebingungan mencari tahu cara cek saldo rekening ponsel melalui SMS? Tenang, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang…

Aplikasi Cek Saldo Terbaik untuk Memudahkan Hidupmu

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Tidak Perlu Repot Lagi, Gunakan Aplikasi Cek Saldo untuk Berbagai Keperluanmu Ingin memudahkan hidupmu dengan akses cepat dan mudah ke informasi…

Cara Cek Saldo: Semua yang Kamu Butuhkan untuk Mengetahui Saldo Bankmu

Artikel diperbarui pada 14 Mei 2024. Memastikan Saldo Bankmu dengan Mudah Apakah kamu pernah merasa khawatir tidak tahu saldo bankmu? Tidak perlu pusing lagi! Dalam artikel berikut,…

Cara Cek Saldo ATM – Periksa Uangmu dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2024. Pengantar Apakah kamu sering kebingungan dengan jumlah uang di rekeningmu? Tidak perlu khawatir, dengan kecanggihan teknologi, sekarang kamu bisa cek saldo…

Cara Cek Saldo Akun Facebook

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2024. Pendahuluan Kamu pasti sering menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, namun tahukah kamu bahwa Facebook juga memiliki fitur untuk…

Cara Cek Saldo Dana: Mudah dan Cepat

Artikel diperbarui pada 12 Mei 2024. Perkenalan Kamu pasti sering menggunakan layanan perbankan untuk memudahkan aktivitas keuangan sehari-hari, seperti transfer atau pembayaran. Namun, sebelum melakukan transaksi tersebut,…

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *