Cara Mematikan SMS Banking BRI dalam 2 Langkah

cara mematikan sms banking bri

Artikel diperbarui pada 6 Maret 2023.

Fasilitas BRI sms banking memang memudahkan penggunanya untuk bisa bertransaksi tanpa harus pergi ke mesin anjungan. Tetapi bagaimana cara mematikan sms banking BRI ternyata sering dicari oleh beberapa pengguna dengan berbagai alasan.

Hal yang membuat pengguna ingin menghentikan layanan tersebut bisa saja karena ingin menghemat pulsa, atau agar tidak boros. Karena seperti yang sudah diketahui  SMS banking memang membebankan pulsa pada aktivitas transaksinya.

Cara Mematikan SMS Banking BRI

Sebelum mengetahui cara mematikan sms banking BRI, perlu didahului dengan memahami layanan khusus dari BRI ini. Bank BRI memang berkomitmen untuk selalu maksimal dalam berkontribusi memberikan pelayanan terbaik untuk semua penggunanya.

SMS Banking mungkin terkesan kuno, namun fitur ini diperlukan agar bisa mengetahui setiap riwayat transaksi hanya dengan smartphone. Terlebih layanan tersebut tidak memerlukan penggunaan kuota, tidak seperti I-banking dan mobile banking, karakteristik SMS Banking yaitu.

  • Layanan ini diberikan hanya dalam fundamental saja yaitu untuk melengkapi kebutuhan perbankan para penggunanya, artinya layanannya sangat terbatas.
  • Setiap transaksi yang ingin dilakukan melalui layanan ini memerlukan kode masing-masing untuk dikirim ke penyedia jasa SMS Perbankan.
  • Saat terjadi transaksi penggunanya akan memperoleh notifikasi melalui SMS yang umumnya akan menggunakan pulsa secara otomatis.
  • Setiap layanan, penggunanya diharuskan untuk mengetik pesan dan mengirimkannya ke penerima yang tepat. Tidak seperti layanan internet yang penggunaannya hanya dengan menyentuh-nyentuh menu saja.

Cara Mematikan SMS Banking BRI: Mengenal Fitur dan Biaya SMS Banking

SMS Banking memungkinkan penggunanya untuk memakai hp “jadul” atau Android apapun karena hanya memerlukan SMS. Layanan tersebut juga tidak akan menemui kendala selayaknya layanan lain yang menggunakan internet namun tetap dengan fitur yang cukup, yaitu.

  • Notifikasi SMS yang memberikan pengingat ketika terjadinya transaksi.
  • Layanan transfer ke BRI dengan mengetik kode TRF, jika ke bank yang berbeda kode yang diketik adalah TRT.
  • Jumlah transfer dibatasi berdasarkan jenis produk tabungan penggunanya, misalnya tabungan jenis Simpedes yang hanya transfer maksimal di angka 20 juta pada sesama BRI dan 10 juta ke antar bank.
  • Layanan untuk cek saldo rekening dengan mendaftarkan terlebih dahulu nomor hp yang dimiliki.
  • Pembayaran tagihan dan juga berbagai pembelian misalkan pembayaran bulanan listrik, air PDAM, BPJS, beli pulsa untuk PLN prepaid atau pun pulsa hp, dan sebagainya.
  • Fitur untuk mengganti PIN tanpa perlu mengunjungi kantor cabang bank.

Karena cara menggunakan layanan ini tidak memerlukan adanya data internet, maka untuk menggunakan layanannya pengguna akan membayar melalui pulsa. Biaya pulsa yang dibebankan tergantung dari jenis provider yang pengguna gunakan.

Pada umumnya setiap provider mengenakan beban ganti layanan mulai dari 250 rupiah sampai 1.100. Kisaran atau range biaya tersebut berlaku untuk semua transaksi baik yang finansial maupun yang tidak terkait dengan keuangan.

Meskipun demikian, pada transaksi finansial khusus seperti transfer dana antar bank, penggunanya akan dikenakan biaya tambahan. Biaya layanannya masih pada range di atas namun, akan ada biaya saat transaksi tersebut yaitu 6.500 rupiah.

Cara Daftar SMS Banking BRI Resmi Sesuai Prosedur

Seperti layanan lewat perangkat telepon genggam pada umumnya, pengguna perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menikmati layanan. Pada layanan ini pendaftarannya bisa dengan mandiri melalui ATM atau dibantu CS dengan datang ke kantor.

Persyaratan yang ditetapkan untuk daftar SMS Banking pun tergolong mudah yaitu harus memiliki rekening tabungan dengan kartu ATM yang aktif. Selain pemilik tabungan, layanan ini juga bisa dimiliki oleh pengguna BRI yang memiliki Giro.

1. Daftar SMS Banking Lewat ATM

Beberapa pengguna mungkin akan keberatan jika harus datang ke kantor BRI bahkan harus mengantri  untuk bisa memperoleh pelayanan. Jika bisa tentu akan lebih memilih mendaftar di mesin anjungan karena bisa dilakukan kapan saja, berikut  langkah-langkahnya.

  • Setelah masuk di tampilan awal mesin anjungan pilihlah menu Transaksi Lain lalu pilih ke Lainnya.
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi lainnya, pilihlah opsi Registrasi lalu tekan Mobile Banking.
  • Masukkan nomor yang digunakan lalu tekan Benar lalu masukkan kombinasi angka sebagai PIN masuk lalu tap Benar.
  • Masukkan kembali kombinasi yang sudah dimasukkan sebelumnya, lalu tekan lagi opsi benar, kemudian akan ditampilkan bahwa transaksi sudah berhasil.
  • Pengguna bisa mengecek layanan tersebut apakah berjalan baik dengan mencoba salah satu fitur yang telah disebutkan di atas.

2. Daftar SMS Banking di Kantor BRI

Selain daftar sendiri melalui mesin anjungan, pengguna tentu bisa juga mendaftar SMS Banking dengan datang ke bank. Beberapa dokumen yaitu KTP dan kartu anjungan sebaiknya dibawa karena kemungkinan akan dibutuhkan.

Berbeda dengan cara sebelumnya yang pendaftarannya dilakukan mandiri oleh calon pengguna layanan tersebut. Dengan cara yang satu ini penggunanya hanya perlu datang dan menyampaikan tujuan kepada customer service yang bertugas.

Pendaftaran yang melalui kantor langsung akan bisa menikmati semua fitur SMS Banking dalam transaksi finansial. Sedangkan pada pendaftaran lewat mesin anjungan kemungkinan fiturnya akan kurang lengkap, namun cs bisa mendaftarkan kembali untuk menikmati fitur lengkapnya.

Cara Mematikan SMS Banking Milik BRI

Notifikasi SMS yang didapat oleh pengguna memang sangat membantu dalam mengetahui dan memantau aktivitas perbankan. Namun, beberapa juga ada yang jadi merasa terganggu ketika notifikasi tersebut terlalu sering muncul dan terus memotong pulsa.

1. Menghubungi Call Center

Cara pertama tidak perlu dilakukan dengan pergi mendatangi mesin ATM maupun kantor bank yang paling dekat. Calon penggunanya hanya perlu menyiapkan dokumen dan juga pulsa sekitar 20-30 ribu saja untuk menelepon, berikut langkahnya.

  • Siapkan terlebih dahulu nomor rekening dari bank BRI yang dimiliki, kemudian buka fitur telepon dari perangkat yang digunakan.
  • Ketiklah angka 14017 atau bisa juga yang 1500017 lalu tekan panggil dan tunggu sampai dijawab oleh mesin penjawab otomatis.
  • Ikuti petunjuk dari mesin penjawab agar bisa dihubungkan langsung ke CS BRI.
  • Jika telah terhubung dengan CS maka sampaikanlah bahwa pengguna ingin menonaktifkan layanan SMS Banking tersebut.
  • Berikan data sesuai dengan yang diminta dan ikuti juga arahan selengkapnya sampai CS memberikan informasi bahwa penonaktifan telah berhasil.

2. Mendatangi ATM

Jika pengguna tidak bersedia mengeluarkan pulsa puluhan ribu untuk menelpon CS, maka artinya pengguna harus ke luar rumah. Cara gratis untuk mematikan layanan ini yaitu dengan memanfaatkan mesin anjungan tunai di tempat umum.

  • Masukan kartu beserta PIN aksesnya seperti biasa sampai tampilan utama mesin ditampilkan lalu tekanlah opsi terakhir yaitu Transaksi Lain.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Pilih Lainnya agar bisa memilih menu selanjutnya yaitu Registrasi.
  • Pada menu tersebut akan dimunculkan berbagai pilihan lainnya, maka pilihlah opsi yang sesuai yaitu SMS Banking lalu tekan perintah Hentikan.
  • Masukkan kombinasi nomor PIN akses SMS Banking lalu tunggu sampai informasi atau notifikasi penghentian muncul pada layar mesin tersebut.

Notifikasi yang terkadang menganggulah yang membuat pengguna mencari cara mematikan sms banking BRI lalu mempraktekkannya. Hal tersebut tentu saja wajar dilakukan mengingat selain mengganggu notifikasi tersebut juga bisa membuat pulsa cepat habis.

Related Posts

Nobu Bank

Nobu Bank: Bank Digital dengan Layanan Tabungan dan Pinjaman

Artikel diperbarui pada 7 Maret 2023. Nobu Bank adalah bank digital asal Indonesia yang berdiri pada tahun 2020. Bank ini didirikan oleh Michael Widjaja, salah satu pendiri…

Cara Daftar Mobile Banking BRI

4 Cara Daftar Mobile Banking BRI Lewat HP, ATM, & Cara Aktivasi [Update]

Artikel diperbarui pada 7 Maret 2023. Mobile banking saat ini menjadi salah satu layanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama di era digital seperti sekarang ini. Salah…

syarat pinjaman bank bri tanpa jaminan

Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan, Mudah dan Cepat!

Artikel diperbarui pada 6 Maret 2023. Sebenarnya sekarang ini BRI telah menjadi salah satu penyedia pinjaman yang tidak memerlukan adanya jaminan. Syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan…

perbedaan bri simpedes dan britama

7 Perbedaan BRI Simpedes dan BritAma

Artikel diperbarui pada 6 Maret 2023. Simpedes dan BritAma merupakan dua jenis tabungan BRI yang banyak dipakai oleh orang. Meski begitu, terdapat perbedaan BRI Simpedes dan BritAma…

cara mengatasi atm mandiri terblokir tanpa ke bank

Cara Mengatasi ATM Mandiri Terblokir Tanpa ke Bank

Artikel diperbarui pada 6 Maret 2023. Cara mengatasi ATM Mandiri terblokir tanpa ke bank merupakan kemudahan yang bisa diperoleh oleh nasabah Mandiri. Di saat banyak bank lain…

cara cek angsuran KUR BRI

Cara Cek Angsuran KUR BRI Dengan Mudah dan Aman

Artikel diperbarui pada 27 Februari 2023. Jika pengguna merupakan nasabah Bank BRI dan mendapatkan pinjaman KUR maka wajib mengetahui cara cek angsuran KUR BRI. Karena hal itu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *