5 Alasan Bisnis Menggunakan QRIS untuk Kelancaran Transaksi Perbankan

Alasan Bisnis Menggunakan QRIS untuk Kelancaran Transaksi Perbankan

Artikel diperbarui pada 27 Juli 2023.

Alasan bisnis menggunakan QRIS adalah karena prosesnya saat bertransaksi dapat dilakukan dengan cepat dan aman, bahkan kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengaksesnya.

Dengan begitu kamu tidak perlu lagi yang namanya membawa banyak uang di saat akan berbelanja, cukup manfaatkan QRIS semua urusan bisa semakin mudah dan aman

Standar Pembayaran QR Code yang dikembangkan oleh Bank Indonesia, yang memungkinkan siapa saja untuk melakukan pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik, dan mobile banking melalui satu QR Code QRIS .

Mengapa sangat penting bagi bisnis kamu untuk menggunakan QRIS saat ini? Begitu banyak manfaat yang bisa QRIS berikan. Dengan mendaftar QRIS, kamu dapat mengakses banyak fitur yang akan membantu bisnis kamu menjadi lebih efektif dan berkembang pesat.

Mengenal Apa Itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Indonesia Standard. QRIS adalah Kode QR yang telah dibuat sesuai dengan standar nasional Indonesia untuk kenyamanan. Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) telah merilis Standar Nasional QR Code sejak 17 Agustus 2019.

Ada banyak penyedia layanan pembayaran digital yang bisa digunakan saat ini. Saat ingin membeli sesuatu, cukup scan QR Code dan transaksi akan selesai dengan cepat, inilah yang melatarbelakangi Alasan bisnis menggunakan QRIS karena kemudahan dan keuntungannya.

Sebelum adanya QRIS, setiap aplikasi pembayaran digital di Indonesia memiliki kode QR masing-masing. Misalnya, jika kamu ingin menggunakan 10 aplikasi pembayaran digital, kamu memerlukan 10 jenis kode QR yang berbeda.

Hal ini tentu saja tidak efisien, karena dapat memakan ruang dan mempersulit kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli. Bank Indonesia dan ASPI mengeluarkan kebijakan terkait QRIS sebagai upaya untuk mengatasi kondisi tersebut.

Kehadiran QRIS memungkinkan satu kode QR dapat digunakan untuk berbagai aplikasi pembayaran digital yang tersedia di Indonesia. Sebelumnya, merchant harus menyediakan 10 kode QR untuk 10 aplikasi pembayaran digital.

5 Alasan Bisnis Menggunakan Qris

Kemampuan QRIS shopeepay tersedia dan siap digunakan untuk perusahaan yang menggunakan layanan Fastpay. Kamu dan klien akan sangat diuntungkan dengan hadirnya fungsionalitas QRIS ini. Berikut beberapa alasan menggunakan QRIS bagi pebisnis:

1. Mengurus Program Bank Indonesia

Alasan bisnis menggunakan QRIS yang pertama adalah karena Inisiatif QRIS di Bank Indonesia memungkinkan skema pembayaran digital dan dapat dikendalikan dari satu pintu.

Kamu memiliki tanggung jawab untuk membantu salah satu program Bank Indonesia ini untuk berhasil sebagai pelaku bisnis.

Kamu tidak lagi memerlukan lebih dari satu Kode QR untuk menerima pembayaran digital dari e-wallet yang berbeda jika perusahaan sebelumnya mengandalkan untuk menampilkan Kode QR yang berbeda dari e-wallet.

2. Mempermudah Proses Transaksi yang Sedang Berlangsung

Penggunaan QRIS sebagai alat transaksi pembayaran mempermudah proses transaksi, karena kamu tidak perlu lagi menyediakan banyak kode QR untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran.

Alasan bisnis menggunakan QRIS juga memungkinkan kamu untuk menerima berbagai macam dompet digital hanya dengan satu Kode QR, memudahkan proses transaksi di toko online kamu.

3. Menyediakan Berbagai Alternatif Pembayaran

Ketika bisnis kamu beralih ke QRIS, kamu memiliki lebih banyak pilihan atau metode pembayaran alternatif dari berbagai dompet digital, yang membuat pelanggan merasa jauh lebih nyaman.

Selama ini, Alasan bisnis menggunakan QRIS hanya menangani 1 hingga 2 pembayaran digital, namun dengan sistem QRIS, kamu dapat menawarkan jangkauan pembayaran digital yang lebih luas.

4. Membantu Menghentikan Peredaran Uang Palsu

Alasan bisnis menggunakan QRIS yang selanjutnya adalah mencegah kamu menggunakan uang palsu. Pengenalan QRIS mendorong masyarakat Indonesia untuk menyukai pembayaran digital.

Pelaku bisnis dapat menghindari mendistribusikan mata uang palsu dengan melakukan hal ini, yang cukup menguntungkan.

5. Memudahkan Monitoring Analisis Bisnis

Dengan menggunakan fitur QRIS oleh Faspay, akan lebih mudah memantau dan menganalisa keuangan bisnis kamu melalui dashboard Faspay, karena kamu dapat melihat berbagai transaksi dan penjualan secara real time.

Agar semua pencatatan transaksi bisnis kamu dapat diproses dengan baik kamu tidak perlu lagi bingung menjual atau mencatatnya secara manual, karena semua transaksi dapat diproses secara otomatis.

Selain berbagai kemudahan tersebut, Alasan bisnis menggunakan QRIS adalah aplikasi ini menawarkan keuntungan tambahan, seperti biaya pembayaran yang jauh lebih murah karena standarisasi biaya yang diberlakukan oleh Bank Indonesia. Faspay adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan semua keuntungan dan kemudahan tersebut.

Karena Faspay memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk menyelesaikan proses registrasi dan proses integrasi yang cepat dan mudah, Faspay juga memberikan jaminan keamanan transaksi berdasarkan standarisasi Bank Indonesia, karena Faspay merupakan penyedia QRIS yang berizin dan diawasi oleh BI (Bank Indonesia ).

QRIS shopeepay sekarang dapat memaksimalkan pembayaran bisnis kamu. Banyak orang yang sekarang juga mendukung sistem pembayaran digital melalui QRIS, sebagai salah satu dari 5 besar penyedia cloud hosting di Indonesia.

Jadi kamu tidak perlu takut ingin menggunakan aplikasi ini, semua sistem keamanan dan kenyamanannya sudah dijamin dengan baik. Dengan banyaknya alasan bisnis menggunakan QRIS jelas menguntungkan semua pihak yang ingin terhindar dari kecurangan atau pencurian.

Related Posts

Keuntungan Bertransaksi dengan OVO untuk Bisnis Online

7 Keuntungan Bertransaksi dengan OVO untuk Bisnis Online

Artikel diperbarui pada 4 Maret 2024. Keuntungan bertransaksi dengan OVO sangat banyak, terutama bagi yang senang melakukan pembayaran cashless. Para kaum millenials banyak menyukai metode pembayaran tersebut…

Keuntungan Menggunakan DANA, Transaksi Menjadi Lebih Mudah!

Keuntungan Menggunakan DANA, Transaksi Jadi Lebih Mudah!

Artikel diperbarui pada 2 Maret 2024. Keuntungan menggunakan DANA sebagai dompet digital sangat banyak. Di Indonesia sendiri contohnya cukup banyak, namun aplikasi tersebut lebih populer daripada yang…

Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BRI

Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BRI

Artikel diperbarui pada 1 Maret 2024. Menerima transfer uang dari luar negeri ke rekening bank BRI dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang membutuhkan tambahan dana…

cara bayar tiket traveloka via mobile banking mandiri

Cara Bayar Tiket Traveloka via Mobile Banking Mandiri, Mudah!

Artikel diperbarui pada 27 Desember 2023. Pemilik rekening Mandiri yang membeli tiket travel di Traveloka, tidak perlu bingung lagi. Traveloka menyediakan kemudahan bagi nasabah Mandiri dalam melakukan…

transfer bca ke blu

Simak 2 Cara Transfer BCA ke BLU Termudah

Artikel diperbarui pada 23 Desember 2023. Transfer merupakan cara yang amat ampuh dan dipilih banyak orang untuk mengirim uang tanpa harus mendatangi teller.  Kini tersedia berbagai cara…

cara membuat qris dana

Cara Membuat QRIS Dana Bisnis, Manfaat, dan Syarat

Artikel diperbarui pada 23 Desember 2023. Cara membuat QRIS dana bisnis sebenarnya cukup mudah dilakukan, Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui caranya. Padahal dengan membuat QRIS,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *