Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA dengan Tepat? Simak Ulasannya

Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA

Kemudahan cara transfer dari BSI ke DANA nyatanya masih belum mampu menjangkau setiap masyarakat, pengguna BSI. Cukup disayangkan, mengingat akses transfer yang bisa dilakukan tak terbatas waktu dan tidak lama pengerjaanya. 

Terlebih bagi orang yang multitasking, transaksi via m-banking dan e-wallet dapat sangat membantu pekerjaan. Belum lagi, dengan yang sedang dikejar deadline atau waktu mepet. 

Ada sejumlah cara yang dapat digunakan untuk bertransaksi saldo BSI ke akun DANA. Namun sebelum melakukan transfer juga terdapat syarat khusus yang mendukung proses transfer.

Untuk mengetahui bagaimana cara dan persyaratannya, silahkan ikuti ulasan berikut. Diharapkan memahami setiap kata agar dapat langsung menerapkannya saat dibutuhkan.

Persyaratan Transfer BSI ke DANA 

Seperti kebanyakan transaksi saldo, transfer saldo BSI ke DANA memiliki persyaratan tersendiri. Dengan alasan penerapan cara transfer saldo, berikut persyaratannya:

  • Pertama bagi yang ingin bertransaksi via m-banking perlu memasang aplikasi BSI terlebih dahulu.
  • Kedua untuk yang ingin menggunakan cara via aplikasi Bukalapak maka harus mempunyai akun Bukalapak. Dimana akun tersebut hanya bisa mendukung satu pemilik bukan pengguna lain.
  • Ketiga ketersediaan jaringan yang memadai karena alasan transfer saldo dilakukan secara online. Minim akses jaringan dapat membuat transfer tidak bisa berjalan lancar sehingga transaksi menjadi kurang efisien.
  • Keempat pastikan updating sistem terbaru pada aplikasi tidak dilewatkan begitu saja dan tidak terkendala. Tujuannya agar bisa mencegah segala bentuk gangguan sistem yang bisa menghambat proses transfer.
  • Terakhir perhatikan saldo yang ada pada BSI dan yang mau ditransfer tidak kurang sama sekali. Siapa tau ada biaya administrasi yang dibutuhkan dalam proses transfer saldo. 

Syarat-syarat yang disebutkan dapat dipersiapkan sebelum nanti bertransaksi saldo BSI ke DANA. Apabila dirasa sudah menyiapkannya dengan benar, dapat memilih cara tepat yang dibahas setelah ulasan ini.

Cara Transfer dari BSI ke DANA

Sepanjang diketahui ada 3 cara yang bisa digunakan dalam proses transaksi saldo dari BSI ke DANA. Untuk lebih lengkapnya lihat setiap tahapan dari 3 cara berikut:

1. Melalui Bank Lokal

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah transfer saldo melalui bank lokal dengan dilengkapi kode pembayaran. Sejumlah tahapan yang bisa diambil:

  • Buka aplikasi m-banking BSI. Tahap awal silahkan buka aplikasi BSI yang sudah diperbarui ke versi terbaru agar tidak menyulitkan proses transfer saldo ke DANA.
  • Klik menu Transfer. Selanjutnya cari menu Transfer kemudian klik disusul dengan menekan opsi Transfer ke Bank Lain yang juga terdapat dalam laman.
  • Input password. Setelah opsi Transfer ke Bank Lain ditekan akan muncul kolom password, langsung saja isi sesuai dengan password yang benar.
  • Klik opsi Transfer Online. Nantinya lanjutkan dengan mengklik opsi Transfer Online lalu pilih Bank Lokal dengan tujuan Bank Permata.
  • Input nomor kode pembayaran. Kemudian masukkan kode pembayaran yang diperoleh dari akun DANA (biasanya 8528) diikuti nomor telepon akun DANA.
  • Input nominal saldo yang mau ditransfer. Lalu masukkan nominal saldo misalnya 50 ribu rupiah, setelahnya klik opsi Lanjutkan (apabila ingin menambah keterangan maka isi bagian keterangan).
  • dan Konfirmasi data. Tahap terakhir lakukan pembenaran data (nama bank, penerima, dan nominal saldo) namun sebelumnya masukkan dulu password PIN BSI.

Transaksi saldo berupa transfer dengan menggunakan Bank Lokal umumnya terdapat biaya administrasi. Dimana biaya yang dikenakan kepada nasabah, sebesar enam ribu lima ratus ribu rupiah / Rp 6500.

Mungkin biaya yang ditentukan untuk transfer saldo ke akun DANA sedikit lebih banyak dibandingkan dengan akun e-wallet lain. Bagi yang merasa cukup keberatan, dapat mencoba alternatif yang akan dibahas dalam poin cara lanjutan.

2. Melalui Akun Bukalapak

Cara transfer dari BSI ke DANA yang kedua bisa dikatakan sebagai alternatif kalau-kalau tidak ingin menggunakan m-banking milik BSI. Untuk lebih jelas bagaimana pengaplikasian cara mari simak setiap poin tahapannya:

  • Buka aplikasi Bukalapak. Sebelum itu pastikan bahwa akun DANA tertaut pada aplikasi Bukalapak baru dapat melanjutkan tahapan dengan masuk ke laman aplikasi.
  • Pilih Top Up DANA. Tahap berikutnya, tekan menu Top Up DANA lalu isi nominal yang ingin ditransfer atau memilih nominal (maksimal 500 ribu rupiah).
  • Pilih opsi Transfer ke Virtual Account. Setelah menentukan nominal, klik opsi Transfer ke Virtual Account sebagai bentuk metode pembayaran kemudian klik opsi Bayar (catat nomor rekeningnya).
  • Buka aplikasi BSI. Tahap selanjutnya masuk ke laman aplikasi BSI lalu tekan menu E-commerce ikuti dengan memasukkan password, nantinya pilih opsi Merchant Bukalapak.
  • Input nomor rekening. Dalam kolom pembayaran yang muncul isi nomor rekening sesuai virtual account BSI (605 plus nomor telepon) kemudian klik Selanjutnya.
  • Input password PIN BSI. Lalu masukkan PIN BSI, disusul dengan melihat apakah data benar atau tidak sebagai bentuk konfirmasi data.
  • dan Pilih opsi Selanjutnya. Apabila benar maka tahapan terakhir dengan menekan opsi Selanjutnya, tunggu proses transaksi (ditandai bukti pembayaran).

Untuk Bukalapak sendiri, transaksi saldo antar e-wallet khususnya DANA tidak diminta biaya administrasi alias gratis. Apalagi masih memiliki kuota sepuluh kali (batas bebas biaya) dengan minimal jumlah saldo 50 ribu rupiah.

Kalaupun ada biaya administrasi, umumnya paling besar senilai empat ribu lima ratus rupiah / Rp 4500 per transaksi. Inilah mengapa walaupun kurang praktis, namun cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan Bukalapak dalam urusan transfer DANA.

3. Melalui Menu Top Up

Cara transfer dari BSI ke DANA versi aplikasi m-banking tidak hanya bisa dilakukan dengan Bank Lokal. Tetapi juga didukung oleh menu Top Up yang tersedia pada laman BSI Mobile, beberapa detail tahapannya: 

  • Buka aplikasi m-banking. Seperti biasa, nasabah perlu membuka aplikasi m-banking BSI agar dapat melanjutkan tahapan.
  • Klik menu Top Up. Setelah membuka aplikasi maka cari menu Top Up (sebelumnya klik dulu menu Pembelian).
  • Pilih DANA. Nantinya akan terlihat berbagai macam e-wallet termasuk DANA dalam laman Top Up, silahkan pilih DANA.
  • Input nomor kode & jumlah saldo. Dengan menekan opsi DANA masukkan kode ID disusul mengisi jumlah saldo yang ingin ditransfer.
  • dan Tunggu hingga proses selesai. Klik opsi Bayar untuk proses pembayaran atau transfer saldo sesuai yang ditulis lalu tunggu sampai selesai.

Sekedar informasi tambahan, saldo minimal dalam cara Top Up adalah 10 ribu rupiah. Sementara untuk bukti transaksi dapat disimpan (bisa dengan screenshot) agar mengurangi risiko yang mungkin saja terjadi karena kesalahan transfer.

Itulah 3 cara transfer dari BSI ke DANA yang bisa dipilih oleh masing-masing nasabah atau pengguna BSI Mobile. Baik yang membutuhkan biaya administrasi dan yang tidak dengan syarat tertentu.

Jangan lupa menyiapkan sejumlah syarat seperti aplikasi m-banking, aplikasi Bukalapak, ketersediaan jaringan dan saldo. Tujuannya agar tidak menghambat proses transfer saldo ke DANA.

Seandainya ketiga cara yang dijelaskan ternyata gagal dalam melakukan transfer BSI ke DANA jangan khawatir. Dapat menyiasati dengan salah satunya minimarket yang bekerjasama dengan DANA. 

Nanti di minimarket, bicarakan tujuan dan maksud kepada petugas minimarket (mengisi saldo DANA). Setelah itu, ikuti arahan petugas hingga proses transfer berhasil dilakukan.

 

Related Posts

transfer bca ke blu

Simak 2 Cara Transfer BCA ke BLU Termudah

Transfer merupakan cara yang amat ampuh dan dipilih banyak orang untuk mengirim uang tanpa harus mendatangi teller.  Kini tersedia berbagai cara praktis dalam melakukan transfer BCA ke…

cara membuat qris dana

Cara Membuat QRIS Dana Bisnis, Manfaat, dan Syarat

Cara membuat QRIS dana bisnis sebenarnya cukup mudah dilakukan, Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui caranya. Padahal dengan membuat QRIS, seseorang bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan…

Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri

Mau Tahu Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri? Simak Penjelasannya!

Bagi yang memiliki hutang di akulaku, maka saatnya tahu bagaimana cara bayar akulaku lewat livin mandiri agar terbebas dari biaya admin. Sebab memang kebanyakan orang malas bertransaksi…

cara bayar indomaret pakai shopeepay

Cara Bayar Indomaret Pakai Shopeepay Serta Keuntungannya

Cara bayar Indomaret pakai Shopeepay membuat transaksi, di salah satu jaringan market ini semakin mudah. Karena para pembeli tidak perlu membawa uang tunai lagi dan memikirkan uang…

Cara Transfer Neo Ke Shopeepay

Belum Tahu Bagaimana Cara Transfer Neo Ke Shopeepay? Yuk Simak Penjelasannya!

Neo menjadi salah satu dompet digital, sayangnya banyak yang belum tahu bagaimana cara transfer neo ke shopeepay untuk dilakukan. Sebenarnya untuk melakukan transfer atau transaksi cukup mudah….

cara bayar parkiran pakai ovo

Cara Bayar Parkiran Pakai OVO dan Promo Pembayarannya

Artikel diperbarui pada 29 Desember 2022. Dengan adanya berbagai teknologi pembayaran, para pengguna semakin mudah untuk melakukan pembayaran. Bahkan, ada cara bayar parkiran pakai OVO sehingga para…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.