Inilah 4 Cara Aktifkan BPJS yg Nunggak dan Sudah Tidak Aktif Lagi Beserta dengan Beberapa Penyebabnya

Artikel diperbarui pada 2 September 2023.

Status kepesertaan BPJS kesehatan bisa sewaktu-waktu mengalami nonaktif dan tidak bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan. Biasanya disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya telat bayar iuran, lalu bagaimana cara aktifkan BPJS yg nunggak agar bisa digunakan kembali.

Jika pengguna telat membayar iuran BPJS kesehatan maka jaminan kesehatan yang pengguna miliki akan diberhentikan sementara waktu. Hal ini akan berakibat pengguna tidak dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan ditempat yang sudah didaftarkan atas nama peserta.

Namun jika pengguna mengalami hal tersebut, pengguna juga bisa mengaktifkan kembali kartu BPJS kesehatan. Dengan cara melunasi semua tunggakan iuran atau dengan mengikuti beberapa cara yang akan dibahas di bawah ini untuk reaktivasi status kepesertaan.

Apa yang Menyebabkan BPJS Kesehatan Jadi Tidak Aktif?

Tidak sedikit bagi sebagian masyarakat yang mengalami status kartu BPJSnya tiba-tiba sudah tidak aktif lagi dan tidak bisa digunakan. Untuk itu alangkah baiknya pengguna untuk mengetahui lebih lanjut apa saja penyebab dan alasannya sebagai berikut:

1. Terlambat Membayar Iuran (Menunggak)

Terlambat dalam membayar iuran memang sudah menjadi hal lumrah dan banyak ditemui di masyarakat. Hal tersebut biasa terjadi karena lupa dan telat saat membayar iuran BPJS yang bisa berakibatkan menunggak.

Karena keterlambatan tersebut yang akan mengakibatkan status kepesertaan BPJS kesehatan akan dinonaktifkan oleh pihak BPJS mulai bulan berikutnya. Akan tetapi jika pengguna telah melakukan pembayaran iuran namun kartu BPJS nonaktif, maka lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Apabila BPJS kesehatan yang dimiliki telah ditanggung oleh kantor, dengan begitu iuran akan ditanggung oleh gaji. Maka jika terjadi hal tersebut tanyakan terlebih dahulu oleh staf HRD dari kantor tempat bekerja.
  •  Jika BPJS milik mengguna merupakan segmen mandiri, maka langkah pertama lakukan pengecekan riwayat transaksi tagihan BPJS. Apabila ada yang terlewat atau belum terbayar, pengguna juga bisa melakukan pengecekan riwayat pembayaran dengan cara menghubungi BPJS kesehatan care center.

2. Peserta Keluar dari Perusahaan Penanggung BPJS

Apabila BPJS kesehatan yang dimiliki merupakan tanggungan dari perusahaan atau dari tempat bekerja. Maka status kepesertaan BPJS akan nonaktif ketika peserta tidak lagi bekerja dalam perjalanan atau tempatnya bekerja.

Baik dikarenakan resign atau bisa jadi dikarenakan ada pemutusan hubungan kerja atau yang bisa di sebut (PHK). Untuk itu alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja penyebab BPJS non aktif sebelum mencari cara aktifkan BPJS yg nunggak.

3. Peserta Berusia 21 Tahun

Status kepesertaan BPJS akan dinonaktifkan ketika pengguna sudah berusia 21 tahun. Dikarenakan BPJS yang dimiliki masih ditanggung oleh orang tua.

Akan tetapi tidak semua pengguna yang sudah berusia 21 tahun BPJS kesehatan akan dinonaktifkan. Sebab jika pengguna masih menempuh pendidikan tinggi, maka seratus kepesertaan dan masih ditanggung oleh orang tua sampai umur 25 tahun.

4. Dianggap Mampu Membayar Iuran

Peserta BPJS akan dianggap mampu ketika peserta menjadi penerima bantuan iuran atau yang bisa di sebut (PBI). Maka jika status BPJS yang dimiliki telah nonaktif periksalah data BPJS secara langsung.

Sebab tidak aktifnya BPJS bisa disebabkan peserta sudah tidak terdaftar sebagai penerima bantuan pemerintah di kementerian sosial. Dengan alasan peserta sudah dianggap mampu untuk melakukan pembayaran iuran BPJS secara mandiri dengan begitu segmen PBI dihentikan.

Bagaimana Cara Aktifkan BPJS yg Nunggak dan Sudah Tidak Aktif?

Saat ini, kepesertaan BPJS kesehatan sangatlah dibutuhkan oleh sebab itu, alangkah baiknya saat status kepesertaan sudah nonaktif untuk mengaktifkannya kembali. Lalu bagaimana cara aktifkan BPJS yg nunggak dan sudah tidak aktif:

1. Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Saat ini pengguna sudah bisa memperbarui peserta BPJS hanya melalui aplikasi JKN yang bisa diakses dimana saja. Dengan begitu pengguna tak perlu datang ke kantor cabang bahkan hanya bermodalkan ponsel.

Bagi pengguna yang belum mengetahui caranya tak perlu risau lagi, sebab artikel ini memberikan informasi. Untuk itu simak beberapa langkah di bawah ini sebagai berikut:

  •  Pertama-tama silahkan unduh aplikasi Mobile JKN.
  •  Selanjutnya lakukan registrasi dan buatlah akun terlebih dahulu apa pengguna belum pernah mendaftarnya. Ikuti setiap petunjuk yang terdapat pada laman aplikasi tersebut.
  • Apabila proses pendaftaran sudah selesai silahkan login melalui akun yang sebelumnya sudah dibuat yakni Menggunakan nomor kartu BPJS kesehatan kemudian nomor KTP atau menggunakan email.
  • Jika sudah berhasil, pilihlah menu segmen peserta, dengan begitu pengguna akan diarahkan untuk melakukan aktivasi.
  •  Selanjutnya lakukan setiap langkah-langkah yang sudah ditentukan dan tertera pada laman aplikasi, lakukanlah sampai proses selesai dan kepesertaan BPJS aktif kembali.

2. Menggunakan WhatsApp

Selain menggunakan aplikasi mobile JKN pengguna juga bisa mengaktifkan kembali BPJS kesehatan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Nah bagi yang belum mengetahui caranya bisa langsung menyimak langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan pengguna untuk mengirimkan pesan WhatsApp CHIKA dengan nomor 0811 8750 400 contohnya “Halo, mau bertanya.”
  •  Apabila sudah selesai pihak CHIKA akan menjawabnya dan memberikan beberapa jenis layanan.
  • Kemudian pilihlah layanan yang bertuliskan “Ubah Segmen Peserta”.
  •  Jika sudah selesai pilih domisili provinsi dan kantor cabang dan sesuaikan dengan tempat tinggal pengguna saat ini.
  • Dengan begitu CHIKA akan memberikan nomor WhatsApp Pandawa kantor cabang BPJS dan laporan formulir yang sesuai dengan tempat tinggal pengguna.

Pandawa sendiri merupakan sebuah layanan administrasi kepesertaan BPJS kesehatan sesuai dengan tempat tinggal atau wilayah setempat. Berikut ini langkah yang selanjutnya harus pengguna lakukan:

  • Isilah formulir laporan yang diberikan oleh pihak Pandawa dengan benar dan lengkap.
  •  Apabila sudah selesai kirimkan formulir tersebut kepada admin WhatsApp Pandawa.
  •  Selanjutnya lakukanlah setiap arahan yang diberikan hingga proses aktivasi kartu BPJS sudah berhasil dilakukan.

3. Menggunakan SMS

Bagi pengguna yang belum terbiasa dan jarang menggunakan internet, BPJS kesehatan juga bisa diperbaharui melalui SMS Gateway. Bagi yang belum mengetahui caranya simak beberapa langkah berikut ini:

  • Kirimkan pesan yang berisi salah satu identitas yang dimiliki baik berupa nomor BPJS kesehatan atau bisa menggunakan NIK melalui nomor 08777 5500 400.
  •  Format pengirimannya pun juga sangatlah mudah pengguna cukup memasukkan nomor kartu BPJS kesehatan yang dimiliki.
  • Selanjutnya pilihlah intrusi SMS sesuai dengan masalah yang pengguna alami kemudian lakukan langkah-langkah yang diberikan sesuai instruksi.
  •  Pengguna juga bisa memanfaatkan format SMS lain dengan cara mengetik “HELP” dan dikirim ke nomor tersebut.

4. Mendatangi Kantor Cabang BPJS Terdekat

Selain dari cara-cara yang disebut di atas pengguna juga bisa mengaktifkan kembali BPJS kesehatan dengan datang secara langsung ke kantor cabang terdekat. Berikut ini langkah-langkah cara mengaktifkan BPJS kesehatan ke kantor cabang terdekat:

  • Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan lengkap dengan buku rekening kemudian kartu peserta BPJS kesehatan yang dimiliki untuk melakukan aktivasi.
  •  Selanjutnya datanglah ke kantor cabang BPJS kesehatan terdekat dan sesuai dengan domisili.
  •  Apabila sudah selesai sampaikan keluhan yang sedang pengguna alami kepada petugas.

Itulah beberapa cara aktifkan BPJS yg nunggak dan sudah tidak aktif lagi dengan mudah dan cepat. Nah ketika kartu kepesertaan BPJS kesehatan sudah aktif kembali jangan sampai terlambat membayar iuran agar tidak nonaktif.

 

Related Posts

Jelaskan Prosedur Tahapan Pelaporan Kerusakan Alat Verifikasi Kartu Kredit

Jelaskan Prosedur Tahapan Pelaporan Kerusakan Alat Verifikasi Kartu Kredit

Artikel diperbarui pada 19 Mei 2024. Alat verifikasi kartu kredit adalah alat penting dalam transaksi keuangan. Artikel ini akan menjelaskan prosedur tahapan pelaporan kerusakan alat verifikasi kartu…

Manfaat E-Payment untuk Bisnis dan Keamanan Transaksi

5 Manfaat E-Payment untuk Bisnis dan Keamanan Transaksi

Artikel diperbarui pada 14 Mei 2024. Sekarang ini manfaat e-payment untuk bisnis sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin mengembangkan usaha mereka supaya lebih maju dan berkembang. Para…

Alasan Bisnis Menggunakan QRIS untuk Kelancaran Transaksi Perbankan

5 Alasan Bisnis Menggunakan QRIS untuk Kelancaran Transaksi Perbankan

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2024. Alasan bisnis menggunakan QRIS adalah karena prosesnya saat bertransaksi dapat dilakukan dengan cepat dan aman, bahkan kamu tidak membutuhkan waktu yang…

Jenis Pembayaran Elektronik

8 Jenis Pembayaran Elektronik di Indonesia untuk Transaksi Bisnis

Artikel diperbarui pada 5 Mei 2024. Di era yang serba modern seperti sekarang ini jenis pembayaran elektronik semakin banyak digunakan. Hal ini tentu saja merupakan hal yang…

Cara Menggunakan Mobile Banking BCA di Android

6 Langkah & Cara Menggunakan Mobile Banking BCA di Android

Artikel diperbarui pada 27 April 2024. Masih banyak orang yang tidak mengetahui cara menggunakan mobile banking di perangkat android, apalagi di era digital seperti ini. Masalah ini…

Manfaat Dompet Digital

5 Manfaat Dompet Digital & Cara Top-Up Saldo e-Wallet

Artikel diperbarui pada 26 April 2024. Manfaat dompet digital beriringan pesatnya perkembangan teknologi, banyak inovasi yang muncul, termasuk dompet digital sebagai alternatif barang. Dompet digital, atau biasa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *