Cara Bikin Qris All Payment untuk Keperluan Usaha, Banyak Manfaatnya

Cara Bikin Qris All Payment

Berbagai transaksi sekarang semakin dimudahkan dan aman dengan adanya Qris. Cara bikin Qris all payment banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena bisa melakukan pembayaran dengan sekejap saja. Metode ini rutin mendapatkan pembaruan dari Bank Indonesia, sehingga kualitasnya semakin baik.

Semakin banyak merchant menerapkan pembayaran dengan Qris All Payment karena prosedurnya sangat mudah dan efektif. Sebelum mengulas seputar cara membuatnya, mari simak penjelasan selengkapnya di sini:

Apa yang Dimaksud dengan Qris?

Sebelumnya mari mengenal lebih jauh tentang Qris. Quick response, disingkat sebagai QR atau Qris merupakan metode pembayaran buatan Bank Indonesia. Penerapan metode ini mulai diterapkan pada 2020 secara nasional.

Tujuan Bank Indonesia yakni meningkatkan standarisasi terkait pembayaran sehingga dapat diterapkan oleh berbagai industri. Secara mendasar, Qris merupakan metode pembayaran bersifat digital yang berlaku di berbagai wilayah Indonesia.

Prosedur pembayarannya sangat efektif memangkas proses yang panjang seperti pembayaran konvensional. Tidak perlu mencari kembalian, memberikan uang yang pas, dan usaha lainnya.

Manfaat Menggunakan Qris

Sebelum membahas cara bikin Qris all payment, penting untuk memahami manfaat dari metode digital ini. Qris hadir dengan sederet manfaatnya untuk banyak pihak.

Baik pengguna maupun merchant akan mendapatkan efisiensi dari segi waktu maupun tenaga. Adapun manfaat yang  bisa didapatkan antara lain:

1. Manfaat untuk Pengguna

Pengguna yang memakai Qris bisa mendapatkan beragam manfaat. Oleh sebab itu semakin banyak yang beralih menggunakan QR untuk melakukan pembayaran. Inilah hal-hal positif yang bisa didapatkan pengguna dengan QR:

  • Lebih cepat, dengan berbekal smartphone dengan internet yang stabil sudah bisa menyelesaikan pembayaran. Cukup mendekatkan layar ke barcode/kode QR di merchant, maka nominal pembayaran akan langsung tertera dan bisa langsung diselesaikan.
  • Pengguna tidak harus membawa uang tunai yang banyak, karena pembayarannya cashless selama masih ada saldonya.
  • Transaksi yang terlindungi, karena seluruh penyelenggara QR pasti sudah mengantongi izin. Semua aktivitas transaksinya berada dalam pengawasan Bank Indonesia.
  • Tidak perlu bingung memilih e-wallet. Banyak konsumen memiliki e-wallet sehingga memikirkan apakah di merchant tersebut ada e-wallet yang dipakainya. Dengan memakai Qris, tentu tidak perlu bingung karena cukup memindai barcode saja.

2. Manfaat untuk Merchant/Bisnis

Selain keuntungan yang didapatkan oleh pengguna, pelaku usaha, pemilik bisnis/merchant juga mendapatkan banyak manfaat. Perlahan semakin banyak yang mengalihkan cara bertransaksinya. Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Cara bikin Qris all payment sangat mudah, dengan beberapa tahap saja sudah bisa membuatnya.
  • Transaksi yang cepat. Dengan transaksi praktis seperti ini, kemungkinan pelanggan untuk berdatangan lebih tinggi. Sebab, tidak perlu kerepotan menyiapkan uang tunai. Begitu juga merchant tidak perlu bingung menyiapkan kembalian.
  • Tidak perlu mendaftarkan berbagai merchant. Cukup dengan mendaftarkan satu kali, sudah bisa menerima pembayaran berbagai aplikasi yang mendukung QR. Sekarang sudah ada 38 lebih e-wallet lisensi resmi yang mendukung pembayaran dengan Qris.
  • Mencegah beredarnya uang palsu. Tidak dapat dipungkiri, risiko mendapatkan uang palsu bisa terjadi ke siapa saja. Sehingga keamanannya lebih terjamin karena sudah pasti menerima uang asli.
  • Biaya operasional lebih hemat. Qris menetapkan rate penggunaan yang cukup ringan.
  • Dapat dipantau kapan pun. Semua riwayat transaksi bisa dipantau dengan mudah sehingga pengelolaan keuangan lebih tertata.

Cara Bikin Qris All Payment

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai definisi serta manfaat memakai Qris sebagai alat untuk pembayaran. Tidak hanya dari segi pemilik bisnis atau pemberi jasa, namun juga masyarakat yang menggunakan produk atau jasa tersebut.

Mekanismenya memudahkan berbagai merchant serta konsumennya ketika bertransaksi non tunai. Bagi merchant bisnis, memiliki Qris termasuk keuntungan tersendiri. Dari segi operasional hingga kepercayaan konsumen, semuanya dapat ditingkatkan.

Bisnis bisa berfokus ke hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian, misalnya pengembangan kualitas produk. Namun, bagaimana cara untuk membuat Qris ini?

1. Memenuhi Persyaratan

Perhatikan apa saja persyaratan yang wajib dimiliki sebuah usaha agar bisa mengajukan pembuatan Qris. Baik perusahaan yang memiliki badan hukum maupun perorangan sudah bisa mendaftarkan Qris. Untuk perusahaan dengan badan hukum perlu memenuhi berkas-berkas berikut ini:

  • SIUP/NIB.
  • Akte pendirian.
  • NPWP perusahaan dan NPWP pribadi untuk non-badan hukum yang sduah terdaftar.
  • KTP dari penanggung jawabnya.

Sementara itu untuk usaha perseorangan cukup menyiapkan KTP dari pemilik usaha atau penanggung jawabnya.

2. Melakukan Registrasi

Setelah memastikan semua persyaratannya terpenuhi, berikutnya bisa berlanjut ke tahap registrasi. Tahap ini dapat dilakukan melalui situs resmi yang dikhususkan untuk mengajukan permohonan membuat Qris.

Buka browser, lalu kunjungi situs bernama qris.id. Untuk langsung ke halaman registrasi bisa masuk ke qris.id/register. Ikuti semua langkah registrasi yang tertera di “Form pendaftaran”. Perhatikan seluruh bagian yang wajib diisi.

Pastikan semuanya terisi dan tidak terlewatkan. Semua dokumen yang diunggah harus asli dan bukan editan. Tidak lupa juga memilih jenis bisnis sesuai dengan bidang yang dijalani.

3. Melakukan Pembayaran Qris

Ketuk “Lanjut” setelah selesai mengisi formnya. Setelah itu pengguna akan diarahkan menuju halaman pembayaran Qris. Cara bikin Qris all payment bisa dilanjutkan dengan memilih metode untuk membayarnya.

Ada banyak pilihan e-wallet yang tersedia sehingga bisa memilih sesuai yang digunakan. Perlu diingat bahwa pembayaran wajib diselesaikan dalam waktu maksimal 14 hari.

Tidak boleh melebihi itu, karena bisa dibatalkan otomatis oleh sistemnya. Jika demikian, untuk membayar wajib mengisi lagi formnya dari awal.

4. Mendapatkan Username Serta Password

Selesaikan pembayaran, setelah itu akan ada notifikasi registrasi yang berupa username beserta password. Melalui notifikasi tersebut, pengguna dapat masuk menuju dashboard utama. Link menuju halaman ini juga dikirimkan ke email maupun WhatsApp sesuai yang didaftarkan.

5. Melengkapi Dokumen yang Tertera Pada Halaman Dashboard

Lengkapi seluruh dokumen yang diminta oleh Qris. Cara bikin Qris all payment ini bisa dilakukan dengan mengunggah mandiri data-data yang dibutuhkan. Setelah semua dokumen wajib diunggah, maka pengajuannya akan segera diproses.

Waktu untuk memprosesnya maksimal 1×24 jam sejak datanya dinyatakan sudah lengkap. Melalui pengajuan ini, pengguna akan mendapatkan NMID (national merchant ID) yang akan digunakan untuk menjalankan usahanya. NMID ini wajib dimiliki agar Qris bisa beroperasi.

6. Melakukan Verifikasi Data

Lakukan verifikasi data, maksimal tujuh hari kerja. Pada waktu tersebut, pengguna akan mendapatkan informasi dari WA maupun email tentang kelengkapan datanya.

Apabila masih terdapat yang kurang, maka akan diminta untuk melengkapinya. Jika sudah lengkap, pengguna bisa langsung mencetak Qris yang didapatkannya.

7. Monitoring Transaksi

Sekarang pengguna sudah memiliki Qris yang dapat digunakan untuk transaksi bisnisnya. Lakukan monitoring secara rutin sehingga dapat memantau semua transaksi yang terjadi melalui Qris tersebut.

Itu tadi cara bikin Qris all payment yang cukup mudah dilakukan beserta manfaatnya. Tidak dipungkiri bahwa Qris semakin mendominasi sebagai metode pembayaran yang lebih efisien. Apalagi sejak hadirnya pandemi dimana transaksi non tunai menjadi opsi yang sangat dianjurkan.

 

Related Posts

transfer bca ke blu

Simak 2 Cara Transfer BCA ke BLU Termudah

Transfer merupakan cara yang amat ampuh dan dipilih banyak orang untuk mengirim uang tanpa harus mendatangi teller.  Kini tersedia berbagai cara praktis dalam melakukan transfer BCA ke…

cara membuat qris dana

Cara Membuat QRIS Dana Bisnis, Manfaat, dan Syarat

Cara membuat QRIS dana bisnis sebenarnya cukup mudah dilakukan, Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui caranya. Padahal dengan membuat QRIS, seseorang bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan…

Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri

Mau Tahu Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri? Simak Penjelasannya!

Bagi yang memiliki hutang di akulaku, maka saatnya tahu bagaimana cara bayar akulaku lewat livin mandiri agar terbebas dari biaya admin. Sebab memang kebanyakan orang malas bertransaksi…

cara bayar indomaret pakai shopeepay

Cara Bayar Indomaret Pakai Shopeepay Serta Keuntungannya

Cara bayar Indomaret pakai Shopeepay membuat transaksi, di salah satu jaringan market ini semakin mudah. Karena para pembeli tidak perlu membawa uang tunai lagi dan memikirkan uang…

Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA

Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA dengan Tepat? Simak Ulasannya

Kemudahan cara transfer dari BSI ke DANA nyatanya masih belum mampu menjangkau setiap masyarakat, pengguna BSI. Cukup disayangkan, mengingat akses transfer yang bisa dilakukan tak terbatas waktu…

Cara Transfer Neo Ke Shopeepay

Belum Tahu Bagaimana Cara Transfer Neo Ke Shopeepay? Yuk Simak Penjelasannya!

Neo menjadi salah satu dompet digital, sayangnya banyak yang belum tahu bagaimana cara transfer neo ke shopeepay untuk dilakukan. Sebenarnya untuk melakukan transfer atau transaksi cukup mudah….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.