Cara Bayar Parkiran Pakai OVO dan Promo Pembayarannya

cara bayar parkiran pakai ovo

Artikel diperbarui pada 29 Desember 2022.

Dengan adanya berbagai teknologi pembayaran, para pengguna semakin mudah untuk melakukan pembayaran. Bahkan, ada cara bayar parkiran pakai OVO sehingga para pengguna tidak perlu menggunakan uang tunai lagi sebagai alat pembayaran. 

Dengan cara pembayaran digital melalui e-wallet OVO ini, bayar parkir menjadi lebih mudah dan tidak repot. Cukup scan saja sesuai dengan biaya parkir, fitur ini sudah ada hampir di setiap area parkir mall, gedung, atau perkantoran yang modern. 

Namun, perlu diakui banyak orang yang masih belum familiar dengan pembayaran digital ini. Bahkan, bisa dibilang tidak mengetahui sama sekali bagaimana cara membayar parkiran dengan cara ini. Berikut, akan dijelaskan bagaimana caranya dan berbagai keuntungannya dibandingkan tunai. 

Mengenal E-Wallet OVO

Sebelum mengetahui cara bayar parkiran pakai OVO, ada baiknya para pengguna mengetahui terlebih dahulu mengenai e-Wallet OVO. Ada banyak sekalian variasi e-Wallet di Indonesia. Salah satunya adalah OVO yang banyak sekali digunakan. 

Sebagai dompet digital, OVO sudah bekerja sama dengan berbagai platform online untuk memudahkan pembayaran. Mulai dari layanan Grab, sampai dengan layanan Tokopedia untuk memudahkan belanja online. 

Sekarang OVO sudah mengembangkan layanannya untuk pembayaran. Baik pada merchant maupun transaksi seperti membayar parkir, pajak, dan berbagai keperluan pembayaran lain.

Apakah Bisa Membayar Parkir dengan OVO?

Jadi, apakah bisa membayar parkir dengan e-Wallet OVO. Jawabannya tentu saja bisa, namun tidak semua area parkir menyediakan jasa pembayaran dengan e-Wallet ini. Untuk bisa menggunakan metode pembayaran ini. 

Pastikan ada kode yang bisa discan pada tiket parkir, karena melalui scanning ini para pengguna akan membayar. Namun, para pengguna tidak perlu khawatir karena sekarang layanan pembayaran parkir dengan OVO semakin meluas.

Biasanya area parkir yang menyediakan pembayaran dengan OVO ini adalah area parkir yang modern. Seperti area parkir modern, parkir pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan berbagai area parkir lainnya. 

Membayar parkir dengan OVO tidak hanya menjadi langkah agar pembayaran semakin cepat dan modern. Namun, agar juga pembayaran tiket karcis semakin hemat. Sekarang ini ada banyak sekali promo pembayaran parkir dan transaksi lainnya dengan OVO. 

Membuat biaya parkir menjadi lebih murah dan lebih hemat. Tentu saja, ini akan menguntungkan bagi para pengguna. 

Cara Bayar Parkiran Pakai OVO 

Setelah mengenal aplikasi e-Walletnya sendiri, sekarang akan dibahas cara bayar parkiran pakai OVO. Seperti yang disebutkan sebelumnya, membayar parkiran dengan OVO akan membuat transaksi lebih mudah dan menguntungkan. 

Para pengguna tinggal melakukan scanning dengan kode yang sudah ada. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan pembayaran:

1. Menyiapkan Akun OVO Terlebih Dahulu 

Sebelum melakukan pembayaran parkir atau transaksi lainnya dengan aplikasi OVO. Tentu saja, para pengguna harus menyiapkan aplikasi OVOnya terlebih dahulu agar siap untuk digunakan bertransaksi. 

Untuk mempersingkat transaksi, pastikan untuk para pengguna mengaktifkan dan mendaftarkan akun OVOnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan transaksi:

  • Download aplikasi OVO pada smartphone yang digunakan. 
  • Daftar dengan melengkapi data diri di aplikasi OVO. 
  • Kemudian, isi saldo yang cukup untuk melakukan transaksi yang diinginkan. 
  • Lakukan upgrade akun OVO biasa ke OVO Premiere, langkah ini merupakan opsional. 

Sebenarnya, walaupun dengan akun OVO biasa para pengguna tetap bisa melakukan transaksi dengan OVO. Termasuk, transaksi untuk membayar parkir. Namun, seperti halnya akun yang biasa. 

Akses dan pembayaran yang dilakukan masihlah terbatas. Karena itu, sangat disarankan untuk mengupgrade akun dulu menjadi akun premier. Untuk proses upgrade diperlukan verifikasi KTP dan menunggu proses sampai disetujui 3-7 hari. 

2. Bayar Parkir dengan OVO dengan Barcode Pada Loket

Jika para pengguna sudah memiliki aplikasi OVO, sudah mendaftar dan sudah mengisi saldo. Maka, OVO bisa digunakan untuk pembayaran parkir maupun transaksi yang lainnya. 

Setelah aplikasi sudah disiapkan, para pengguna siap untuk melakukan transaksi dengan aplikasi OVO. Berikut adalah cara bayar parkiran pakai OVO dengan barcode yang ada di loket:

  • Pada loket parkir, tanyakan apakah pembayaran tiket bisa dilakukan dengan OVO. 
  • Jika memang bisa, petugas loket akan memberikan kode QR untuk di scan. 
  • Buka aplikasi OVO yang sudah disiapkan sebelumnya di smartphone. 
  • Buka fitur scan yang ada pada aplikasi OVO. 
  • Arahkan kamera pada aplikasi OVO pada kode QR yang ditunjukkan oleh petugas. 
  • Masukkan jumlah pembayaran dan tentukan sumber pembayaran melalui OVO Cash atau OVO Point. 
  • Konfirmasi dengan dengan memasukkan pin OVO atau mungkin scan fingerprint pada smartphone. 
  • Selesaikan pembayaran dengan mengklik ‘Bayar’. 

Setelah konfirmasi, pembayaran tiket parkir sudah berhasil dan para pengguna akan mendapatkan struk. Seperti pembayaran parkir dengan uang tunai biasa. 

2. Bayar Parkir dengan OVO dengan Barcode dengan Tiket Karcis 

Selain dengan kode QR yang diberikan oleh petugas, para pengguna OVO bisa membayar melalui kode yang ada pada tiket karcis. Caranya, sebenarnya tidak berbeda dengan kode yang dibayarkan pada petugas. 

Bedanya adalah kode QR yang diberikan ada pada kode karcis. Berikut adalah cara untuk melakukan pembayarannya:

  • Setelah menerima karcis yang ada kode QRnya, para pengguna bisa membuka aplikasi OVO. 
  • Buka fitur scan yang ada pada aplikasi OVO. 
  • Arahkan kamera scan pada kode QR yang ada pada tiket karcis. 
  • Biaya parkir yang harus dibayarkan akan tampil pada layar aplikasi. 
  • Setelah itu, pilih sumber pembayaran yang diinginkan OVO Cash atau OVO Point. 
  • Tekan tombol ‘Bayar’ untuk menyelesaikan pembayaran. 
  • Konfirmasi dengan PIN OVO untuk menyelesaikan pembayaran. 
  • Ketika sudah waktunya keluar dari tempat parkir, para pengguna bisa memberikan tiket yang sudah discan pada petugas. 
  • Para petugas akan menscan lagi tiket tanda kendaraan sudah keluar. 
  • Saldo akan berkurang sesuai dengan sumber pembayarannya dan juga nominal pembayarannya. 
  • Dengan begitu pembayaran sudah berhasil dilakukan. 

Perbedaan cara pembayaran pertama dan yang kedua adalah pembayaran dengan cara pertama dilakukan pada saat masuk tempat parkir. Cara yang kedua, dilakukan pada saat menerima tiket karcis dan akan keluar dari tempat parkir. 

Promo Pembayaran Parkir dengan OVO 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, para pengguna akan mendapatkan berbagai keuntungan dengan cara bayar parkir pakai OVO. Promo yang sedang berlangsung sekarang adalah cashback sebesar 30% untuk setiap pembayaran parkir. 

Cashback berupa OVO Points yang bisa dicairkan minimal 10 menit setelah pembayaran parkir dengan menggunakan OVO. OVO Points ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan transaksi para pengguna OVO. 

Saat ini, promo masih berlaku di daerah JABODETABEK, Surabaya, Semarang, dan berbagai kota besar lain di Indonesia. Jadi, promo ini tidak semua kota di Indonesia di Indonesia. 

Itulah cara bayar parkir pakai OVO dan berbagai promo serta keuntungannya. Para pengguna bisa merasakan pengalaman pembayaran yang modern, cepat, praktis, serta lebih menguntungkan. 

Related Posts

transfer bca ke blu

Simak 2 Cara Transfer BCA ke BLU Termudah

Transfer merupakan cara yang amat ampuh dan dipilih banyak orang untuk mengirim uang tanpa harus mendatangi teller.  Kini tersedia berbagai cara praktis dalam melakukan transfer BCA ke…

cara membuat qris dana

Cara Membuat QRIS Dana Bisnis, Manfaat, dan Syarat

Cara membuat QRIS dana bisnis sebenarnya cukup mudah dilakukan, Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui caranya. Padahal dengan membuat QRIS, seseorang bisa mendapatkan berbagai fasilitas dan…

Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri

Mau Tahu Cara Bayar Akulaku Lewat Livin Mandiri? Simak Penjelasannya!

Bagi yang memiliki hutang di akulaku, maka saatnya tahu bagaimana cara bayar akulaku lewat livin mandiri agar terbebas dari biaya admin. Sebab memang kebanyakan orang malas bertransaksi…

cara bayar indomaret pakai shopeepay

Cara Bayar Indomaret Pakai Shopeepay Serta Keuntungannya

Cara bayar Indomaret pakai Shopeepay membuat transaksi, di salah satu jaringan market ini semakin mudah. Karena para pembeli tidak perlu membawa uang tunai lagi dan memikirkan uang…

Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA

Bagaimana Cara Transfer dari BSI ke DANA dengan Tepat? Simak Ulasannya

Kemudahan cara transfer dari BSI ke DANA nyatanya masih belum mampu menjangkau setiap masyarakat, pengguna BSI. Cukup disayangkan, mengingat akses transfer yang bisa dilakukan tak terbatas waktu…

Cara Transfer Neo Ke Shopeepay

Belum Tahu Bagaimana Cara Transfer Neo Ke Shopeepay? Yuk Simak Penjelasannya!

Neo menjadi salah satu dompet digital, sayangnya banyak yang belum tahu bagaimana cara transfer neo ke shopeepay untuk dilakukan. Sebenarnya untuk melakukan transfer atau transaksi cukup mudah….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.