Cara Mencairkan Saldo Google Play ke Rekening Pribadi

Artikel diperbarui pada 3 September 2023.

Saat memiliki saldo Google Play yang tidak dipakai, maka lebih baik mencairkannya ke rekening. Cara mencairkan saldo Google Play juga bukan proses yang sulit sehingga menjadi langkah yang sangat direkomendasikan.

Pada artikel ini akan dipaparkan cara pencairannya dengan media Android dan juga laptop/PC. Agar tidak bingung, maka rincian caranya akan dipisah dan dipaparkan satu per satu secara menyeluruh sampai selesai.

Selain itu, akan diberikan juga informasi tambahan lain seperti biaya transfer dan juga tipsnya. Semua informasi tersebut juga penting dan sayang untuk dilewatkan. Jika ingin tahu penjelasannya, maka lihat uraian berikut:

Pencairan dari Android

Proses pertama yang akan dijelaskan cara mencairkan saldo Google Play melalui Android. Penggunaan Android memang sangat mudah dan termasuk efisien. Jadi pengguna tidak akan kesulitan melakukannya.

Apalagi Google Play sudah menyediakan layanan untuk melakukan pencairan sampai selesai. Penasaran bagaimana cara dan penyelesaiannya? Jika ingin tahu struktur caranya, maka simak detail berikut ini sampai selesai:

  • Pertama, buka aplikasi Google Play yang ada di perangkat.
  • Jika sudah masuk ke halaman utamanya, buka menu “Pembayaran” yang letaknya ada di bagian bawah.
  • Nantinya, pengguna akan diarahkan ke halaman baru yang berisi informasi saldo.
  • Untuk selanjutnya, pencet tombol “Uangkan” agar proses pencairannya bisa dilakukan.
  • Setelah itu masukkan nominal yang ingin ditransfer ke rekening pribadi.
  • Saat ada kotak dialog baru yang muncul, lakukan proses konfirmasi.
  • Terakhir, pencet tombol “Transfer” dan tunggu uangnya masuk.

Biasanya setelah proses selesai, uang akan langsung masuk ke rekening. Namun jika belum masuk maka tunggu dulu dan jangan langsung berasumsi. Terkadang Google Play memang membutuhkan waktu untuk proses pencairannya.

Pencairan dari Laptop/PC

Selain menggunakan Android, cara mencairkan saldo Google Play juga bisa dilakukan dengan laptop/PC. Karena perangkatnya berbeda dengan Android, maka ada beberapa tombol yang tidak sama. Meski demikian, hasil akhirnya tidak akan berbeda.

Tahapan yang diperlukan untuk cara satu ini juga tidak terlalu banyak. Setidaknya ada enam tahapan sampai prosesnya selesai. Agar tidak ada tahapan yang salah, maka ikuti semua proses berikut ini secara menyeluruh:

  • Mulai proses dengan masuk ke Google Play di laptop/PC. Pastikan untuk login di akun yang benar.
  • Setelah masuk di halaman utamanya, segera buka menu “Metode Pembayaran”.
  • Lalu pencet tombol “Transfer Saldo” di bagian Saldo Google Play.
  • Tambahkan nominal yang ingin ditransfer ke rekening.
  • Lanjutkan proses dengan mengkonfirmasi metode pembayarannya.
  • Untuk menyelesaikannya, pencet tombol “Transfer”.

Saat prosesnya selesai, maka hal yang bisa dilakukan adalah menunggu uang masuk ke rekening. Jangan lupa untuk mengecek apakah uangnya masuk atau belum. Hal ini penting agar tahu perkembangan terbarunya.

Berapa Biaya untuk Mencairkan Saldo Google Play?

Biasanya, proses pencairan saldo dari aplikasi tertentu ke rekening akan membutuhkan biaya admin. Namun hal ini tidak berlaku untuk pencairan Google Play. Prosesnya bisa dibilang gratis tanpa perlu biaya pencairan.

Aturan ini memang sudah disediakan untuk memudahkan pengguna. Jadi jumlah saldo yang dicairkan akan sama dengan nominal yang masuk ke rekening. Pemotongan juga tidak akan dilakukan dalam prosesnya sehingga nilainya tetap sama.

Jadi jika masih ragu untuk melakukan pencairan karena takut saldonya terpotong, tidak perlu takut lagi. Langsung saja coba untuk mencairkannya sampai selesai. Maka nilainya akan sama tanpa ada perubahan.

Tips Saat Mencairkan Saldo Google Play

Selain cara mencairkan saldo Google Play, akan diinformasikan pula beberapa tips dalam melakukannya. Detail ini penting untuk diketahui agar proses pencairannya menjadi lebih cepat dan terstruktur tanpa hambatan.

Tips yang akan diberikan berjumlah empat poin. Agar proses pemahamannya lebih mudah, maka setiap poin akan dijabarkan satu per satu secara menyeluruh. Lihat informasi berikut untuk mengetahui penjabarannya:

1. Jaringan Internet Harus Lancar

Tips pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan jaringan internet yang lancar. Hal ini penting untuk disediakan agar prosesnya tidak terhambat atau bahkan gagal. Kelancaran proses memang sangat berkaitan dengan internetnya.

Saat internet tidak stabil atau terputus-putus, maka bisa dipastikan prosesnya menjadi lama, error, atau bahkan gagal. Semua hal ini tentu akan sangat merepotkan jika terjadi dan akan membuat bingung orang yang mengurusnya.

Bahkan jika parah, proses pencairan akan gagal namun tidak diketahui oleh pengguna. Ada beberapa kondisi yang membuat notifikasi berhasil padahal prosesnya gagal. Oleh karenanya, internet harus tersedia dengan baik.

2. Biasakan untuk Mengecek Saldonya Dulu

Sebelum melakukan proses pencairan, maka biasakan untuk mengecek jumlahnya dulu. Hal ini penting untuk dilakukan agar tahu berapa sisa yang dimiliki. Kemudian, proses pencairan bisa disesuaikan dengan nominal tersebut.

Proses pengecekan saldo ini sebenarnya sangat mudah. Jika belum tahu bagaimana cara pengecekannya, maka pada bagian ini akan diberikan penjelasan caranya. Simak daftar berikut untuk mengetahuinya:

  • Untuk memulainya, masuk dulu ke Google Play di perangkat.
  • Kemudian buka bagian menu dengan memencet tombol berlogo tiga titik.
  • Lalu pilih menu “Metode Pembayaran” untuk melanjutkannya.
  • Nantinya pada halaman baru akan terlihat berapa sisa saldo yang ada di Google Play.

Pengecekan saldo di awal ini penting. Saat tidak dilakukan pengecekan, bisa jadi proses pencairan dilakukan dengan memasukkan nominal melebihi saldo. Hal ini tentu akan berimbas pada prosesnya yang gagal dilakukan.

3. Jika Uang Tidak Segera Masuk maka Hubungi Pihak Google Play

Umumnya, pencairan ini bisa langsung diselesaikan oleh sistem. Namun jika ada kendala, maka uang akan masuk ke rekening pada 24 jam pertama sampai dengan 4 hari kerja. Jumlah hari tersebut masih masuk dalam batas wajar.

Namun jika melebihi waktu 4 hari uang tidak segera masuk, maka bisa jadi ada kendala berat. Oleh karenanya, disarankan untuk menghubungi Google Play agar masalahnya bisa teratasi. Prosesnya bisa dilakukan dengan layanan pusat bantuan Google.

4. Usahakan untuk Tidak Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Tips terakhir yang wajib diperhatikan adalah tidak memakai aplikasi pihak ketiga. Saat ini banyak aplikasi yang membantu proses pencairan dari satu platform ke jenis platform lainnya. Penggunaan struktur aplikasi semacam ini sangat tidak disarankan.

Banyak aplikasi pihak ketiga yang ilegal serta tidak terjamin keamanannya. Ditakutkan data rekening akan disadap dan dipakai secara ilegal. Apalagi Google Play sendiri sudah memiliki fitur pencairannya, sehingga tidak aman memakai aplikasi pihak ketiga.

Urutan cara mencairkan saldo Google Play di atas bisa langsung diikuti sampai selesai. Pilih saja cara terbaik untuk diaplikasikan sesuai dengan kenyamanan. Asal setiap langkahnya tepat, maka tidak akan ada hambatan dalam prosesnya.

Selain caranya, perhatikan juga tips-tips yang sudah diberikan. Deretan tips tersebut juga berkaitan dengan penyelesaian proses. Saat tips-nya sudah diperhatikan, maka prosesnya akan lebih terstruktur lagi.

Jadi kesimpulannya, proses pencairan saldo ini sangat mudah dijalankan. Daripada saldo tidak terpakai, akan lebih baik dicairkan ke rekening. Apalagi caranya memang sangat memudahkan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

 

Related Posts

Keuntungan Bertransaksi dengan OVO untuk Bisnis Online

7 Keuntungan Bertransaksi dengan OVO untuk Bisnis Online

Artikel diperbarui pada 4 Maret 2024. Keuntungan bertransaksi dengan OVO sangat banyak, terutama bagi yang senang melakukan pembayaran cashless. Para kaum millenials banyak menyukai metode pembayaran tersebut…

Keuntungan Menggunakan DANA, Transaksi Menjadi Lebih Mudah!

Keuntungan Menggunakan DANA, Transaksi Jadi Lebih Mudah!

Artikel diperbarui pada 2 Maret 2024. Keuntungan menggunakan DANA sebagai dompet digital sangat banyak. Di Indonesia sendiri contohnya cukup banyak, namun aplikasi tersebut lebih populer daripada yang…

Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BRI

Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BRI

Artikel diperbarui pada 1 Maret 2024. Menerima transfer uang dari luar negeri ke rekening bank BRI dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda yang membutuhkan tambahan dana…

cara bayar tiket traveloka via mobile banking mandiri

Cara Bayar Tiket Traveloka via Mobile Banking Mandiri, Mudah!

Artikel diperbarui pada 27 Desember 2023. Pemilik rekening Mandiri yang membeli tiket travel di Traveloka, tidak perlu bingung lagi. Traveloka menyediakan kemudahan bagi nasabah Mandiri dalam melakukan…

transfer bca ke blu

Simak 2 Cara Transfer BCA ke BLU Termudah

Artikel diperbarui pada 23 Desember 2023. Transfer merupakan cara yang amat ampuh dan dipilih banyak orang untuk mengirim uang tanpa harus mendatangi teller.  Kini tersedia berbagai cara…

cara membuat qris dana

Cara Membuat QRIS Dana Bisnis, Manfaat, dan Syarat

Artikel diperbarui pada 23 Desember 2023. Cara membuat QRIS dana bisnis sebenarnya cukup mudah dilakukan, Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui caranya. Padahal dengan membuat QRIS,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *