Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

macam-macam asuransi

Asuransi adalah jaminan penting yang harus Anda pertimbangkan di tengah masa sulit seperti sekarang ini. 

Namun, karena jenisnya banyak, tidak sedikit orang yang bingung seputar macam-macam asuransi yang ada di Indonesia. Nah artikel di bawah ini mungkin akan sangat membantu terkait jenis asuransi secara umum. 

Macam-Macam Asuransi yang Ada Di Indonesia 

Perusahaan asuransi yang ada di Indonesia sangat beragam. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan serta ganti rugi secara menyeluruh, tidak hanya kepada orang namun juga benda. Berikut adalah beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia: 

1. Asuransi Jiwa 

Asuransi jiwa yang memiliki fungsi  memberikan jaminan perlindungan kepada keluarga yang ditinggalkan ketika pemegang polis mengalami hal buruk pada suatu waktu. 

Asuransi jiwa sendiri terdiri dari dua jenis yaitu Term Life dan Whole life. Kedua jenis ini memiliki perbedaan cukup signifikan. 

Asuransi Term Life adalah jenis perlindungan terhadap pemegang polis dengan jangka waktu 1,5 sampai 10 tahun. 

Sedangkan asuransi Whole Life memberikan jaminan proteksi kepada  pemegang polis hingga seumur hidupnya. 

2. Asuransi Kesehatan 

Jenis asuransi kedua adalah asuransi kesehatan, baik untuk pribadi ataupun yang  diberikan oleh sebuah instansi perusahaan kepada pekerjanya. 

Asuransi ini bertujuan untuk memberikan jaminan kepada tertanggung terkait biaya perawatan medis akibat sakit, cidera, cacat hingga kematian karena kecelakaan.

Jenis asuransi kesehatan sendiri biasanya ada dalam berbagai macam kategori salah satunya adalah asuransi cashless. 

Jenis asuransi ini terbilang mudah karena Anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi serta reimbursement ketika akan melakukan klaim. 

Nah, salah satu produk insurance terkemuka dari jenis ini adalah asuransi kesehatan BCA. Dengan menimbang kurang lebihnya, Anda dapat memutuskan sendiri apakah asuransi tersebut cocok untuk Anda atau tidak.                    

3. Asuransi Travel 

Sesuai dengan namanya, asuransi travel ini memiliki manfaat untuk seseorang yang hobi jalan-jalan atau traveling. 

Dengan asuransi ini, perjalanan wisata Anda akan jauh lebih terjamin dan meminimalisir risiko selama dalam perjalanan. 

Tidak hanya itu, asuransi travel juga penting dan wajib untuk dimiliki ketika Anda ingin bepergian keluar negeri. Seperti contohnya ketika ingin pergi ke Eropa maka setiap orang diwajibkan untuk memiliki asuransi travel guna menerbitkan visa perjalanan. 

4. Asuransi Properti 

Tujuan dari asuransi properti ini adalah untuk memberikan jaminan terhadap aset berharga yang dimiliki seperti rumah, barang-barang berharga hingga perusahaan jika terjadi kerusakan atau kehilangan. 

Termasuk properti pabrik, lahan dan sebagainya. Jenis asuransi satu ini sangat bermanfaat untuk Anda yang memilIki lokasi tempat tinggal atau gedung perusahaan rawan bencana atau pencurian. 

Sehingga nanti jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kerugian akan dijamin penuh oleh pihak asuransi. 

5. Asuransi Kendaraan 

Sesuai dengan namanya, macam-macam asuransi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kendaraan jika terjadi hal masalah seperti kerusakan. 

Asuransi kendaraan umumnya terdiri atas dua macam produk yaitu Asuransi All Risk serta Asuranssi Total Loss Only.  

Dengan mengikuti asuransi kendaraan, Anda jauh lebih terjamin perlindungannya dari berbagai macam resiko seperti kerusakan, pencurian hingga bencana alam. 

Untuk yang memiliki mobilitas tinggi dengan kendaraan, memilih asuransi ini adalah keputusan yang tepat. 

6. Asuransi Pendidikan 

Di Indonesia, asuransi pendidikan ini terdiri dari dua macam. Pertama adalah asuransi Asuransi Unit Link dimana premi yang dibayarkan tidak hanya untuk proteksi pendidikan namun juga dapat digunakan sebagai investasi reksa dana. 

Sedangkan yang kedua adalah Asuransi Dwiguna ini bertujuan untuk menjamin semua biaya pendidikan ketika wali si anak meninggal dunia atau catat total dan tidak mencari nafkah. 

Asuransi pendidikan ini terbilang efektif karena instrumen pasar uang dapat memberikan hasil yang nyata. 

7. Asuransi Kecelakaan 

Jenis asuransi selanjutnya ada asuransi kecelakaan dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan proteksi terhadap risiko kecelakaan. 

Untuk jenis kecelakaannya sendiri berupa kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja ataupun kecelakaan diri sendiri. 

Jika dilihat dari segi manfaat, asuransi ini hampir mirip dengan asuransi jiwa. Dimana Anda akan diberi uang pertanggungjawaban ketika tertanggung mengalami kecelakaan hingga meninggal atau cacat total. 

8. Asuransi Bisnis 

Didirikannya asuransi bisnis bertujuan untuk memberikan jaminan atas kerugian yang dialami oleh perusahaan. 

Kerugiannya sendiri bisa diakibatkan oleh kerusakan akibat bencana alam, kehilangan akibat pencurian dan lain sebagainya. 

Asuransi bisnis dapat digunakan untuk semua pemilik usaha mulai dari pengusaha kecil atau UKM, perusahaan besar sehingga perusahaan multinasional. 

Asuransi tersebut juga memberikan manfaat seperti jaminan kesehatan, penggantian pesangon hingga perlindungan terhadap aset perusahaan. 

9. Asuransi Disabilitas 

Seperti namanya, satu asuransi ini bertujuan untuk memberikan jaminan kepada orang yang berisiko menjadi penyandang disabilitas atau difabel. 

Asuransi semacam ini biasanya dibutuhkan untuk mereka yang bekerja atau berada di wilayah rawan bencana, perang atau kecelakaan. 

Di Indonesia, asuransi yang berani memberikan jaminan semacam ini adalah asuransi Asabri. Dimana produk asuransi pemerintah ini khusus ditujukan untuk anggota TNI maupun POLRI yang masih bertugas aktif. 

10. Asuransi Dana Pensiun 

Jenis asuransi terakhir adalah asuransi dana pensiun atau yang sering disebut dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan. 

Produk dari asuransi ini bertujuan untuk memberikan jaminan finansial saat pemegang polis telah pensiun. 

Dengan asuransi dana pensiun, diharapkan Anda masih tetap dapat hidup dengan layak meskipun sudah tidak bekerja secara aktif. 

Contoh produk asuransi dana pensiun ini ada berbagai macam seperti BRI Life, Manulife, AXA Mandiri dan Allianz. 

Selain dari kesepuluh macam-macam asuransi di atas, sebenarnya masih ada banyak produk asuransi lain di Indonesia seperti Asuransi Hewan, Asuransi Uang,  

Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Proyek dan Konstruksi, Asuransi Sosial, Asuransi Kelautan, Asuransi Kredit hingga Asuransi Kebakaran. 

Masing-masing memiliki tujuan dan manfaat yang sama, yaitu memberikan jaminan perlindungan terhadap hal-hal  buruk yang terjadi di masa depan. 

Selain itu, besaran premi yang dibayarkan juga berbeda-beda dan tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi. 

Manfaat Menggunakan Produk Asuransi 

Setelah mengetahui berbagai jenis asuransi yang ada di Indonesia tersebut, pembahasan selanjutnya yaitu manfaat dari menggunakan produk asuransi. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan perlindungan asuransi: 

Dapat Memberikan Rasa Aman dan Tenang 

Seseorang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, entah berkaitan dengan pekerjaan, kesehatan, pendidikan maupun finansial. 

Hal itu kadang membuat masyarakat khawatir sehingga berpikiran yang tidak-tidak. 

Namun ketika Anda memiliki asuransi dalam bentuk apapun, rasa khawatir itu mungkin akan sedikit bisa dikurangi. 

Karena setidaknya sudah memiliki jaminan perlindungan terhadap apa yang akan terjadi di masa mendatang. 

Memberikan Jaminan Risiko atas Sebuah Kerugian

Dari beberapa yang disebutkan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa asuransi tidak hanya sekedar memberikan perlindungan semata. 

Namun juga dapat memberikan jaminan risiko atas sebuah kerugian yang dialami oleh pihak tertanggung. 

Jika di kemudian hari nasabah mengalami kejadian atau hal yang menyebabkan kerugian baik jiwa, finansial, kesehatan atau aset maka pihak asuransi bersedia untuk menanggung semua biaya kerugian tersebut. Tentunya sesuai dengan jenis asuransi yang dimiliki. 

Asuransi Sebagai Sarana Investasi 

Manfaat asuransi yang terakhir adalah sebagai sarana investasi untuk jangka panjang. Dengan mendaftar sebagai nasabah perusahaan asuransi, maka Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan pengembalian investasi di akhir kontrak. 

Selain itu, produk asuransi juga diperuntukan sebagai investasi yang memberikan fleksibilitas dan kelonggaran untuk memilih jangka waktu pertanggungan. 

Nasabah bahkan dapat memilih jangka waktu pertanggungan ini sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. 

Tips Memilih Produk Asuransi untuk Pemula 

Untuk Anda yang mulai berfikir akan menggunakan salah satu dari macam-macam asuransi di atas pastikan perusahaan asuransi yang dipilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan lupa juga untuk memilih premi asuransi yang sesuai dengan kemampuan. 

Selain itu, pastikan untuk tidak menunda untuk membeli produk asuransi karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Jadi dari pada menyesal di kemudian hari lebih baik persiapkan mulai dari saat ini. 

Terakhir, Anda juga harus jeli dalam memilih produk asuransi dari berbagai perusahaan yang ada. Pilih produk yang memang memiliki banyak manfaat stay first tambahan yang akan menguntungkan nasabah di masa mendatang. 

Itulah pembahasan seputar macam-macam asuransi lengkap dengan manfaat dan cara memilih produk asuransi yang tepat. Jadi bagaimana, sudah siap menggunakan salah satu produk asuransi di atas?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url