Begini Cara Pindah BPJS Mandiri Ke UHC, Mudah

Begini Cara Pindah BPJS Mandiri Ke UHC, Mudah

Artikel diperbarui pada 14 September 2023.

Sebenarnya ada cara pindah bpjs mandiri ke uhc yang dapat dilakukan jika terlalu terbebani dengan biaya iuran. Jadi saat ini BPJS sendiri juga membuka program yang namanya UHC. Sayangnya masih belum banyak yang tahu terkait dengan uhc. 

Pada dasarnya UHC yaitu salah satu program di dalam sistem JKN yang dimiliki. Sehingga memang harus lebih memperhatikan sekaligus memanfaatkannya. Terlebih bagi pengguna BPJS kelas bawah yang kesusahan dalam membayar iuran. 

Jadi nanti di bawah ini akan diuraikan terkait bagaimana cara berpindah dari BPJS mandiri ke program UHC ini. Namun tentu di dalamnya juga ada persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan. Jadi agar tak salah bisa perhatian baik-baik. 

Apa Itu UHC?

Sebelum membahas hal lain, maka saat ini kenali terlebih dahulu terkait dengan apa itu UHC. Uhc sendiri merupakan singkatan dari Universitas health coverage. Atau jika dialihkan dalam bahasa Indonesia menjadi jaminan kesehatan semesta atau JKS. 

UHC sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 2014 dan diikutsertakan dalam sistem JKN. Jadi hal ini sudah mulai diimplementasikan dari sejak bulan Januari pada tahun 2014 silam. Namun untuk saat ini masih banyak yang belum mengetahuinya. 

Secara sistem, UHC ini adalah untuk memberikan akses terhadap setiap warga secara adil terkait dengan pelayanan kesehatan. Baik itu secara promotif, kuratif, preventif, dan juga rehabilitatif bermutu. Dimana di dalamnya memiliki biaya yang lebih terjangkau. 

Dalam UHC sendiri terdapat elemen inti, yakni salah satunya sudah disebutkan sebelumnya. Bahwa memberikan akses pelayanan kesehatan yang adil. Sedang untuk yang kedua adalah perlindungan resikonya terhadap finansial ketiga warga memanfaatkan pelayanan a kesehatan. 

Secara definisi, uhc sendiri memiliki tiga tujuan terpenting antara lain adalah dengan memberikan kesetaraan dalam mengakses layanan kesehatan. Sehingga setiap individu dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Tidak hanya terbatas pada yang dapat membayar. 

Kemudian tujuan yang kedua terkait dengan layanan yang diberikan harus cukup baik. Sehingga dengan begini penerima pelayanan kesehatan ini akan semakin baik. Tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Lalu untuk tujuan yang ketiga adalah terkait dengan perlindungan Finansial terhadap orang yang menerima pelayanan. Jadi biaya yang harus dikeluarkan ini tidak sampai merusak keuangan penerima. Jadi tidak benar-benar gratis. 

BPJS Mandiri

Setelah membahas terkait dengan UHC, maka kali ini akan diuraikan pengertian dari BPJS mandiri. Perlu diketahui, bahwa BPJS mandiri ini adalah kartu yang dimiliki oleh orang bukan penerima upah. Karena di sisi lain ada BPJS ketenagakerjaan. 

BPJS mandiri mengharuskan pemegang kartu ini untuk membayar sejumlah nominal sebagai iuran untuk setiap bulannya. Sehingga untuk rakyat menengah ke bawah merasa keberatan. Terlebih nominal yang harus dibayarkan juga tidak terlalu sedikit. 

Seperti keterangan di atas tadi, bahwa pemegang kartu BPJS mandiri harus membayar iuran bulanan dengan uang sendiri. Jadi BPJS ini tidak dibayar oleh pemerintah. Meskipun pada awalnya kartu BPJS ini didapatkan dari pemerintah.

Jadi sistem yang digunakan oleh BPJS ini adalah seperti asuransi. Jadi jika tidak membayar iuran bulanan akan dianggap menunggak, terlebih jika ini dilakukan terlalu lama maka kartu akan diblokir. Juga tentunya dengan surat tagihan yang datang. 

Untungnya saat ini sudah ada yang namanya UHC yang diperuntukkan bagi orang yang kurang mampu. Ini juga bisa didapatkan bagi orang yang sudah menegang kartu BPJS. Dengan UHC ini maka biaya di dalamnya akan ditanggung oleh pemerintah. 

Cara Beralih BPJS Mandiri Ke UHC

Dikatakan bahwa untuk membuka layanannya adalah sama dengan PBI. Maka kali ini pun akan diuraikan cara pindah bpjs mandiri ke uhc seperti saat ke PBI. Jadi tentu akan disertakan juga beberapa persyaratan yang dibutuhkan dalam proses ini. 

  • Pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah dengan mempersiapkan segala persyaratan yang diperlukan. 
  • Untuk persyaratannya antara lain adalah fotokopi kartu KK, juga beserta foto kopi KTP seluruh anggota keluarga. 
  • Kemudian harus menyertakan juga surat keterangan tidak mampu yang bisa didapatkan dari kelurahan.
  • Hal ini dikarenakan UHC maupun PBI ini merupakan program yang diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu.
  • Kemudian pengguna juga harus mendapatkan surat pengantar yang bisa didapatkan dari puskesmas sesuai domisili.
  • Kemudian jangan lupa untuk membawa fotokopi kartu BPJS mandiri yang dimiliki sebelumnya.
  • Kemudian yang perlu dilakukan berikutnya adalah dengan mendatangi kantor dinas sosial di daerah tersebut atau di kabupaten.
  • Setelah itu pastikan bahwa selama memiliki BPJS mandiri tidak ada tunggakan sama sekali, jika memilikinya, maka harus melunasi terlebih dahulu.
  • Di sana nanti akan ada beberapa prosedur yang dilakukan, termasuk dengan mengisi formulir.
  • Jadi pertama adalah dengan mengisi formulir untuk pengalihan cara pindah bpjs mandiri ke uhc, karena memang membutuhkan beberapa data di dalamnya.
  • Setelah itu harus mengisi juga formulir verifikasi dan juga validasi pengalihan yang sebelumnya sudah disahkan oleh pihak kelurahan.
  • Kemudian sertakan juga fotokopi KTP dari yang akan dialihkan BPJSnya, jika untuk anak maka bisa gunakan fotokopi akta kelahiran.
  • Kemudian jangan lupa menyertakan BPJS mandiri beserta KK dalam bentuk fotokopi.
  • Nanti ada beberapa prosedur yang akan dilakukan oleh pihak petugas, termasuk apakah layak mendapatkan program dan sistem ini atau tidak.
  • Jika sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, maka pengajuan pengalihan dari BPJS mandiri ke uhc ini alam disetujui. 
  • Cara inipun merupakan cara yang sama untuk pengajuan BPJS mandiri ke PBI atau penerima bantuan iuran. 

Hal-hal Yang Harus Diingat Dari UHC

Setelah mengetahui bagaimana cara pindah bpjs mandiri ke uhc, maka kali ini akan diulas mengenai apa saja yang harus diingat. Bahwa nyatanya UHC tak sesederhana seperti yang dikira. Atau hanya sebatas tentang pelayanan kesehatan saja. 

  • Pertama yang harus diingat, menurut WHO, UHC ini bukan merupakan pengobatan gratis.
  • Selain itu UHC bukan hanya tentang pembiayaan kesehatan.
  • Tetapi juga sebagaimana pengelolaan berbagai komponen yang masih berhubungan dengan sistem kesehatan.
  • Lalu UHC tidak hanya soal pembiayaan dari pelayanan kesehatan.
  • Namun harus meningkatkan sumber daya data yang membaik.
  • Selain itu UHC juga berkaitan dengan mengupayakan kesehatan masyarakat, misalnya promosi kesehatan, pengendalian nyamuk, menyediakan air bersih dan lain sebagainya.
  • Tak hanya soal kesehatan saja namun juga mengambil langkah yang baik menuju ekuiti, prioritas pembangunan dan juga CID. 

Demikian adalah ulasan terkait dengan bagaimana cara pindah bpjs mandiri ke uhc yang bisa dilakukan. Seperti yang dikatakan tadi, bahwa memang untuk membuka layanan ini caranya sama seperti PBI. Yakni dengan cara yang sudah diuraikan tadi. 

Sudah dijelaskan juga perihal Pengertian dari UHC yang dapat dipahami dengan peralihan bahasa juga. Sehingga UHC ini juga dikenal dengan JKS atau jaminan kesehatan semesta. Dimana program ini ikut masuk ke dalam sistem yang ada dalam JKN. 

 

Related Posts

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Artikel diperbarui pada 31 Oktober 2023. Apakah kamu tahu apa itu B Save Accident Protection? B Save Accident Protection adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan…

Cara Membatalkan eklaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Membatalkan eklaim BPJS Ketenagakerjaan

Artikel diperbarui pada 28 Oktober 2023. BPJS Ketenagakerjaan adalah program asuransi sosial yang memberikan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, kecelakaan saat perjalanan ke dan dari tempat kerja,…

Jenis Asuransi Kesehatan BCA Terbaru

4 Jenis Asuransi Kesehatan BCA Terbaru

Artikel diperbarui pada 13 Oktober 2023. Asuransi Kesehatan BCA – Semua orang pasti mendambakan kesehatan dalam dalam hidupnya. Baik bagi dirinya maupun bagi keluarganya. Akan tetapi gangguan…

Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Artikel diperbarui pada 13 Oktober 2023. Asuransi adalah jaminan penting yang harus Anda pertimbangkan di tengah masa sulit seperti sekarang ini. Namun, karena jenisnya banyak, tidak sedikit…

Cara Mengubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Cara Mengubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Artikel diperbarui pada 13 September 2023. Cara mengubah BPJS perusahaan ke Mandiri secara online yang sering dicari orang ketika pindah kerja. Ini terjadi ketika suatu ketika pegawai…

Bagaimana Cara Pindah BPJS Ikut Suami? Dan Apa Saja Syaratnya?

Artikel diperbarui pada 13 September 2023. Sudah menikah, lalu ingin pindah BPJS? Tenang saja, karena artikel ini akan mengulas bagaimana cara pindah BPJS ikut suami dengan mudah….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *