4 Alasan Pentingnya Menggunakan Asuransi Bagi Generasi Milenial

Alasan Pentingnya Menggunakan Asuransi Bagi Generasi Milenial

Artikel diperbarui pada 23 April 2024.

Banyak orang berpendapat kalau asuransi hanya untuk mereka yang sudah tua saja, namun sebenarnya ada banyak sekali alasan pentingnya menggunakan asuransi bagi kaum generasi milenial.

Jadi sebaiknya untuk memiliki asuransi tidak perlu menunggu sampai usia menjadi tua terlebih dahulu baru mulai memilikinya. Namun tidak ada salahnya apabila kamu memilkinya disaat usia masih muda.

Ada banyak sekali alasan yang menjadikan seseorang harus memilkinya meskipun masih muda. Terlebih bagi generasi milenial yang saat ini merupakan usia yang sangat produktif tentunya sangat penting memiliki asuransi.

Mengenal Apa Itu Asuransi?

Sebelum lebih jauh membahas alasan pentingnya menggunakan asuransi bagi generasi milenial. Sebelum itu pahami dulu pengertian dari asuransi itu sendiri, mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi namun ada yang tidak memahaminya.

Asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian yang dilakukan kedua pihak. Kedua pihak tersebut diantaranya tertanggung dan penanggung. Keduanya setuju didalam sebuah perjanjian yang telah disepakati bersama.

Biasanya dalam melakukan asuransi, kedua pihak memilki tugas dan haknya masing-masing. Misalnya bagi tertanggung itu wajib memberikan atau membayar iuran kepada penanggung. Kemudian penanggung akan memberikan ganti rugi jika terjadi sesuatu tak terduga.

Sederhananya, tertanggung adalah kita yakni generasi milenial sebagai nasabah. Sedangkan penanggung artinya perusahaan asuransi yang dijadikan tempat melakukan asuransi.

Berdasarkan dari pengertian yang telah dijelaskan tadi, setidaknya sudah ada gambaran kecil alasan pentingnya menggunakan asuransi. Meskipun belum menuju kedalam inti dari pembahasannya.

Lalu pertanyaan lain, kenapa harus membuat asuransi sejak dini atau bagi generasi milenial? Setidaknya pasti ada beberapa orang yang memilki pertanyaan serupa dengan hal tersebut.

Kalau kamu juga memilki pertanyaan yang sama, maka hal itu bisa dijawab berdasarkan dari gaya hidup generasi milenial itu sendiri. Sebelum lebih jauh membahas gaya hidupnya, ketahui dulu jika generasi ini adalah generasi yang hidup ditengah kemajuan teknologi.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi milenial kebanyakan diantaranya banyak menghabiskan waktu dimedia sosial. Dan cenderung memiliki kebiasaan melakukan belanja online.

Berdasarkan kebiasaan dan gaya hidup tersebut maka sudah sewajarnya para generasi milenial harus bisa mengatur keuangannya dengan baik. Jangan sampai kebiasaan-kebiasaan negatif malah membuat keuangan menjadi terganggu.

4 Alasan Pentingnya Menggunakan Asuransi

Seperti yang telah diuraikan mengenai bagaimana gaya hidup yang dimiliki oleh anak muda atau generasi milenial saat ini. Sudah jelas kalau alasan pentingnya menggunakan asuransi itu terlihat jelas.

Bagi Kamu yang juga bagian dari genersi milenial pastinya tidak akan membantah kebiasaan hidup tersebut. Maka dari itu dengan kebiasaan gaya hidup tersebut harus bisa diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Selain menabung dan melakukan investasi, masih ada hal lainnya yang perlu Kamu lakukan. Salah satunya yakni dengan melakukan asuransi disaat masih muda. Untuk lebih jelasnya ini uraian alasannya:

1. Biaya Lebih Terjangkau

Alasan pentingnya menggunakan asuransi saat masih muda atau masa produktif itu karena biayanya yang lebih terjangkau. Dengan begitu biaya yang perlu dikeluarkan tidak akan membutuhkan banyak biaya.

Alasan biaya premi yang murah atau terjangkau ini karena pada usia sekitar 20-30 tahun ini biasanya masih dalam kondisi yang prima. Baik itu secara kesehatan maupun hal lainnya.

Akan berbeda apabila mulai melakukan asuransi disaat usia sudah menginjak 30-40 tahun. Karena diusia tersebut kesehatan mulai menurun, itulah yang menjadikan biaya preminya menjadi labih mahal.

2. Peluang dalam Pengajuan Lebih Mudah

Selain itu, alasan pentingnya menggunakan asuransi lainnya yakni karena peluang dalam pengajuan lebih mudah. Hal ini terjadi jika asuransi dilakukan sejak usia muda khususnya bagi generasi milenial.

Alasan mengapa peluang dalam mengajuan menjadi lebih mudah itu ada banyak sebenarnya. Salah satunya karena ketika masih muda biasanya belum terdeteksi penyakit penyerta sehingga lebih mudah diterima dalam pengajuannya.

Sedangkan ketika usia sudah menginjak usia 40-50 tahun, itu akan jauh lebih sulit dilakukan. Bagi peserta nasabah asuransi diusia tersebut biasanya mendapatkan perhatian ekstra karena memiliki risiko penyakit penyerta dan juga tutup usia.

3. Dapat Dijadikan Sebagai Alat Pengatur Keuangan

Alasan pentingnya menggunakan asuransi lainnya yakni dapat dijadikan sebagai alat pengatur keuangan. Pastinya anak generasi milenial itu memiliki banyak aktivitas yang menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Misalnya digunakan untuk jajan, untuk membeli barang-barang secara online dan lain sebagainya. Maka dari itu kamu sebagiknya bisa mengalokasikan dana dengan baik salah satunya dengan bantuan asuransi itu sendiri.

Dengan mengikuti program asuransi, setidaknya ada tanggungan yang perlu dilakukan. Jadi tidak akan mengeluarkan uang secara sembarang kedepanya.

4. Mendapatkan Perlindungan

Alasan lainnya mengapa seseorang khususnya generasi milenial dirasa perlu melakukan asuransi sejak muda yakni untuk mendapatkan perlindungan. Sebagai manusia pastinya tidak bisa memprediksi hal yang akan terjadi kedepannya.

Karena tidak bisa memprediksi hal yang akan terjadi tersebut, maka memiliki asuransi menjadi penting. Itulah yang menjadi alasan pentingnya menggunakan asuransi bagi generasi milenial.

Related Posts

Asuransi Simas Jiwa

Asuransi Simas Jiwa: Produk, Keunggulan, & Tips Pilih Asuransi Bagi Nasabah

Artikel diperbarui pada 29 April 2024. Keunggulan Asuransi Simas Jiwa saat ini sudah banyak menyelamatkan hidup banyak orang. Asuransi Simas Jiwa merupakan asuransi yang memberikan perlindungan dengan…

Asuransi Capital Life

Asuransi Capital Life: Layanan & Fitur Menguntungkan

Artikel diperbarui pada 29 April 2024. Asuransi Capital Life adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Jika Kamu belum memiliki jaminan untuk hidup, kamu bisa memutuskan…

Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas, Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Diri

Artikel diperbarui pada 25 April 2024. Asuransi sinar mas merupakan salah satu penyedia jasa asuransi kesehatan yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Kesehatan adalah aset terbaik yang…

Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

4 Perbedaan Dasar Asuransi Syariah dan Konvensional

Artikel diperbarui pada 24 April 2024. Sebelum memutuskan akan melakukan asuransi, Kamu harus bisa memahami bagaimana perbedaan asuransi syariah dan konvensional. Meskipun sama-sama asuransi hari tua, namun…

Asuransi Hari Tua. | via goodscoop.id

Asuransi Hari Tua, Persiapkan dengan Matang Sebelum Pensiun

Artikel diperbarui pada 29 Maret 2024. Asuransi hari tua merupakan hal penting yang mesti dipersiapkan dengan matang bagi kamu yang sekarang ini menjadi tulang punggung keluarga. Asuransi…

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Artikel diperbarui pada 31 Oktober 2023. Apakah kamu tahu apa itu B Save Accident Protection? B Save Accident Protection adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *