Asuransi Hari Tua, Persiapkan dengan Matang Sebelum Pensiun

Asuransi Hari Tua. | via goodscoop.id

Asuransi hari tua merupakan hal penting yang mesti dipersiapkan dengan matang bagi kamu yang sekarang ini menjadi tulang punggung keluarga. Asuransi jenis inipun erat kaitannya dengan kebahagian pada masa pensiun nanti.

Hidup nyaman, bahagia, dan mandiri semasa pensiun jelas menjadi impian banyak orang. Kebahagian tersebut memang tidak melulu tentang uang, tetapi ketika seseorang sudah mempunyai jaminan finansial, maka kehidupannya relatif lebih tenang.

Hal tersebut disebabkan dengan jaminan finansial, orang tua tidak akan tergantung pada orang lain bahkan anak sendiri. Oleh sebab itulah, kamu harus memikirkan pula asuransi untuk masa tua setelah tidak bekerja seperti muda.

Kenali Perbedaan Asuransi Hari Tua dan Dana Pensiun

Sebenarnya kedua produk ini memiliki perbedaan. Untuk dana pensiun sendiri akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang dapat dipergunakan saat pensiun. Produk dana pensiun juga tidak dapat dicairkan sembarangan, kamu mesti mencapai usia pensiun untuk mencarinya.

Lain halnya dengan asuransi hari tua, yang mana jenis asuransi ini bisa kamu gunakan kapan saja walaupun belum mencapai usia pensiun. Di samping itu, asuransi jenis ini perusahaan bakalan menjamin risiko setelah nasabah membayarkan preminya.

Mengapa Asuransi Hari Tua Sangat Penting?

Bila kamu sudah tua dan tidak lagi produktif dalam bekerja, maka asuransi hari tua dapat memberikan jaminan finansial. Asuransi jenis ini ternyata memberikan banyak sekali manfaat kepada para nasabahnya.

Nantinya, jenis dan juga produk dari asuransi hari tua tersebut bisa dengan bebasnya kamu pilih sesuai dengan manfaat yang ingin didapatkan. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu harus mempersiapkan asuransi pensiun, antara lain :

1. Terhindar dari kesulitan finansial hari tua

Perlu untuk dipahami bahwa risiko adanya kesulitan finansial dapat terjadi kapanpun dan bagi siapa saja. Semisalnya, saat sudah memasuki usia pensiun dan kamu tidak dapat aktif bekerja, segala macam biaya mulai dari uang sekolah dan lain sebagainya bakalan cenderung naik.

Agar bisa menangani masalah finansial tersebut, salah satunya ialah asuransi hari tua yang bisa memberikan jaminan finansial saat kamu sudah pensiun. Asuransi tersebut sudah bisa kamu persiapkan sedari dini.

2. Adanya santunan risiko cacat hingga meninggal dunia

Saat memasuki usia pensiun, risiko sakit hingga meninggal dunia pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan usia produktif. Oleh sebab itulah, sangat penting sekali kamu memiliki asuransi pensiun yang bisa berikan santunan cacat tetap total dan juga meninggal dunia.

Tujuan dan manfaatnya ialah memberikan jaminan biaya hidup bagi keluarga yang ditinggalkan. Mungkin kamu bisa juga mendaftarkan diri untuk asuransi hari tua tersebut.

3. Menjadi investasi untuk masa tua

Untuk asuransi hari tua ini sebaiknya kamu pilih dengan manfaat investasi di dalamnya. Jadi, sebagai contoh asuransi jiwa unit link yang dapat memberikan manfaat tabungan pensiun jangka panjang yang ideal bagi nasabahnya.

Akan tetapi, biaya premi dari asuransi unit link relatif lebih mahal dibandingkan asuransi murni. Mungkin kamu bisa pilih jenis asuransi pensiun dan investasi yang terpisah saja sehingga kedua manfaat dapat kamu peroleh secara maksimal.

Pilihan Produk Asuransi Hari Tua Terbaik di Indonesia

Sebagian besar dari perusahaan asuransi di tanah air telah menawarkan asuransi hari tua dengan berbagai manfaat terbaik kepada calon nasabah. Hal tersebut menjadi bukti bahwa penting sekali kamu mempersiapkan diri dengan jauh lebih matang sebelum memasuki masa tua nanti.

Dengan adanya berbagai pilihan produk asuransi pensiun tersebut, diharapkan masyarakat lebih sadar dengan pentingnya asuransi. Dibawah ini ada beberapa pilihan produk asuransi pensiun terbaik yang bisa dijadikan pilihan kamu, antara lain :

1. Manulife MiGolden Retirement

Asuransi hari tua produk dari Manulife ini dapat memberikan manfaat berupa investasi kepada para nasabah. Untuk usia pensiun normal sudah ditetapkan minimal sekitar 40 tahun. Lalu, untuk manfaat masa pensiun yang dipercepat dapat 10 tahun lebih cepat dari usia pensiun yang normal.

2. AIA Protection Income Plan

Produk asuransi pensiun berikutnya dari perusahaan asuransi AIA. Disini, program persiapan hari tua dapat kamu mulai sejak dini.

Fitur fleksibel sudah disuguhkan oleh perusahaan AIA sehingga nasabah bisa merencanakan dana masa tua menyesuaikan dengan tujuan finansial nya masing – masing. Untuk masa premi asuransi mulai 5 hingga 20 tahun dengan rentang usia nasabah masuk 1 bulan sampai dengan 70 tahun.

3. iPension

iPension merupakan salah satu produk asuransi pensiun yang dikeluarkan oleh Generali Indonesia. Produk asuransi ini bersifat sukarela dengan jumlah besaran preminya ditentukan sendiri oleh para nasabah.

Usia masuk asuransi tersebut mulai 18 tahun ataupun sudah menikah, dan usia pensiun normal yakni 40 tahun. Biaya premi setiap bulannya minimal 50rb rupiah ataupun berdasarkan pada persentase gaji nasabah.

Asuransi hari tua ini memang sangat penting, mengingat jika sudah tidak lagi produktif bekerja dan tidak ingin merepotkan keluarga ataupun orang lain dari segi finansial.

 

Related Posts

4 Jenis Asuransi Kesehatan BCA Terbaru 2021

Artikel diperbarui pada 12 November 2021. Asuransi Kesehatan BCA – Semua orang pasti mendambakan kesehatan dalam dalam hidupnya. Baik bagi dirinya maupun bagi keluarganya. Akan tetapi gangguan…

Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Artikel diperbarui pada 12 November 2021. Asuransi adalah jaminan penting yang harus Anda pertimbangkan di tengah masa sulit seperti sekarang ini.  Namun, karena jenisnya banyak, tidak sedikit…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *