13 Cara Promosi Makanan di WA Agar Banjir Orderan

Pada dasarnya, memasarkan jualan saat ini memiliki berbagai macam metode. Salah satu dari sekian banyak yang harus Anda pahami adalah cara promosi makanan di WA

Pasalnya, hal tersebut punya target agar dapat mencakup orang-orang yang ada di sekitar.

Cara Promosi Makanan di WA Agar Banjir Orderan

cara promosi makanan di wa

Supaya bisa menarik perhatian dan menumbuhkan minat ingin membeli, tentu promosi tidak bisa dilakukan secara sembarang. 

Meskipun ruang lingkup hanya sebagai kontak WhatsApp, ada berbagai macam hal yang harus Anda perhatikan. Berikut beberapa cara promosinya.

1. Mencari Nomor WhatsApp Calon Pelanggan

Cara pertama yang mungkin bisa Anda terapkan guna mempromosikan makanan di Wa adalah dengan mencari nomor Wa pelanggan. 

Pada tahap ini, mulailah dari calon konsumen yang berada di sekitar terlebih dahulu. Jangan buru-buru, lakukan saja secara perlahan.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Efektif

Pasalnya, salah satu calon pelanggan yang paling berpotensi adalah orang atau kerabat di sekitar Anda. 

Itulah mengapa, metode ini dianggap sangat efektif terutama mengenai promosi makanan di WhatsApp. Jika mulai bekerja dengan baik, barulah memperluas jaringannya.

Nah, apabila Anda tidak hanya berjualan makanan, strateginya berbeda. Strategi cara jualan online laris di WhatsApp perlu dimodifikasi lagi.

2. Mengumpulkan Data Ojek Online

Cara promosi makanan di WhatsApp yang bisa dimanfaatkan untuk menjual makanan adalah dengan mengumpulkan data dari ojek online. 

Cara ini sangat efektif mengingat ojol memiliki basis serta target pasar yang sama. Lakukan saja terlebih dahulu dan jangan berpikir akan merugi.

Kebanyakan orang takut merasa rugi ketika bekerja sama dengan ojol karena adanya potongan admin dan lainnya. 

Padahal langkah ini bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Sebab, ojek online secara tidak langsung akan merekomendasikan ke pelanggannya.

3. Membuat Katalog Makanan

Bukan hanya sekedar memahami cara promosi makanan di Wa saja, Anda juga harus mempersiapkan bahannya. 

Seperti halnya membuat sebuah katalog untuk nantinya dibagikan ke kontak WhatsApp atau medis lainnya. Buatlah daftar menu secara lengkap serta harganya.

Hal ini dilakukan guna memudahkan para pelanggan dalam menentukan pilihannya saat order. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot memberikan keterangan lagi dan konsumen pun tak bertanya lagi karena ada dikatalog. Alhasil proses pembelian menjadi lebih cepat serta efektif.

Jika sudah memahami cara promosi makanan di WA tetapi belum memiliki ide jualan, Anda dapat membaca beberapa referensi berikut.

4. Manfaatkan Fitur WhatsApp Story

Cara Promosi makanan di Wa yang cukup efektif adalah dengan menggunakan WhatsApp story. Metode tersebut memungkinkan Anda untuk bisa membagikan postingan yang berkaitan dengan jualan. Mulai dari katalog, promo informasi produk dan lainnya.

Fitur WhatsApp story sengaja dirancang untuk dapat membagikan apapun melalui fitur tersebut. 

Hal ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk membagikan postingan kepada para teman sekontak. Apalagi fiturnya sudah dilengkapi dengan filter atau siapa saja yang ditujukan.

5. Menggunakan Foto Profil Produk

cara promosi makanan di whatsapp

Supaya promosi tak menjadi tanggung-tanggung, maka disarankan untuk memanfaatkan foto profil. 

Cobalah agar Anda memasang foto profil dengan menggunakan gambar produk atau berupa logo dan Lainnya. Hal ini tujuannya ialah guna mendukung pemasaran sebelumnya.

Dengan memasang foto profil menggunakan gambar makanan yang Anda jual, maka secara tidak langsung akan terus diingat oleh pelanggan. 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memanfaatkan fitur tersebut. Harapannya adalah, produk terus berada dikepala konsumen.

6. Menggunakan Fitur Forward

Selain menggunakan story WhatsApp, memasang foto profil dengan gambar makanan, masih ada cara lain dan cukup efektif. 

Metode promosi selanjutnya adalah memanfaatkan sebuah fitur yaitu forrward. Fitur tersebut bisa Anda temukan pada WhatsApp versi apapun pastinya.

Cara kerja dari fitur yang satu ini adalah, mengirim pesan ke salah satu kontak dengan tujuan mempromosikan makanan. 

Melalui forward Anda tak perlu repot mengetik secara ulang dan panjang untuk bisa mengirim ke kontak lainnya. Pasalnya, cukup dengan via Forwarding saja.

7. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik tentu salah satu tahap wajib yang harus terus dilakukan oleh siapapun. Terlepas dari tujuan umumnya, hal ini guna memudahkan Aanda dalam melakukan promosi. 

Mengingat, membuka usaha apalagi jualan wajib memiliki relasi yang sangat banyak.

Jadi, diluar dari kontak pemesanan, cobalah agar Anda sesekali menyapa atau menanyakan kabar kepada para pelanggan. 

Terdengar sepele memang, tapi ketahuilah bahwa hal ini akan berdampak langsung dengan bisnis. Dengan begitu konsumen akan merasa lebih dekat lagi.

8. Gunakan Kata-Kata Promosi yang Menarik

Salah satu hal yang masih banyak orang belum menyadari ketika promosi adalah kalimat yang digunakan. 

Teruntuk para pemula, mungkin hal ini baru dipahami, mengingat perannya sangat penting. Terlebih, tahap tersebut berfungsi untuk meningkatkan minat para pelanggan.

Sebelum Anda memutuskan untuk memposting atau berbagi promosi di WhatsApp, ada baiknya agar pahami dulu kalimatnya. 

Sebab, langkah ini cukup menentukan atas keputusan yang skan diambil oleh pelanggan. Karena, kata-kata promosi adalah kunci orang jadi tertarik.

9. Membuat Design yang Menarik

Pada dasarnya, meskipun Anda rajin membagikan katalog atau memposting sesuatu di WhatsApp story belum tentu mendapatkan Feedback. 

Hal tersebut bisa jadi dikarenakan beberapa hal. Salah satunya alasan adalah perkara Design yang mungkin kurang menarik.

Itulah mengapa, Anda juga harus mempertimbangkan Design yang akan dibuat, baik untuk katalog atau keperluan lainnya. 

Sebab, selain kata-kata promosi yang menumbuhkan minat, secara tidak langsung Design pun memengaruhinya. Jad, cobalah membuatnya menarik.

10. Menggunakan Pesan Siaran (Broadcast)

Pesan siaran adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda dapat mengirim pesan kepada teman kontak secara sekaligus. 

Hal ini tentu bisa dimanfaatkan guna mempromosikan produk jualan makanan. Dengan begitu, informasi mengena produk tersampaikan langsung ke teman.

Oleh karena itu, pesan siaran bisa Anda gunakan untuk pesan yang mungkin terdapat sebuah gambar serta caption. 

Mulai dari menu katalog, harga jualnya atau promo lainnya seperti potongan harga hingga varian baru. Alhasil, pesan dapat tersampaikan ke seluruh kontak.

11. Menerapkan Sistem Cross Selling

Ketika mendengar kata Cross Selling mungkin akan terdengar asing ditelinga terutama untuk para pemula. 

Lain halnya jika memang Anda sudah memahami tentang metode promosi yang satu ini. Jika penjual telah mengetahuinya, makan penerapannya akan terasa lebih gampang.

Supaya lebih jelas, cross Selling adalah sebuah metode promosi atau pemasaran yang dilakukan secara halus. 

Seperti misalkan Anda sedang mengobrol kepada salah satu pelanggan. Dibalik dari obrolan tersebut akan terselip topik seputar produk yang dijual.

12. Menggunakan Blast WhatsApp 

Pada saat anda telah menerapkan semua metode diatas, maka secara tidak langsung akan mendapatkan database setiap pelanggan. 

Hal tersebut tentunya jangan dilewatkan begitu saja, karena bisa dimanfaatkan. Melalui materi database, penjual dapat melakukan promosi lanjut.

Promosi berkelanjutan tersebut bisa dimanfaatkan dengan menggunakan sebuat fitur yaitu WhatsApp blast. 

Perihal cara kerja, pada dasarnya hampir sama saja seperti pesan siaran atau broadcast. Namun, menggunakan blast, penjual bisa memenerapkan lebih detail lagi.

13. Terapkan Semua Metode dengan Konsistensi

Sekalipun Anda menerapkan semua cara promosi makanan di whatsapp dengan baik dan benar, semua akan percuma jika dilakukan hanya sesekali saja. 

Itulah mengapa, agar metode tersebut dapat berjalan sesuai keinginan, maka terapkan promosi melalui Wa secara konsisten pastinya.

Konsisten adalah salah satu kunci keberhasilan dibalik semua prosesnya. Terlebih jika Amda mudah menyerah karena merasa tak berhasil dengan semua metode diatas. 

Jika memang begitu, cobalah untuk observasi, pahami lagi setiap sstepnya, lakukanlah secara konsisten.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara promosi makanan di WA agar banyak yang beli. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, walaupun hanya ruang lingkup kerabat sebaiknya dibuat semenarik mungkin. Pasalnya, tak menutup kemungkinan, orang lain akan share juga

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url