13 Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung 2021

ide jualan makanan yang laris di kampung

Kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan baik di perkotaan ataupun pedesaan. Namun, jika Anda sedang mencari ide aneka jualan makanan yang laris di kampung, jangan bingung. Simak pembahasan lengkap ini seputar makanan kampung.

Ide Jualan Makanan yang Laris di Kampung dan Alasannya

Makanan kampung memang terkadang memiliki cita rasa khas tersendiri. Itulah mengapa hal tersebut dapat Anda jadikan referensi ide untuk berbisnis. 

Ada banyak sekali resep yang mungkin bisa dijual dan akan laris. Lantas, jualan makanan apa yang laku di kampung?

1. Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan kampung yang sangat populer. Bahkan sampai saat ini keberadaannya bisa mencapai perkotaan hingga mendunia. 

Dengan bentuknya yang khas serta cita rasa Indonesia tersebut menjadikannya pilihan favorit serta laris dipasaran.

Baca Juga: Bisnis Jajanan Anak SD Terlaris

Jual makanan berupa bakso adalah salah satu ide yang cukup cemerlang. 

Hal tersebut dikarenakan proses bisnisnya cukup bagus, pasalnya hampir setiap orang tidak bisa menolak akan kelezatannya. Jadi wajar saja jika jajanan ini masuk dalam jajaran jualan makanan yang laku setiap hari dan juga laris.

2. Kue Apem Gula Merah

Kue apem menjadi daftar makanan khas kampung yang sangat populer dan memiliki banyak peminat. 

Bentuknya yang khas serta rasanya pun tidak bisa ditolak, membuatnya cukup laris di pasaran manapun, sekalipun di perkampungan. Jadi tak heran jika prospek bisnis bagus.

Kue Apem mungkin biasa Anda temukan di pasar tradisional perkampungan. Selain menjadi jajanan kampung, kue apem juga merupakan simbol dari keanekaragaman kuliner di Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai ide jualan yang laris.

Menjalankan usaha seperti ini tidak selalu harus dijual dengan membuka lapak, artikel cara jualan online laris di WhatsApp ini mungkin membantu.

3. Kue Lemper Isi Ayam

Ketika Anda mendengar namanya, mungkin akan sedikit bernostalgia seputar kampung halaman dan masa kecil. 

Makanan yang satu ini menjadi khas jajanan kampung yang memiliki peminat sangat banyak, tentu karena rasanya enak. Tidak ada salahnya jika ingin mencoba.

Artikel Lainnya: Ide Bisnis Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Kue lemper bisa Anda jadikan sebagai referensi jualan makanan yang laris di kampung. Cita rasanya yang Indonesia banget, membuat para penikmatnya tak akan pernah habis sekalipun berganti zaman. Dengan begitu, langkah ini pun merupakan bentuk untuk melestarikannya.

4. Dadar Gulung

Warna hijau merupakan ciri khas utama dari kue yang satu ini yaitu dadar gulung. Di kampung sendiri, kue ini bisa dikatakan sebagai jajanan favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Baca Juga: Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung

Jika Anda tertarik untuk menjualnya bisa mempelajari cara membuatnya.

Dadar gulung masuk dalam kategori kue tradisional. Itulah mengapa mungkin Anda akan menemukannya di pasar-pasar perkampungan. 

Namun, hal tersebut bukan berarti kue ini tidak ada di kota. Pada perkotaan sekalipun dadar gulung cukup difavoritkan oleh banyak orang.

5. Mie Ayam

jualan paling laris di kampung

Mie ayam, salah satu makanan yang hampir disukai setiap orang apalagi di kampung. Rasanya yang enak membuat lidah tidak bisa menolak untuk segera dilahap hingga habis. 

Jadi, Tak ada salahnya agar anda jadikan referensi sebagai jualan makanan di kampung.

Pada dasarnya mie ayam tidak hanya laris di perkampungan saja, jenis makanan yang satu ini pun sangat diminati di perkotaan. 

Itulah mengapa, menjual mie ayam merupakan salah satu usaha kuliner yang cukup menjanjikan. Pasalnya, prospek yang dimiliki tergolong besar.

Anda bisa juga melakukan strategi cara promosi makanan di WA agar dagangan makin cepat laku.

6. Ayam Goreng Krispi

Jualan ayam goreng krispi menjadi salah referensi ide jualan yang cukup menjanjikan. Bahkan hal tersebut tidak hanya terjadi di perkotaan saja, tapi juga diminati di perkampungan sekalipun. 

Pasalnya, pembeli bisa merasakan kelezatan ayamnya dengan harga terjangkau.

Ide Lainnya: Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Selain itu, rasa ayam krispi cukup bersahabat di lidah setiap orang. Terlebih, makanan ini dapat dijadikan cemilan atau sebagai lauk utama. 

Itulah mengapa jualan ayam krispi menjadi salah satu usaha makanan yang sangat menjanjikan, Baik di perkotaan atau di kampung.

7. Menjual Aneka Gorengan

Seperti yang diketahui, hampir di setiap sudah tempat baik kota ataupun kampung tak lepas dari penjual gorengan. 

Hal tersebut dikarenakan gorengan menjadi salah satu jajanan atau makanan yang sangat diminati oleh banyak orang. Apalagi memiliki rasa yang khas dan unik.

Selain karena memiliki peminat yang cukup banyak, untuk usaha jualan gorengan Anda tidak membutuhkan modal besar. 

Umumnya, uang yang dikeluarkan sebagian besar untuk keperluan utama seperti gerobak. Setelah itu, cuma perlu biaya guna membeli bahannya.

Terdapat faktor nonteknis yang juga dapat mempengaruhi omset jualan makanan di kampung. Kami memiliki trik cara jualan gorengan biar laris yang wajib Anda baca dan terapkan.

8. Aneka Keripik

Keripik adalah salah satu cemilan favorit setiap orang. Terlebih, terdapat banyak pilihan varian bahan utamanya, mulai dari singkong, pisang, jagung dan sebagainya. 

Hal tersebut tentu bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan sebuah usaha makanan yang laris di kampung.

Usaha menjual aneka keripik tidak akan membuat Anda kesusahan dalam hal mencari bahan bakunya. Seperti singkong yang ketersediaannya sangat melimpah di setiap daerah begitu juga pisang mantang dan lainnya. Selain itu, modal yang diperlukan pun tak cukup besar.

9. Martabak

Semua masyarakat khususnya Indonesia sudah pasti mengenal jenis makanan yang satu ini yaitu martabak. 

Meskipun tidak termasuk makanan pokok, hal tersebut tak membuatnya kehilangan peminat. Pasalnya, martabak sering dijadikan jajanan bahkan cemilan.

Selain itu, sampai saat ini martabak terus memiliki varian yang sangat banyak. Apalagi jika Anda salah satu orang yang suka bereksperimen akan sebuah rasa. 

Bukan hanya sekedar coklat, kacang atau keju, tapi apapun bisa dijadikan varian baru selama paham caranya.

10. Pempek

Pempek merupakan satu dari sekian banyak makanan khas yang ada di Indonesia. Rasanya yang unik bercampur gurih dan pedas membuatnya sangat cocok di lidah setiap orang. 

Itulah mengapa, hampir semua kalangan menyukai jajanan pempek sekalipun di perkampungan.

Bagi Anda yang secara kemampuan bisa mengolahnya dengan enak, tentu hal tersebut menjadi sebuah keuntungan. 

Secara umum bahan utama pempek berupa ikan atau daging. Namun, varian itu bukan satu-satunya, Penjual dapat bereksperimen dan membuat rasa baru.

11. Tahu Bulat

Tahu bulat digoreng dadakan. Ketika Anda mendengarnya maka akan terngiang sebuah jajanan yang sempat viral dan keberadaannya pun menjadi sangat menjamur. 

Namun ternyata makanan ini mampu bertahan sampai hari ini bahkan peminatnya pun cukup banyak.

Jualan tahu bulat menjadi salah satu ide usaha yang memiliki prospek sangat bagus. Bentuknya yang khas, serta bumbunya yang gurih membuatnya cukup diminati semua masyarakat. 

Anda bisa menjualnya berkeliling menggunakan pick up atau membuka kios.

12. Pecel

Banyak orang yang menyebut makanan satu ini yaitu salad sayur cita rasa lokal. Pecel merupakan sebuah jajanan legendaris dan menjadi kuliner khas Indonesia. Keberadaannya sangat menjamur apalagi di perkampungan karena memiliki peminat cukup banyak.

Rasa yang unik dan khas, serta bumbu kacang didalamnya membuat banyak orang tak bisa menolak kelezatannya. 

Apalagi makanan ini termasuk dalam kuliner sehat karena isinya berupa berbagai macam sayuran. Terlebih, harga jualnya pun sangat bersahabat.

13. Cilok

Ketika mendengar nama cilok, maka membuat sebagian orang akan kembali mengingat masa-masa kecilnya. 

Jajanan yang satu ini begitu populer di seluruh Indonesia baik perkotaan maupun perkampungan. Tentu hal tersebut dikarenakan cita rasanya yang unik.

Cilok merupakan salah satu jualan paling laris di kampung  dan termasuk makanan khas Sunda dan eksistensinya pun tetap terjaga sampai hari ini. 

Bahkan, cilok mampu mengikuti perkembangan dunia kuliner tanpa harus meninggal kan ciri khas utamanya. Itulah mengapa, makanan ini wajib Anda jadikan referensi ide bisnis kuliner.

Itulah tadi pembahasan mengenai Aneka ragam jualan makanan yang laris di kampung serta Prospek usahanya. Hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi ide jika berminat untuk berjualan atau berbisnis dibidang kuliner di kampung. Jadi, pahami setiap langkahnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url