10 Ide Bisnis Jajanan Anak SD Terlaris 2021

Bisnis jajanan anak SD merupakan salah satu usaha yang tidak lekang oleh waktu. 

Bisnis jajanan ini juga menawarkan keuntungan yang menjanjikan dengan modal yang bisa dibilang murah meriah dan praktis. 

Kisaran harga yang dipatok untuk jajanan anak SD ini juga cukup bervariasi dan pastinya terjangkau karena sasarannya adalah anak-anak sekolah. 

Simak ulasan berikut untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai rekomendasi usaha jajanan anak SD paling laris. 

Ide Bisnis Jajanan Anak SD Terlaris

1. Telur Gulung

Telur gulung menjadi salah satu bisnis jajanan anak SD yang memiliki peluang menjanjikan, karena memiliki banyak penggemar dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Sesuai dengan namanya, jajanan satu ini menggunakan telur ayam sebagai bahan utamanya. 

Cara membuat jajanan telur gulung ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengocok beberapa butir telur ayam yang sudah dikocok hingga berwarna oranye, kemudian diberi tambahan garam dan penyedap rasa agar lebih nikmat. 

Baca Juga: Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Beberapa pedagang biasanya juga menambahkan sedikit air untuk campuran telur agar lebih mudah dibentuk gulungan. 

Setelah itu, masukkan kocokan telur ke dalam minyak yang sudah panas. Tunggu beberapa detik hingga kocokan telur berwarna kekuningan dan gulung menggunakan tusuk kayu. 

Angkat telur gulung, kemudian tiriskan dan beri tambahan saus untuk menambah rasa. 

Meski terbilang mudah, jajanan satu ini cukup memerlukan teknik khusus agar telur dapat menempel pada tusuk kayu secara sempurna. 

Harga yang dibanderol untuk jajanan SD satu ini juga sangat terjangkau yaitu Rp1.000,00 per tusuk. Namun, ada pula pedagang yang membanderol dengan harga Rp5.000,00 per 3 tusuk.

Dengan demikian, telur gulung termasuk bisnis jajanan anak sekolah yang menguntungkan jika dikelola dengan baik dan maksimal.

Ide bisnis jajanan tidak hanya sebatas untuk anak SD, ada juga jualan makanan yang laris di kampung yang potensial untuk dicoba.

2. Cilor

Ide jualan untuk anak sekolah dasar selanjutnya yaitu jajanan cilor. Cilor atau aci telor merupakan salah satu jajanan yang berasal dari Jawa Barat dan memiliki banyak penggemar, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Bahan utama pembuatan cilor yaitu tepung tapioka atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan nama aci. 

Cara membuat cilor juga terbilang mudah yaitu dengan mencampurkan tepung tapioka dengan merica, garam, bawang daun, dan air secukupnya. 

Artikel Terkait: Trik Jualan Online Laris di WhatsApp

Setelah adonan diuleni hingga kalis dan padat, langkah selanjutnya yaitu membentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan rebus beberapa menit hingga matang. 

Tusukkan beberapa butir cilok ke dalam tusuk sate, lalu goreng dengan dibaluri kocokan telur terlebih dahulu. 

Agar rasanya makin nikmat, para pedagang biasanya akan menambahkan saus atau bumbu bubuk aneka rasa. Harga yang dibanderol untuk jajanan satu ini biasanya mulai dari Rp500,00 per tusuk atau Rp1.500,00 untuk 2 tusuk.

3. Martabak Mini

Martabak mini juga bisa menjadi ide jualan untuk anak SD yang menjanjikan dan laris manis di pasaran. 

Penggemar jajanan SD satu ini juga tidak hanya kalangan anak-anak saja, namun sampai orang dewasa.  

Untuk membuat jajanan dengan rasa manis yang nikmat ini, Anda tidak membutuhkan banyak modal. 

Anda hanya perlu menyiapkan adonan dari tepung terigu dan telur, kemudian beri tambahan gula, garam, baking soda, baking powder, bubuk krimer, dan air secukupnya. 

Setelah semua bahan adonan tercampur, Anda bisa menuangkan adonan ke dalam loyang martabak dan tunggu hingga matang. 

Agar rasanya makin nikmat, beri taburan toping seperti keju, coklat, kismis, dan lain-lain. Harga yang dibanderol untuk martabak mini ini sekitar Rp2.000,00 per buah. 

Terlebih lagi, jika Anda memiliki HP, terapkanlah strategi cara promosi makanan di WA supaya makin laris.

4. Jasuke

Jasuke atau jagung susu keju merupakan salah satu ide jualan anak SD yang murah meriah. Untuk membuat jajanan yang satu ini, Anda hanya membutuhkan jagung manis yang sudah diserut atau dipipil. 

Setelah itu, rebus jagung hingga matang dan tiriskan. Campurkan jagung pipil yang sudah direbus dengan 1 sdm margarin atau mentega dan beri tambahan susu kental manis, serta parutan keju. Harga yang dibanderol untuk jajanan ini sekitar Rp3.000,00 – Rp7.000,00 tergantung ukuran cup. 

5. Batagor

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan SD batagor, bukan? Batagor atau singkatan dari Baso Tahu Goreng merupakan jajanan yang digemari anak-anak hingga orang dewasa dan menjadi salah satu usaha jajanan anak SD di kampung yang cukup menjanjikan.

Rasa batagor semakin nikmat karena adanya tambahan saus kacang, kecap, sambal, dan potongan mentimun. Untuk satu porsi batagor biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp2.000,00 sampai Rp10.000,00. 

6. Kue Leker

Bisnis jajanan anak sekolah dasar yang recommended selanjutnya yaitu kue leker. Jajanan khas kota Surabaya ini memiliki bentuk yang lebar seperti martabak, namun berbentuk tipis pipih dan tidak bersarang. 

Kulit kue leker juga memiliki bentuk lingkaran yang dilipat menjadi setengah lingkaran. Untuk membuat jajanan SD satu ini, bahan yang diperlukan antara lain tepung terigu, telur, tepung beras, gula pasir baking powder, vanili, susu bubuk, garam, dan air.

Untuk topingnya sendiri bisa menggunakan pisang, meses, susu kental manis, keju, dan gula pasir sesuai selera. 

Harga yang dipatok untuk kue leker juga bervariasi tergantung toping yang digunakan yaitu mulai dari Rp1.000,00 sampai Rp5.000,00 per buah. 

7. Piscok

Piscok atau pisang coklat juga menjadi rekomendasi usaha jajanan anak SD harga 1000 yang laris. Sesuai dengan namanya, jajanan satu ini menggunakan bahan dasar pisang dan cokelat yang dilapisi dengan kulit lumpia. 

Untuk menambah rasa biasanya ditambahkan sedikit gula pasir, lalu digulung memanjang dan digoreng hingga matang. 

Jajanan yang memiliki tekstur renyah di luar dan lumer di dalam ini dibanderol dengan harga Rp500,00 – Rp1.000,00 per biji.

8. Agar-Agar Stik

Bagi Anda yang membutuhkan referensi usaha jajanan anak SD modal kecil, usaha jajanan agar-agar stik bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan ini yaitu nutrijel, gula plastik, stik es krim, plastik, dan cetakan es. 

Keuntungan dari usaha jajanan ini juga cukup menjanjikan. Harga yang dibanderol untuk agar-agar stik mulai dari Rp1.000,00 sampai Rp2.000,00 per biji. 

9. Pop Ice

Bisnis jajanan anak SD lainnya yang recommended dan bisa Anda coba yaitu minuman pop ice. Usaha jajanan berupa minuman ini dibanderol dengan harga yang terjangkau sehingga ramah di kantong anak SD.

Bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga sangat mudah dijumpai antara lain bubuk pop ice, cup atau wadah minuman plastik, es batu, air matang, dan blender. Untuk menambah rasa agar lebih nikmat, Anda bisa memberi tambahan toping seperti choco chips, jelly, atau parutan keju. 

10. Es Lilin

Es lilin juga menjadi salah satu peluang usaha jajanan anak SD yang menjanjikan dan tidak lekang oleh waktu. 

Dari dulu hingga sekarang, jajanan ini memiliki banyak penggemar baik anak-anak hingga orang dewasa. Untuk membuat es lilin, bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah dan murah. 

Beberapa varian rasa es lilin yang disukai antara lain kacang ijo, rujak, nanas, kopyor, leci, dan lain sebagainya. Untuk menarik minat pembeli, Anda bisa melakukan variasi bentuk menggunakan cetakan dan stik es krim. 

Beberapa rekomendasi ide bisnis jajanan anak SD di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi. Untuk memulai usaha jajanan SD ini, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar dengan peluang dan keuntungan yang terbilang menjanjika

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url