10 Cara Menabung Uang Jajan 5000 untuk Beli Hp Agar Segera Tercapai

Cara Menabung Uang Jajan 5000 untuk Beli Hp

Membeli hp sendiri termasuk impian banyak pelajar. Lantas, bagaimana cara menabung uang jajan 5000 untuk beli hp? Apakah hal ini bisa dilakukan? Tentu saja bisa, selama memperbanyak wawasan dan konsistensi dalam menabung. Namun tidak sesederhana itu.

Sebab, tidak jarang pelajar merasa kesulitan menabung uangnya karena banyak hal menarik untuk dibeli. Apalagi dengan uang jajan yang terbatas hanya 5000. Tidak dipungkiri, kebutuhan akan hp termasuk sesuatu yang penting di era ini.

Hp bukan lagi untuk sekadar berkomunikasi, namun juga sarana hiburan, pendidikan, hingga profesi. Tidak semua pelajar dibelikan hp, sehingga banyak juga yang harus menabung. Namun sekarang ini banyak cara yang dapat dicoba untuk mencapai tujuan tersebut:

1. Menentukan Detail Harga Hp yang Diinginkan

Lakukan perhitungan dengan detail berapa harga hp yang ingin dibeli. Detail yang dimaksud termasuk merk, model, hingga spesifikasi yang diperlukan. Lakukan perbandingan antar produk sesuai harganya. Spesifikasi yang semakin baik tandanya akan semakin mahal.

Untuk pelajar, paling tidak RAM yang dibutuhkan adalah 2 GB. Pertimbangkan juga ketahanan baterai, kamera, dan fungsi lainnya sesuai kebutuhan. Hindari sekadar mengikuti tren karena tidak akan ada habisnya. Seringkali justru mengabaikan apa yang benar-benar diperlukan.

Buatlah ketentuan range budget untuk dicapai, sehingga tidak bingung dalam melakukan tahap selanjutnya. Bisa juga dengan memasang gambar perangkat yang ingin dibeli tersebut di kamar. Sehingga dapat memacu semangat untuk terus menabung dan mengumpulkan penghasilan.

2. Merancang Skala Prioritas

Buatlah skala prioritas agar bisa mempertanggungjawabkan niat untuk membeli hp tersebut. Cara menabung uang jajan 5000 untuk beli hp ini dapat dilakukan dengan disiplin mengelola pengeluaran. Salah satunya dengan menahan beberapa keinginan.

Tentunya akan selalu ada yang dikurangi, sehingga uangnya bisa ditabung untuk membeli ponsel tersebut. Contohnya mengurangi jajan, ke warnet, membeli baju, dan sebagainya. Tentukan mana yang menjadi prioritas dan yang masih bisa ditunda.

Kendati demikian, bukan berarti sama sekali menghilangkan kesenangan. Sesekali tetap perlu ada reward untuk diri sendiri sehingga dapat memacu semangat untuk melanjutkan. Reward juga merupakan bentuk penghargaan karena sudah mau mulai menabung rutin.

3. Rutin Mencatat Pengeluaran

Mulailah melakukan kebiasaan rutin untuk mencatat pengeluaran harian dengan uang jajan yang didapatkan. Catatan ini bisa digunakan untuk menghitung berapa pengeluaran rata-rata setiap bulannya. Kemudian dilihat lagi mana yang sekiranya penting dan tidak.

Rata-rata pengeluaran tersebut bisa digunakan untuk memperkirakan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target. Misalnya hp yang ingin dibeli harganya 1 juta. Jika ingin menabung selama setahun, maka bisa menyisihkan 3000 setiap harinya.

Namun tentunya perhitungan tersebut tidaklah mutlak. Pelajar bisa saja lebih cepat mencatat targetnya dengan cara-cara lain seperti mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman ini banyak peluang yang dapat dicoba sambil bersekolah sekalipun.

4. Membawa Makanan Serta Minuman Sendiri

Bawalah makanan maupun minuman sendiri dari rumah. Cara menabung uang jajan 5000 untuk beli hp ini sangat efektif karena akan mengurangi keinginan untuk jajan. Dengan membawa sendiri, tidak perlu datang ke kantin.

Menjauhi tempat yang banyak menjual makanan termasuk opsi yang efektif untuk mengurangi godaan. Waktu istirahat dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Bawa uang secukupnya saja ke sekolah, sehingga tidak tergoda untuk menggunakannya. Kalaupun membawa, tidak harus dipakai kecuali jika memang perlu. Uang dibawa untuk berjaga-jaga saja jika ada sesuatu yang tidak terduga.

5. Mengajukan Beasiswa

Cobalah untuk mengajukan beasiswa. Biasanya sekolah membuka kesempatan beasiswa di berbagai bidang. Misalnya jika menonjol dalam bidang olahraga, nilai rapor yang bagus, mengikuti perlombaan, dan sebagainya.

Beasiswa ini merupakan potongan uang sekolah. Sangat efektif untuk cara menabung uang jajan 5000 untuk beli hp. Sebab, dapat meringankan biaya yang dikeluarkan oleh orang tua. Sehingga dana tersebut bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

6. Membeli Buku Pelajaran Bekas

Belilah buku pelajaran bekas jika memang bukunya masih tersedia di tempat lain. Seringkali sekolah mewajibkan siswanya untuk membeli buku tertentu. Hal ini bisa diakali dengan membeli buku secondhand, selama materinya sesuai yang dibutuhkan.

Dengan begitu, dana yang telah dialokasikan untuk membeli buku pelajaran bisa ditabung untuk keperluan lain. Sekarang mencari buku bekas bukanlah hal sulit. Banyak yang menjual buku-buku tersebut karena tidak lagi dipakai, dengan kondisi yang masih sangat bagus.

7. Menjual Barang-barang yang Tidak Lagi Dibutuhkan

Cobalah menjual barang-barang bekas yang masih cukup bagus kualitasnya (biasanya disebut secondhand). Daripada menumpuk di rumah dan sia-sia, lebih baik coba menjualnya di toko online atau menawarkan ke teman-teman, tetangga, dan lain-lain.

Sekarang banyak sekali marketplace, sosial media, dan sebagainya yang efektif untuk berjualan. Sebab, banyak orang menggunakan platform itu sehingga kemungkinan melihat produk yang dijual tersebut cukup tinggi.

Dengan rutin menjual barang bekas seperti ini, dengan sendirinya akan terbiasa untuk memasarkannya. Mulai dari membuat deskripsi yang menarik, pengambilan gambar yang bagus, dan banyak lainnya.

8. Mencari Pekerjaan Sampingan

Lakukan alternatif tindakan lain di samping menabung. Contohnya adalah mencari pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan tanpa mengganggu aktivitas sekolah. Hal ini dapat dimulai dengan mencari informasi dari internet.

Contohnya pekerjaan yang dapat dilakukan di rumah, seperti penulis lepas. Sekarang banyak jasa penulis yang membutuhkan penulis baru. Pelajar dapat melatih kemampuan menulis sekaligus mencari penghasilan dari tulisannya tersebut.

Jika ditekuni dengan serius, tidak jarang pekerjaan lepas seperti ini justru menajdi penghasilan utama. Dengan kemampuan yang terus ditingkatkan, dengan sendirinya nilai skill tersebut akan bertambah pula. Sebab dapat dilihat langsung melalui kualitas hasil kerjanya.

9. Membantu Pekerjaan Orang Tua

Sisihkan waktu untuk memahami seperti apa pekerjaan yang dilakukan orang tua, baik slah satu ataupun keduanya. Ajukan diri untuk membantu pekerjaan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan.

Ini termasuk cara menabung uang jajan 5000 untuk beli hp yang bermanfaat. Sebab bukan hanya untuk mendapatkan pemasukan tambahan, namun juga mempelajari skill baru. Sehingga dapat menjadi perbekalan untuk bekerja di masa mendatang nantinya.

10. Meninggalkan Perilaku Konsumtif

Kuatkan niat untuk menghindari perilaku yang sifatnya konsumtif. Tindakan konsumtif ini misalnya membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Namun, karena mengikuti tren akhirnya tidak ingin kalah.

Perilaku ini cukup umum terlihat pada pelajar, sehingga perlu ada niat kuat. Pastikan mengingat tujuan awal menabung yakni membeli hp. Dari berbagai cara yang sudah disebutkan, niat termasuk aspek yang penting.

Meski nampak sederhana dan kerapkali diremehkan, justru niat ini yang membuat seseorang lebih konsisten. Walaupun terdapat banyak godaan di sekitarnya, jika sudah terbiasa mengikuti niat maka akan tetap disiplin dan membiasakan berpikir matang-matang.

Itu tadi beberapa cara menabung uang jajan 5000 untuk beli hp. Tentu tidak ada cara yang instan, semuanya membutuhkan konsistensi serta pembelajaran terus-menerus. Meski ada kalanya merasa berat, namun dengan disiplin semuanya akan menjadi kebiasaan.

Related Posts

Cara MUDAH Belanja di Shopee COD bagi Pemula, Panduan Lengkap

Artikel diperbarui pada 2 Juni 2021. Cara belanja di Shopee COD bagi pemula ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan. Sebagai salah satu marketplace terbesar di dunia, Shopee hadir…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.