Syarat dan Cara Ajukan KUR BRI 50jt yang Perlu Dipahami

kur bri 50jt

Artikel diperbarui pada 29 Desember 2023.

Kredit Usaha Rakyat biasa disebut KUR milik BRI adalah sebuah program untuk koperasi dan para pelaku usaha mikro, hingga menengah. KUR BRI 50jt sangat cocok dimanfaatkan untuk para pencari tambahan modal, bagi perkembangan usaha.

Para pemilik usaha dengan keterbatasan dalam mengadakan jaminan atau sebuah agunan, untuk pinjaman akan terbantu dengan program ini. Namun tentu saja calon peminjam KUR harus memahami tentang program jenis ini terlebih dahulu.

Kenali Pinjaman KUR BRI

Bagi calon peminjam yang ingin mengajukan dana di KUR BRI 50jt perlu mengetahui bahwa program ini tersedia beberapa jenis. Semuanya bisa dipilih, jika calon peminjam memang memiliki bisnis dengan prospek yang baik.

Prospek bisnis dengan laba yang menguntungkan akan menjadikan peminjam memiliki kemampuan dalam mengembalikan pinjaman. Pengembalian dana yang tepat waktu akan memungkinkan kerja sama dengan BRI yang lebih besar lagi.

Program KUR yang ditawarkan pihak BRI ini memiliki jenis pinjaman dengan limit yang berbeda, dimana paling besar adalah 500 juta. Bagi pebisnis yang tertarik melakukan pinjaman KUR dapat memilih KUR BRI 50jt, jenisnya yaitu.

  • Kredit Modal Kerja istilah lainnya KMK dengan masa pinjaman maksimumnya adalah hingga 3 tahun tanpa ada beban administrasi dan juga provisi..
  • Kredit Investasi yang disebut dengan KI maksimum lama pinjamannya yaitu 5 Tahun, kedua jenis pinjaman ini mempunyai beban bunga sama yaitu sebesar 6% suku bunga efektif dalam setiap tahun.

Selain KUR Mikro dengan limit sebesar lima puluh juta, ada pula pinjaman KUR yang dananya mulai 50 hingga 500 juta. Jenis KUR yang dimaksud adalah KUR Kecil BRI yang juga mempunyai dua tipe pinjaman dana, diantaranya:

  • Pinjaman KMK yang masa pengembaliannya lebih lama satu tahun dibanding KMK dari KUR Mikro yaitu hingga 4 tahun.
  • Pinjaman Investasi (KI) dengan batas pinjaman sama dengan KI milik KUR mikro yaitu 5 bunga efektifnya juga sama namun perbedaannya ada pada limit yang dapat diambil.

Perbedaan lainnya yaitu khusus pada KUR Kecil calon peminjam harus memiliki surat izin untuk usaha kelas mikro dan kecil. Sedangkan pada KUR Mikro persyaratan mengenai bukti kepemilikan usaha cukup surat izin usaha saja.

Syarat Pinjaman KUR

Setelah mengetahui produk yang menyediakan pinjaman di kisaran lima puluh juta, maka perlu diketahui juga persyaratannya. Meskipun besaran bunga yang akan dibebankan diatur sama tiap tahunnya, tetapi syarat pengajuannya tidak sama, berikut syarat KUR BRI 50jt:

  • Individu yang sedang melakukan sebuah kegiatan usaha yang produktif dan juga layak.
  • Usaha yang dijalankan tersebut setidaknya telah aktif dijalankan selama 6 bulan.
  • Individu tersebut bukanlah seorang yang masih menerima kredit lainnya kecuali kredit untuk kebutuhan konsumtif seperti KKB,  KPR, dan Kartu Kredit
  • Mempunyai identitas yang resmi dan lengkap dari KTP hingga Kartu Keluarga serta sebuah dokumen berupa surat izin usaha.

Pada pinjaman KUR Mikro bisnis dan juga investasi yang cocok mengambil KUR tersebut adalah yang kisaran profitnyadi puluhan juta. Profit pada angka tersebut, belum dianjurkan untuk mengambil KUR Mikro karena limitnya cenderung melebihi profit.

Untuk calon peminjam yang memang mempunyai profit atau kemampuan dan kebutuhan yang lebih maka bisa memilih KUR kecil. Seperti yang telah sebelumnya dibahas, KUR Kecil dananya yaitu hingga 500 juta, persyaratannya antara lain yaitu:

  • Mempunyai suatu usaha yang cukup produktif, artinya beroperasi dengan baik, sehat, dan memiliki penghasilan atau laba yang layak.
  • Tidak sedang memiliki pinjaman usaha jenis apapun baik dari BRI maupun bank yang lainnya, kredit yang bisa dipertimbangkan hanyalah yang bertipe konsumtif seperti Kartu Kredit.
  • Paling sedikit beroperasinya usaha yang dimaksud adalah 6 bulan.
  • Memiliki dokumen berupa Izin Usaha Kecil dan Mikro (IUMK) atau surat sejenis yang sesuai dan dapat dipersamakan.

Cara Mengajukan KUR BRI

Setelah memperoleh gambaran jenis KUR mana yang paling cocok dan sesuai maka segeralah lengkapi setiap persyaratan yang ada. Setelah persyaratan seluruhnya terlengkapi baik dokumen maupun kriterianya selanjutnya yaitu tahap pengajuan KUR.

Pengajuannya dapat dilakukan langsung dengan mengunjungi kantor BRI dan membawa semua yang dipersyaratkan. Selain itu, calon peminjam juga bisa memanfaatkan pengajuan daring di laman Kur.bri.co.id, berikut langkahnya:

  • Langkah pertama bukalah laman yang telah disampaikan di atas, kemudian lihat halaman utama pada situs tersebut untuk menemukan dan mengklik “Ajukan Pinjaman KUR”. 
  • Selanjutnya login sesuai instruksi yaitu menggunakan email dari akun yang telah dimiliki, apabila belum memiliki akun buatlah terlebih dahulu caranya dengan klik “Daftar Sekarang”. 
  • Kemudian akan dari beberapa opsi yang muncul pilihlah “Masuk dengan Google”, tunggu beberapa waktu untuk menyelesaikan verifikasi email, jika proses telah selesai lakukanlah login. 
  • Baca syarat yang ditampilkan, jika setuju langsung tekan “Setuju dan Ajukan Pinjaman” lalu centang “I’m Not a Robot”. 
  • Isilah informasi secara lengkap pada perintah yang ditampilkan, jika diminta juga untuk unggah dokumen maka cermatilah kesesuaian dokumen yang diminta dengan yang diupload.
  • Setelah semuanya lengkap lanjutkan dengan tap “Selanjutnya”. 
  • Kemudian akan diarahkan ke halaman pengajuan dimana data mencakup nominal pengajuan serta tenor KUR yang dipilih akan dipertanyakan, isilah sesuai rencana awal pengajuan. 
  • Setelah itu perhatikanlah kembali data tersebut, jika perlu calon peminjam bisa melihat jumlah angsuran nantinya dengan klik “Hitung angsuran”. 
  • Jika dirasa tidak ada yang terlewat dan semua telah sesuai segera tap opsi “Ajukan Pinjaman” dan tunggulah konfirmasi persetujuan. 

Tips Agar Pengajuan KUR BRI Disetujui

Jika melihat persyaratannya, pinjaman tipe ini memang tidak begitu rumit namun beberapa calon peminjam ada yang mengalami kendala. Untuk memperlancar pengajuan tersebut calon peminjam ternyata perlu memperhatikan tips berikut:

  • Memastikan bahwa data identitas tidak ada yang rancu, artinya baik dalam semua dokumen datanya sama, secara mutlak tidak ada yang keliru.
  • Selalu berperilaku baik kepada orang di sekitar tempat tinggal untuk berjaga-jaga jika pihak pemberi KUR melakukan survei.
  • Mengurus segala dokumen perusahaan dengan bersih dan sesuai aturan paling update.
  • Mempersiapkan rencana penggunaan KUR dengan jelas dan memiliki prospek atau manfaat yang masuk akal.
  • Menyiapkan segala bukti aktivitas usaha yang benar-benar real seperti aktivitas ketika dalam proses produksi, pendistribusian, pengemasan produk, dan sebagainya.
  • Memastikan bahwa peminjam sama sekali sudah tidak memiliki tanggungan pinjaman kecuali pinjaman untuk kebutuhan konsumtif.
  • Memastikan juga bahwa nama calon peminjam tidak pernah ada dalam daftar hitam pada penyedia pinjaman manapun, karena meskipun penyedianya berbeda terkadang daftar hitam tersebut juga diketahui oleh lembaga yang lain.

Perlu diperhatikan juga bahwa demi kesehatan keuangan, nominal pinjaman harus diusahakan lebih kecil dari perolehan profit yang dimiliki. Hal ini juga akan berkaitan terhadap keberlangsungan usaha serta kelancaran pembayaran KUR.

Demikianlah pembahasan berbagai hal mengenai KUR BRI 50jt mulai dari jenis produknya, persyaratan, sampai tips agar di acc. Syarat yang telah disebutkan di atas, bisa mengalami perubahan, maka penting bagi calon peminjam untuk selalu mengeceknya.

Related Posts

Cara Cek Saldo ATM BTN Lewat HP Android

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Perkenalan Kamu pasti sering mengalami ketika ingin cek saldo ATM, harus datang ke mesin ATM atau ke bank. Namun sekarang, ada…

Cek Saldo Indomaret Card

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Mengetahui Saldo Indomaret Card Secara Mudah dan Cepat Siapa yang tidak kenal dengan Indomaret? Merupakan salah satu jaringan minimarket terbesar yang…

Cara Cek Saldo BTN Lewat SMS Banking

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Mengenal BTN SMS Banking BTN SMS Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi secara mudah dan cepat melalui…

Cara Cek Saldo Rekening Ponsel CIMB

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Memastikan Saldo Rekening Ponsel CIMB Anda Apakah kamu memiliki akun rekening ponsel CIMB dan ingin mengetahui saldo terbaru? Ada beberapa cara…

Cek Saldo BJB – Apa Saja Caranya dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Artikel diperbarui pada 2 Maret 2024. Pengantar Apakah kamu seringkali bertanya-tanya tentang cara mengecek saldo bjb secara mudah dan cepat? Saat ini, dengan kemajuan teknologi, kamu dapat…

Kenapa ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai dan Cek Saldo?

Artikel diperbarui pada 1 Maret 2024. Pendahuluan Setiap orang pasti pernah menggunakan mesin ATM untuk melakukan transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja. Namun, terkadang mesin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *