Ketahui Cara Mencairkan DANA di Alfamart, Ternyata Mudah

Artikel diperbarui pada 28 Agustus 2023.

Saat ini, animo masyarakat untuk bertransaksi secara cashless sudah mulai meningkat, dan DANA merupakan salah satu sarana yang populer. Tidak hanya cara bertransaksi, ada baiknya cara mencairkan DANA di Alfamart juga diketahui para pengguna barunya.

Sebab, cara pencairan ini bisa saja menjadi penolong apabila membutuhkan uang yang disimpan di DANA secara mendadak. Karena, meskipun bisa mencairkan DANA lewat ATM, persebaran ATM tidaklah merata. Berbeda dengan Alfamart yang tersebar dimana-mana.

Menyimpan uang di DANA juga jauh lebih aman dibandingkan membawa uang cash dalam jumlah banyak di dompet. Melihat manfaatnya, wajar jika DANA menjadi salah satu aplikasi yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Mengenal Lebih Dekat Dompet Digital DANA

DANA merupakan aplikasi e-wallet buatan PT Espay Debit Indonesia Koe yang aman serta bisa diandalkan. Tidak hanya transaksi cashless/cardless, DANA juga dapat bertransaksi offline dan online, yang tentunya kaya akan fitur praktis untuk bertransaksi.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh Android minimal versi 4.4 dengan ukuran 59 MB. Sedangkan, untuk iOS minimal versi 11.0 dengan ukuran 265,8 MB. Lantas, apa sajakah fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya?

  • Pembayaran dengan scan QR Code. Fitur ini membuat penggunanya tidak perlu mengetik nilai rupiah yang harus dibayarkan. Tinggal klik menu ‘Pay’, lalu memindai kode QR, memasukkan PIN, pembayaran pun selesai dengan mudah.
  • Mengirim dan menerima uang. Selain bebas biaya, DANA dapat mengirim uang ke sesama DANA maupun nomor rekening bank. Pengambilan uangnya juga mudah, bahkan ada cara mencairkan DANA di Alfamart lho!
  • Nearby Me. Dengan fitur ini, merchant maupun toko yang bekerja sama dengan DANA dapat diketahui jarak dan lokasinya. Aplikasi DANA bahkan menyediakan fasilitas peta agar lokasi merchant-nya lebih mudah ditemukan.
  • Isi saldo secara offline. Selain menggunakan rekening tabungan, pengisian saldo juga bisa dilakukan di mitra-mitra offline DANA. Contohnya seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Pegadaian, Dan+Dan, serta BlueMart vending machine.
  • Jual beli emas. Fitur ini bekerja sama dengan Pluang. Investasi emas jadi mudah karena tidak perlu pergi jauh-jauh ke toko emas lagi.
  • Sembunyi saldo. Dengan adanya fitur ini, orang lain tidak dapat mengintip berapa jumlah saldo saat membuka aplikasi. Jika ingin melihat saldo, pengguna dapat mengklik simbol mata yang bisa dilihat di pojok kiri atas layar.
  • DANA News. Jika bingung dengan aplikasinya, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk memperoleh informasi bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk keperluan transaksi sehari-hari.

Persyaratan untuk Mencairkan DANA di Alfamart

Salah satu fitur DANA adalah mengirim dan menerima uang. Nah, jika terdesak membutuhkan uang, Alfamart dapat menjadi tempat untuk mencairkan uangnya. Tentunya, cara mencairkan DANA di Alfamart pun mudah dan dapat dimengerti oleh siapa saja.

Tetapi, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin melakukan pencairan di Alfamart. DANA memiliki dua jenis akun yang berbeda, dan hanya satu jenis akun yang dapat melakukan pencairan melalui merchant seperti Alfamart. Berikut syarat-syaratnya:

  • Hanya bisa dilakukan oleh akun premium. Ya, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh akun yang sudah premium serta sudah terverifikasi. Akun biasa belum bisa menikmati fitur pencairan di minimarket seperti ini.
  • Batas penarikan per transaksi Rp 1.000.000. Khusus untuk penarikan perdana, prosesnya tidak dapat dilakukan sekaligus, melainkan dua kali. Pertama dengan nilai Rp 250.000, kedua dengan nilai Rp 750.000.
  • Uang yang diambil harus berkelipatan Rp 50.000. Apabila jumlahnya kurang dari kelipatan, misalnya Rp 310.000, berarti jumlah uang yang bisa diambil hanya Rp 300.000 saja. Tentunya, semua saldo dapat diambil.
  • Nilai minimum pencairan adalah Rp 50.000. Kurang dari itu, saldo DANA tidak dapat dicairkan sama sekali. Jadi pastikanlah saldo yang ada di akun mencukupi standar minimalnya ya!
  • Fitur gratis tarik tunai hanya berlaku 3 kali per bulan. Jika fitur gratisnya sudah habis, setiap transaksi penarikan akan terkena admin sebesar Rp 3.000. Namun, jika transaksinya gagal, biaya admin tidak akan ditarik.

Cara Upgrade Akun DANA Menjadi Versi Premium

Salah satu persyaratan agar dapat melakukan cara mencairkan DANA di Alfamart adalah memiliki akun DANA yang sudah premium. Namun, pengguna baru bisa saja belum mengetahui bagaimana caranya agar akunnya menjadi premium. Berikut penjelasannya:

  • Bukalah aplikasi DANA yang ada. Setelah memasuki halaman awalnya, cari dan kliklah menu ‘Saya’. Lalu, kliklah opsi menu ‘Verifikasi Akun Saya’. Setelah ini, fotolah E-KTP masing-masing.
  • Lakukan juga swafoto bersama sembari memegang KTP. Agar hasil fotonya bagus, pastikan lokasi foto dengan KTP tersebut terang, sehingga akan menghasilkan foto wajah dan KTP yang jelas.
  • Cek apakah semua data sudah berkualitas baik atau belum. Jika sudah selesai submit, proses verifikasi akun DANA biasa menjadi premium sudah selesai. Setelah ini, pengguna dapat melakukan pencairan DANA di ATM ataupun minimarket.

Cara Mencairkan Uang Tunai dari DANA di Alfamart

Apabila telah meng-upgrade versi dari DANA-nya, penggunanya bisa melakukan cara mencairkan DANA di Alfamart kapanpun saat membutuhkan uang tunai. Berbeda jauh dengan versi biasa yang fiturnya serba terbatas. Lalu bagaimanakah langkah pencairannya?

  • Kunjungilah Alfamart yang ada di sekitar tempat tinggal. Pergilah ke kasir dan utarakanlah maksud dan tujuannya. Katakanlah bahwa pengguna ingin melakukan tarik tunai saldo DANA.
  • Akseslah aplikasi DANA yang ada di smartphone. Begitu halaman awal terbuka, pilihlah menu ‘Cashout’, kemudian carilah pilihan ‘Alfamart’ sebagai agen yang akan mencairkan saldo DANA.
  • Tunggulah sampai DANA menampilkan kode token. Kombinasi kode token yang muncul ini memiliki masa berlaku 5 menit saja. Jika melebihi itu, tekanlah tombol ‘Show Token’ untuk memperoleh kode token yang baru.
  • Sampaikan dan tunjukkanlah kode itu pada kasir yang bertugas. Kasir baru bisa mulai memproses permintaan untuk pencairan saldo DANA setelah mendapatkan kode tersebut. Nantinya, kasir akan bertanya berapa nominal yang ingin dicairkan.
  • Kasir akan menginformasikan standar minimum dan maksimumnya. Biasanya kasir akan mengatakan bahwa jumlah minimal penarikannya adalah Rp 50.000. Sedangkan jumlah maksimal penarikannya adalah Rp 1.000.000 sekali transaksi.
  • Uang akan langsung diberikan oleh kasir jika pencairan berhasil. Setelah melakukan pencairan DANA di Alfamart ini, otomatis saldo yang tertera di aplikasi akan berkurang.

Meskipun cara mencairkan DANA di Alfamart tersusun oleh langkah-langkah yang sederhana, namun dalam perjalannya banyak aturan yang berlaku di dalamnya. Siapapun yang akan menggunakannya harus memahami terlebih dahulu terms and condition-nya.

Mempelajari seluk beluk fitur DANA, persyaratan pencairan, bagaimana cara upgrade akun, dan cara mencairkan DANA itu sendiri wajib untuk dipelajari. Hal ini juga berguna untuk mencegah penggunanya terkena penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Proses transaksi dengan sesama pengguna DANA atau merchant/toko yang bekerja sama akan lebih nyaman jika memahami seluk beluk DANA. Yuk mulai coba untuk menggunakan aplikasi DANA sebagai e-wallet yang digunakan dalam kebutuhan sehari-hari!

Related Posts

Cara Cek Saldo Rekening Ponsel Melalui SMS

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Paragraf Hook Kamu sering kebingungan mencari tahu cara cek saldo rekening ponsel melalui SMS? Tenang, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang…

Aplikasi Cek Saldo Terbaik untuk Memudahkan Hidupmu

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Tidak Perlu Repot Lagi, Gunakan Aplikasi Cek Saldo untuk Berbagai Keperluanmu Ingin memudahkan hidupmu dengan akses cepat dan mudah ke informasi…

Cara Cek Saldo: Semua yang Kamu Butuhkan untuk Mengetahui Saldo Bankmu

Artikel diperbarui pada 14 Mei 2024. Memastikan Saldo Bankmu dengan Mudah Apakah kamu pernah merasa khawatir tidak tahu saldo bankmu? Tidak perlu pusing lagi! Dalam artikel berikut,…

Cara Cek Saldo ATM – Periksa Uangmu dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2024. Pengantar Apakah kamu sering kebingungan dengan jumlah uang di rekeningmu? Tidak perlu khawatir, dengan kecanggihan teknologi, sekarang kamu bisa cek saldo…

Cara Cek Saldo Akun Facebook

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2024. Pendahuluan Kamu pasti sering menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, namun tahukah kamu bahwa Facebook juga memiliki fitur untuk…

Cara Cek Saldo Dana: Mudah dan Cepat

Artikel diperbarui pada 12 Mei 2024. Perkenalan Kamu pasti sering menggunakan layanan perbankan untuk memudahkan aktivitas keuangan sehari-hari, seperti transfer atau pembayaran. Namun, sebelum melakukan transaksi tersebut,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *