Apa Saja Fungsi Digital Marketing? Simak Penjelasannya!

Fungsi Digital Marketing

Mungkin sudah tak asing dengan kata digital marketing, namun apakah tahu apa saja fungsi digital marketing ini? Digital marketing sendiri merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam dunia bisnis. Dimana menggunakan teknologi digital sebagai prosesnya.

Ada banyak pengertian tentang digital marketing yang diungkapkan oleh para ahli. Karena itu kali ini akan diulas mengenai digital marketing dan juga mengenai apa saja fungsinya. Jadi, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah sebagai berikut.

Sekilas tentang Digital Marketing

Digital marketing merupakan suatu usaha yang dilakukan dengan tujuan memasarkan suatu produk atau brand melalui dunia digital. Sehingga dapat dengan mudah berkomunikasi dengan calon konsumen yang ada di dunia online. Yakni melalui berbagai platform online.

Sedang menurut Purwana dkk digital marketing merupakan aktivitas yang dilakukan sebagai langkah promosi dan juga mencarikan pasar. Tentu pasar yang dimaksud ini berbasis digital atau secara online. Bisa melalui jejaring media sosial ataupun lainnya.

Sedang jika menurut Nadya, digital marketing merupakan pemasaran yang menerapkan teknologi secara digital. 

Contoh dari bentuk digital marketing adalah dengan menggunakan media elektronik. Juga menggunakan internet marketing yang nantinya disebut sebagai e-marketing.

Lalu ada juga beberapa pengetahuan lain dari para ahli digital marketing. Namun hampir semuanya menjurus pada hal yang sama. Untuk jenis media yang dapat digunakan sebagai langkah dari digital marketing pun sangat beragam.

Fungsi Dari Digital Marketing

Setelah tahu mengenai pengertian tentang digital marketing, maka pembahasan kali ini adalah mengenai fungsi digital marketing yang dapat dijadikan referensi. Sebab untuk fungsi dan manfaat adanya digital marketing ini cukup beragam. Sehingga layak dijadikan pembahasan.

1. Membantu Dalam Upaya Menaikkan Penjualan

Salah satu fungsi dilakukannya digital marketing adalah agar dapat membantu dalam upaya menaikkan penjualan. Bahkan dikatakan bahwa beberapa perusahaan, penjualannya meningkat hingga 2,8%. Tentunya lebih bagus sebelum dilakukan digital marketing.

Hal ini dikarenakan dengan menggunakan digital marketing ini akan lebih banyak yang mengenai produk yang ditawarkan. Apalagi jika strategi yang dilakukan telah sesuai dan benar. Maka tidak menutup kemungkinan penjualan akan semakin meningkat.

2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Selain dapat meningkatkan hasil penjualan, dilakukan oleh digital marketing ini juga akan memperluas pasar dalam pemasaran. Hal ini dikarenakan digital marketing ini berbasis online. Sehingga siapa saja dan di belahan bumi dapat mengenal dengan pasti.

Dengan begini, produk atau brand yang ditawarkan ini bukan hanya dapat dijangkau di wilayah terdekat saja. Namun juga dapat dilihat oleh wilayah-wilayah lain. Sehingga kemungkinan besar, akan mendapatkan banyak konsumen baru.

Banyak pula calon konsumen yang akan melihat layanan atau produk sebelumnya membelinya. Sehingga upaya digital marketing ini sangat cocok dilakukan. Bahkan dikatakan hingga 80% calon konsumen melakukan hal ini.

3. Menghemat Biaya Promosi

Bukan hanya sebagai upaya untuk memasarkan produk atau memperkenalkan produk di khalayak luas saja, namun fungsi digital marketing lainnya adalah untuk menghemat biaya. Tentu akan sangat cocok digunakan bagi usaha yang baru berdiri. Sehingga tidak perlu menyiapkan dana besar.

Karena tentunya biaya yang dit dalam digital marketing ini sangat minim ketimbang biaya yang dibutuhkan dalam promosi konvensional. Seperti menggunakan baliho, brosur atau iklan di radio maupun televisi. Sehingga layak dijadikan pertimbangan.

4. Sebagai Sarana Penghubung yang Baik dengan Calon Konsumen

Lalu manfaat berikutnya yang juga akan didapatkan dari penggunaan digital marketing dalam bisnis adalah sebagai penghubung yang baik. Meski terkadang banyak yang tidak dikenal. Namun setidaknya dengan digital dapat membangun komunikasi bersama calon pelanggan.

Selain itu, membangun kedekatan yang baik dengan calon pelanggan juga merupakan hal baik yang tidak boleh dilewatkan. Sebab dengan begini calon pelanggan akan merasa lebih yakin dengan penawaran yang diberikan. Sehingga memungkinkan untuk menggunakannya.

5. Membantu Bersaing dengan Beberapa Perusahaan Besar

Manfaat lain yang juga akan didapatkan dari melakukan digital marketing adalah mampu bersaing dengan perusahaan besar. Jika dulu mungkin akan sangat sulit perusahaan yang baru merintis untuk bersaing dengan perusahaan besar. Namun tidak dengan sekarang.

Jika digital marketing yang dilanjutkan sesuai dan tepat sasaran, maka bukan tidak mungkin jika akhirnya brand tersebut dapat bersaing dengan produk dari brand perusahaan besar. Bahkan memungkinkan untuk berada di posisi sama. Sehingga mendapatkan hasil memuaskan.

Digital marketing ini dapat dilakukan dari beberapa platform sekaligus dan jangan kalah dengan digital marketing dari perusahaan besar. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa digital marketing ini murah. Sehingga upayanya dapat lebih dimaksimalkan.

6. Memudahkan dalam Menganalisis Adanya Perubahan pada Bisnis

Manfaat terakhir yang akan diuraikan kali ini mengenai penggunaan digital marketing adalah memudahkan dalam menganalisis perubahan bisnis. Karena mengetahui perubahan bisnis ini tergolong sebagai hal penting. Masalahnya tidak semua dapat dengan cepat untuk menganalisa.

Namun dengan adanya digital marketing ini, maka akan lebih mudah dalam menganalisis. Bahkan dengan adanya digital marketing, informasi seperti ini akan lebih mudah didapatkan. Sehingga akan mempermudah proses analisis.

Tahapan dalam Strategi Digital Marketing

Setelah tahu mengenai apa saja manfaat atau fungsi digital marketing maka kali ini akan dibahas mengenai tahapan dalam strategi digital marketing. Karena untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka semua butuh perhitungan. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

  • Sebagai tahap awal dalam melaksanakan digital marketing adalah dengan melakukan situation analysis atau analisis situasi.
  • Jika sudah, maka bisa lang dilanjutkan dengan melakukan strategic planning atau strategi perencanaan.
  • Kemudian menentukan tujuan atau objectives mengenai hal apa yang ingin dicapai.
  • Lalu tentukan juga mengenai rencana pelaksanaan atau Implementation Plan laku lakukan persiapan anggaran yang diperlukan.
  • Kemudian tahapan yang terakhir adalah mengenai Evaluation Plan atau juga dikatakan sebagai rencana evaluasi.

Dimensi Untuk Digital Marketing

Lalu dalam proses digital marketing juga diperlukan yang namanya dimensi atau sebagai wadah untuk melakukan digital marketing. Jenis dimensi yang dapat digu pun sangat beragam dan juga dengan dana yang berbeda. Jadi mari simak uraiannya.

  • Dimensi pertama yang dapat digunakan dalam proses digital mau adalah sebuah website, dimensi ini sudah sangat umum dilakukan dan digunakan.
  • Lalu yang kedua adalah dengan mengoptimasi mesin pencari menggunakan SEO dan ini masih berkay dengan Website.
  • Melalui PPC advertising yang mengharuskan pemasar untuk membeli suatu layanan tertentu.
  • Bisa juga menggunakan hubungan masyarakat online atau online PR bisa dengan melalui blog sindikasi artis atau RSS dan lain sebagainya.
  • Juga dapat menggunakan sosial network batu kerap juga disebut dengan jaringan sosial yang saat ini sangat beragam.
  • Dimensi selanjutnya yang dapat digunakan adalah e-mail marketing atau email pemasaran dan juga melalui menggunakan hubungan konsumen.

Demikian adalah penjelasannya terkait dengan fungsi digital marketing yang bisa dijadikan sebagai referensi. Sudah dijelaskan juga mengenai tahapan dalam penerapan strategi digital marketing. 

Juga beberapa dimensi yang dapat digunakan untuk menjalankan upaya melakukan digital marketing.

 

Related Posts

Cara Jualan Di Shopee Food

Simak Cara Jualan Di Shopee Food Agar Produk Semakin Banyak Dikenal!

Bagi yang tengah memulai membuka bisnis makanan, maka tak ada salahnya jika mempraktekkan bagaimana cara jualan di shopee food agar penjualan lebih baik. Shopee food sendiri baru…

Cara Membuat Iklan di Facebook

3 Cara Membuat Iklan di Facebook dari Mulai Berbayar Hingga Gratis

Digital marketing memang sangat perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis seperti misalnya dengan cara membuat iklan di facebook yang dapat dijadikan solusi. Lakukan iklan di platform media sosial…

Ingin Berpenghasilan dari YouTube

Ingin Berpenghasilan dari YouTube? Berikut Cara Lengkapnya

Jika dulu YouTube hanya berperan sebagai media hiburan untuk masyarakat, saat ini YouTube sudah berubah menjadi media untuk mendapat uang. Cara agar bisa berpenghasilan dari YouTube juga…

cara mencari suplier di shopee

7 Cara Mencari Suplier di Shopee Termurah dan Terpercaya

Terdapat cukup banyak cara mencari suplier di shopee yang bisa diterapkan oleh penggunanya. Namun sebelum itu, penting untuk mengetahui tentang apa itu shopee. Shopee adalah salah satu…

tips jualan online di whatsapp

Tips Jualan Online di WhatsApp untuk Jangka Panjang

Berbisnis online sedang menjadi primadona di era kecanggihan teknologi, misalnya melalui WA. Tips jualan online di WhatsApp penting untuk diketahui, sehingga bisa menjalankan usaha tersebut dengan maksimal….

Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop

Artikel diperbarui pada 29 April 2022. Cara membatalkan pesanan di tiktok shop – Kali ini, akan dibahas tentang informasi yang kemungkinan besar di cari-cari oleh banyak orang….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.