6 Tips Cara Jualan di Facebook Bagi Pemula agar Laris Manis

Tips Cara Jualan di Facebook Bagi Pemula agar Laris Manis

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024.

Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia maka potensi mendapatkan keuntungan di sini akan semakin banyak, sehingga cara jualan di Facebook harus kamu kuasai dengan baik.

Kamu tidak harus menyewa tempat dan bisa menggunakan fitur Facebook Marketplace agar penjualan maupun promosi bisa berlangsung maksimal, sehingga para konsumen tertarik.

Jika masih pemula dan ingin memulai berjualan di sini, maka ikutilah beberapa cara atau langkah untuk bisa berjualan di aplikasi biru ini melalui artikel berikut.

Cara Jualan di Facebook, Panduan Bagi Pemula

Agar tidak kebingungan untuk mempromosikan produk hingga melakukan transaksi bersama pembeli, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini:

1. Membuat Akun Bisnis

Supaya terlihat lebih profesional, maka sebaiknya kamu tidak menggunakan akun pribadi saat berjualan. Boleh saja sebenarnya, namun hanya sebagai pendukung ketika melakukan promosi.

Cara jualan di Facebook yang pertama berdasarkan pernyataan di atas, maka tentu saja adalah dengan membuat akun bisnis. Langkah membuat akun bisnis ini juga sangat mudah.

Calon pedagang bisa membuatnya melalui akun pribadi, yaitu dengan memilih menu Halaman, kemudian Buat Halaman Baru. Setelah itu silakan ikuti saja langkah-langkahnya dengan mengisi setiap informasi mengenai bisnis.

2. Bergabung ke Dalam Grup Facebook

Cara jualan di Facebook kedua adalah memasuki banyak grup-grup yang tersedia di FB ini, terutama jika menggunakan akun pribadi.

Hal itu karena FB adalah media sosial yang mempunyai banyak sekali grup atau komunitas. Komunitas-komunitas tersebut akan sangat membantu kamu untuk mencari konsumen.

Cara menjajakan produk melalui grup tergolong cepat dan mudah mudah, namun yang terpenting adalah memilih grup khusus jual beli. Pada umumnya nama-nama tempat tersebut memiliki kata “Komunitas Jual Beli” maupun “Forum Jual Beli”.

Lalu untuk tips tambahan supaya bisnis kamu lebih dikenal banyak target pasar adalah dengan ikut serta dalam diskusi-diskusi grup tersebut.

Ketika berperan aktif di komunitas maka perlahan banyak orang akan lebih sadar mengenai kehadiran akun bisnismu, kemudian mereka dapat berkunjung untuk melihat-lihat produkmu. Cara jualan di Facebook yang cukup efektif, bukan?

3. Menggunakan Facebook Ads

Setiap platform biasanya menyediakan fitur iklan untuk membantu para penjual agar bisa mendekati lebih banyak target pasarnya. Untuk Facebook, fitur iklan yang bisa kamu dapatkan Facebook Ads.

Harga yang disediakan dari layanan iklan ini sangat variatif, bergantung kepada pilihan audiens, jika pilihannya semakin spesifik, maka sudah pasti harga beriklan semakin mahal juga. Hal tersebut bisa terjadi karena biaya kamu beriklan bergantung kepada CPC (Cost Per Click).

Nah jika ingin menggunakannya sebagai cara jualan di Facebook, maka pastikan bahwa kamu sudah menargetkan berdasarkan usia, lokasi, minat, dan hal berkaitan dengan produk jualanmu.

4. Menggunakan Foto Produk Terbaik

Foto produk mempunyai peran yang penting bagi konsumen untuk menilai daganganmu. Apabila fotonya jelas, resolusi bagus, serta menampilkan produk asli maka akan lebih menarik bagi target pasar, daripada hanya menggunakan foto yang diambil dari Google.

Tidak hanya itu, memasukkan foto produk asli bisa menambah tingkat kepercayaan para pelanggan terhadap jualan, terlebih jika kamu mengiringnya dengan menambahkan video produk yang tidak kalah berkualitas.

5. Menambahkan Keterangan Produk yang Jelas

Baik bisnismu bergerak pada bidang produk ataupun jasa, deskripsi atau keterangan sangat penting untuk dicantumkan untuk memudahkan calon pembeli memahami semua aspek dari apa yang akan mereka beli.

Gunakanlah kalimat yang mudah dipahami oleh target konsumen dengan membuat tulisan di deskripsi atau caption menarik, dengan teknik copywriting. Teknik tersebut dapat berguna sebagai cara jualan di Facebook dengan tujuan membuat target lebih paham.

Tips membuat caption atau deskripsi di Facebook bagi jualanmu antara lain:

  • Membuat caption yang menarik pengunjung mau membacanya, seperti pertanyaan, kutipan, ataupun statement pemancing rasa penasaran para pembaca.
  • Menambahkan hashtag relevan untuk membuat audience lebih mudah menemukan kontenmu. Selain tanda tagar yang nyambung dengan produk atau konten, maka bisa juga memasukkan hashtag populer namun tetap relevan.
  • Hindari caption yang terlalu panjang karena bisa menghilangkan fokus pembaca dan membuat malasa membacanya sampai habis.
  • Selipkan emoji sebagai kesan visual pada caption, karena bisa membuatnya lebih enak dibaca calon konsumen.
  • Pastikan untuk menggunakan kalimat aktif supaya caption dan deskripsi lebih segar serta terdengar menarik.

6. Fast Respon

Cara jualan di Facebook keenam ini sangat penting agar calon konsumen mau melakukan konversi. Karena akun sudah disetting menjadi publik maka visibiltas akun kamu bisa dikunjungi siapa pun.

Orang yang tertarik dan penasaran pasti akan menghubungimu untuk bertanya lebih lanjut, sehingga pastikanlah untuk menjawab secepat mungkin pesan di komentar ataupun inbox.

Jika tidak bisa aktif setiap saat, maka cantumkanlah jam bisnis agar mereka paham bahwa pertanyaan dibalas pada jam operasional buka. Dengan membalas sebaik mungkin calin pembeli merasa dihargai dan bisa yakin berbelanja kepada kamu.

Nah, pastikanlah untuk mengikut beberapa tips cara jualan di Facebook di atas supaya bisnis kamu dilirik dan bisa bertransaksi.

Related Posts

Rahasia Live TikTok Agar Penjualan Maksimal

7 Rahasia Live TikTok Agar Penjualan Maksimal Penuh Untung

Artikel diperbarui pada 7 Mei 2024. TikTok Shop banyak digandrungi oleh pembeli akhir-akhir ini karena menawarkan berbagai keuntungan, sehingga tips live TikTok untuk berjualan merupakan informasi penting…

Ide Bisnis Online Makanan

5 Ide Bisnis Online Makanan Modal Minim dan Banyak Peminat

Artikel diperbarui pada 20 April 2024. Semakin banyak ide bisnis online makanan yang memerlukan modal minim tapi banyak peminat bisa dijadikan bahan referensi pilihan. Menariknya, walaupun modalnya…

Jualan di TikTok Shop

6 Rahasia Jualan di TikTok Shop: Laris & Banyak Pembeli [Terbukti]

Artikel diperbarui pada 19 April 2024. Jualan di TikTok Shop Supaya Laris dan Banyak Pembeli Banyak pelaku bisnis tertarik jualan di TikTok Shop seiring dengan semakin meningkatnya…

Rahasia Jualan Produk di Marketplace

5 Rahasia Jualan Produk di Marketplace Agar Ramai Pembeli

Artikel diperbarui pada 19 April 2024. Sekarang ini jualan produk di marketplace semakin diminati seiring dengan semakin banyaknya pembeli yang tertarik melakukan pemesanan lewat platform online satu…

Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest, Bisnis Tanpa Modal

7 Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest, Bisnis Tanpa Modal

Artikel diperbarui pada 17 April 2024. Mendapatkan uang dari Pinterest sangat mungkin dilakukan siapa saja, karena aplikasi ini memfasilitasi para penggunanya menemukan gambar apapun. Sejak tahun 2010,…

Jual Foto Online Bisa Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

Cara Jual Foto Online Agar Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan

Artikel diperbarui pada 16 April 2024. Jual foto online bisa menjadi solusi berbisnis secara mudah tanpa modal jika kamu memang memiliki hobi di bidang fotografi. Salah satu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *