3 Cara Membuat Iklan di Facebook dari Mulai Berbayar Hingga Gratis

Cara Membuat Iklan di Facebook

Artikel diperbarui pada 16 Desember 2023.

Digital marketing memang sangat perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis seperti misalnya dengan cara membuat iklan di facebook yang dapat dijadikan solusi. Lakukan iklan di platform media sosial memang menjadi langkah bagus. Tentunya akan membantu penasaran.

Penggunaan media sosial sebagai media promosi juga dikatakan lebih hemat biaya. Selain itu, digital marketing seperti ini pun lebih menjangkau pelanggan baru. Sehingga membuat iklan seperti ini harus lebih gencar dilakukan.

Akan ada dua tipe cara yang akan dilakukan pada pembahasan kali ini. Yakni iklan yang bisa digunakan atau dibuat secara gratis, dan juga iklan berbayar. Jadi alangkah baiknya jika menyimak ulasannya hingga selesai.

Cara Membuat Iklan Facebook

Pembahasan pertama dan juga menjadi pembahasan tersebut dalam kesempatan kali ini adalah mengenai bagaimana cara membuat iklan Facebook. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa akan ada dua tipe cara berbeda. Yakni iklan berbayar dan iklan gratis.

1. Buat Iklan Otomatis

Pada urutan pertama, cara yang akan diuraikan dalam pembuatan iklan ini adalah bagaimana cara membuat iklan otomatis. Pada iklan ini tentu jangkauan yang akan didapatkan lebih besar. Namun tetap bisa menyesuaikan budget yang dimiliki.

  • Langkah awal dan juga menjadi langkah penting dalam hal ini adalah dengan membuka akun Facebook yang pengguna miliki.
  • Pada proses ini, pengguna tidak harus memiliki Facebook ads, namun juga bisa menggunakan akun Facebook biasa, karena nanti akan diatur ulang.
  • Pada halaman utama Facebook yang muncul maka bisa coba klik ikon bergambar speaker atau seperti toa.
  • Jika tidak menemukan di bagian atas halaman utama, maka bisa coba untuk masuk ke foto profil lalu cari menu serupa pada halaman yang muncul.
  • Setelah itu, pengguna bisa pilih menu mulai dengan iklan otomatis, dan tinggal lanjutkan dengan klik menu mulai.
  • Jika sudah sampai pada halaman berikutnya, maka pengguna bisa berikan detail bisnis dan juga target pelanggan.
  • Proses pemberian data ini dapat dilakukan perlahan sebab Facebook akan meminta data ini melalui kuis yang harus diisi.
  • Tiap akhir kuis atau pertanyaan yang muncul, maka pengguna bisa klik lanjutkan, lakukan hal ini terus menerus hingga muncul pilihan pilih rencana Anda.
  • Jika sudah, maka bisa lanjutkan dengan melengkapi detail iklan otomatis yang akan dipasang.
  • Data yang akan diminta dalam memberikan detail ini adalah mulai dari materi iklan, yang meliputi gambar, judul hingga teks iklan yang akan dipasang.
  • Juga akan diminta beberapa data lain, seperti pemirsa yang akan dijadikan target promosi, laku ada juga anggaran dana yang dipersiapkan untuk setiap harinya.
  • Berikutnya bisa pilih metode pembayaran, jika sudah, maka bisa klik mulai rencana.
  • Perlu diingat juga, bahwa dalam iklan ini tidak ada batas akhir yang ditentukan, namun pengguna bisa menjeda iklan atau menghapus iklan otomatis ini.

2. Gunakan Facebook Ads Untuk Iklan Ads

Cara membuat iklan di facebook berikutnya adalah dengan membuat iklan ads dengan Facebook ads. Fungsi dari iklan ini hampir sama seperti iklan sebelumnya. Juga tentunya iklan ini pun memerlukan biaya.

  • Pada urutan pertama yang harus pengguna lakukan adalah dengan membuat halaman pada Facebook terlebih dahulu.
    Pengguna dapat lengkapi data yang dibutuhkan dalam pembuatan halaman Facebook ads kali ini.
  • Jika sudah, maka bisa lanjutkan dengan masuk pada halaman Facebook ads manager kemudian masuk menggunakan akun yang dimiliki.
  • Selanjutnya buat kampanye iklan, pada tahap pembuatan kampanye iklan ini terdapat tiga alur dasar.
  • Tiga alur dasar ini yang pertama adalah campaign atau yang juga disebut sebagai kampanye dengan tujuan satu arah dan spesifik.
  • Kemudian alur kedua adalah berupa ad set ad set atau set iklan, misalnya untuk set satu khusus untuk Jogja, dan set 2 untuk masyarakat Semarang.
  • Alur ketiga adalah Ad dimana dalam alur kali ini adalah menentukan gambar, teks, link yang berbeda dalam setiap iklannya.
  • Pada tiga alur yang telah disebutkan, maka mungkin pengguna akan diminta untuk memasukkan beberapa data terkait dari perencanaan iklan, pastikan diisi dengan cermat.
  • Setelah semua diatur, maka langkah berikutnya adalah dengan lakukan pembayaran iklan, karena jika tidak maka iklan tidak akan ditayangkan.
  • Jika pembayaran iklan telah berhasil, maka iklan ads pun akan mulai ditayangkan sesuai dengan data yang telah disesuaikan.

3. Cara Membuat Iklan Melalui Marketplace

Apabila dua cara membuat iklan di facebook yang sebelumnya merupakan iklan dengan sistem berbayar, maka berbeda dengan cara ketiga kali ini. Karena pada cara ini, pengguna tidak perlu mengeluarkan dana iklan sama sekali. Namun jangkauannya tidak terlalu luas.

  • Pertama, pengguna bisa masuk pada akun Facebook yang pengguna miliki, jika sudah maka bisa masuk pada applications.
  • Jika sudah sampai pada halaman berikutnya, maka bisa lanjutkan dengan klik menu find more.
  • Setelah itu, ketik Marketplace pada kotak pencarian yang tersedia dan lanjutkan dengan klik enter.
  • Jika hasil pencarian telah muncul, maka bisa lanjutkan dengan klik menu Marketplace yang muncul.
  • Selanjutnya klik go to application, selanjutnya tinggal tentukan target iklan yang akan dipasang dengan klik menu location setting.
  • Lalu tentukan tujuan iklan, jika ingin menawarkan barang atau jasa maka bisa klik menu sell it atau tentukan sesuai tujuan.
  • Masukkan jenis barang atau jasa yang ingin ditawarkan, kemudian klik post, laku isi detail produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Pada menu term of use klik centang, lalu klik submit, jika muncul pemberitahuan dari Facebook mengenai listing yang di pending atau verifikasi, maka bisa klik continue.
  • Berikutnya tulis keterangan yang akan digunakan pada home page, kemudian tinggal klik publish, selesai.

Membuat Iklan Di Facebook, Apa Saja Keuntungannya?

Sebelumnya telah diuraikan sebagaimana cara membuat iklan di facebook, maka pengguna juga harus tahu juga mengenai apa saja keuntungan yang akan didapatkan. 

Meski ketiga cara yang telah diuraikan memberikan keuntungan masing-masing. Namun keuntungan iklan berbayar lebih banyak.

  • Keuntungan pertama yang ditawarkan saat melakukan promosi atau membuat iklan di Facebook adalah penargetan yang lebih efektif.
  • Penargetan calon pelanggan pun akan lebih luas ketimbang melakukan iklan secara offline menggunakan baliho atau semacamnya.
  • Sebab dengan begini, maka bisa seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia bisa melihat penawaran atau iklan yang pengguna buat.
  • Kemudian keuntungan selanjutnya yang akan didapatkan adalah berupa analisis lanjutan, karena terdapat data hasil dari iklan yang ditayangkan.
  • Keunggulan berikutnya adalah dapat meningkatkan brand awareness, karena akan ada banyak target yang mengunjungi laman yang pengguna buat.
  • Tak hanya itu saja, pembuatan iklan di Facebook juga bisa menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Demikian adalah ulasan mengenai tiga cara membuat iklan di facebook yang bisa dijadikan sebagai referensi. Tinggal gunakan cara yang sekiranya sesuai dengan tujuan atau kemudahan dalam mempraktekkan. Atau bisa juga untuk menggunakan tiga cara dalam satu waktu sekaligus.

Related Posts

Tips Cara Jualan di Facebook Bagi Pemula agar Laris Manis

6 Tips Cara Jualan di Facebook Bagi Pemula agar Laris Manis

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia maka potensi mendapatkan keuntungan di sini akan semakin banyak, sehingga cara jualan di…

Rahasia Live TikTok Agar Penjualan Maksimal

7 Rahasia Live TikTok Agar Penjualan Maksimal Penuh Untung

Artikel diperbarui pada 7 Mei 2024. TikTok Shop banyak digandrungi oleh pembeli akhir-akhir ini karena menawarkan berbagai keuntungan, sehingga tips live TikTok untuk berjualan merupakan informasi penting…

Ide Bisnis Online Makanan

5 Ide Bisnis Online Makanan Modal Minim dan Banyak Peminat

Artikel diperbarui pada 20 April 2024. Semakin banyak ide bisnis online makanan yang memerlukan modal minim tapi banyak peminat bisa dijadikan bahan referensi pilihan. Menariknya, walaupun modalnya…

Jualan di TikTok Shop

6 Rahasia Jualan di TikTok Shop: Laris & Banyak Pembeli [Terbukti]

Artikel diperbarui pada 19 April 2024. Jualan di TikTok Shop Supaya Laris dan Banyak Pembeli Banyak pelaku bisnis tertarik jualan di TikTok Shop seiring dengan semakin meningkatnya…

Rahasia Jualan Produk di Marketplace

5 Rahasia Jualan Produk di Marketplace Agar Ramai Pembeli

Artikel diperbarui pada 19 April 2024. Sekarang ini jualan produk di marketplace semakin diminati seiring dengan semakin banyaknya pembeli yang tertarik melakukan pemesanan lewat platform online satu…

Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest, Bisnis Tanpa Modal

7 Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest, Bisnis Tanpa Modal

Artikel diperbarui pada 17 April 2024. Mendapatkan uang dari Pinterest sangat mungkin dilakukan siapa saja, karena aplikasi ini memfasilitasi para penggunanya menemukan gambar apapun. Sejak tahun 2010,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *