Simak Cara Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Sini!

Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2023.

Saat ini banyak yang tertarik mendapatkan pinjaman dengan bantuan BPJS Ketenagakerjaan. Sayangnya banyak pula yang masih tak tahu cara gadai BPJS Ketenagakerjaan yang benar dan sesuai. 

Ditambah lagi, ada banyak syarat yang nanti harus dipenuhi dahulu demi mengajukan layanan gadai ini. Mulai dari berbagai dokumen penting yang sudah harus dimiliki sebelumnya untuk melewati proses verifikasi nantinya.

Sebenarnya mengajukan layanan gadai dengan BPJS Ketenagakerjaan ini terbilang mudah. Asalkan sejak awal, sudah dipahami prosedur seperti apa untuk dilakukan.

Tak hanya soal persyaratan pengajuannya, hal lainnya juga perlu diperhatikan. Bagi yang ingin tahu lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini:

Bisakah Mengajukan Pinjaman dengan BPJS Ketenagakerjaan?

Sebelum mengetahui penjelasan terkait cara gadai BPJS Ketenagakerjaan, mungkin masih ada yang ragu untuk mencoba. Secara garis besar, BPJS Ketenagakerjaan ini memang berguna bagi pekerja karena memberikan perlindungan serta jaminan sosial.

Nantinya juga ada banyak manfaat yang bisa dinikmati setiap pekerja jika memiliki kartu BPJS ini. Terutama dalam menjamin keselamatan masing-masing, baik yang berkaitan dengan jaminan sosial maupun jaminan ekonomi.

Tak hanya itu, BPJS ini juga bisa memberikan manfaat lainnya berupa jaminan untuk hari tua. Sampai jaminan yang penting lainnya ketika misalnya, seorang pekerja mengalami kecelakaan dan tengah membutuhkan bantuan.

Manfaat yang lainnya pun bisa ditemukan dengan layanan  tambahan berupa kemudahan dalam mengajukan sebuah kredit. Bagi yang ingin tahu seperti apa kredit atau layanan gadai yang disediakan, simak uraian selanjutnya.

Barang yang Bisa Digadaikan sebagai Alternatif

Sebelum tertarik untuk mengajukan dan menikmati layanan gadai di sini, simak apa saja yang bisa digadaikan. Terutama bagi yang membutuhkan alternatif tambahan saat ingin menggadaikan barang bersamaan dengan gadai dari BPJS:

  • Barang yang pertama tentu saja adalah emas yang sudah umum. Ada banyak produk yang bisa digadaikan, mulai kalung hingga  anting.
  • Kemudian barang elektronik yang dimiliki juga bisa digadaikan seperti emas. Barang elektronik ini secara garis besar dianggap pilihan yang tepat.
  • Selanjutnya, berbagai surat yang berharga yang dimiliki juga bisa dicoba. Misalnya, ada surat sertifikasi rumah sampai kendaraan yang tidak dipakai.
  • Terakhir, ada harta yang lainnya yang bisa dijadikan sebagai alternatif. Misalnya saja, ada alat berat atau kendaraan bermesin yang bisa dicoba.

Koperasi yang Menerima Gadai BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mengajukan cara gadai BPJS Ketenagakerjaan secara langsung, kenali pula informasi yang begitu penting ini. Lantaran ternyata ada juga beberapa koperasi yang sudah bekerja sama dan bisa membantu proses gadai seperti ini:

  • Pertama, ada sebuah Koperasi Sahabat Bintang Mandiri yang bisa dicoba. Ada banyak layanan yang ditawarkan dengan pilihan tenor yang menarik.
  • Belum lagi ditambah dengan Koperasi Nasari yang membuka untuk semua kalangan. Ada juga banyak ketentuan waktu yang sudah disediakan di sini.
  • Koperasi lainnya yang bisa dicoba yang dikenal dengan Kopdar BKSPPM. Untuk suku bunga di sini pun terbilang jauh lebih rendah.

Syarat Gadai dan Pinjaman dengan BPJS Ketenagakerjaan

Kali ini, akan dibahas detail mengenai apa saja syarat penting yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Terutama demi bisa memastikan cara gadai BPJS Ketenagakerjaan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya ada banyak tipe pinjaman yang bisa dicoba dengan memanfaatkan gadai dari BPJS Ketenagakerjaan. Namun dua di antaranya yang bisa dibilang banyak diajukan sekarang, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Syarat Ajukan KPR BP Jamsostek

Pertama, ada syarat harus dipenuhi untuk kredit kepemilikan rumah. Bagi yang ingin tahu apa sajakah syarat yang dimaksudkan ini, maka simak selengkapnya di sini:

  • Harus sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, setidaknya sudah menjadi peserta BP JAMSOSTEK selama setahun.
  • Jangan lupa untuk menyediakan bukti terkait perusahaan tempat masing-masing sedang bekerja. Perusahan tersebut nantinya akan memudahkan dalam proses verifikasi dan penerimaan dana.
  • Selain itu, pastikan belum memiliki rumah sendiri dengan surat pernyataan. 
  • Tidak termasuk bagian dari perusahaan daftar sebagian upah ataupun program.
  • Pastikan juga sudah memiliki persetujuan dari kantor yang pusat. Termasuk dengan bukti yang nyata berupa formulir rekomendasi yang khusus.
  • Pasangan suami istri hanya boleh mengajukan satu kali saja gadai.
  • Sudah memenuhi semua ketentuan terkait KPR yang disediakan oleh bank.

2. Syarat Untuk Uang Muka Perumahan

Beda halnya dengan yang pertama, syarat yang selanjutnya ini lebih dikhususkan untuk uang muka perumahan. Melalui bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan dan layanan gadai, simak beberapa syarat yang penting di sini:

  • Seperti yang sebelumnya, pastikan sudah menjadi anggota selama setahun.
  • Adanya perusahaan dari tempat para peserta bekerja yang sudah resmi. 
  • Selain itu, orang yang mau mengajukan sudah terdaftar tiga program. Baik itu JHT maupun JKK asalkan sudah aktif dalam membayar iuran.
  • Ditambah bukan termasuk dari perusahaan daftar sebagian baik upah maupun tenaga kerja.
  • Pastikan juga sudah mendapatkan persetujuan dari pihak kantor yang pusat. Ditambah dengan bukti yang kuat berupa surat rekomendasi yang ada.
  • Peserta yang merupakan pasangan suami istri maksimal mengajukan satu gadai.
  • Sudah memenuhi semua ketentuan KPR yang ada di bank pada umumnya.

Cara Ajukan Gadai BPJS Ketenagakerjaan

Terakhir, akan dijelaskan lebih detail mengenai prosedur yang harus dilakukan untuk mengajukan gadai menggunakan BPJS Ketenagakerjaan. Tanpa harus memakan waktu lama, simak beberapa langkah yang ada di sini agar caranya berhasil:

  • Awali dengan menentukan apa jenis gadai yang nantinya akan dicoba. Pastikan peserta memang sudah memenuhi semua syarat yang disediakan sebelumnya.
  • Setelah itu, siapkan semua berkas yang diminta termasuk dengan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan juga kartu yang dimiliki masih aktif dan bisa dipakai.
  • Lanjutkan dengan mengajukan ke pihak bank yang sudah menjalin kerja sama. Siapkan semua berkas yang ada dan jadikan dalam satu map.
  • Nanti tunggu data yang diberikan untuk diverifikasi dahulu di OJK.
  • Jika memang lolos, maka akan diteruskan ke perusahaan dan tunggu rekomendasinya.
  • Usai pihak bank menerima suratnya, tunggu dana yang dibutuhkan cair.

Demikian penjelasan yang detail mengenai cara gadai BPJS Ketenagakerjaan yang ternyata mudah untuk dipraktekkan langsung. Terutama dengan berbagai pihak bank atau mungkin koperasi yang bekerja sama yang bisa dicoba nantinya.

Setiap calon peserta pun wajib tahu syarat sejak awal dahulu. Terutama sesuai dengan tipe pinjaman atau gadai yang ingin dicoba agar nanti tidak salah prosedurnya.

Untuk prosedur pengajuannya sendiri bisa dibilang cukup mudah bagi pemula. Hanya melibatkan bank yang sudah disediakan dan pihak dari perusahaan masing-masing.

Hanya saja, untuk waktu hasil dari pengajuan bisa menjadi lebih lama. Tergantung pada ketersediaan dana sampai proses verifikasi yang dilakukan dahulu.

 

Related Posts

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Artikel diperbarui pada 31 Oktober 2023. Apakah kamu tahu apa itu B Save Accident Protection? B Save Accident Protection adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan…

Cara Membatalkan eklaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Membatalkan eklaim BPJS Ketenagakerjaan

Artikel diperbarui pada 28 Oktober 2023. BPJS Ketenagakerjaan adalah program asuransi sosial yang memberikan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, kecelakaan saat perjalanan ke dan dari tempat kerja,…

Jenis Asuransi Kesehatan BCA Terbaru

4 Jenis Asuransi Kesehatan BCA Terbaru

Artikel diperbarui pada 13 Oktober 2023. Asuransi Kesehatan BCA – Semua orang pasti mendambakan kesehatan dalam dalam hidupnya. Baik bagi dirinya maupun bagi keluarganya. Akan tetapi gangguan…

Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Artikel diperbarui pada 13 Oktober 2023. Asuransi adalah jaminan penting yang harus Anda pertimbangkan di tengah masa sulit seperti sekarang ini. Namun, karena jenisnya banyak, tidak sedikit…

Begini Cara Pindah BPJS Mandiri Ke UHC, Mudah

Begini Cara Pindah BPJS Mandiri Ke UHC, Mudah

Artikel diperbarui pada 14 September 2023. Sebenarnya ada cara pindah bpjs mandiri ke uhc yang dapat dilakukan jika terlalu terbebani dengan biaya iuran. Jadi saat ini BPJS…

Cara Mengubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Cara Mengubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Artikel diperbarui pada 13 September 2023. Cara mengubah BPJS perusahaan ke Mandiri secara online yang sering dicari orang ketika pindah kerja. Ini terjadi ketika suatu ketika pegawai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *