Cara Mendapatkan NPP BPJS Perusahaan beserta Beberapa Manfaatnya

Artikel diperbarui pada 27 Agustus 2023.

Seluruh perusahaan besar tentunya ada NPP BPJS karena menjadi syarat wajib dipenuhi. Apa lagi cara mendapatkan npp bpjs ketenagakerjaan sendiri cukup mudah karena bisa diakses secara online.

NPP sendiri merupakan bagian penting perusahaan karena termasuk startup. NPP ini juga menjadi  syarat sebelum mendirikan suatu perusahaan. Fungsi dari NPP sendiri adalah agar memperoleh jaminan ketenagakerjaan kesehatan serta layanan yang lain.

Npp perusahaan diwajibkan kepada karyawan Karena jika salah satu karyawan saja tidak memilikinya perusahaan akan diberikan hukuman atau sanksi. Biasanya sanksi yang diberikan berupa teguran tertulis bahkan langsung.

Nomor pendaftaran perusahaan ini menjadi salah satu hak bagi karyawan yang sudah ditetapkan sebagai jaminan kesejahteraan. Selain itu karyawan wajib membayar iuran setiap bulannya yang berupa uang dan wajib dilakukan karena sudah ketentuan dari perusahaan.

Apa Itu NPP BPJS Perusahaan?

Seperti yang sudah diketahui NPP merupakan salah satu program yang digunakan untuk mensejahterakan karyawan. Untuk NPP BPJS perusahaan sendiri adalah suatu program atau langkah awal yang dilakukan oleh suatu perusahaan agar dapat menikmati fasilitas berupa perlindungan.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri memiliki program jaminan yang bisa dibilang sangat penting. Berikut ini 4 jaminan yang wajib diketahui oleh pengguna BPJS Ketenagakerjaan.

1. JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja)

Jadi JKK adalah perlindungan jika karyawan di tempat kerja sedang berlangsung mengalami kecelakaan. Jika memiliki jaminan ini tentu akan memudahkan karyawan menjalani perawatan di bawah naungan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini dibuat agar meminimalisir adanya resiko kematian. JKK sendiri memiliki banyak sekali manfaat mulai dari perawatan hingga tunjangan cacat. Selain itu perawatan karyawan yang mengalami kecelakaan kerja akan ditanggung sampai sembuh total.

2. JKM (Jaminan Kematian)

Jaminan kematian sendiri bukanlah suatu kecelakaan kerja namun santunan kematian. Jika suatu karyawan perusahaan meninggal dunia akan terbantu dengan adanya npp BPJS Ketenagakerjaan.

Nantinya jaminan kematian tersebut berupa uang tunai yang diserahkan kepada keluarga yang ditinggalkan. Manfaat dari JKM ini begitu besar santunan yang diberikan kurang lebih 100 juta rupiah.

3. JHT (Jaminan Hari Tua)

Jadi ini adalah salah satu program perlindungan yang dibuat agar karyawan menerima jatah berupa uang tunai yang digunakan kelak jika mendekati pensiun. Jht ini sebagai pengganti karena putusnya pendapatan yang bisa dibilang tabungan semasa kerja.

Kamu jaminan hari tua ini tidak akan datang Sebulan sekali namun diberikan satu kali saat karyawan tersebut Sudah pensiun.

4. JPK ( Jaminan Pemeliharaan Kesehatan )

Jaminan pemeliharaan kesehatan atau yang bersifat JPK merupakan Jamsostek yang bertugas menjamin kesehatan karyawan beserta seluruh keluarganya. Jaminan satu  ini adalah salah satu program nasional yang memiliki prinsip asuransi sosial.

Tata Cara Mendapatkan  NPP BPJS Ketenagakerjaan

Selain mendapatkan gaji setiap bulannya, perusahaan tentu wajib memberikan kesejahteraan kepada karyawannya. Perusahaan tidak akan bisa menentang karena ini adalah salah satu peraturan Presiden. Jika menentang menyebabkan kualitas perusahaan akan menurun dan bisa menimbulkan suatu kerugian.

Langkah atau cara mendapatkan npp bpjs ketenagakerjaan bisa melalui situs yang dimiliki oleh BPJS. Situs ini sudah resmi dan bisa digunakan untuk melakukan pelayanan yang tidak mengharuskan datang langsung ke kantor. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama kunjungi situs atau website resmi BPJS.
  • Jika sudah masuk ke dalam website resmi dari BPJS nantinya akan muncul beberapa opsi.
  • Klik opsi registrasi badan usaha baru.
  • Kemudian setuju dengan masuk halaman baru.
  • Pahami secara seksama mengenai syarat beserta ketentuannya.
  • Sebelum menyetujui periksa kembali mengenai syarat yang sudah ditentukan.
  • Apabila sudah yakin, centang setuju.
  • Jika sudah, selanjutnya mengisi formulir pendaftaran.
  • Isi formulir pendaftaran berupa identitas dari perusahaan alamat jumlah karyawan hingga tagihan iuran.
  • Jika sudah mengisikan formulir dapat langsung mengisikan kode captcha.
  • Tunggu hingga ada email masuk.
  • Jika ada email masuk barulah bisa melakukan aktivasi dengan mendapatkan lampiran formulir registrasi yang sudah diisikan sebelumnya.
  • Selain itu juga diberikan kode badan usaha dan nomor rekening untuk membayar iuran setiap bulannya.
  • Jika sudah barulah NPP resmi dimiliki oleh perusahaan.

Manfaat NPP Perusahaan

Setelah mengetahui cara mendapatkan npp bpjs ketenagakerjaan, tentu harus mengetahui juga manfaatnya.Suatu perusahaan bisa memperoleh keuntungan dengan adanya NPP, bahkan bisa meningkatkan kualitas perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat dari NPP nomor pendaftaran perusahaan.

1. Kesejahteraan Karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap karyawan tentu perlu suatu perlindungan atau kesejahteraan. Maka dari itu manfaat pertama yang bisa diperoleh adalah kesejahteraan karyawan.

NPP perusahaan ini akan mengelola keperluan administrasi pada perusahaan agar dapat berjalan secara maksimal. Biasanya dengan cara memotong gaji karyawan untuk pembayaran iuran yang sudah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

2. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Reputasi yang bagus tentu diinginkan oleh seluruh perusahaan. Maka dari itu NPP perusahaan ini menjadi sangat penting karena dapat memberikan keuntungan bagi seorang pengusaha.

Selain itu perusahaan tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan usaha lebih luas lagi bahkan dipercayai oleh perusahaan besar lainnya. NPP perusahaan ini akan berpengaruh terhadap pengelolaan administrasi serta personalitas dari perusahaan tersebut.

3. Kepercayaan Konsumen dan Investor

Jika sudah dipercaya oleh investor tentu perusahaan akan semakin maju.Dengan adanya hal ini pastinya perusahaan dapat melakukan kontribusi lebih besar mengenai pengembangan bisnis dan performa pada perusahaan akan semakin meningkat.

Cara Mengecek Nomor Pendaftaran Perusahaan

Jika akan mengecek nomor pendaftaran perusahaan atau NPP bisa dilakukan dengan cara membuka website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Tentu caranya cukup mudah karena hanya dengan memasukkan username dan password.

Jika sudah memiliki hak akses tentu dapat berkunjung pada website BPJS secara bebas. Jika terjadi kesalahan saat akan memasukkan username bisa dengan cara memasukkan nomor pendaftaran perusahaan. Dengan begitu nantinya website akan dapat diakses tanpa harus login.

Dengan menyimpan akses BPJS ini dapat memberikan banyak manfaat. Selain dapat melihat nomor pendaftaran perusahaan dengan menyimpan akses ini bisa digunakan untuk mendaftarkan karyawan baru beserta anggota keluarganya.

Perlu diketahui bahwasanya website BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan para penggunanya. Maka dari itu tidak heran jika cara mendapatkan npp bpjs ketenagakerjaan sangatlah mudah hanya dengan menggunakan situs resmi ini.

Di atas merupakan penjelasan mengenai cara mendapatkan npp BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi BPJS Selain itu di atas juga dijelaskan Apa itu npp BPJS perusahaan yang memiliki 4 komponen di dalamnya.

Selain itu di atas juga dijelaskan mengenai manfaat dari NPP perusahaan serta cara mengecek NPP pada website BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya NPP ini perusahaan akan sangat terbantu karena akan mudah mengakses berbagai informasi mengenai karyawan.

Untuk mengakses npp perusahaan hanya bermodalkan situs tanpa harus mendownload aplikasi. Namun jika tidak memiliki kuota internet yang memadai tentu situs BPJS Ketenagakerjaan ini tidak akan dapat mengakses NPP.

 

Related Posts

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Cara Membatalkan B Save Accident Protection

Artikel diperbarui pada 31 Oktober 2023. Apakah kamu tahu apa itu B Save Accident Protection? B Save Accident Protection adalah salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan…

Cara Membatalkan eklaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Membatalkan eklaim BPJS Ketenagakerjaan

Artikel diperbarui pada 28 Oktober 2023. BPJS Ketenagakerjaan adalah program asuransi sosial yang memberikan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, kecelakaan saat perjalanan ke dan dari tempat kerja,…

Jenis Asuransi Kesehatan BCA Terbaru

4 Jenis Asuransi Kesehatan BCA Terbaru

Artikel diperbarui pada 13 Oktober 2023. Asuransi Kesehatan BCA – Semua orang pasti mendambakan kesehatan dalam dalam hidupnya. Baik bagi dirinya maupun bagi keluarganya. Akan tetapi gangguan…

Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Macam-Macam Asuransi dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Artikel diperbarui pada 13 Oktober 2023. Asuransi adalah jaminan penting yang harus Anda pertimbangkan di tengah masa sulit seperti sekarang ini. Namun, karena jenisnya banyak, tidak sedikit…

Begini Cara Pindah BPJS Mandiri Ke UHC, Mudah

Begini Cara Pindah BPJS Mandiri Ke UHC, Mudah

Artikel diperbarui pada 14 September 2023. Sebenarnya ada cara pindah bpjs mandiri ke uhc yang dapat dilakukan jika terlalu terbebani dengan biaya iuran. Jadi saat ini BPJS…

Cara Mengubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Cara Mengubah BPJS Perusahaan Ke Mandiri Secara Online

Artikel diperbarui pada 13 September 2023. Cara mengubah BPJS perusahaan ke Mandiri secara online yang sering dicari orang ketika pindah kerja. Ini terjadi ketika suatu ketika pegawai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *