Cara Cek Pencairan Bidikmisi & Faktor Penghambatnya

Cara Cek Pencairan Bidikmisi & Faktor Penghambatnya

Artikel diperbarui pada 7 Agustus 2023.

Istilah beasiswa dalam perguruan tinggi lebih dikenal dengan Bidikmisi. Lalu apa bidikmisi itu dan bagaimana cara cek pencairan bidikmisi tanpa mengharuskan penerimanya ke ATM terdekat? Mengingat bahwa masih banyak penerimanya yang belum mempunyai aplikasi M-Banking.

Bagi tiap orang, mendapatkan beasiswa merupakan salah satu hal yang diimpikan saat hendak atau bahkan sudah memasuki dunia perkuliahan. Dikarenakan dengan adanya beasiswa tersebut, akan mampu membantu dalam menunjang biaya pendidikannya selama masih kuliah.

Untuk mendapatkan bidikmisi tersebut tidak serta merta dari seluruh kalangan, melainkan ada syarat dan ketentuan khusus yang menjadi bahan pertimbangan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian berikut ini untuk mendapatkan informasi seputar bidikmisi di Indonesia.

Apa Itu Bidikmisi?

Bidikmisi singkatan dari kata BIaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi. Bidikmisi merupakan salah satu jenis bantuan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada individu yang hendak berkuliah namun terkendala biaya. Bisa juga diberikan kepada yang sedang berkuliah.

Sesuai dengan kepanjangannya, bidikmisi diberikan kepada calon mahasiswa atau mahasiswa yang memiliki prestasi akademik namun terkendala dalam pembiayaan. Seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk berkuliah akan diberikan bantuan ini jika mengajukan ke instansi tempatnya belajar.

Tapi perlu diketahui, bahwa tidak semua yang mengajukan akan mendapatkan bidikmisi ini. Dikarenakan pemerintah akan menyeleksi mana yang berhak dan tidaknya mendapatkan sesuai dengan dokumen-dokumen yang digunakan sebagai pengajuan. Jadi, ada kemungkinan gugur dalam seleksi.

Dengan sistem pencairan yang kadang tidak teratur membuat penerimanya bingung apakah uangnya sudah cair atau belum? Untuk menjawab kebimbangan tersebut, disini akan diberikan bagaimana cara cek pencairan bidikmisi hanya dengan mengunjungi website resmi penyalur beasiswanya.

Fasilitas Penerima Bidikmisi

Dengan diubahnya kata bidikmisi menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), tentunya terdapat beberapa hal yang harus dipahami. Sebelum mendaftar bidikmisi, perlu diketahui dulu apa saja fasilitas yang didapatkan untuk menurunkan ekspektasi masalah biaya dan tunjangannya.

  • Dibebaskan dari beban biaya pendaftaran jalur masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN beserta jalur masuk lain sesuai ketetapan perguruan tinggi.
  • Digantikan uang ongkos pertama bagi pendaftar yang dinyatakan diterima bidikmisi.
  • Diberikan biaya tunjangan bulanan mahasiswa setiap semester sebesar Rp 700.000.
  • Dibebaskan dari tanggungan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Penerima bidikmisi ini akan diberikan biaya penuh dari pemerintah selama masa studi yang ditetapkan. Untuk program sarjana hanya akan diberikan bantuan sampai 8 semester. Namun jangka tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, jika terdapat hal-hal yang dilanggarnya.

Cara Cek Pencairan Bidikmisi Tanpa Melalui ATM

Mengingat bahwa tidak semua penerima bidikmisi memiliki M-Banking yang bisa digunakan untuk mengecek transaksi keuangan. Dengan itu seringkali membuatnya bingung bagaimana caranya tahu sudah cair apa belum. Jika dilihat dari jenis penyalurnya, beginilah cara mengeceknya:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs sipbesar.ristekdikti.go.id melalui browser yang digunakan.
  • Apabila sudah berada pada halaman situs, silahkan lakukan pengisian data diri terlebih dahulu. Data diri tersebut meliputi nama penerima, Nomor Induk Mahasiswa, dan juga nomor rekening.
  • Berikutnya silahkan cek lagi apakah data yang dimasukkan sudah benar atau belum. JIka data yang dimasukkan sudah dirasa benar dan sesuai, silahkan pencet kalimat “Lihat Perkembangan Pencairan” di bagian bawah data diri.
  • Kemudian, nantinya sistem tersebut akan menampilkan keseluruhan informasi pencairan bidikmisi mulai dari awal menerima. Sistem tersebut akan menunjukkan detail informasi pencairan yang sudah selesai, sedang proses, bahkan belum diproses.
  • Silahkan cek pencairan bidikmisi yang ingin diketahui dengan memencet kalimat “Sedang Proses” untuk langkah selanjutnya.
  • Disitu terdapat kalimat bertuliskan “Instruksi Pencairan”. Jika sudah ada tulisan tersebut maka dana bidikmisi sudah mulai dicairkan.
  • Silahkan pencet menu tersebut, jika nama penerima yang dituju belum muncul, berarti masih dalam proses. Namun jika sudah cair anam penerima tersebut akan muncul.
  • Langkah terakhir silahkan kunjungi lagi website tersebut sekitar satu hingga dua minggu kemudian dengan melakukan proses yang sama. Pencairan tersebut akan secara berurutan masuk ke rekening penerima.

Cara Cek Pencairan Bidikmisi KIP Kuliah

Seperti yang sudah diketahui, bahwa bidikmisi sudah beralih nama menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Sehingga sangat diperlukan juga untuk mengetahui bagaimana cara mengecek pencairan tersebut tanpa memerlukan m-Banking, bahkan tidak harus ke ATM terdekat.

  • Pertama, silahkan buka browser yang akan digunakan untuk melakukan pengecekan pencairan terlebih dahulu.
  • Jika browsernya sudah terbuka, silahkan ketik situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id di kolom pencairan.
  • Pada halaman utama situs, sebelum masuk pada akun silahkan masukkan terlebih dahulu nomor Pendaftaran KIP-K dan juga Kode Akses.
  • Kemudian silahkan pilih menu Masuk atau Login.
  • Langkah berikutnya, pada halaman utama akun KIP K penerima akan diberikan informasi seputar penerima KIP Kuliah tersebut. Informasi tersebut meliputi penetapan penerima, biodata, keluarga, prestasi, dan juga rencana.
  • Kemudian, pada menu Penetapan yang berada di bagian paling bawah akan ada informasi Status Pencairan.
  • Apabila pencairan sudah diproses maka disitu terteranya dalam proses pencairan. Namun jika belum diproses, juga akan tertera keterangan bahwa belum diproses.

Penerima dapat mengeceknya lagi, jika sekitar 2 minggu sampai 1 bulan kedepan apakah uangnya sudah cair atau belum. Namun waktu kecepatan pencairan uang bidikmisi tersebut, bisa lebih lambat dari waktu yang dikira-kirakan tergantung beberapa hal.

Untuk cara cek pencairan bidikmisi tersebut, tentunya tidak harus dilakukan dengan mengunjungi ATM terdekat. Penerima bidikmisi bisa menggunakan aplikasi M-Banking, jika malas untuk mengunjungi website resmi penyalur bidikmisinya.

Faktor Penghambat Kecepatan Pencairan Bidikmisi

Jika berdasarkan pengalaman yang dirasakan oleh penerima bidikmisi tersebut, diungkapkan bahwa uang akan cair paling tidak satu bulan dari pengajuan. Namun ada juga beberapa hal yang menghambatnya sehingga pencairan bisa lama, seperti hal-hal berikut ini:

  • Proses pengajuan dan pencairan yang berbelit-belit. Semisal, pengaju harus memenuhi segala syarat dulu namun setelah dipenuhi masih ada saja yang kurang. Dari situ nanti akan menyulitkan proses pengajuan.
  • Perguruan tinggi lambat dalam melakukan permohonan pencairan uang bidikmisi. Biasanya hal ini dikarenakan pihak yang mengurusinya kurang responsif.
  • Bisa juga pencairan lambat karena kondisi keuangan negara yang tengah terpuruk sehingga uang jatah penerima bidikmisi terganggu juga.

Setelah mengetahui bagaimana cara cek pencairan bidikmisi, tentunya akan memudahkan penerimanya melakukan pengecekan saat dirasa sudah waktunya cair. Dengan mengetahui jangka waktu dimana biasanya cair, maka akan mengurangi kasus-kasus pelanggaran yang dilakukan  oleh pihak pemerintah.

Biasanya, ketika sudah waktunya cair tapi kenapa masih belum cair atau bahkan belum diproses, maka mahasiswa akan melakukan bentrok. Mahasiswa tersebut akan melakukan bentrok melalui grup entah melalui perantara pengurus atau langsung ke perguruan tingginya.

Selain itu, mahasiswa juga harus tetap mematuhi syarat-syarat yang diberikan perguruan tinggi sebagai penerima bidikmisi. Ketika melakukan pelanggaran, mahasiswa tersebut akan dicoret sebagai penerima bidikmisi. Sebagai penerima bidikmisi harus menjaga citra baik diri dan kampusnya.

Related Posts

Cek Saldo Bank Sumut: Cara Mudah dan Praktis untuk Mengetahui Saldo Anda

Artikel diperbarui pada 23 Februari 2024. Tentang Cek Saldo Bank Sumut Cek saldo bank Sumut merupakan kegiatan penting bagi nasabah Bank Sumut yang ingin mengetahui saldo rekening…

Cek Saldo BRI Simpel Online: Mudah, Cepat, dan Terpercaya

Artikel diperbarui pada 22 Februari 2024. Mengapa Cek Saldo BRI Simpel Online? Apakah kamu sering merasa repot untuk mengecek saldo BRI secara konvensional? Bayangkan harus antre panjang…

Cek Saldo Commuter Line Android – Cara Praktis Mengecek Saldo Kartu Commuter Line Kamu

Artikel diperbarui pada 22 Februari 2024. Pengantar Kamu pengguna commuter line yang sering menggunakan layanan transportasi kereta api pasti sudah tidak asing lagi dengan kartu commuter line,…

Cek Saldo bjb Online – Mudah dan Cepat

Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024. Cek Saldo bjb Online dengan Mudah Sudahkah kamu mencoba cek saldo bjb online? Bagi kamu yang memiliki rekening di bjb, sekarang…

Cek Saldo Akulaku: Cara Mudah Mengecek Saldo dan Transaksi

Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024. Pendahuluan Kamu pengguna Akulaku dan hendak mengecek saldo Akulaku? Salah satu fitur yang tersedia pada platform ini adalah cek saldo Akulaku…

syarat pinjaman bank bri tanpa jaminan

Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan, Mudah dan Cepat!

Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024. Sebenarnya sekarang ini BRI telah menjadi salah satu penyedia pinjaman yang tidak memerlukan adanya jaminan. Syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *