Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang dengan Cepat

cara melacak kartu atm yang hilang

Artikel diperbarui pada 31 Januari 2024.

Kartu ATM memang saat ini merupakan benda yang penting bagi semua orang. Oleh karenanya cara melacak kartu ATM yang hilang penting untuk diketahui. Tujuannya jika suatu waktu mengalami hal tersebut, bisa mengatasi dengan tanggap dan tepat.

Jika orang yang mengalami kehilangan kartu ATM tidak segera melacak dan mengurusnya, maka akan merugikan pemilik. Dimana bisa saja seseorang yang menemukan akan menguras isi kartu ATM didalamnya. Pembaca bisa mengetahui informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang

Sebagai pengguna kartu ATM, tentu wajib untuk mengetahui cara melacak kartu ATM yang hilang. Tujuannya agar bisa langsung mengatasi dengan cepat permasalahan yang ada supaya isi di dalam kartu tersebut tetap aman.

Sebenarnya untuk kartu ATM-nya sendiri jika mengalami kehilangan tidak akan bisa dilacak. Namun tidak perlu khawatir yang berlebihan, sebab kartu tersebut bisa ditemukan dengan melihat dari status transaksinya.

Oleh karenanya penting kartu ATM terhubung dengan M-Banking. Adapun cara untuk melacak kartu ATM tersebut yaitu:

1. Periksa M-Banking

Cara pertama untuk melacak kartu ATM yaitu dengan melakukan pelacak pada M-Bankingnya. Jika kartu ATM tersebut ditemukan seseorang dan digunakan untuk transaksi, maka pengguna bisa melihatnya di M-Banking tersebut.

Melalui status transaksi terakhir itulah bisa diketahui secara langsung terkait lokasi dari kartu ATM yang hilang tersebut. Selain itu, M-Banking juga akan memblokir kartu ATM jika transaksi tersebut dianggap tidak dikenali.

2. Hubungi Call Center

Cara melacak kartu ATM yang hilang pada urutan kedua yaitu dengan cara menelpon Call Center atau Customer Service Bank. Hal ini bisa dilakukan jika tidak memiliki M-Banking yang menghubungkan ATM dengan aplikasi Bank Mobile.

Pengguna bisa melaporkan kehilangan kartu ATM tersebut ke pihak Call Center atau CS. Selain itu, bisa pula dengan meminta bantuan untuk melakukan pelacakan terhadap kartu ATM tersebut dan pemblokiran. Tujuannya agar orang yang menemukan tidak dapat memanfaatkannya.

3. Kunjungi Kantor Bank 

Selain itu, bisa pula melakukan pelacakan kartu ATM yang hilang dengan mengunjungi kantor Bank terkait yang paling dekat. Cara ini bisa diterapkan jika saja tidak dapat menghubungi Call Center atau CS secara online.

Jika mendatangi kantor Bank terdekat, maka bisa membaca berkas pelengkap untuk mengajukan laporan kehilangan kartu ATM. Berkas yang harus dibawa yaitu seperti kartu identitas diri, dan juga buku tabungan yang terkait dengan ATM.

4. Transfer Semua Saldo

Pada urutan keempat ini memang bukan untuk melacak kartu ATM, namun cara ini dilakukan untuk mengamankan isi dari ATM tersebut. Maka pastikan untuk mentransfer semua saldo yang dimiliki di kartu ATM yang hilang melalui M-Banking.

Pengguna bisa melakukan transfer ini ke rekening Bank lain yang dimiliki. Tujuannya agar orang yang menemukan kartu ATM tidak dapat melakukan transaksi dikarenakan isi di dalamnya yang sudah habis. Cara ini merupakan pengamanan yang jitu ketika kehilangan.

5. Batalkan Semua Belanja Online

Cara pelacakan kelima yaitu bisa dengan membatalkan semua belanja online yang terhubung dengan kartu ATM yang hilang. Tujuannya agar mengetahui apakah ada transaksi lain yang dilakukan ketika kartu tersebut hilang dan belum ditemukan.

Dengan membatalkan semua belanja online yang terkoneksi dengan ATM yang hilang tersebut, maka akan mudah mengetahui transaksi selain pembelanjaan. Dengan begitu, bisa secara mudah melacak keberadaan kartu lewat transaksi tersebut.

6. Lapor Polisi

Cara melacak kartu ATM yang hilang selanjutnya yaitu dengan mengajukan laporan kehilangan kepada pihak yang berwajib seperti polisi. Ketika laporan ke pihak tersebut, biasanya korban akan diberikan kartu kehilangan serta akan dibantu untuk melakukan pelacakan kartu ATM tersebut.

Berkas kartu kehilangan ini pastinya akan dibutuhkan ketika akan membuat kartu ATM baru untuk menggantikan yang hilang. Oleh karena itu, perlu untuk mengajukan laporan kehilangan pada pihak berwajib seperti kepolisian jika mengalami masalah tersebut.

7. Blokir Kartu ATM

Cara lain untuk mengatasi kartu ATM yang hilang yaitu dengan melakukan pemblokiran kartu supaya yang menemukan kartu ATM tersebut tidak dapat melakukan transaksi. Namun  sebelum itu, pastikan untuk mengecek M-Banking terlebih dahulu.

Jika ketika melakukan pengecekan tidak ada transaksi yang terdeteksi selama kartu hilang, maka itu tersebut masih aman. Meski begitu, tentu tetap wajib melaporkan kehilangan dan pemblokiran pada Bank yang terkait. Tujuannya untuk mengamankan isi didalam kartu ATM itu sendiri.

Biaya Ganti Kartu ATM Hilang

Ketika mengalami kehilangan kartu ATM dan telah melakukan laporan pada pihak Bank terkait, maka akan dikenakan biaya ganti. Biasanya setiap Bank akan memberikan biaya ganti untuk kartu ATM yang hilang tersebut kisaran Rp 10000 sampai dengan Rp 25000 saja.

Namun perlu diketahui, jika tidak semua Bank melakukan penggantian biaya kartu ATM yang hilang. Ada juga Bank yang menerapkan bebas biaya gati ketika nasabahnya mengalami kehilangan kartu ATM.

Serta besarnya biaya ganti untuk kartu ATM hilang ini biasanya disesuaikan dengan jenis tabungan yang dimiliki. Jadi bisa disimpulkan meskipun Bank yang digunakan sama namun untuk biaya gantinya setiap orang akan berbeda tergantung dari jenis tabungan yang diambil.

Tips Terhindar dari Kehilangan Kartu ATM

Jika tadi membahas cara melacak kartu ATM yang hilang, maka sekarang akan menjabarkan tips untuk terhindar dari kehilangan tersebut. Sebenarnya kehilangan ini bisa dialami oleh siapa saja, namun jika bisa mewaspadai maka lebih baik dilakukan sejak sekarang.

Tujuannya sudah pasti agar tidak mengalami kehilangan kartu ATM. Dimana kartu tersebut merupakan benda penting bagi semua orang. Apalagi jika di dalam kartu tersebut terdapat saldo yang memang tidak sedikit. Adapun tips agar terhindar dari kehilangan yaitu:

1. Penggunaan Dompet Digital

Pembaca bisa melakukan transaksi dengan menggunakan dompet digital. Penggunaan ini, pastinya akan meminimalisir pemakaian kartu ATM. Jadi untuk kasus kehilangan kartu tersebut akan bisa dihindari sebab jarang digunakan untuk transaksi sehari-hari.

2. Simpan Kartu di Tempat Sama

Tips yang kedua yaitu pembaca bisa menyimpan kartu ditempat yang sama jika sudah digunakan. Selain itu, penyimpanan tersebut usahakan dijadikan satu dengan kartu lainnya. Contohnya saja bisa menyimpan kartu ATM di dompet.

3. Gunakan M-Banking

Tips terakhir yang bisa menghindarkan kehilangan kartu ATM yaitu bisa menggunakan M-Banking jika ingin bertransaksi. Contohnya saja ketika ingin melakukan transfer atau pembayaran belanja online. Selain terhindar dari kehilangan, menggunakan M-Banking juga lebih mudah.

Demikianlah tadi penjelasan dari cara melacak kartu ATM yang hilang dengan cepat dan mudah yang bisa pembaca lakukan. Memang untuk melacak kartunya sendiri tidak dapat pembaca lakukan. Namun bisa dilihat dari terakhir transaksi selama kartu tersebut hilang.

Pastinya hal itu akan diketahui dimana lokasi kartu terakhir berada. Selain itu jika sudah diketahui jika ada transaksi, pengguna bisa melakukan pemblokiran kartu dengan segera agar isi saldo tetap aman.

Related Posts

Cara Cek Saldo Rekening Ponsel Melalui SMS

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Paragraf Hook Kamu sering kebingungan mencari tahu cara cek saldo rekening ponsel melalui SMS? Tenang, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang…

Aplikasi Cek Saldo Terbaik untuk Memudahkan Hidupmu

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Tidak Perlu Repot Lagi, Gunakan Aplikasi Cek Saldo untuk Berbagai Keperluanmu Ingin memudahkan hidupmu dengan akses cepat dan mudah ke informasi…

Cara Cek Saldo: Semua yang Kamu Butuhkan untuk Mengetahui Saldo Bankmu

Artikel diperbarui pada 14 Mei 2024. Memastikan Saldo Bankmu dengan Mudah Apakah kamu pernah merasa khawatir tidak tahu saldo bankmu? Tidak perlu pusing lagi! Dalam artikel berikut,…

Cara Cek Saldo ATM – Periksa Uangmu dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2024. Pengantar Apakah kamu sering kebingungan dengan jumlah uang di rekeningmu? Tidak perlu khawatir, dengan kecanggihan teknologi, sekarang kamu bisa cek saldo…

Cara Cek Saldo Akun Facebook

Artikel diperbarui pada 13 Mei 2024. Pendahuluan Kamu pasti sering menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, namun tahukah kamu bahwa Facebook juga memiliki fitur untuk…

Cara Cek Saldo Dana: Mudah dan Cepat

Artikel diperbarui pada 12 Mei 2024. Perkenalan Kamu pasti sering menggunakan layanan perbankan untuk memudahkan aktivitas keuangan sehari-hari, seperti transfer atau pembayaran. Namun, sebelum melakukan transaksi tersebut,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *