Inilah Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink

Artikel diperbarui pada 27 Agustus 2023.

Membayar BPJS Ketenagakerjaan adalah suatu kewajiban bagi nasabah yang terdaftar secara resmi. Namun jika sibuk, pengguna bisa mencoba cara bayar BPJS ketenagakerjaan lewat BRILink karena lebih praktis. 

Hal ini berlaku bagi karyawan yang mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri. Contoh yang dapat melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri adalah freelancer, pengusaha atau artist.

Pengguna yang terdaftar secara mandiri akan mendapatkan hak dan manfaat yang sama dengan para karyawan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesetaraan dan perhatian yang sama terhadap warga negara Indonesia.

Lantas bagaimanakah prosedur membayar BPJS Ketenagakerjaan melalui BRILink? Tentu saja bisa. Berikut adalah tutorialnya antara lain:

Menggunakan BRILink Mobile

Opsi selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan memakai BRILink Mobile. Cara yang satu ini lebih simpel dan praktis. 

BRILink Mobile bisa diakses melalui smartphone sehingga pengguna tidak harus keluar rumah. Terlihat jelas, akses yang mudah ini tentunya diimbangi dengan modernisasi teknologi yang diperuntukkan untuk publik.

BRI tidak ingin ketinggalan dalam memanfaatkan era digitalisasi terkhusus dalam transaksi pembayaran. BPJS Ketenagakerjaan juga mendorong para nasabahnya untuk ikut serta dalam pembaruan digitalisasi ini.

BRILink Mobile juga bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal kemudahan proses pembayaran. Berikut adalah cara bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat BRILink mobile antara lain: 

1. Pilih Menu BPJS Ketenagakerjaan

Lanjut dengan memilih menu BPJS Ketenagakerjaan. Ada beberapa jenis menu yang ada pada aplikasi namun pengguna hanya perlu menekan icon BPJS Ketenagakerjaan.

2. Masukkan Kode Pembayaran dan Password BRILink

Sebelum pengguna bisa masuk dan melihat isi dari item Masukkan kode pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, maka akan diminta akses. Users diharuskan untuk mengisi kode pembayaran BPJS Ketenagakerjaan.

Isikan dengan benar agar proses selanjutnya bisa dilakukan. Pengguna juga akan diminta untuk mengisi password BRILink dengan benar.

3. Cetak Struk Sebagai Bukti Pembayaran

Setelah berhasil mengisi password, jangan lupa untuk mencetak struk. Fungsi daripadanya adala dapat dipakai sebagai bukti pembayaran. 

Simpan struk karena sewaktu-waktu bisa saja dibutuhkan. Namun, hal ini adalah alternatif dan tidak menjadi kewajiban.

Keuntungan Bayar BPJS BRILink

Membayar BPJS Ketenagakerjaan melalui BRILink banyak memberikan dampak positif. Berbagai keuntungan pernah dirasakan oleh para nasabahnya sehingga tidak jarang mendapatkan apresiasi positif.

Cara bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat BRILink cukuplah simpel. Layanan yang ditawarkan cepat dan efisien.

BPJS ketenagakerjaan merupakan asuransi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Di dalam asuransi ini bisa digunakan untuk keperluan di hari tua yang manfaatnya akan terasa oleh masyarakat.

Pengguna yang ingin mendapatkan pelayanan cepat tanpa adanya hambatan memang sudah benar memakai bantuan aplikasi. BRI sudah memikirkan solusi dan kini menghadirkan system yang baru seperti BRILink.

Lantas apa saja keuntungan yang bisa didapat oleh pengguna? Tentu ada banyak. Berikut beberapa keuntungannya antara lain:

1. Agen BRILink Sudah Banyak Yang Tersebar di Pelosok

Keuntungan pertama untuk pengguna BRILink adalah agen yang mudah ditemukan. BRI memiliki cukup banyak agen yang tersebar hingga di pelosok nusantara.

Agen-agen tersebut telah ditugaskan untuk membantu nasabah baik menangani kendala dan sebagainya. Karena mudah dalam menemukan agen dan pelayanannya yang ramah, tentu pengguna akan merasa nyaman memakainya.

2. Tidak Harus Datang ke Kantor Cabang Untuk Lakukan Pembayaran

Adanya BRILink sudah tidak mengharuskan nasabah untuk datang ke kantor cabang. Artinya semua jenis transaksi bisa dilakukan secara mandiri dimanapun berada.

Hal ini juga termasuk pembayaran BPJS Ketenagakerjaan. Seluruh jenis transaksi yang berkaitan dengan asuransi bisa langsung di handle di satu aplikasi.

3. Biaya Admin Sama Dengan Transaksi Online Lain

Tidak ada perbedaan ketika pengguna mengubah alur pembayaran yang semula offline menjadi online. Satu-satunya hal yang membedakan adalah cara dan waktu bertransaksi.

Jika dilihat dari segi biaya transaksi, BRILink mematok biaya admin yang sama dengan pembayaran online lainnya. Dengan biaya admin yang cukup terjangkau dan akses yang mudah tentunya akan menguntungkan pengguna dalam bertransaksi.

Syarat Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat BRILink

Pada zaman sekarang BPJS ketenagakerjaan bisa dibayar dengan mandiri menggunakan bantuan BRILink. Pembayaran melalui BRILink cukuplah mudah karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun sesuai kemauan. 

Akan tetapi, sebelum melakukan pembayaran akan lebih baik apabila mempelajari dan mentaati syarat pembayaran terlebih dahulu. Dengan mengetahui syarat-syarat pembayarannya tentunya bisa mengakibatkan aktivitas pembayaran berjalan dengan lancar tanpa adanya kesalahan. 

Penting untuk selalu mengecek secara berkala. Karena itulah, berikut syarat bayar BPJS ketenagakerjaan lewat BRILink antara lain: 

1. Menunjukkan Kartu Identitas Diri Berupa KTP 

Ketika melakukan pembayaran BPJS ketenagakerjaan, menjaga keamanan pastinya adalah hal yang menjadi prioritas. Untuk menjaga keamanannya, BRILink mewajibkan para penggunanya untuk menunjukkan kartu identitas sebelum melakukan pembayaran. 

Dalam syarat ini, kartu identitas yang ditunjukkan berupa KTP. Tugas BRILink yaitu untuk menyelidiki bahwa tidak ada penipuan ketika melakukan pembayaran BPJS ketenagakerjaan. 

2. Kartu Kepesertaan/Kode Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Pembayaran BPJS ketenagakerjaan akan jauh lebih mudah dilakukan di BRILink. Akan tetapi, sebelum melakukan pembayaran ada beberapa syarat yang harus dilakukan. 

Salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum membayar BPJS ketenagakerjaan adalah menunjukkan kode bayar atau kartu pesertanya. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan pada pembayaran yang akan merugikan banyak pihak. 

Dalam hal ini pengguna bisa mendapatkan kode bayar saat melakukan verifikasi pembayaran. Jangan lupa untuk menyimpan kode bayar karena suatu saat akan diperlukan.

3. Uang Sesuai Nominal Pembayaran Iuran Tertera

Jika melakukan pembayaran BPJS ketenagakerjaan lewat BRILink maka uang yang harus diberikan harus tertera dengan jelas. Alasannya supaya tidak terjadi miss komunikasi atau bahkan penipuan dalam kegiatan pembayaran tersebut.

BRI sudah lama bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan membuat klausul Bersama. Adanya Kerjasama ini tentunya sangat berdampak baik untuk nasabah.

Banyak pengguna bank BRI yang kini sudah bisa mengakses layanan BRILink. Menu yang tersedia di dalamnya juga mudah dipahami dan terkesan praktis.

Cara bayar BPJS Ketenagakerjaan lewat BRILink dapat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi pembayaran. Metode ini jauh lebih simpel dan hebatnya bisa dilakukan di rumah.

BRI sudah berhasil membuat aplikasi yang ramah pengguna dengan tampilan yang simpel. Berkat dukungan dan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, semua layanan akhirnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. 

Langkah untuk melakukan transaksi bisa dilihat pada point diatas. Ikuti langkahnya dan pastikan untuk mengunduh aplikasi pada ponsel atau pc.

Untuk bisa memakai aplikasi dan dapat masuk pada menu. Pelanggan harus terlebih dulu terdaftar sebagai member BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini karena pintu akses tersebut hanya bisa dilakukan untuk nasabah yang terdaftar.

Pengguna bisa langsung mengunjunginya di BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran nasabah. Setelah selesai, bisa langsung menuju BRI untuk meminta password dan pin agar bisa mengakses aplikasi dengan lancar.

 

Related Posts

Asuransi Simas Jiwa

Asuransi Simas Jiwa: Produk, Keunggulan, & Tips Pilih Asuransi Bagi Nasabah

Artikel diperbarui pada 29 April 2024. Keunggulan Asuransi Simas Jiwa saat ini sudah banyak menyelamatkan hidup banyak orang. Asuransi Simas Jiwa merupakan asuransi yang memberikan perlindungan dengan…

Asuransi Capital Life

Asuransi Capital Life: Layanan & Fitur Menguntungkan

Artikel diperbarui pada 29 April 2024. Asuransi Capital Life adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Jika Kamu belum memiliki jaminan untuk hidup, kamu bisa memutuskan…

Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas, Solusi Terbaik untuk Kebutuhan Diri

Artikel diperbarui pada 25 April 2024. Asuransi sinar mas merupakan salah satu penyedia jasa asuransi kesehatan yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Kesehatan adalah aset terbaik yang…

Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

4 Perbedaan Dasar Asuransi Syariah dan Konvensional

Artikel diperbarui pada 24 April 2024. Sebelum memutuskan akan melakukan asuransi, Kamu harus bisa memahami bagaimana perbedaan asuransi syariah dan konvensional. Meskipun sama-sama asuransi hari tua, namun…

Alasan Pentingnya Menggunakan Asuransi Bagi Generasi Milenial

4 Alasan Pentingnya Menggunakan Asuransi Bagi Generasi Milenial

Artikel diperbarui pada 23 April 2024. Banyak orang berpendapat kalau asuransi hanya untuk mereka yang sudah tua saja, namun sebenarnya ada banyak sekali alasan pentingnya menggunakan asuransi…

Asuransi Hari Tua. | via goodscoop.id

Asuransi Hari Tua, Persiapkan dengan Matang Sebelum Pensiun

Artikel diperbarui pada 29 Maret 2024. Asuransi hari tua merupakan hal penting yang mesti dipersiapkan dengan matang bagi kamu yang sekarang ini menjadi tulang punggung keluarga. Asuransi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *