Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim BCA Mobile 2021

cara membatalkan transferan yang sudah terkirim di BCA Mobile

Salah mentransfer uang ke rekening lain memang sudah bukan kasus yang baru lagi di dunia perbankan. 

Beberapa orang mungkin pernah mengalami hal serupa karena kurang teliti dan terburu-buru. Lalu, bagaimana cara membatalkan transferan yang sudah terkirim BCA Mobile

Khusus bagi Anda yang menggunakan BCA Mobile ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membatalkan pengiriman uang ke rekening yang salah. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai cara menarik kembali uang yang telah ditransfer, mari simak ulasan berikut ini. 

Langkah dan Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim di BCA Mobile

Cara melakukan pembatalan transferan bukan hanya soal salah kirim karena kurang teliti saja, namun berguna juga untuk membatalkan transfer ke rekening penipu. 

Berikut ini langkah dan cara untuk membatalkan transferan yang sudah terkirim melalui BCA Mobile.

1. Meminta Surat Laporan ke Kantor Polisi Terdekat

Sebelum Anda melakukan pembatalan transferan melalui BCA Mobile, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu meminta surat laporan terlebih dahulu ke kantor polisi terdekat. 

Beberapa berkas yang wajib dibawa saat membuat surat laporan yaitu KTP asli dan bukti transfer uang.

Baca Juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA 16 Digit

Untuk mempercepat proses pembuatan surat laporan, Anda dapat memberikan kesaksian mengenai kronologis kejadian salah transfer secara jelas pada pihak kepolisian yang menanganinya. 

Tunggu hingga proses selesai dan Anda akan diberi berkas berupa surat laporan kasus salah transfer.

2. Datang ke Kantor BCA

Setelah Anda mendapatkan surat keterangan laporan kasus salah transfer dari kantor polisi, langkah selanjutnya yaitu datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk menindaklanjuti pembatalan uang yang sudah ditransfer. 

Sebelumnya, Anda bisa mengambil nomor antrian Customer Service terlebih dahulu dan tunggu hingga nomor urut antrian Anda dipanggil. 

Artikel Terkait: Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM

Sampaikan kepada pihak Customer Service kronologi kejadian salah transfer dengan memberikan bukti transfer dan surat keterangan dari kepolisian. 

Selanjutnya, pihak Customer Service akan melakukan pencocokan kepemilikan data diri Anda dengan data rekening. 

Untuk bukti transfer ini dapat berupa foto kertas transferan atau tangkapan layar (screenshot) apabila Anda menggunakan BCA Mobile untuk memperkuat laporan. 

Jangan lupa juga untuk menunjukkan KTP asli kepada pihak Customer Service bank BCA sebagai sarana pencocokan dan validasi data, sehingga masalah pengembalian uang yang salah transfer dapat diproses dengan cepat. 

3. Tunggu Hasil Verifikasi dari Pihak Bank BCA

Setelah semua bukti transfer dan laporan dari kepolisian sudah diserahkan kepada pihak bank BCA, cara membatalkan transferan yang sudah terkirim BCA Mobile selanjutnya yaitu menunggu panggilan dari bank terkait verifikasi data dan laporan kasus salah transfer. 

Dalam proses verifikasi tersebut, pihak Customer Service bank akan memberikan beberapa pertanyaan seputar kejadian salah transfer.

Artikel Terkait: Cara Membuat Kartu Kredit BCA

Dalam hal ini, pihak CS bank akan memposisikan diri sebagai mediator atau penengah antara Anda dengan pemilik rekening yang menerima uang salah transfer. 

Sementara itu, apabila kasus salah transfer uang yang terjadi ternyata beda bank, pihak Customer Service BCA biasanya akan menghubungi bank penerima uang yang bersangkutan terlebih dahulu. 

CS BCA akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu mengenai dana yang salah dikirimkan. 

Apabila proses verifikasi data dapat berjalan lancar, pengembalian uang transferan yang salah ini bisa diproses dalam waktu 1 x 24 jam

Pihak Customer Service BCA biasanya akan memberi kabar pengembalian uang dengan cara menelepon nomor handphone Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan saldo secara mandiri melalui aplikasi BCA Mobile untuk memastikan bahwa uang salah transfer sudah benar-benar masuk ke rekening Anda. 

Namun, untuk proses pengembalian uang transferan yang sudah terkirim ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya persetujuan dari pihak penerima uang. 

Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa ada pihak penerima uang salah transfer yang bersikeras dan menolak mengembalikan uang tersebut. 

Meski begitu, kasus tersebut cukup jarang terjadi karena biasanya pihak penerima uang salah transfer selalu bersedia melakukan pengembalian. 

Namun, jika Anda salah transfer atau dengan sengaja mentransfer sejumlah uang kepada rekening penipu online, maka pihak bank tidak bisa membantu.

Dengan kata lain, uang yang Anda transfer tidak akan pernah kembali apabila Anda mengirimkannya ke nomor rekening penipuan online. 

Oleh karena itu, Anda bisa lebih berhati-hati dalam bertransaksi dan pastikan bahwa rekening yang dituju sudah benar.   

Apa yang Harus Dilakukan Penerima Uang dari Kasus Salah Transfer? 

Bagi Anda pelaku salah transfer, cara di atas bisa diterapkan agar uang yang salah transfer bisa kembali ke rekening Anda. 

Namun, bagaimana jika Anda adalah penerima uang dari salah transfer? Apa yang sebaiknya Anda lakukan jika menerima sejumlah uang dari rekening yang tidak dikenal? 

Untuk Anda: Cara Mengetahui User ID BCA yang Terlupa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nasabah yang menerima dana atau sejumlah uang dari hasil transfer yang bukan haknya diwajibkan untuk melakukan pengembalian. 

Hal ini dikarenakan setiap transferan yang dilakukan dapat ditelusuri asal-usulnya dengan memeriksa mutasi atau riwayat transaksi. 

Jika penerima uang salah transfer tidak mau mengembalikannya, maka ia bisa terancam hukuman penjara atau sanksi denda sesuai Pasal 85 UU Nomor 3/2021 sesuai dengan hukum salah transfer uang.   

Tips Menghindari Kasus Salah Transfer Uang

Setelah memahami mengenai cara membatalkan transferan yang sudah terkirim BCA Mobile, ada beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kasus kesalahan transfer.

Berikut ini beberapa tips dan trik menghindari salah transfer yang bisa Anda praktikkan. 

  • Ketahui nama lengkap pemilik rekening dengan benar dan seteliti mungkin sebelum melakukan transfer uang. 
  • Pastikan untuk melakukan pengecekan nama penerima transfer dana yang dituju terlebih dahulu melalui mobile banking (m-banking) atau ATM).
  • Pastikan bahwa nomor rekening yang dituju sudah benar dan tidak ada salah digit. Untuk memastikannya nomor rekening yang dituju sudah benar, Anda bisa mengulangi pemeriksaan sebelum memutuskan untuk mentransfer sejumlah uang. 
  • Bagi Anda pengguna BCA Mobile, Anda bisa menghapus nomor rekening yang sudah tidak diperlukan lagi di opsi menu daftar nomor rekening. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah transfer ke rekening penjual online atau orang yang tidak dikenal. 
  • Meningkatkan ketelitian dan lebih berhati-hati saat menggunakan layanan internet banking agar tidak salah transfer uang. 
  • Apabila Anda terlanjur mengirim sejumlah uang ke rekening yang salah, maka Anda tidak perlu panik. Anda bisa langsung mengikuti prosedurnya saja dan segera hubungi Customer Service BCA untuk melakukan pengembalian uang yang salah transfer. 
  • Awali segala aktivitas dengan berdoa terlebih dahulu, termasuk ketika Anda mengirimkan sejumlah uang apalagi jika nominal yang dikirimkan cukup besar. 
  • Lakukan kroscek nomor rekening terlebih dahulu apabila Anda akan melakukan transaksi dengan penjual online. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir kerugian akibat penipuan online. 

Dengan mengetahui cara membatalkan transferan yang sudah terkirim BCA Mobile seperti penjelasan di atas, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika uang yang dikirimkan ternyata salah transfer. Anda juga bisa menerapkan tips di atas agar terhindar dari salah transfer yang merugikan. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url