5 Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA 16 Digit 2021

Nomor kartu berjumlah 16 digit yang tertera pada kartu ATM BCA merupakan nomor yang sangat penting. 

Nomor kartu ATM ini biasanya tercantum pada kartu ATM dan buku tabungan. Untuk cara mengetahui no kartu ATM BCA 16 digit selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

Mengapa Nomor Kartu ATM 16 Digit Sangat Penting?

cara mengetahui nomor kartu ATM BCA 16 digit

Nomor pada kartu ATM yang berjumlah 16 digit memiliki peranan yang sangat penting untuk mengidentifikasi kepemilikan kartu. 

Nomor yang tertera pada kartu ATM BCA yang Anda miliki juga akan berbeda antara satu dengan lainnya. 

Beberapa digit nomor yang berada di bagian depan ini biasanya merujuk pada jaringan. Apabila tertera 4 digit nomor, maka hal tersebut menunjukkan bahwa jaringan kartu yang digunakan adalah Visa. 

Sementara itu, jika nomor pada kartu ATM BCA di bagian awal berjumlah 5 digit, maka jaringan yang digunakan adalah Mastercard. 

Selain menunjukkan jenis jaringan, beberapa digit nomor lainnya juga menjadi identifikasi bank penerbit kartu ATM tersebut dan nomor pemiliknya.

Kemudian, beberapa masalah yang kerap timbul adalah ketika nasabah lupa user ID BCA sehingga kerap kali mengganggu proses transaksi keuangan.

Cara Mengetahui No Kartu ATM BCA 16 Digit

Cara mengetahui no kartu ATM BCA 16 digit di buku tabungan menjadi salah satu alternatif paling mudah dan cepat. 

Namun, sebelum membahas lebih jauh, Anda dapat membaca referensi kami tentang cara membuat kartu kredit BCA apabila Anda ingin membuat CC.

Lanjut ke pembahasan, selain menggunakan buku tabungan, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk melihat dan mengetahui nomor kartu ATM seperti penjelasan berikut ini: 

1. Cara Mengetahui No Kartu ATM BCA Melalui Kontak Halo BCA

Cara pertama yang efektif dan cepat mengetahui nomor kartu ATM BCA yaitu dengan menghubungi kontak Halo BCA. Halo BCA merupakan layanan call center yang disediakan oleh BCA untuk memfasilitasi nasabah yang membutuhkan bantuan dengan pelayanan selama 24 jam nonstop. 

Menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 dinilai sangat efektif dan cepat sebagai salah satu cara mengetahui no kartu ATM BCA 16 digit yang hilang atau kartu rusak. 

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir

Setelah tersambung, Anda bisa menanyakan kepada pihak customer service BCA terkait nomor kartu ATM BCA. 

Selain menghubungi Halo BCA, Anda juga bisa menghubungi pihak BCA untuk menanyakan nomor kartu ATM dengan metode lain yaitu melalui WhatsApp di nomor 08111500998 atau Twitter @haloBCA

2. Cara Mengetahui No Kartu ATM dengan Mendatangi Kantor Cabang BCA

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengetahui nomor kartu ATM BCA yaitu dengan datang secara langsung ke kantor cabang BCA terdekat dan bertemu CS (Customer Service). 

Sebagai salah satu persyaratannya, Anda harus membawa KTP dan buku tabungan. 

Untuk mengantre CS, Anda perlu mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Jika nomor antrean Anda sudah dipanggil, Anda hanya perlu menyampaikan maksud dan tujuan yaitu ingin mengetahui no kartu ATM BCA. 

Info Menarik: Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim BCA Mobile

Anda juga wajib membuat kartu ATM baru, apabila kartu ATM Anda yang lama ternyata hilang atau rusak. 

Sebelum memproses nomor kartu ATM, pihak CS BCA akan melakukan validasi terlebih dahulu. Jika proses validasi sudah selesai, CS akan memberitahu nomor kartu ATM BCA milik Anda.

3. Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA dengan Aplikasi BCA Mobile

Cara selanjutnya untuk mengetahui nomor kartu ATM BCA yaitu melalui m-banking atau BCA Mobile. 

BCA Mobile merupakan aplikasi mobile banking yang disediakan pihak bank BCA untuk memberikan pelayanan dan memfasilitasi kebutuhan nasabah, seperti transfer, cek saldo, dan cek nomor kartu.

Sebelum aplikasi ini dapat digunakan, Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu melalui mesin ATM atau datang langsung ke kantor BCA terdekat. 

Bila Anda sudah melakukan aktivasi, berikut ini cara mengetahui 16 digit pada kartu ATM BCA Anda:

  • Buka aplikasi BCA mobile, kemudian pilih opsi menu m-BCA
  • Masukkan kode akses Anda, lalu klik “Login”. 
  • Jika m-banking BCA Anda sudah terbuka, silakan pilih opsi menu “Akun Saya” yang terletak di bagian pojok kanan bawah. 
  • Pada halaman tersebut, Anda akan melihat tampilan berupa rincian 16 digit nomor kartu ATM BCA yang Anda miliki. 
  • Anda bisa langsung menyalin nomor kartu ATM BCA dengan klik tombol kotak ganda atau bisa juga dengan melakukan tangkapan layar (screenshot) untuk menyimpannya dan memudahkan Anda dalam mengingat. 

4. Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA 16 Digit di KlikBCA

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa mengetahui nomor kartu ATM melalui KlikBCA. KlikBCA merupakan platform yang disediakan oleh Bank BCA berupa layanan internet banking. 

Melalui KlikBCA, Anda bisa melakukan cek saldo, transfer uang, dan lain sebagainya. 

KlikBCA juga menyediakan layanan untuk mengetahui nomor kartu ATM 16 digit. Untuk melihat dan mengetahui nomor kartu ATM melalui KlikBCA, berikut ini cara mudahnya:

  • Langkah pertama untuk mengetahui nomor ATM yaitu dengan masuk ke website i-banking BCA di https://ibank.klikbca.com/.
  • Setelah masuk ke halaman awal KlikBCA, Anda bisa memasukkan user ID dan PIN
  • Masuk ke menu “Administrasi”, kemudian pilih opsi “Blokir Kartu ATM” dan masukkan tanggal lahir Anda sebagai validasi.
  • Setelah memasukkan tanggal lahir yang benar, Anda bisa klik “Lanjut” dan halaman KlikBCA akan menampilkan 16 digit nomor kartu ATM. 
  • Setelah mencatat nomor kartu ATM, Anda bisa klik opsi “Batal”
  • Pastikan juga untuk berhati-hati saat menekan pilihan menu dan jangan sampai Anda memilih opsi “Kirim” saat memblokir kartu ATM. Apabila Anda melakukannya, maka kartu ATM Anda akan terblokir. 

5. Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA Melalui Email

Cara terakhir untuk mengetahui nomor kartu ATM BCA yaitu melalui email. Beberapa pengguna ATM BCA melakukan pendaftaran tanpa menggunakan kartu. 

Padahal, ketika login pertama kali melalui BCA Mobile, pengguna ATM BCA diharuskan memasukkan 16 digit nomor kartu terlebih dahulu. 

Namun ternyata, meskipun Anda mendaftarkan diri sebagai nasabah BCA tanpa kartu, Anda akan tetap mendapatkan 16 digit nomor kartu ATM melalui email. 

Langkah dan cara mengetahui 16 digit nomor kartu ATM BCA menggunakan email yang sudah terdaftar di BCA antara lain sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka aplikasi Email yang terpasang pada ponsel Anda dan login email yang sudah didaftarkan di BCA.
  • Setelah halaman awal aplikasi email terbuka, Anda bisa mencari email yang berasal dari pihak Bank BCA.
  • Buka email tersebut, kemudian unduh PDF yang dilampirkan di dalam email. 
  • Tunggu hingga proses pengunduhan PDF selesai, lalu buka file tersebut. 
  • File PDF ini biasanya akan terkunci, sehingga Anda akan diminta memasukkan password. Untuk passwordnya sendiri, Anda bisa memasukkan tanggal lahir. 
  • Tunggu hingga file PDF terbuka dan Anda bisa melihat nomor kartu ATM BCA. 

Untuk cara ini, Anda diharuskan untuk mengingat email yang didaftarkan saat pembuatan rekening BCA beserta kata sandinya. 

Usahakan jangan sampai lupa agar Anda tidak kesulitan mengetahui nomor ATM BCA 16 digit apabila kartu ATM hilang atau rusak. 

Dari penjelasan tersebu, Anda tentu semakin paham dengan cara mengetahui nomor kartu ATM BCA 16 digit, bukan? Karena sifatnya yang penting dan berkaitan erat dengan privasi, simpan kartu ATM dengan benar dan jangan sembarangan memberitahu nomor kartu ATM kepada orang lain. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url