Cara Bayar BPJS Pertama Kali Lewat Alfamart dan Indomaret, Ikuti Alurnya

Artikel diperbarui pada 22 Mei 2023.

Cara bayar BPJS pertama kali lewat alfamart dan Indomaret ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Layanan BPJS Kesehatan tentunya sudah banyak orang yang mengenalnya karena program ini secara resmi sudah diselenggarakan oleh pemerintah dengan bekerja sama dengan layanan BPJS.

Program layanan kesehatan ini wajib diperuntukkan untuk semua warga negara asli dan asing yang menetap di Indonesia . Bagi yang belum mendaftarkan BPJS kesehatan lebih baik segera mendaftarkan diri karena layanan kesehatan sangat penting untuk keberlanjutan hidup.

Siapa Peserta BPJS Kesehatan?

Perlu rasanya mengetahui siapa saja peserta wajib BPJS kesehatan yang ternyata ada dua kategori yang berbeda. Kategori peserta PBI dan peserta bukan PBI .

Peserta PBI mencakup seluruh masyarakat miskin di Indonesia dengan taraf ekonomi rendah dan tidak mampu membayar iuran kesehatan. Sedangkan peserta bukan PBI merupakan orang yang mampu membayar iuran BPJS karena ekonomi menengah ke atas.

  • Pekerja penerima upah. Peserta BPJS bukan PBI termasuk orang pekerja dan penerima gaji. Sehingga setiap orang yang bekerja dan menerima gaji wajib membayar iuran BPJS kesehatan setiap bulannya. Untuk orang yang wajib membayar iuran antara lain pegawai negeri/PNS, TNI, Polri, pengusaha, pejabat negara beserta jajarannya.
  • Pekerja bukan penerima upah. Kategori non PBI selanjutnya yaitu setiap orang yang tidak menerima gaji namun bekerja. Hal tersebut sama halnya dengan orang yang memiliki usaha sendiri atau mandiri tanpa melibatkan orang lain.
  • Bukan pekerja. Merupakan¬† bukan seorang pekerja namun mampu membayar iuran BPJS Kesehatan. Semisalnya, investor, orang pensiun dan veteran.

Besar Iuran BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui perbedaan peserta wajib BPJS Kesehatan dari keduanya. Maka, peserta non PBI yang wajib membayar iuran sesuai dengan kategori kelas yang diduduki.

Iuran sebesar Rp. 80 ribu untuk uang kategori tingkat 1, Rp. 51 ribu kategori tingkat 2 dan Rp. 25.500 untuk tingkat 3 dan wajib dibayar per satu bulan sekali.

Selanjutnya ada ketentuan uang untuk pekerja yang menerima upah dari pemerintah. Untuk iuran BPJS kesehatan langsung dipotong sebesar 5% dari gaji pokok setiap bulannya dengan aturan pembagian 3% dibayar oleh pemerintah dan 2% oleh peserta BPJS itu sendiri.

Sementara ada perbedaan dengan pekerja swasta dan BUMN dan sejenisnya memiliki tanggungan iuran bulanan BPJS Kesehatan sebesar 5 % dari potongan gaji per bulan. Dengan aturan bagian sebesar 4% dari iuran dibayar oleh perusahaan dan 1% oleh peserta BPJS.

Semua peserta diatas wajib membayar iuran BPJS kesehatan setiap bulan maksimal tanggal 10. Jika tepat tanggal 10 tanggal dispensasi libur hari berikutnya.

Denda Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Jika pemegang kartu layanan BPJS Kesehatan atau meninggal atau terlambat membayar tagihan berbulan-bulan apa yang terjadi?. Apakah harus membayar biaya reguler untuk jumlah yang disetorkan?.

Kemungkinan tidak, BPJS tidak lagi menerapkan sistem yang baik. Namun, jika peserta sudah lama terlilit hutang dan belum dapat membayar hingga setahun, BPJS akan segera menonaktifkan kartu. Jika ingin mengaktifkan ulang harus membayar kartu sesuai jumlah tunggakan yang ada.

Membayar iuran BPJS kesehatan terkadang banyak orang yang mengabaikan dan mengalami keterlambatan setiap bulannya. Jika sudah mengalami keterlambatan akan ada tagihan yang berlaku.

Sebenarnya pengecekan tagihan dapat dilihat dalam fitur pembayaran dari rekening. Namun terkadang tidak semua orang mengaktifkan fitur tersebut sehingga tidak dapat melihat tagihan BPJS yang dibayar setiap bulannya.

Selanjutnya ada cara mengecek tagihan BPJS kesehatan dengan mudah melalui aplikasi JKN, SMS, Pesan WhatsApp ataupun situs marketplace. Berikut cara yang dapat diikuti langkah Mudahnya.

1. Menggunakan Aplikasi JKN

Cara pertama dapat menggunakan aplikasi resmi penanganan BPJS yaitu JKN. Lakukan penginstalan aplikasi di perangkat ponsel jika belum ada.

  • Selanjutnya instal aplikasi JKN pada play store dan lakukan registrasi akun untuk masuk ke laman berikutnya.
  • Jika sudah periksa tagihan BPJS dengan pilih menu Tagihan.
  • Agar jumlah tagihan muncul pilih menu Premium, selanjutnya tagihan Yang muncul wajib.

2. Cek Tagihan Melalui WhatsApp

Selain dengan cara menggunakan aplikasi, melalui chat WhatsApp juga sudah bisa melayani pengecekan tagihan BPJS Kesehatan. Cukup kirim pesan ke chat asisten CHIKA di 08118750400.

  • Selanjutnya secara otomatis akan dibalas oleh layanan asisten dan balas dengan angka 2 untuk mengecek tagihan.
  • Kemudian lakukan pengecekan dengan mengisi nomor BPJS/NIK.
  • Dan terakhir masukkan tanggal lahir yang sesuai. Selanjutnya akan muncul tagihan BPJS.

3. Cek Tagihan Melalui SMS

Selain itu bisa juga menggunakan cara mengecek tagihan BPJS kesehatan dengan SMS. Cukup dengan ketentuan ketik besaran  TAGIHAN (spasi) Nomor BPJS Kesehatan. Setelah selesai kirim pesan ke Nomor layanan ini 087775500400.

Cara Bayar BPJS Pertama Kali Lewat Alfamart dan Indomaret

BPJS kesehatan itu sendiri sudah menyediakan banyak fasilitas untuk membayar iuran BPJS kepada masyarakat. Opsi pembayaran ini memiliki tujuan agar seluruh peserta BPJS mudah dalam membayar uang dimanapun dan kapanpun untuk menghindari keterlambatan.

Selain layanan pembayaran yang disediakan oleh kantor BPJS Kesehatan, juga memberikan kemudahan dengan dapat memilih pembayaran lainnya dengan layanan bank atau juga dapat melalui Indomaret dan Alfamart .

Bagi peserta yang sudah terbiasa bertransaksi dengan ATM atau perbankan online, pembayaran uang BPJS Kesehatan melalui layanan ini bisa menjadi sangat mudah dan nyaman.

Namun, jika pemilik BPJS tidak pernah menggunakan layanan pembayaran melalui perbankan tersebut. Pembayaran BPJS di tempat berbelanja Alfamart dan Indomaret menjadi solusi yang tepat.

Cara bayar BPJS pertama kali lewat Alfamart dan Indomaret tidak perlu khawatir dengan hal ini. Caranya tidak sulit dan cepat. Berikut ini langkah-langkah pembayaran tagihan BPJS melalui Alfamart terdekat.

  • Berkunjunglah ke lokasi Alfamart terdekat dengan membawa kartu BPJS yang ingin dibayar tagihannya.¬†
  • Kemudian, utarakan maksud kedatangan untuk membayar tagihan BPJS kepada kasir yang bertugas .
  • selanjutnya kasir akan menanyakan kartu BPJS beserta nomor aktif yang terdaftar.
  • Bayar iuran sesuai dengan tagihan ditambah biaya admin jasa pembayaran melalui Alfamart sebesar Rp2.500.
  • Transaksi berhasil kasir akan memberikan struk pembayaran dan simpan struk sebagai bukti pembayaran.

Untuk pembayaran iuran BPJS di indomaret langkahnya Sama dengan pembayaran BPJS Kesehatan melalui Alfamart, pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui Indomaret juga sama halnya memberikan kemudahan dengan biaya admin dan langkah yang sama.

Demikian penjelasan mengenai cara bayar BPJS pertama kali lewat Alfamart dan indomaret yang caranya sangat mudah. Selain itu perhatikan juga uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Pastikan selalu mengecek iuran dan perhatikan tanggal jatuh tempo pembayaran BPJS kesehatan. Jika terjadi keterlambatan akan ada konsekuensi yang harus ditanggung. Hal tersebut terjadi cobalah cek tagihan keterlambatan pada aplikasi JKN, SMS ataupun layanan WhatsApp BPJS.

Jika sudah bayar tagihan iuran melalui toko Alfamart atau Indomaret terdekat di sekitar wilayah tempat tinggal. Atau jika memiliki E Wallet bisa menyimpannya dengan mudah dari rumah.

 

Related Posts

Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim. | via dolarhijau.com

Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim [Terbaru]

Artikel diperbarui pada 7 Juni 2023. Cara membatalkan transferan yang sudah terkirim – Di zaman serba modern ini, Anda bisa menemukan layanan transfer uang yang tersedia dimana…

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Artikel diperbarui pada 5 Juni 2023. Untuk keperluan transaksi dengan toko online, biasanya Anda menerima nomor rekening untuk pembayaran. Jika penjual tidak mencantumkan nama bank, bagaimana cara…

6 Cara Mengetahui User ID BCA (Aman dan Cepat)

Artikel diperbarui pada 29 Mei 2023. Bagi beberapa orang yang seringkali lupa dengan hal-hal penting, bisa saja juga melupakan nama penggunanya ketika dalam profil rekening bank mereka. …

7 Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM

Artikel diperbarui pada 27 Mei 2023. Perkembangan teknologi tentu sangat membantu dan mempermudah banyak hal. Salah satu hasil dari kecanggihan tersebut adalah cara transfer uang ke rekening…

Cara Membatalkan Transferan yang Sudah Terkirim BCA Mobile

Artikel diperbarui pada 25 Mei 2023. Salah mentransfer uang ke rekening lain memang sudah bukan kasus yang baru lagi di dunia perbankan.  Beberapa orang mungkin pernah mengalami…

5 Cara Mengetahui Nomor Kartu ATM BCA 16 Digit (Terbaru)

Artikel diperbarui pada 24 Mei 2023. Nomor kartu berjumlah 16 digit yang tertera pada kartu ATM BCA merupakan nomor yang sangat penting. Nomor kartu ATM ini biasanya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *