5 Jenis Kartu Debit BRI Terbaru 2021

Membuka rekening tabungan di bank, kini sudah sangat mudah dilakukan. Baik itu dilakukan secara online atau bahkan datang ke bank-nya langsung. Namun, sebelum itu pilih dulu jenis kartu debit BRI. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan saja, mengingat jenis dari kartu debit tersebut sangat bervariasi.

Jenis-Jenis Kartu Debit BRI 

jenis kartu debit bri

Mungkin sebagian besar masyarakat sudah mengetahui salah satu dari kartu debit BRI. Namun, tidak sebegitu lengkap. Padahal kartu BRI sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, sehingga para nasabah dapat dengan mudah memilih sesuai dengan kebutuhannya masing – masing. Berikut ulasan macam-macam kartu debit BRI.

1. BRI Simpedes

Salah satu jenis kartu jenis debit BRI yang paling banyak digunakan nasabah pemula, yaitu Simpedes. Merupakan simpanan masyarakat yang bentuknya adalah tabungan yang dilayani oleh BRI unit. Setorannya sendiri bisa Anda lakukan setiap saat, frekuensi dan jumlah tarik tunainya.

Asalkan saldo Anda cukup, melakukan tarik tunai pun lancar. Keunggulan dari menggunakan kartu debit BRI Simpedes ini adalah setiap nasabahnya mendapatkan peluang besar untuk bisa dapat hadiah hingga milyaran rupiah, didukung fasilitasATM,  jumlah / frekuensi tidak dibatasi.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA
CARA MENGURUS BUKU TABUNGAN YANG HILANG
JENIS-JENIS KARTU ATM BRI
CARA MENGATASI NAMA BUKU TABUNGAN BERBEDA DENGAN KTP
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JENIUS BTPN

2. BRI BritAma

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kartu debit satu ini bukan? Pasalnya banyak masyarakat yang membuka rekening dengan menggunakan tipe kartu debit BRI ini. Perlu diketahui, kartu tersebut masih terbagi menjadi beberapa macam jenis lagi. Jadi, tidak hanya ada satu saja melainkan banyak.

Keunggulannya pun juga berbeda-beda setiap kartu. Untuk kartu BRI BritAma ini, kelebihannya antara lain dapat memudahkan melakukan transaksi lebih dari 10 ribu unit kerja di seluruh Indonesia. Ada juga fasilitas e-banking yang bisa digunakan untuk transfer uang hanya melalui smartphone saja.

3. BritAma Bisnis

Kemudian, ada jenis baru dari kartu debit BRI BritAma yaitu khusus untuk bisnis. Sesuai dengan nama kartunya, fungsi dari kartu debit ini adalah diperuntukkan untuk pebisnis. Supaya mereka bisa mengatur keuangannya dan melakukan transaksi jadi lebih mudah. Baik ke sesama atau antar bank.

Adapun keunggulan yang terdapat pada kartu debit BRI BritAma Bisnis ini, antara lain memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Seperti e-banking yang dapat mempermudah nasabahnya untuk melakukan transfer hanya melalui smartphone saja. Kemudian, ada fasilitas transaksi otomatis juga.

4. BritAma X

Mungkin Anda akan mengira bahwa kartu dengan nama “X” ini termasuk ke dalam kartu jenis premium. Tentu saja bukan, untuk kartu debit BRI ini justru diperuntukkan kepada kaum anak muda. Supaya mereka lebih leluasa dalam melakukan transfer uang melalui e-banking / real time.

Untuk biaya administrasi per bulannya dikenakan sekitar Rp 11.000 sampai dengan Rp 12.000. Sedangkan untuk tutup rekeningnya harus membayar sekitar Rp 50.000 saja. Limit transaksi dari kartu debit BRI X ini sekitar 5 jutaan per harinya (classic) dan 10 juta (gold).

5. Debit BRI untuk TKI

Pada umumnya, kartu debit BRI untuk TKI ini ada dua macam varian. Pertama BritAma dan kedua Simpedes. Untuk keunggulannya pun juga berbeda dari versi sebelumnya, seperti jaringannya sudah tersebar luas dan terhubungkan secara online. 

Selain itu, kelebihan dari kartu debit Simpedes TKI lainnya adalah para nasabahnya memiliki peluang besar untuk dapat meraih hadiah sampai dengan milyaran rupiah. Ada juga fasilitas e-banking yang akan memudahkan mereka dalam melakukan transfer uang.

Bagi Anda yang bekerja sebagai TKI, sangat penting untuk memiliki kartu debit dari BRI ini. Berbagai proses transaksi jadi lebih mudah dengan menggunakan kartu ini. Salah satunya saat melakukan transfer, tarik tunai dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk biaya administrasinya, kartu debit BRI TKI ini hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 3.000 saja. Sedangkan untuk tutup rekening, sekitar Rp 50.000 saja. Adapun limit transaksi yang dimiliki kartu debit ini, yaitu 5 juta per harinya, untuk merchant bisa mencapai 10 juta (PIN) dan 2 juta (Signature).

Perbedaan Kartu debit BRI Simpedes dengan BritAma

Seperti yang sudah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa kartu debit BRI ini pada umumnya didominasikan oleh 2 variasi jenis kartu. Pertama BritAma dan kedua adalah Simpedes. Dari kedua kartu tersebut, sudah pasti memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ulasannya.

1. Dari Sisi Besarnya Setoran

Salah satu bentuk perbedaan dari kartu debit BRI Simpedes dengan BritAma adalah dilihat dari setoran awalnya. Biasanya ketika membuka rekening tabungan di kedua kartu tersebut, ada perbedaan yang cukup signifikan. Simpedes sekitar Rp 50.000, sedangkan BritAma Rp 250.000.

Perbedaan signifikannya juga terlihat dari biaya admin tiap bulannya, untuk kartu debit BritAma classic nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 / Rp 4.500. Namun, untuk kartu versi Simpedes tidak akan dijatuhi biaya sepeser pun.

2. Dari Sisi Asuransi Kecelakaan dan Denda Saldo 

Selain itu, perbedaan cukup signifikan dari kartu debit BRI Simpedes dengan BritAma lainnya, yaitu dilihat dari asuransi kecelakaannya.. jika nasabah mempunyai saldo minimumnya 500 ribu, maka mereka berhak dapat asuransinya. Dengan nilai pertanggungannya 250%.

Sedangkan perbedaan selanjutnya, terlihat dari denda saldo antara kartu debit Simpedes dengan BritAma. Denda saldo minimumnya bisa mencapai Rp 5.000 untuk Simpedes, dan sekitar Rp 10.000 untuk BritAma.

3. Besaran Transfer Antar Cabang dan Biaya Ganti Tabungan 

Perbedaan antara kartu BRI jenis Simpedes dengan BritAma juga dilihat dari maksimum transfer antar cabangnya. Paling maksimal nasabah bisa transaksi ke sesama yaitu sekitar Rp 200.000 untuk Simpedes. Sedangkan BritAma adalah sekitar Rp 300.000, hanya selisih Rp 100.000 saja.

Jika ingin mengganti buku tabungan baik itu karena rusak atau hilang, BRI Simpedes dengan BritAma mempunyai patokan harga berbeda – beda pastinya. Untuk Simpedes sekitar Rp 5.000 saja, sedangkan BritAma bisa mencapai Rp 25.000.

4. Fitur Kartu Debit Simpedes Dengan BritAma 

Adapun beberapa fitur yang dimiliki dari kedua jenis kartu debit BRI, yaitu Simpedes dengan BritAma ini. Salah satu fiturnya adalah limit tarik tunai per harinya, untuk versi Simpedes biasanya memiliki limit hingga mencapai 5 juta per harinya. Sedangkan versi BritAma ada 2 versi, classic dan gold.

Dari kedua versi kartu debit BritAma tersebut mempunyai limitnya sendiri, yaitu versi classic sekitar 5 juta per hari dan untuk gold mencapai 10 juta tiap harinya. Kemudian, ada fitur lain lagi dari kartu debit BRI ini yaitu limit transfer ke sesama per hari. Untuk Simpedes dengan BritAma classic sama.

Berbeda dengan limit transfer ke sesama bank versi BritAma gold, yaitu sekitar 50 jutaan. Fitur terakhir yang dimiliki oleh kartu debit BRI adalah limit transfer beda bank per hari. Untuk jenis kartu Simpedes dan BritAma classic sekitar 10 jutaan, lalu BritAma gold mencapai 15 jutaan.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara rinci terkait jenis kartu debit BRI dan fungsinya. Beserta dengan pembahasan mengenai perbedaan dari versi kartu BRI, yaitu Simpedes dan BritAma. Sebelum membuka rekening, pastikan Anda menyesuaikan fiturnya dan kelebihannya dengan kebutuhan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url