7 Jenis Kartu ATM BRI 2021, Tingkatan, Keunggulan dan Jumlah Setoran Awalnya

Anjungan Tunai Mandiri di zaman sekarang ini memang sangat penting, karena memudahkan para nasabah untuk mengambil uang kapanpun dan dimanapun. 

Salah satu kartu ATM yang saat ini banyak digunakan, yaitu BRI. Ada jenis-jenis kartu ATM BRI yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari / bisnis.

Jenis-Jenis Kartu ATM BRI

Bidang perbankan Indonesia sudah jauh lebih maju dari beberapa tahun sebelumnya. Sebagai salah satu kartu ATM yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

Pada umumnya, BRI atau Bank Rakyat Indonesia ini menyediakan banyak sekali macam pilihan kartu. Dengan begitu, semua customer dapat memilih kartu mereka sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Berikut adalah macam-macam kartu ATM BRI.

1. Jenis Kartu ATM BRI BritAma Biasa

Salah satu tipe kartu ATM BRI yang menempati urutan pertama, yaitu BritAma. Produk tabungan dari BRI satu ini merupakan tabungan yang paling populer dibandingkan jenisnya yang lain. 

Di dalam tabungannya, kartu debitnya tersedia dalam 2 macam pilihan. Pertama, BritAma Black dan Silver.

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh kartu debit dari ATM BRI BritAma ini, antara lain transaksi dapat digunakan baik dalam atau bahkan luar negeri melalui jaringan BRI, Link, ATM Bersama dan lain-lain.

Kemudian, akan gratis cover asuransi kecelakaan diri sampai 150 juta, suku bunganya kompetitif.

2. Kartu ATM BRI BritAma Bisnis

Sesuai dengan namanya, kartu ATM BRI ini khusus bagi para customer yang sedang menjalankan bisnisnya. 

Untuk dapat membuka tabungan jenis kartu ATM ini, Anda harus menyetor setorang awal paling minim sekitar 10 juta. Tenang saja, setorannya bebas biaya administrasi jika saldo lebih 5 juta.

Tidak hanya itu, kartu ATM BRI BritAma khusus bisnis ini setiap customernya juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan secara cuma-cuma. 

Adapun beberapa fasilitas gratis yang disediakan tabungan ini, seperti AFT (Automatic Fund Transfer), account sweep dan Automatic Grab Fund.

3. Kartu ATM BRI BritAma TKI

Tabungan kartu ATM BRI TKI satu ini, memang diperuntukkan bagi customer yang bekerja sebagai seorang TKI.

Untuk setoran awal sebelum membuka rekeningnya, cukup terjangkau karena hanya 20 ribuan saja. Jenis kartu semacam ini termasuk classic, biaya kartu bulanannya sekitar 1000 rupiah.

Jika kartu Anda rusak, untuk menggantikannya tidak perlu biaya apa pun. Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kartu ATM BRI TKI ini, seperti dapat membuka rekeningnya di unit terkecil di daerah. Lalu tidak ada batas setoran, customer bisa ikut ke dalam undian.

4. Kartu ATM BRI BritAma X

Khusus untuk kartu ATM BRI X ini diperuntukkan bagi kaum anak muda kekinian. Desain kartunya cukup elegan, dilengkapi dengan adanya chip untuk dapat menjaga keamanan kartunya. 

Kartunya sendiri terdiri dari beberapa macam. Seperti 

  • BritAmaX Gentleman, 
  • Ladies 
  • dan juga Basketball.

Kartu debitnya sendiri bisa digunakan di 10 ribu lebih unit kerja BRI seluruh Indonesia. Adapun keunggulan dari kartu ini, antara lain gratis cover asuransi kecelakaan diri sampai dengan 150 juta. 

Ada juga asuransi untuk nasabah meninggal karena kecelakaan, santunan pendidikan, pendapatan dan santunan duka.

5. Kartu ATM BRI Junio

Sesuai dengan nama kartu ATM-nya, kartu ATM BRI Junio ini diperuntukkan bagi nasabah yang berusia di bawah 17 tahun

Biasanya nasabah yang menggunakan kartu debit ini, kebanyakan adalah anak yang masih SMP dan SMA. Kartu ATM-nya sendiri merupakan tipe dengan private label.

Jadi, selain dapat melakukan tarik tunai, transfer dan lain-lain. Para nasabah kartu ATM BRI Junio ini juga bisa bertransaksi ke ATM bank lainnnya yang masih termasuk ke dalam jaringan ATM Bersama, Link dan juga ATM prima. Bahkan juga bisa digunakan berbelanja di berbagai merchant.

6. Kartu ATM BRI BritAma Valas

Kartu ATM BRI BritAma Valas ini merupakan tabungan yang termasuk berbeda dari jenis kartu sebelumnya. 

Dikarenakan tabungannya sendiri dalam bentuk mata uang asing (valuta), pihak bank juga menawarkan berbagai macam kemudahan untuk bertransaksi serta nilai tukar kompetitif.

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kartu ATM BRI BritAma Valas ini. Seperti bebas biaya administrasi, nasabah juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri secara gratis sampai 150 juta, dapat membuka tabungan valas tanpa membuka tabungan bentuk rupiah.

7. Kartu ATM BRI Simpedes

Ada pula tingkatan kartu ATM BRI yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, yaitu Simpedes. 

Jenis kartu atm bri simpedes ini bukan termasuk classic atau bahkan gold, melainkan private label. Untuk membuka tabungannya sendiri, para nasabah harus melakukan setoran di awal sekitar 100 ribuan.

Sedangkan untuk biaya administrasi per bulannya akan dikenai sekitar Rp 5.500 saja. 

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh kartu ATM BRI Simpedes ini, yaitu dapat membuka rekening di unit terkecil BRI, tidak ada batas melakukan setoran, dilengkapi kartu debit, nasabah bisa ikut undian. Limit penarikan atm bri warna biru ini adalah Rp10.000.000,00 per hari.

Tingkatan Kartu ATM BRI

Di samping adanya berbagai macam jenis nama dari kartu ATM BRI, ada beberapa jenis lagi dari kartu tersebut. Kartu ATM tersebut dibagi menjadi empat pilihan, yaitu 

  • kartu ATM BRI Private Label,
  • Classic,
  • Gold 
  • dan juga ada yang Premium. 

Berikut ulasannya tingkatan kartu ATM BRI.

1. Private Label 

Salah satu tipe kartu ATM BRI yang tersedia dan banyak digunakan, yaitu Private Label. Kartu debit ini biasanya diberikan kepada pemilik rekening tipe Simpedes. 

Kartu dengan warna biru dan tidak ada logo Cirrus serta Mastercardnya. Adapun kekurangan dari debit ini, yaitu tidak bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM luar negeri. 

Jika dipakai pada mesin EDC, bisanya hanya pada mesin EDC BRI saja. Jenis kartu ATM BRI Private Label ini memiliki limit / batas transaksi paling rendah dari jenis kartu debit lainnya.

2. Classic

Kemudian, ada jenis kartu ATM BRI Classis. Warna dari kartunya sendiri adalah hijau, ada logo Mastercard, Link, Cirrus, Maestro, ATM Bersama, dan juga Prima.

Itu artinya, untuk jenis kartu Classic bisa digunakan di ATM pada bank lainnya. Jadi, tidak harus BRI saja, bank lain juga bisa.

Biasanya jenis kartu Classic ini diperuntukkan kepada nasabah dengan tipe kartu debit BritAma. Untuk setoran awalnya, nasabah diberikan dua pilihan antara 250 ribu atau 500 ribu. 

Sedangkan limit kartunya sama seperti BRI Private Label sebelumnya. Kecuali transfer sesama (Classic) yaitu 50 ribu.

3. Gold 

Selain itu, ada jenis kartu ATM BRI lain yaitu versi Gold. Jika setoran awal paling minimum sekitar 500 ribu, nasabah akan diberikan dua pilihan antara jenis Classic atau Gold. 

Sesuai dengan namanya, kartu ini memiliki warna emas / kekuning-kuningan.

Sedangkan untuk ciri dari kartunya sendiri sama seperti versi Classic, yaitu mempunyai banyak logo antara lain Mastercard, Cirrus, Maestro, Link, Prima dan juga ATM Bersama. 

Kelebihan dari kartu ATM BRI ini adalah mempunyai limit yang jauh lebih besar dari jenis sebelumnya.

4. Premium 

Dari ketiga jenis kartu ATM BRI sebelumnya, untuk versi Premium ini merupakan kartu yang memiliki limit paling besar. 

Untuk informasi detailnya, tarik tunai dengan kartu ini paling maksimum adalah sekitar 10 jutaan, berbelanja di merchant bisa mencapai 50 juta, transfer sesama 100 juta.

Tidak hanya itu saja, ada lagi limit transaksi yang disediakan kartu ATM BRI Premium ini. Seperti transfer ke bank lain, batas maksimum limitnya sekitar 25 juta, lalu untuk saldo ditahannya paling minimal sekitar 50 juta.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis kartu atm bri yang perlu Anda ketahui sebelum membuka rekening. Pastikan sebelum membuat rekening tabungan, sesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu. Mengingat banyaknya jenis jenis kartu atm bri, jadi harus benar-benar selektif.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url