Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA via M-Banking & Internet Banking

cara menghapus mutasi rekening bca

Artikel diperbarui pada 31 Desember 2023.

Dalam perkembangan zaman serba modern ini, hampir kebanyakan orang telah memiliki rekening bank, baik untuk menyimpan uang atau transaksi lainnya. Penting juga untuk mengetahui cara menghapus mutasi rekening BCA. Cara ini berguna bagi nasabah BCA.

Setiap rekening bank, pasti menyediakan layanan mutasi rekening, termasuk Bank BCA. Dalam mutasi rekening terdapat banyak sekali data penting bagi yang sewaktu-waktu dapat dilihat saat membutuhkan. Namun pernahkah nasabah Bank BCA terpikir untuk menghapusnya?

Pikiran tersebut pasti muncul karena terlalu banyak data yang menumpuk pada mutasi rekening. Namun masih ada segelintir orang yang belum mengetahui cara menghapus mutasi rekening BCA. Oleh karena itu agar mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Mutasi Rekening?

Dalam dunia perbankan, mutasi rekening sangat penting sekali, setiap diharuskan untuk memilikinya. Karena selain memudahkan nasabahnya, untuk memperhatikan arus keluar masuk dalam rekeningnya. Juga dapat memudahkan pihak bank untuk melihat riwayat aktivitas nasabahnya.

Sebelum masuk pada pembahasan cara menghapus mutasi rekening, harus mengerti terlebih dahulu, apakah yang dimaksud dengan mutasi rekening. Jadi layanan mutasi rekening adalah semua catatan atau data riwayat transaksi yang dilakukan nasabah dalam rekeningnya.

Jadi apapun transaksinya, baik debit, kredit, maupun cash pasti terdapat datanya dalam mutasi bank. Sehingga dengan layanan ini, dapat memperhatikan keluar dan masuknya uang dalam rekeningnya. Jadi, tidak perlu khawatir dalam mengawasi tabungannya.

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang telah dapat melihat mutasi rekening melalui beberapa cara. Yaitu melalui ATM BCA, Internet banking, BCA Mobile, atau dengan menggunakan SMS Banking. Pengguna dapat memilihnya sesuai dengan selera.

Adapun mutasi rekening juga memiliki berbagai fungsi penting dan tentunya sangat bermanfaat bagi nasabahnya. Adapun beberapa fungsinya adalah:

  • Sebagai bukti sebuah transaksi.
  • Termasuk syarat dalam mengajukan pinjaman modal.
  • Menjadi syarat pengajuan Visa.
  • Untuk bukti agar meminimalisir peluang kecurangan.
  • Dan dapat digunakan untuk dapat mengelola keuangan dengan baik.

Ketentuan Hapus Mutasi Rekening BCA

Sebelum membahas cara menghapus mutasi rekening BCA, pengguna harus mengetahui beberapa ketentuan pentingnya. Walaupun memang untuk menghapus mutasi rekening sangatlah mudah, namun tetap harus memperhatikan ketentuannya sebelum proses penghapusan data.

Ketentuan ini berguna untuk memberikan himbauan kepada pengguna sebelum menghapus mutasi rekening BCA. Adapun beberapa ketentuannya adalah:

  • Proses penghapusan data mutasi rekening BCA yang dilakukan merupakan di luar tanggung jawab pihak Bank BCA.
  • Semua data mutasi yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi secara mandiri.
  • Proses penghapusan mutasi rekening dapat menghilangkan data terkait semua transaksi (yang dipilih).
  • Jika suatu saat membutuhkan data mutasi rekening yang telah dihapus, maka harus mendatangi pihak Bank BCA.
  • Karena menggunakan layanan online, maka pastikan perangkat nasabah memiliki sinyal internet yang stabil.
  • Untuk dapat menghapus mutasi rekening memakai KlikBCA atau BCA Mobile, maka rekening harus sudah terdaftar.
  • Untuk layanan Internet Banking dapat dilakukan melalui browser laptop maupun Hp.

Cara Menghapus Data Mutasi Rekening

Setelah mengetahui apa itu mutasi rekening, juga harus mengerti cara untuk menghapus mutasi rekening BCA. Mungkin pengguna merasa data pada mutasi rekening telah menumpuk terlalu banyak, maka dari itu nasabah dapat melakukan cara ini.

Beberapa orang masih beranggapan bahwa mutasi rekening merupakan data yang permanen, tidak bisa sembarangan dihapus. Tentu saja anggapan tersebut sangatlah salah, mungkin yang mengatakan seperti itu masih belum mengerti cara menghapus mutasi rekening BCA.

Untuk cara menghapusnya juga cukuplah mudah, pengguna tidak perlu repot untuk mendatangi kantor cabang BCA. Cukup melakukannya secara online, terdapat dua cara yang dapat dicoba, yaitu melalui M Banking (BCA Mobile) atau menggunakan Internet Banking.

Terdapat pertanyaan, apakah bisa menghapus mutasi rekening BCA melalui ATM? Jawabannya adalah tidak bisa. Artinya hanya bisa menggunakan dua cara di atas untuk dapat menghapusnya. Namun untuk melihat mutasi rekening, maka melalui ATM bisa.

Dengan dua cara ini dapat melakukannya hanya bermodal Hp dan sinyal internet saja. Adapun untuk cara lebih lengkapnya, simak tutorial di bawah ini.

1. Menghapus dengan M Banking (BCA Mobile)

Cara menghapus mutasi rekening BCA yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi BCA Mobile. Selain dapat digunakan untuk transaksi dengan rekening BCA, dengan aplikasi ini, juga dapat menghapus data mutasi rekening BCA. Berikut merupakan tutorialnya:

  1. Pertama-tama download dan install aplikasi BCA Mobile pada Hp.
  2. Kemudian klik opsi m-BCA pada tampilan layar utama.
  3. Setelah itu masukkan kode akses BCA Mobile. Usahakan masukkan dengan teliti, karena jika salah hingga 3 kali, maka BCA Mobile akan terblokir.
  4. Lalu pilih opsi “m-Admin” pada berbagai pilihan menu yang tersedia.
  5. Selanjutnya geser ke bawah dan klik menu “Hapus Daftar”.
  6. Kemudian pilih data transaksi yang akan dihapus. Pilihannya adalah transfer antar bank, antar rekening, transfer Sakuku, transfer virtual akun BCA, pembelian, dan pembayaran.
  7. Kemudian akan terdapat data transaksi yang telah dipilih tadi. Silahkan memberi centang pada data yang akan dihapus.
  8. Jika sudah selesai memberi centang, maka klik “Delete” di bagian atas pojok kanan.
  9. Selanjutnya akan terdapat pop up untuk konfirmasi nama, nama bank, dan nomor rekening. Jika dirasa telah benar, maka klik “OK”.
  10. Tahap terakhir, silahkan pengguna memasukkan PIN BCA Mobilenya.
  11. Selesai.

2. Menghapus Dengan Internet Banking (Klik BCA)

Cara menghapus mutasi rekening BCA selanjutnya adalah dengan memanfaatkan website KlikBCA. Caranya juga tidak kalah mudah dengan sebelumnya, silahkan simak lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah browser pada Hp dan pastikan jaringan internet yang stabil.
  2. Kemudian situs resmi KlikBCA atau dapat mengetik https://www.klikbca.com/ lalu silahkan Log in.
  3. Setelah itu ketikkan User ID dan PIN Internet banking milik pengguna, pastikan telah memasukkan dengan benar. Karena jika berulang kali gagal akan membuat akun terblokir. Kemudian jangan lupa klik “Login”.
  4. Jika sudah masuk pada menu utama, maka klik opsi “Administrasi” pada barisan kiri pojok bawah.
  5. Kemudian silahkan tentukan hendak menghapus data yang mana, seperti data transfer, data pembayaran, maupun data uang masuk.
  6. Lalu, harus memilih jenis transfer yang hendak dihapus. Seperti BCA Account List, BCA virtual akun, Sakuku, atau list akun Bank Domestic. Jika sudah memilih, klik “Submit”.
  7. Setelah itu akan muncul semua data yang telah dipilih, lengkap beserta nomor rekeningnya.
  8. Untuk menghapusnya, silahkan beri ceklis dalam kotak kecil di samping nama data yang hendak dihapus, kemudian klik “Submit”.
  9. Selesai, mutasi rekening telah selesai dihapus.

Itulah cara menghapus mutasi rekening BCA, terdapat dua cara yang dapat dipilih, silahkan menggunakannya sesuai dengan selera. Namun sebelum menghapusnya, pastikan telah mempertimbangkan baik-baik semua ketentuannya. Karena pihak bank tidak bertanggung jawab atas masalah tersebut.

Ada baiknya, jika tidak ada keperluan yang terlalu penting maka biarkan saja data mutasi rekening tersebut. Akan sangat berguna dalam mengetahui keluar masuk uang pengguna, serta memudahkan untuk mengelolanya.

Related Posts

Cek Saldo Bank Sumut: Cara Mudah dan Praktis untuk Mengetahui Saldo Anda

Artikel diperbarui pada 23 Februari 2024. Tentang Cek Saldo Bank Sumut Cek saldo bank Sumut merupakan kegiatan penting bagi nasabah Bank Sumut yang ingin mengetahui saldo rekening…

Cek Saldo BRI Simpel Online: Mudah, Cepat, dan Terpercaya

Artikel diperbarui pada 22 Februari 2024. Mengapa Cek Saldo BRI Simpel Online? Apakah kamu sering merasa repot untuk mengecek saldo BRI secara konvensional? Bayangkan harus antre panjang…

Cek Saldo Commuter Line Android – Cara Praktis Mengecek Saldo Kartu Commuter Line Kamu

Artikel diperbarui pada 22 Februari 2024. Pengantar Kamu pengguna commuter line yang sering menggunakan layanan transportasi kereta api pasti sudah tidak asing lagi dengan kartu commuter line,…

Cek Saldo bjb Online – Mudah dan Cepat

Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024. Cek Saldo bjb Online dengan Mudah Sudahkah kamu mencoba cek saldo bjb online? Bagi kamu yang memiliki rekening di bjb, sekarang…

Cek Saldo Akulaku: Cara Mudah Mengecek Saldo dan Transaksi

Artikel diperbarui pada 21 Februari 2024. Pendahuluan Kamu pengguna Akulaku dan hendak mengecek saldo Akulaku? Salah satu fitur yang tersedia pada platform ini adalah cek saldo Akulaku…

syarat pinjaman bank bri tanpa jaminan

Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan, Mudah dan Cepat!

Artikel diperbarui pada 20 Februari 2024. Sebenarnya sekarang ini BRI telah menjadi salah satu penyedia pinjaman yang tidak memerlukan adanya jaminan. Syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *