Cara Mendaftar DAPENBUN Online: Panduan Demi Langkah

cara mendaftar dapenbun online

Artikel diperbarui pada 1 Januari 2024.

Cara mendaftar DAPENBUN online sangat mudah dilakukan dengan hadirnya aplikasi android yang dapat diakses melalui smartphone. Semakin banyaknya peserta Dana Pensiun Perkebunan ini, membuat sistem online dibuat agar peserta dapat berkomunikasi secara langsung tanpa batas.

Sayangnya, ada beberapa peserta yang belum mengetahui bagaimana cara mendaftar DAPENBUN secara online karena ketidaktahuan yang dimiliki. Maka dari itu, berikut panduan cara melakukan pendaftaran DAPENBUN online beserta penjelasan lainnya.

Sekilas Tentang DAPENBUN

Dana Pensiun Perkebunan atau disingkat DAPENBUN adalah salah satu badan yang mengelola program pensiun para karyawan PT Perkebunan Nusantara. Mulai karyawan, pendiri, dan mitra, sejak karyawan terdaftar sebagai peserta hingga peserta tidak bekerja kembali.

DAPENBUN bertujuan menampung dan mengelola dana agar keseimbangan penghasilan dapat meningkatkan kesejahteraan pesertanya pada saat pensiun. Agar mengenal DAPENBUN lebih dalam, berikut ini penjelasan mengenai sejarah, visi dan misi, serta para pendiri hingga mitra pendirinya:

1. Sejarah Berdirinya DAPENBUN

Sebelum membahas cara mendaftar DAPENBUN online, mari mengetahui terlebih dahulu sejarah berdirinya DAPENBUN. DAPENBUN Berdiri sejak tanggal 8 Januari 1976, DAPENBUN hadir sebagai yayasan dana pensiun yang kemudian hari berubah menjadi korporasi DAPENBUN.

Perubahan ini didasari munculnya undang-undang pada tahun 1992 no.11 yang membahas mengenai dana pensiun. Tercatat tahun 2021 DAPENBUN memiliki 284.396 peserta yang terdiri dari peserta aktif, peserta pensiunan, dan peserta pensiun ditunda.

2. Visi Misi DAPENBUN

DAPENBUN hadir dengan visi dan misi yang dijadikan landasan agar terus maju dan melakukan inovasi lebih baik kedepannya. Adapun visi DAPENBUN yaitu, menjadi dana pensiun yang dipercaya, mandiri, dan berkembang secara berkesinambungan.

Sedangkan misi DAPENBUN sendiri yaitu, melakukan pengelolaan dana pensiun dengan profesional bagi seluruh lingkup perusahaan PT Perkebunan Nusantara. Dan berbagai lembaga terkait, demi menjaga keseimbangan pendapatan hari tua untuk semua pesertanya.

3. Mengenal Pendiri DAPENBUN

DAPENBUN didirikan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bernama PT Perkebunan Nusantara III. Yang bergerak pada bidang pengolahan, pengelolaan, dan pemasaran dari hasil perkebunan.

Produk perkebunan yang dikelola berbagai macam. Produk tersebut diantaranya karet, tebu, kelapa sawit, kopi, teh, kakao, beragam sayuran, dan tembakau.

4. Nilai Acuan DAPENBUN Menjalankan Tugasnya

Dalam menjalankan tugasnya dan menjaga amanah banyak peserta, DAPENBUN memiliki nilai-nilai yang dijadikan acuan untuk menjalankan tugasnya. Nilai-nilai tersebut seperti melakukan sinergy yang artinya selalu bekerja sama antar tim dan mengedepankan kepentingan perusahaan.

Integrity artinya berkomitmen tinggi dalam setiap pekerjaan. Accountable yang artinya bekerja dengan secara tepat dan akurat. Agile berarti cepat tanggap dalam segala hal, dan profesional artinya bekerja secara penuh.

Cara Melakukan Pendaftaran DAPENBUN secara Online

Cara mendaftar DAPENBUN online bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Berbekal aplikasi DAPENBUN online, peserta sudah bisa melakukan pendaftaran di rumah. Berikut langkah melakukan pendaftaran DAPENBUN online sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi DAPENBUN online, kemudian install aplikasi tersebut pada situs resminya.
  • Buka aplikasi DAPENBUN, pilih menu “Mulai”, kemudian pilih menu “AKTIF/PENSIUNAN”.
  • Jika sudah memiliki akun, masukan user ID dan PIN, klik “Masuk”. Namun jika belum mempunyai akun DAPENBUN online silahkan klik “Daftar”.
  • Pada menu “Daftar” isilah data diri dengan benar dan lengkap. Kemudian klik “Simpan”.
  • Selanjutnya jika registrasi berhasil, silahkan masukan user ID dan PIN, Lalu klik “Masuk”.
  • Selanjutnya, klik pada ikon “Surat Keterangan Diri (SKD)”.
  • Cek Tahun Pelaporan dan Status Pelaporan. Apabila belum melakukan registrasi secara manual maupun online, maka statusnya “Belum Registrasi”.
  • Cek Data Peserta dan Ahli Waris. Jika Status Pembayaran MP, keterangan “DIBAYARKAN” berarti manfaat pensiun rutin dibayarkan setiap bulannya.
  • Namun jika Status Pembayaran MP “DITANGGUHKAN”, maka manfaat pensiun tidak rutin dibayarkan setiap bulannya.
  • Selanjutnya klik area “Foto Wajah” untuk melakukan foto diri. Posisikan kamera dengan mengambil 80% hingga 90% foto wajah sambil memegang Kartu Identitas Diri (KTP).
  • Masukan foto KTP dengan cara mengklik “Foto KTP”. Posisikan kamera ke seluruh bagian KTP.
  • Setelah berhasil memasukan foto wajah dan foto KTP, maka foto wajah dan foto KTP akan tampil pada form SKD DAPENBUN online.
  • Selanjutnya klik “Kirim” untuk mengakhiri proses.
  • Proses selanjutnya SKD tersebut akan diverifikasi oleh petugas DAPENBUN.
  • Status pelaporan akan berubah jika SKD telah diterima dari “Belum Registrasi” menjadi “Dalam Proses Verifikasi”.
  • Apabila SKD sudah selesai diverifikasi dan diterima oleh petugas DAPENBUN, maka statusnya berubah menjadi “DISETUJUI”, dan manfaat pensiun akan dibayarkan ke rekening masing-masing peserta pensiun.
  • Namun apabila pelaporannya ditolak pihak DAPENBUN, maka status pelaporan SKD online kembali menjadi “BELUM REGISTRASI”, dan foto diri serta KTP kembali kosong.
  • Silahkan tekan menu “KONTAK KAMI”, apabila SKD ditolak petugas DAPENBUN.

Manfaat Adanya DAPENBUN bagi Peserta

Perlu diketahui bahwa manfaat adanya DAPENBUN bagi peserta sangatlah banyak. Mengingat dana pensiun akan sangat membantu dalam segala hal di masa depan khususnya di masa tua. Adapun berikut beberapa manfaat DAPENBUN bagi peserta antara lain:

  • DAPENBUN bagi peserta atau karyawan akan sangat membantu untuk bekal hidup di saat pensiun.
  • DAPENBUN bagi peserta atau karyawan bisa dijadikan modal usaha ketika telah pensiun dari pekerjaannya.
  • Kemudian DAPENBUN dapat dijadikan tabungan untuk berobat, jika sewaktu-waktu sakit parah di masa pensiun dan masuk rumah sakit.
  • DAPENBUN adalah uang cadangan di masa tua yang mencegah terjadinya pelantaran di masa tua. Setidaknya dengan dana pensiun yang dimiliki dapat digunakan untuk biaya hidup sehari-hari.

Manfaat Adanya DAPENBUN Online bagi Peserta Pensiun

Selain mengetahui bagaimana cara mendaftar DAPENBUN online, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari adanya aplikasi DAPENBUN online bagi peserta pensiun. Aplikasi DAPENBUN online sangat membantu peserta untuk dapat mengetahui berbagai informasi lainnya yang ada.

Tidak hanya dijadikan sebagai perluasan media, beragam fitur menarik juga bisa diakses melalui aplikasi DAPENBUN online ini. Berikut ini beberapa manfaat adanya DAPENBUN online bagi peserta pensiun antara lain:

  • Pertama, peserta dapat mengetahui data diri dan ahli warisnya.
  • Peserta dapat melakukan simulasi dan mengestimasi manfaat bagi peserta aktif melalui smartphone.
  • Kemudian peserta dapat mengetahui manfaat, dari adanya DAPENBUN secara langsung.
  • Peserta dapat membuat Surat Keterangan Diri (SKD) secara online melalui smartphone.
  • Jika ada kendala yang dikeluhkan, peserta dapat menghubungi nomor call center dengan mengklik tombol “KONTAK KAMI”.
  • Peserta dapat dengan mudah mendapatkan informasi terbaru dan kegiatan Dana Pensiun Perkebunan.
  • Peserta dapat mengetahui informasi mengenai bank yang melakukan kerjasama secara langsung dengan Dana Pensiun Perkebunan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mendaftar DAPENBUN online beserta informasi lengkap lainnya mengenai DAPENBUN online. Ayo tunggu apalagi, segera download aplikasi DAPENBUN online dengan smartphone melalui aplikasi Play Store dan App Store, dan nikmati kemudahan fitur-fiturnya.

Related Posts

Cara Cek Saldo ATM BTN Lewat HP Android

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Perkenalan Kamu pasti sering mengalami ketika ingin cek saldo ATM, harus datang ke mesin ATM atau ke bank. Namun sekarang, ada…

Cek Saldo Indomaret Card

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Mengetahui Saldo Indomaret Card Secara Mudah dan Cepat Siapa yang tidak kenal dengan Indomaret? Merupakan salah satu jaringan minimarket terbesar yang…

Cara Cek Saldo BTN Lewat SMS Banking

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Mengenal BTN SMS Banking BTN SMS Banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi secara mudah dan cepat melalui…

Cara Cek Saldo Rekening Ponsel CIMB

Artikel diperbarui pada 3 Maret 2024. Memastikan Saldo Rekening Ponsel CIMB Anda Apakah kamu memiliki akun rekening ponsel CIMB dan ingin mengetahui saldo terbaru? Ada beberapa cara…

Cek Saldo BJB – Apa Saja Caranya dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Artikel diperbarui pada 2 Maret 2024. Pengantar Apakah kamu seringkali bertanya-tanya tentang cara mengecek saldo bjb secara mudah dan cepat? Saat ini, dengan kemajuan teknologi, kamu dapat…

Kenapa ATM BRI Tidak Bisa Tarik Tunai dan Cek Saldo?

Artikel diperbarui pada 1 Maret 2024. Pendahuluan Setiap orang pasti pernah menggunakan mesin ATM untuk melakukan transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja. Namun, terkadang mesin…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *