Cara Bayar Pegadaian Lewat ATM BCA dengan Mudah

cara bayar pegadaian lewat atm bca

Di era digital, pembayaran tagihan Pegadaian kini bisa dilakukan melalui berbagai pilihan metode. Salah satunya melalui atm BCA. Cara bayar Pegadaian lewat atm BCA, bisa menjadi pilihan terbaik untuk mempermudah proses pembayaran.

Sebenarnya terdapat beragam metode lain yang bisa dipilih oleh nasabah. Selain pembayaran melalui atm, juga bisa melalui e-wallet, m-banking, dan lain sebagainya. Dengan beragam pilihan tersebut, nasabah bisa lebih mudah menentukan sistem pembayaran yang diinginkan.

Namun meskipun demikian, membayar tagihan melalui atm menjadi cara yang cukup populer dan banyak diminati. Sayangnya, banyak yang belum memahami prosesnya agar transaksi bisa berjalan dengan semestinya. Untuk informasi lengkapnya, simak ulasan berikut.

Apa Itu Pegadaian?

Sebelum membahas mengenai cara bayar Pegadaian lewat atm BCA, tentu semua sudah memahami mengenai perusahaan yang satu ini. Pegadaian sendiri merupakan salah satu produk BUMN yang menawarkan berbagai penawaran layanan keuangan bagi masyarakat.

Karena perkembangannya, saat ini banyak produk yang ditawarkan. Tidak hanya gadai, namun terdapat 2 layanan penting lainnya seperti jasa keuangan, emas, dan pembiayaan. Jasa tersebut, kemudian menjadi alternatif pilihan masyarakat untuk memanfaatkan produk yang ditawarkan.

Bagaimana Cara Membayar Tagihan Melalui ATM BCA?

Cara bayar Pegadaian lewat atm BCA sangat mudah untuk dilakukan. Tidak heran jika metode ini dinilai lebih praktis dan menghemat banyak waktu. Namun nasabah harus mengetahui terlebih dahulu kode virtual account dari Pegadaian. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan datang ke atm BCA terdekat.
  • Kemudian “Masukkan Kartu” pada mesin ATM yang tersedia.
  • Setelah itu, nantinya nasabah akan diminta untuk memasukkan PIN.
  • Silahkan “Masukkan PIN” atm tersebut.
  • Kemudian pilih transaksi “Menu Transaksi Lainnya”.
  • Jika sudah, kemudian pilih “Menu Transfer”.
  • Selanjutnya klik “Menu BCA Virtual Account”.
  • Cara bayar Pegadaian lewat atm BCA selanjutnya yaitu silahkan “Masukkan Kode Perpanjangan dan Nomor Virtual Tagihan Surat Bukti Gadai”.
  • Bisa juga dengan memasukkan “Kode Tebus dan Nomor Billing di Surat Bukti Gadai”.
  • Setelah itu, silahkan “Cek Detail Tagihan”.
  • Jika sudah memastikan benar, silahkan klik tombol “Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran.
  • Maka secara otomatis, saldo di atm terpotong untuk membayar tagihan dari Pegadaian.

Alasan Memilih Sistem Pembayaran Online

Setelah mengetahui cara bayar Pegadaian lewat atm BCA, mungkin banyak yang bertanya mengapa banyak nasabah memilih metode ini. Perlu diketahui bahwa sistem pembayaran online, menjadi hal yang tidak bisa lepas dari perkembangan digital.

Keunggulan dari sistem pembayaran online cukup banyak. Tidak heran, jika sistem ini semakin banyak diminati oleh banyak orang. Berikut beberapa alasan yang perlu diketahui, antara lain:

1. Metode Lebih Variatif

Salah satu keunggulan yang ditawarkan ialah terdapat banyak variasi metode pembayaran online yang tersedia. Hal ini membuat banyak orang memilih sistem pembayaran online. Banyaknya metode yang ada, menjadikan metode ini semakin populer.

2. Menekan Risiko Pencurian

Selain metode yang variatif, cara bayar Pegadaian lewat atm BCA juga mampu memperkecil risiko pencurian dan perampokan. Seperti diketahui bahwa kejahatan ini sering terjadi dan bisa membahayakan korbannya.

Oleh karena itulah, dengan sistem pembayaran online, maka nasabah tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak ketika keluar rumah. Cara ini akan menghindarkan dari resiko tindakan pencurian dan perampokan.

3. Lebih Nyaman

Sistem pembayaran online ini dinilai lebih nyaman untuk diaplikasikan. Ini karena nasabah tidak harus menyiapkan uang cash terlalu banyak, dan tidak harus datang ke kantor secara langsung. Sistem pembayaran ini membuat nasabah merasa lebih nyaman.

4. Hemat Biaya & Tenaga

Cara bayar Pegadaian lewat atm BCA juga mampu menghemat tenaga dan biaya. Ini karena nasabah tidak perlu datang ke kantor secara langsung, untuk melakukan pembayaran terhadap tagihan. Pembayaran secara online memberikan kemudahan tersendiri bagi nasabah.

Nasabah bisa melakukan pembayaran secara mudah dan fleksibel tentunya. Nasabah yang menggunakan pembayaran dengan sistem atm, maka hanya perlu mencari atm terdekat dari rumah sehingga lebih hemat biaya dan tenaga tentunya.

5. Mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal paling utama dari sistem pembayaran online ialah kemudahan yang ditawarkan. Kemudahan tersebut, menjadikan nasabah memilih metode pembayaran ini untuk berbagai keperluan.

6. Banyak Digunakan

Seperti diketahui, sistem pembayaran online menjadi jenis pembayaran yang paling populer dan terbanyak digunakan oleh nasabah di zaman modern. Banyak marketplace dan toko online yang menerapkan sistem ini untuk proses pembayaran.

Transaksi menggunakan uang cash jarang dilakukan dalam pembelian dan penjualan barang di internet. Hal tersebut, karena transaksi dengan uang cash dinilai lebih ribet dan memiliki risiko pencurian lebih besar.

7. Tidak Perlu Mengantri

Salah satu kendala yang sering terjadi ketika melakukan pembelian barang suatu toko fisik misalnya, adalah terjadinya antrian. Hal tersebut, karena proses pembelian dan pembayaran yang dilakukan yaitu secara tunai.

Namun berbeda halnya jika menggunakan layanan pembayaran online. Nasabah tidak akan mengalami antrian panjang untuk membayar kebutuhan masing-masing. Ini tentu akan membuat proses pembayaran lebih praktis dan efisien.

8. Aman

Cara bayar Pegadaian lewat atm BCA dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan pembayaran konvensional. Ini karena pembayaran dilakukan dengan uang digital melalui ponsel maupun kartu debit, sehingga menghindarkan diri dari risiko perampokan.

Metode Pembayaran Online Tagihan Pegadaian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain melalui atm BCA, terdapat beragam pilihan metode bayar secara online. Berikut beberapa diantaranya:

1. Pegadaian Digital

Bagi nasabah akan dimudahkan dengan membayar tagihan melalui aplikasi dari Pegadaian itu sendiri. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengunduhnya secara gratis di perangkat ponsel terlebih dahulu.

2. Melalui Tokopedia

Tidak hanya berguna untuk belanja, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan termasuk Pegadaian. Untuk melakukan pembayaran dengan aplikasi ini, maka nasabah bisa melakukan top up terlebih dahulu.

3. Melalui BCA Mobile

Selain melalui atm, nasabah juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membayar tagihan. Aplikasi ini bisa dijadikan sarana untuk membayar tagihan dengan lebih praktis dan efisien tentunya.

4. Melalui BRI Mobile

Sama halnya dengan BCA, BRI juga hadir dengan fitur yang serupa. Dengan adanya aplikasi ini maka nasabah bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membayar tagihan secara online. Namun sebelum melakukan pembayaran, pastikan bahwa saldo cukup.

5. Melalui Livin’ by Mandiri

Selain 2 mobile banking di atas, nasabah juga bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai sarana untuk membayar tagihan di Pegadaian. Caranya juga cukup mudah, nasabah hanya perlu mengikuti semua instruksi yang diminta oleh pihak aplikasi.

Itulah ulasan mengenai cara bayar Pegadaian lewat atm BCA dan keunggulan menggunakan sistem pembayaran secara online. Selain menghemat waktu, sistem pembayaran online juga lebih mudah dilakukan dan meminimalisir risiko pencurian dan perampokan.

Related Posts

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan, Simak Dibawah!

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan tidak sesulit yang orang-orang bayangkan. Justru sebaliknya cara-cara sederhana malah menjadi cara yang ampuh untuk lebih hemat dalam membelanjakan uang jajan. …

cara transfer bni ke bca

5 Cara Transfer BNI ke BCA dengan Praktis dan Mudah

Proses transfer antar bank memang bisa dilakukan dengan mudah. Misal ingin melakukan transfer dari BNI ke BCA, maka sudah ada cara tertentu. Cara transfer BNI ke BCA,…

cara transfer dari shopeepay ke bca

Cara Transfer dari ShopeePay ke BCA, Dijamin Makin Mudah 

Sekarang ini transfer uang bisa dilakukan dengan semakin mudah dan cepat. Bahkan, ada cara transfer dari ShopeePay ke BCA. Walaupun ShopeePay adalah e-Wallet dan BCA adalah bank….

biaya transfer bsi ke bca

Ketahui Biaya Transfer BSI Ke BCA dari Berbagai Platform 

Sebagaimana bank lainnya, pastinya akan dikenakan biaya transfer jika transaksinya dari dua bank yang berbeda. Termasuk, biaya transfer BSI ke BCA yang akan dikenakan pada nasabah BSI…

cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta Paling Efektif

Artikel diperbarui pada 29 Desember 2022. Anggapan harus memiliki gaji besar untuk bisa membeli rumah ternyata salah. Hal ini dikarenakan ada cara menabung untuk beli rumah dengan…

Cara Bayar FIF Lewat Brimo

Cara Bayar FIF Lewat Brimo Terlengkap

Kecanggihan teknologi memungkinkan semua orang yang memiliki angsuran FIF lebih mudah membayar. Kreditur bisa memanfaatkan aplikasi Brimo untuk menyelesaikannya. Cara bayar FIF lewat Brimo juga tergolong mudah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.