Syarat Pinjaman Mesra Bank BJB dan Cara Mengajukannya

Syarat pinjaman mesra bank BJB - Banyak masyarakat yang masih khawatir ketika ingin meminjam uang ke bank, yaitu terkait agunan atau jaminan. Akibatnya, banyak warga dari kalangan prasejahtera yang tidak memiliki jaminan, lebih memilih untuk meminjam ung ke renternir atau bank emok.

Saat ini, bagi Anda yang tidak memiliki barang jaminan untuk meminjam uang ke bank, kini sudah tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, bank BJB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah memiliki program pinjaman yang memformulasikan warga belum bankable, sehingga mereka bisa meminjam dana dengan mudah.

Program pinjaman dana yang diselenggarakan oleh bank BJB dan Pemprov Jabar ini diberi nama Pinjaman Mesra Bank BJB.

Pinjaman ini merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan oleh bank BJB kepada pelaku usaha mikro perorangan yang belum bankable. Maksudnya, pelaku usaha yang belum memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman ke bank, tetapi memiliki kesempatan untuk mendapatkan pinjaman dari bank BJB.

Adapun kriteria warga yang belum bankable, tetapi berkesempatan untuk menjadi debitur pinjaman BJB Mesra tanpa agunan, yaitu tidak memiliki izin usaha maupun tidak memiliki pembukuan bisnis.

Tentunya, semua kriteria itu bisa diabaikan saat Anda ingin mengajukan pinjaman BJB Mesra, selama syarat lainnya masih bisa terpenuhi.

Menariknya, platform pinjaman dari BJB Mesra yang ditawarkan cukup besar, yaitu maksimal hingga Rp5 juta. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan bunga 0%, tanpa agunan serta bebas biaya provisi.

Tetapi, untuk bisa mengakses pembiayaan ini, Anda harus terdaftar sebagai anggota komunitas dari rumah ibadah. Misalnya, seorang jamaah maupun masyarakat yang ada di sekitar rumah ibadah, seperti masjid, gereja yang sudah menjalankan usaha mikro, tetapi belum bankable.

Skema pinjaman mesra bank BJB pun akan memberikan keleluasan bagi Anda untuk memanfaatkan dana. Misal, untuk keperluan modal usaha dan investasi, seperti membangun kos-kosan, membeli ternak, warung dan lainnya.

Bahkan, jangka waktu pinjaman yang diberlakukan pun cukup panjang, yaitu antara 6-12 bulan. Dengan begitu, para debitur akan mendapatkan waktu lebih ringan supaya cicilan yang dibebankan menjadi ringan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi seputar pinjaman mesra bank BJB, maka bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Pinjaman Mesra Bank BJB

BJB Mesra merupakan salah satu fasilitas pinjaman yang telah diberikan oleh bank BJB kepada para pelaku usaha mikro perorangan yang belum bankable. Layanan pinjaman ini memiliki plafon maksimal Rp5 juta, bunga 0%, tanpa agunan serta bebas biaya provisi.

Sasaran layanan pinjaman Mesra bank BJB ini adalah para jamaah dan masyarakat yang ada di sekitar rumah ibadah. Dimana mereka sudah memiliki usaha mikro atau yang akan menjalankan usaha, tetapi tidak memiliki agunan atau belum bankable, terutama masyarakat prasejahtera.

Sementara untuk tujuan kreditnya adalah digunakan untuk modal kerja maupun investasi.

Banyak masyarakat yang memberikan ulasan positif terkait pinjaman mesra bank BJB. Pasalnya, jangka waktu pinjaman cukup panjang, yaitu hingga 12 bulan. Sehingga, cicilannya pun jauh lebih ringan, tanpa perlu membayarkan bunga besar.

Dengan begitu, banyak masyarakat yang terbantu dengan program pinjaman Mesra bank BJB tersebut.

Syarat Pinjaman Mesra Bank BJB

Bagi Anda yang ingin mengetahui syarat pinjaman Mesra bank BJB, maka bisa simak beberapa persyaratannya berikut ini.

1. KTP dan KK (Kartu Keluarga)

Syarat pinjaman Mesra bank BJB pertama adalah Anda harus menyediakan KTP serta KK atau Kartu Keluarga. Anda bisa mengumpulkan syarat ini dalam bentuk fotocopy, namun bawa juga KK serta KTP aslinya untuk berjaga-jaga.

Tujuan dari adanya syarat ini adalah untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar penduduk yang berada bertempat tinggal di sekitar tempat ibadah.

2. Surat Nikah

Syarat ini hanya berlaku untuk Anda yang sudah menikah dan memiliki keluarga. Surat nikah ini bisa berupa fotokopi sebagai bukti bahwa Anda sudah menikah.

Lantas, apakah seseorang yang belum menikah bisa mengajukan pinjaman Mesra bank BJB ini?

Jawabannya adalah bisa. Namun, pastikan bahwa Anda sudah berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki usaha mikro kecil atau ingin membuka usaha mikro kecil tersebut.

Kesimpulannya, seseorang yang belum menikah boleh tidak menyertakan surat nikah. Melainkan wajib membawa KTP, kartu keluarga beserta persyaratan yang diberlakukan lainnya.

Jadi, syarat melampirkan surat nikah ini hanya opsional bagi Anda yang akan mengajukan pinjaman, namun sudah menikah.

3. Surat Rekomendasi dari Pengurus Tempat Ibadah

Syarat pinjaman Mesra bank BJB berikutnya Anda harus membawa surat rekomendasi dari pengurus tempat ibadah setempat, seperti pengurus mesjid, gereja, dan lainnya.

Anda bisa meminta surat rekomendasi untuk pengajuan pinjaman ini kepada pengurus tempat ibadah. Katakan saja alasan pembuatan surat rekomendasi ini, sehingga makin dipermudah dan bisa mendapatkan surat dengan cepat.

Selain itu, surat rekomendasi ini harus berdasarkan izin dari RT setempat. Tujuannya supaya bank BJB tahu bahwa Anda memang direkomendasikan untuk mendapatkan pinjaman mesra bank BJB tersebut.

Tanpa adanya surat rekomendasi, takutnya ada nasabah yang memanipulasi dokumen persyaratan, seolah mereka memang berhak untuk mendapatkan pinjaman ini. Padahal, aslinya mereka adalah masyarakat menengah yang memiliki jaminan atau agunan untuk meminjam uang di bank dengan ketentuan pada umumnya.

4. Bersedia Mengikuti Pelatihan dari Bank BJB

Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman mesra bank BJB, maka Anda harus siap melakukan persyaratan ini. Pelatihan yang diadakan dari bank BJB ini, salah satunya adalah pelatihan UMKM untuk para nasabah yang mengajukan pinjaman mesra dan sudah diterima.

Pelatihan ini tentu saja akan bermanfaat dan menambah skill jualan Anda nantinya. Bahkan, Anda dapat mengetahui cara-cara berjualan yang baik, produk apa yang sedang viral dan trend saat ini, serta masih banyak lagi.

Pelatihan dari bank BJB untuk para nasabah peminjam dana mesra BJB akan mendapatkan banyak pengalaman yang berguna untuk ke depannya.

5. Membuka Tabungan di Bank BJB

Syarat pinjaman mesra bank BJB selanjutnya Anda harus sudah membuka tabungan di bank BJB sendiri. Apabila Anda belum melakukannya, maka bisa segera melakukan dahulu karena proses ini tidak akan memakan waktu lama.

Ketika sudah berhasil membuat buku tabungan bank BJB, nantinya buku tabungan ini akan digunakan untuk menyimpan uang hasil pinjaman mesra tersebut.

6. Buat Kelompok Max 10 Orang

Syarat terakhir yang harus dilakukan oleh para nasabah untuk mengajukan pinjaman mesra bank BJB ini adalah membuat kelompok 5-10 orang. Syarat ini memang harus Anda lakukan, dan tidak boleh untuk diabaikan begitu saja.

Kalau diabaikan, maka kesempatan untuk meraih dana pinjaman buat usaha mikro kecil pun tidak bisa Anda dapatkan.

Cara Mengajukan Pinjaman Mesra Bank BJB

Bagi Anda yang sudah memahami syarat pinjaman mesra bank BJB, maka kini bisa langsung mengajukan pinjaman dengan langkah-langkah berikut.

1. Pastikan Semua Syarat Sudah Lengkap

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan pinjaman mesra bank BJB adalah memeriksa semua syarat yang diberlakukan. Periksa apakah KTP, Kartu Keluarga, surat rekomendasi dan syarat lain sudah ada atau belum.

Apabila sudah lengkap semua, Anda bisa memasukkan seluruh persyaratan ke dalam satu map. Tujuannya supaya semua persyaratan itu tidak berceceran, terpisah dan sulit untuk ditemukannya lagi.

2. Datang ke Kantor Bank BJB Terdekat

Jika persyaratan sudah lengkap semua, Anda bisa segera datang ke lokasi kantor cabang bank BJB terdekat. Saat masuk ke ruangan bank, Anda bisa mengambil nomor antrian untuk CS. Tunggu beberapa saat sampai nomor antrian Anda dipanggil oleh CS.

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengajukan pinjaman mesra bank BJB dan bertanya terkait pinjaman itu terlebih dahulu. Tenang saja, pihak CS pasti akan memberikan jawaban dengan senang hati dan menjelaskannya dengan baik kepada Anda. Sehingga, Anda akan mudah mengerti dan tidak bingung lagi perihal pinjaman ini.

3. Mengisi Formulir dan Menyerahkan Semua Persyaratan

Setelah Anda mengerti terkait pinjaman mesra bank BJB, pihak CS akan meminta Anda untuk mengisi formulir pengajuan. Pastikan Anda mengisinya dari awal sampai akhir, sesuai dengan intruksi yang CS berikan.

Apabila ada kolom formulir yang tidak dimengerti, Anda bisa bertanya kepada CS tersebut. Jangan malu untuk bertanya, karena jika Anda tidak bertanya, maka akan terjadi kesalahan fatal yang membuat proses pengajuan menjadi terhambat.

Jadi, kalau Anda ada yang tidak dimengerti, lebih baik bertanya supaya bisa mendapatkan jawaban yang tepat dari CS yang sedang melakukan proses pengajuan pinjaman Anda.

Jika sudah selesai, pihak customer service akan meminta Anda untuk menyerahkan semua persyaratan yang dibawa.

4. Verifikasi Dokumen dan Analisis Kelayakan

Setelah formulir dan syarat yang Anda bawa diserahkan kepada customer service. Selanjutnya, pihak CS akan melakukan verifikasi dokumen serta analisis kelayakan terlebih dahulu.

Proses ini akan memakan waktu sedikit lebih lama, sehingga Anda harus sabar untuk menunggunya. Apabila semua dokumen dan Anda layak untuk mendapatkan pinjaman, maka proses selanjutnya akan dilakukan akad serta pencairan dana.

Proses pencairan dana akan dilakukan oleh pihak teller langsung ke rekening BJB Anda. Itu sebabnya, Anda diwajibkan untuk memiliki tabungan bank BJB supaya proses pencairan dana pinjaman dapat berlangsung dengan cepat.

Jika Anda tidak memiliki rekening BJB untuk proses pencairan dana, maka proses pengajuan pinjaman pun akan menjadi lebih lama.

5. Akad serta Pencairan Dana

Proses terakhir yang akan Anda lakukan dalam pengajuan pinjaman mesra bank BJB ini adalah akad dan pencairan dana.

Dalam proses akad, Anda akan diberitahukan jumlah pinjaman yang diberikan, besaran cicilan, biaya administrasi di awal, serta jangka waktu untuk membayarnya. Pastikan Anda menyimak dengan baik, supaya tidak ada hal yang membingungkan Anda nantinya.

Untuk masalah pencairan dana, prosesnya tidak akan memakan waktu banyak. Dana akan langsung masuk ke tabungan bank BJB dan bisa Anda gunakan pada hari itu juga. Dana tersebut bisa Anda gunakan untuk memulai usaha mikro kecil, pembelian hewan, dan masih banyak lagi.

Informasi Mengenai Biaya Administrasi, Bunga, Plafon dan Tenor Pinjaman Mesra Bank BJB

Berikut ini merupakan informasi terkait biaya administrasi,bunga, plafon, serta tenor pinjaman Mesra bank BJB, yaitu:

1. Biaya Administrasi

Pinjaman mesra bank BJB memiliki biaya administrasi yang wajib dibayarkan oleh para nasabah yang menggunakan layanannya. Jumlah biaya admin yang dikenakan tergantung tenor pinjaman yang Anda pilih.

Untuk jangka waktu atau tenor pinjaman 6 bulan, biaya administrasi yang dikenakan adalah sebesar 8%.

Sementara untuk tenor pinjaman atau jangka waktu 12 bulan, maka biaya administrasi yang harus Anda bayarkan adalah sejumlah 9,5%.

Jumlah biaya administrasi ini tidak terlalu membebankan karena jumlahnya yang kecil dan hanya dibayarkan satu kali saat pengajuan saja.

2. Suku Bunga

Suku bunga yang ada pada layanan pinjaman mesra bank BJB adalah senilai 0 persen. Dengan kata lain, pinjaman ini tidak memiliki bunga alias terbebas dari bunga. Oleh sebab itu, banyak orang yang tertarik untuk mengajukan pinjaman mesra di bank BJB.

Tanpa adanya bunga, cicilan yang Anda lakukan pun jauh lebih ringan, ketimbang Anda meminjam uang ke bank emok atau lainnya.

Anda juga akan terhindar dari masalah riba yang dalam agama Islam memang sangat dilarang dan seluruh umatnya harus menghindari hal tersebut.

Dengan melakukan pinjaman mesra bank BJB, Anda tidak perlu takut riba dan tetap bisa menjalankan bisnis mikro kecil menjadi lebih baik lagi.

3. Plafon Kredit

Jumlah plafon kredit dalam pinjaman mesra bank BJB ini mulai dari Rp500.000 sampai Rp5.000.000.

Anda bebas memilih jumlah plafon kredit, namun tetap disesuaikan dengan kemampuan Anda bisa membayar setiap bulannya. Dalam hal ini, pihak bank akan melihat penghasilan Anda setiap bulan, lalu memberikan jumlah pinjaman sesuai analisis kelayakan yang mereka lakukan.

Dengan begitu, Anda bisa membayar cicilan setiap bulan dengan lancar, tanpa ada hambatan sekalipun. Kalau cicilan Anda lancar dan lunas tepat waktu, Anda bisa mengajukan pinjaman lagi seperti sebelumnya.

Menariknya, jika sudah melakukan pinjaman mesra bank BJB sebelumnya, maka proses pengajuan berikutnya akan lebih lancar, terutama jika skor kredit Anda terbilang bagus dan tanpa ada masalah.

4. Tenor Pinjaman

Tenor pinjaman mesra bank BJB bisa Anda pilih, mulai dari 6 bulan sampai 12 bulan. Hal ini tergantung kesanggupan Anda masing-masing, supaya dapat membayar kredit dengan tepat waktu.

Dengan tenor pinjaman yang panjang, maka cicilan tiap bulan pun tergolong lebih ringan, lho.

Anda tidak perlu khawatir karena sudah pasti semua cicilan dapat terbayar dengan tepat waktu. Setelah dana cair, yang harus Anda lakukan adalah menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, untuk membangun usaha mikro kecil menjadi lebih berkembang, supaya dapat membayar cicilan pinjaman setiap bulannya.

5. Agunan atau Jaminan

Pinjaman mesra bank BJB tidak memberlakukan agunan maupun jaminan pada bagian persyaratannya. Selama Anda bisa menyediakan semua syarat yang ditentukan, maka Anda berhak untuk menerima dana pinjaman tersebut.

Pasalnya, tujuan dari adanya pinjaman mesra bank BJB adalah untuk membantu masyarakat prasejahtera yang akan membangun bisnis mikro kecil atau ingin berinvestasi.

Sebab, mereka tidak mampu untuk meminjam pinjaman ke bank yang memberikan syarat harus ada agunan atau jaminan.

Dengan hadirnya pinjaman mesra bank BJB, maka semua orang yang awalnya tidak bisa melakukan pinjaman karena terkendala agunan, kini sudah bisa melakukannya melalui layanan ini.

Bagaimana, sebuah layanan yang bagus, bukan?

Keunggulan Pinjaman Mesra Bank BJB

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pinjaman mesra bank BJB, yaitu:

1. Bebas Bunga

Pinjaman mesra bank BJB bisa Anda pilih karena tidak ada suku bunga yang diberikan adalah 0 persen. Artinya, Anda tidak perlu membayar bunga karena pinjaman ini tidak memiliki bunga, seperti pinjaman yang lainnya.

Tanpa adanya bunga, Anda akan terbebas dari riba dan bisa menggunakan pinjaman ini sebagai biaya untuk meningkatkan usaha mikro kecil yang sudah Anda miliki. Dikarenakan pinjamannya memiliki nilai berkah, maka usaha atau bisnis Anda pun bisa berkembang dengan baik.

2. Tidak Ada Agunan

Dalam pinjaman mesra bank BJB, Anda tidak perlu menyiapkan agunan atau jaminan ketika hendak pengajuan. Sebab, layanan ini memang tidak memberikan syarat agunan dalam proses pinjaman.

Anda hanya perlu melakukan semua persyaratan yang sudah disediakan, lalu mengumpulkannya. Apabila semua persyaratan sesuail, maka Anda layak untuk menerima pinjaman tersebut.

Tanpa adanya agunan yang diberlakukan, maka proses pinjaman menjadi semakin lancar dan mudah. Bahkan, ketika Anda sudah melunasi pinjaman mesra ini, Anda bisa mengajukannya lagi.

Tentunya, syarat pengajuan pinjaman mesra bank BJB ini masih sama dan tidak ada perubahan lain. Apabila skor kredit Anda baik, maka proses peminjaman bisa jadi jauh lebih cepat.

3. Cicilan Ringan

Cicilan pinjaman mesra bank BJB sangat ringan dan tidak memberatkan nasabahnya. Bayangkan saja, pinjaman sebesar Rp5 juta, bisa Anda bayat hingga 12 bulan tanpa adanya bunga.

Sehingga, Anda bisa membayar cicilan secara tepat waktu, dan terhindar dari masalah denda keterlambatan.

Cicilan ringan pun akan membuat Anda dapat menyimpan sebagian keuntungan usaha untuk kebutuhan masa depan.

Jadi, tak heran kalau banyak masyarakat yang sudah melakukan layanan ini merasa sangat berterima kasih. Sebab, mereka sudah merasakan sendiri manfaat yang diberikannya dan merasa terbantu oleh pinjaman tanpa agunan tersebut.

Jadi, tak heran kalau banyak para pelaku usaha kecil maupun masyarakat prasejahtera yang ingin mengajukan pinjaman.

4. Jangka Waktu Pembayaran Panjang

Tenor atau jangka waktu pembayaran pinjaman mesra bank BJB ini memang cukup panjang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa tenor waktu yang Anda miliki adalah minimal 6 bulan dan maksimal 12 bulan.

Anda dapat menyesuaikan jangka waktu pinjaman sesuai dengan jumlah dana yang Anda pinjam. Jika Anda tidak melakukan hal ini, maka Anda akan kesulitan saat harus membayar cicilan setiap bulannya.

Jadi, usahakan untuk meminjam dana pinjaman mesra bank BJB sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan sampai karena tidak adanya bunga, Anda malah meminjam dana lebih dari jumlah yang dibutuhkan. Kalau hal itu terjadi, Anda akan kesulitan dalam mengembalikan dananya lagi.

5. Proses Pengajuan Pinjaman Cepat dan Mudah

Perlu Anda ketahui bahwa layanan pinjaman mesra bank BJB memiliki proses pengajuan yang cepat dan mudah.

Anda hanya perlu membawa semua persyaratan, mengisi formulir, lalu akad, dan menerima dana yang sudah dicairkan ke tabungan bank BJB.

Setelah itu, dana bisa segera Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis. Pastikan uang pinjaman itu cukup untuk memajukan bisnis kecil Anda menjadi lebih baik, ya.

Itulah informasi seputar syarat pinjaman mesra bank BJB beserta cara pengajuannya secara lengkap. Jika Anda termasuk ke dalam orang yang memiliki usaha mikro kecil dan membutuhkan bantuan dana untuk bisa membuat usaha tetap bertahan, maka pinjaman ini bisa menjadi solusi terbaik. Bagaimana, tertarik untuk mencoba sekarang?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url