Ini Dia Cara Cek Rekening BRI Masih Aktif Atau Tidak Termudah!

Cek rekening BRI masih aktif atau tidak - Sudah tahu belum ada cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak termudah? Nasabah bank BRI yang memiliki rekening apabila sudah lama tak melakukan transaksi maka kemungkinan besar akan dinonaktifkan. Namun, sebagian besar orang merasa kurang yakin apakah rekeningnya sudah berstatus non aktif atau belum.

Jika Anda pun demikian, jangan khawatir karena status rekening BRI yang dimiliki dapat dicek dengan mudah. Sebagai informasi saja, setiap pembukaan akun atau rekening pasti memiliki batas aktif.

Contohnya seperti kartu ATM atau rekening jenis Britama, yang memiliki ketentuan akan berubah status menjadi pasif setelah mencapai 540 + 1 hari. Lewat dari itu, akan ditutup oleh sistem secara otomatis. Kondisi semacam ini juga bisa dibilang masa aktif ATM BRI tanpa saldo.

Bagi Anda yang merasa nasabah bank BRI, dan punya rekening yang sudah lama tidak dipergunakan bisa mulai di cek sekarang. Mungkin masih bisa diaktifkan kembali jika memang memungkinkan. Berikut penjelasan selengkapnya untuk bisa dipergunakan sebagai referensi.

Tentang Bank BRI

Sebelum mengetahui cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak, ada informasi lain yang mungkin dapat dipergunakan sebagai sumber pengetahuan. Bicara soal bank BRI mungkin sudah sangat populer sekali di kalangan masyarakat. BRI atau Bank Rakyat Indonesia sendiri merupakan salah satu bank milik Pemerintah Indonesia.

Awalnya dulu BRI didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Lebih tepatnya pada tanggal 16 Desember 1895. Pada mulanya bank ini dipergunakan sebagai Lembaga keuangan yang melayani pribumi. Seiring berjalannya waktu, hingga sekarang bank BRI tetap konsisten melayani kalangan masyarakat kecil.

Bank BRI tidak langsung berjaya seperti sekarang yaitu menjadi nomor satu di Indonesia. BRI harus mengalami sejarah panjang. Hasilnya kini bisa dilihat sendiri, bank BRI terbukti memiliki nasabah yang mencapai jutaan orang.

Kepopuleran bank BRI tidak lepas dari bagusnya pelayanan dan banyaknya variasi produk yang ditawarkan. Ada beberapa produk dan layanan bank BRI yang bisa Anda coba seperti diantaranya adalah:

  • Tabungan mulai dari Simpedes, Simpedes TKI, BritAma, BRI Simple, Tabunganku, BRU Junio, BritAma X, dan lain-lain
  • Asuransi BRI yaitu BRI Life Jiwa, BRI Life Kesehatan, serta BRINS
  • Pinjaman diantaranya seperti KPR BRI, KPR BRI Syariah, BRIGUNA, Pinjaman Program, Kredit Waralaba, serta Retail menengah
  • Investasi BRI yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), reksa dana, Surat Berharga Negara, Retail, hingga obligasi

Rekening BRI Bisa Hangus atau Berstatus Non Aktif

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah benar rekening BRI bisa mati berstatus non aktif, atau hangus? Secara umum, bila tak melakukan transaksi selama kurang lebih 6 bulan, maka pihak bank BRI sendiri akan otomatis membekukan akun milik Anda. Apalagi jika di dalam rekening tersebut sama sekali tidak terdapat saldo.

Sebagai informasi saja, jika ada 2 jenis status rekening BRI apabila posisinya sudah lama tidak digunakan. Pertama adalah berstatus non aktif dan kedua adalah pasif. Keduanya punya perbedaan sendiri dan sepertinya perlu Anda perhatikan.

Untuk rekening BRI berstatus pasif atau dormant yaitu rekening yang posisinya sudah lama tidak dipergunakan, namun masih memiliki cukup saldo. Saldo tersebut bahkan cukup untuk potongan biaya bulanan secara otomatis seperti biaya administrasi.

Beda lagi kalau rekening BRI berstatus non aktif. Ini berarti rekening Anda sudah lama tidak dipakai sekaligus tak memiliki saldo yang cukup untuk potongan biaya administrasi bulanan. Jika sudah begini, mau tidak mau pihak bank BRI harus menonaktifkan rekening tersebut. Pasalnya sudah melebihi batas aktif ketentuan bank BRI.

Contohnya Anda adalah nasabah BRI pemegang rekening BRITAMA. Status rekening Anda akan menjadi pasif jika sudah selama 541 hari tidak pernah digunakan. Untuk hari ke 542 nanti bank BRI akan otomatis menonaktifkan rekening BRITAMA Anda tersebut.

Masa Aktif Rekening BRI

Jika memang tidak mau membuat rekening Anda diblokir oleh pihak BRI, ada baiknya lakukan langkah antisipasi. Caranya adalah dengan mengetahui masa aktif rekening BRI. Perlu Anda ketahui jika masing-masing kartu ATM dan rekening BRI punya masa aktif sendiri-sendiri, berikut penjelasan selengkapnya:

1. BRI Junio

Apakah Anda pemegang rekening BRI Junio? Pada rekening ini apabila sudah selama 540 hari berturut-turut tak ada transaksi, serta saldo Anda di bawah 50 ribu rupiah (saldo minimum), maka tepat pada hari ke 541 statusnya berubah jadi domant. Berikutnya di hari ke 542 otomatis akan dinonaktifkan oleh pihak BRI.

2. BRITAMA

Mirip seperti BRI Junio, BRITAMA juga memiliki ketentuan harus ada dana yang mengendap sebesar minimal 50 ribu rupiah. Status rekening BRITAMA akan berubah jadi dormant jika selama 541 hari berturut-turut tidak terjadi transaksi sama sekali. Tepat pada hari ke 542 statusnya akan berubah kembali jadi non aktif.

3. BRI Simpedes

Punya ketentuan saldo mengendap di rekening minimal 50 ribu rupiah, sama dengan 2 rekening BRI sebelumnya, Hanya saja khusus untuk BRI Simpedes ini memiliki ketentuan sendiri dalam hal batas masa aktif.

Apabila Anda sebagai pemegang rekening BRI Simpedes dan selama 365 hari berturut-turut tak menggunakan rekeningnya untuk bertransaksi, maka akan diubah statusnya jadi dormant. Berikutnya pada hari ke 366 otomatis rekening BRI Simpedes Anda akan ditutup oleh pihak bank.

4. BritAma Bisnis

Berikutnya ada jenis rekening BRI lainnya yaitu BritAma Bisnis. Untuk rekening satu ini harus ada saldo yang mengendap minimal 50 ribu rupiah. Selain itu, diberikan denda sebesar 50 ribu per bulan jika sampai saldo yang tersisa tidak mencapai ketentuan minimum.

Rekening BritAma Bisnis Anda akan berubah status jadi dormant apabila saldo berada di bawah batas minimum. Sekaligus tidak ada transaksi yang dilakukan selama 540 hari berturut-turut. Lalu pada hari ke 540 + 1 status menjadi rekening pasif. Kesempatan terakhir yaitu hari ke 541+1 rekening BritAma Bisnis Anda akan langsung ditutup oleh sistem.

Untuk lebih memahami soal masa aktif kartu ATM atau rekening BRI jika saldo kosong, Anda dapat datang langsung ke cabang Bank BRI terdekat. Bila tidak sempat, bisa juga via line telepon yaitu ke 14017 / 1500017. Selain itu, nasabah juga dapat bertanya by email BRI call di bri@bri.co.id

5 Cara Cek Rekening BRI Masih Aktif Atau Tidak Termudah

Kini tiba saatnya penjelasan tentang cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak. Sebetulnya Anda bisa mengecek status rekening BRI apakah masih aktif atau tidak itu dengan mudah sekali. Ada yang dengan cara online maupun offline. Anda bisa pilih sesuai preferensi dan kenyamanan masing-masing. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Cek Rekening BRI Masih Aktif atau Tidak Via ATM

Apakah Anda kebetulan sedang berada di tempat yang dekat dengan mesin ATM BRI? Kalau begitu, Anda bisa gunakan salah satu cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak yang satu ini. Langkah-langkahnya lumayan mudah kok, perhatikan penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Siapkan Kartu ATM BRI

Langkah pertama tentu saja Anda harus menyiapkan lebih dahulu kartu ATM BRI. Jadi pastikan kartu ATM ini ada dulu. Pasalnya, jika rekening sudah lama tidak dipergunakan besar kemungkinan kartu ATM juga hilang.

2. Kunjungi Kartu ATM Terdekat

Setelah yakin kartu ATM Rekening yang dimaksud ada, silahkan langsung pergi ke mesin ATM terdekat. Pilih yang sekiranya tidak sedang dalam antrian. Untuk menghemat waktu dan lebih cepat.

3. Masukkan PIN

Begitu sampai mesin ATM, masukkan kartunya ke tempat tersedia. Tunggu loading hingga menampilkan halaman untuk Anda memasukkan PIN. Ingat-ingat dulu kode PIN Anda sebelumnya supaya tidak salah. Kode PIN ATM bank BRI ada 6 digit angka.

4. Coba Lakukan Salah Satu Transaksi

Apabila Anda sudah berhasil masuk dengan menggunakan PIN, coba lakukan salah satu transaksi. Paling mudah adalah pengecekan saldo. Jadi silahkan lakukan pengecekan saldo seperti biasa.

5. Tunggu Hingga Proses Selesai

Anda pasti sudah tahu cara mengecek saldo via ATM BRI bukan? Anggap saja sudah dilakukan seperti biasanya. Jadi untuk langkah berikutnya Anda hanya perlu menunggu prosesnya hingga selesai.

6. Lihat Apakah Transaksi Ditolak atau Justru Masih Bisa Berjalan

Setelah itu, Anda hanya perlu melihat apakah transaksi pengecekan saldo yang dilakukan tadi ditolak atau tidak. Jika ternyata proses ditolak atau gagal artinya rekening BRI milik Anda memang sudah tak aktif. Sebaliknya apabila masih bisa berjalan sukses, kemungkinan besar rekening Anda masih berstatus aktif.

7. Pilih Opsi Selesai

Terakhir tinggal mengeluarkan kartu ATM dari mesin. Caranya adalah silahkan pilih opsi “selesai”. Setelah itu tunggu hingga kartu ATM keluar secara otomatis.

Cara Cek Rekening BRI Masih Aktif Atau Tidak Via Call Center

Apabila Anda merasa tidak ada waktu mencari mesin ATM terdekat tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menggunakan salah satu cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak yang lain. Seperti memeriksanya melalui call center BRI. Saat menggunakan cara ini pastikan saja Anda memiliki pulsa yang cukup sehingga prosesnya bisa lancar. Berikut langkah-langkahnya.

1. Siapkan Telepon

Pertama-tama tentu saja Anda harus menyiapkan perangkat telepon. Ini adalah alat paling penting jadi harus disediakan. Anda bisa menggunakan HP atau telepon rumah karena keduanya sama-sama berjalan dengan baik. Kalau pakai HP ingat, pastikan pulsa sudah benar-benar mencukupi untuk menghindari sambungan terputus tiba-tiba.

2. Putar Nomor CS BRI

Pulsa sudah mencukupi, atau Anda sudah menyiapkan telepon rumah, saatnya memutar nomor CS BRI. Anda harus tahu nomor CS BRI official jadi tidak boleh salah. Nomor line telepon CS BRI adalah 14017 atau 1500017.

3. Ikuti Petunjuk Selanjutnya

Begitu Anda memutar nomor kontak CS BRI dengan benar, maka pasti akan langsung tersambung. Tunggu saja sampai pihak bank BRI meresponnya. Anda akan mendengar banyak instruksi pelayanan yang disediakan oleh BRI call service.

4. Pilih “Info Rekening”

Jika nanti Anda mendengar ada opsi “info rekening”, silahkan lakukan sesuai petunjuk tersebut. Biasanya, Anda juga akan diarahkan untuk memilih menu “info status rekening”

5. Sampaikan Kebutuhan

Begitu Anda memilih opsi “info status rekening” nanti akan langsung tersambung dengan CS atau operator. Setelah Anda bisa bicara dengan para CS tersebut silahkan sampaikan jika ingin melakukan pengecekan status rekening yang dimiliki.

6. Berikan Keterangan Data Diri

Berikutnya, Anda biasanya akan diarahkan untuk memberikan keterangan perihal data diri. Ini sebagai langkah pihak CS BRI melakukan verifikasi dan konfirmasi apakah memang benar pemegang rekening tersebut adalah Anda. Maka tugas Anda adalah sampaikan semua data yang diperlukan dengan benar.

7. Tunggu Pengecekan

Mulai tahap ini, silahkan Anda menunggu pihak CS melakukan pengecekan status rekening BRI Anda. Prosesnya memang tidak lama, tapi tidak menutup kemungkinan sambungan telepon tiba-tiba terputus karena Anda tidak memastikan mengisi pulsa dengan cukup.

8. Proses Selesai

Begitu CS sudah berhasil mengecek, hasilnya akan langsung diinformasikan untuk Anda. CS akan memberikan penjelasan tentang status rekening Anda tersebut apakah masih aktif atau justru sebaliknya.

Cara Cek Rekening BRI Masih Aktif atau Tidak Dengan Datang Langsung Ke Kantor Cabang

Berikutnya, Anda juga disarankan untuk mencoba salah satu cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak satu ini. Khususnya bila memang Anda punya banyak waktu luang dan merasa masih ragu-ragu dengan pengecekan status rekening BRI yang sebelumnya. Untuk cara satu ini Anda harus memperhatikan kelengkapan dokumen dulu supaya makin cepat diproses.

1. Siapkan Dokumen yang Perlu Dibawa

Sebelum Anda pergi ke kantor cabang bank BRI terdekat, ada baiknya siapkan dulu dokumen yang diperlukan. Diantaranya seperti KTP, buku tabungan, serta kartu ATM BRI. Pastikan semua sudah lengkap sebelum datang ke kantor cabang BRI terdekat.

2. Kunjungi Kantor BRI

Apabila merasa sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, baru Anda boleh memulai mencari kantor cabang BRI terdekat. Pilih yang sekiranya tidak ada antrian nasabah lain supaya prosesnya tidak memakan waktu lama.

3. Sampaikan Tujuan Pada Pihak Satpam

Umumnya, Anda bisa langsung mengambil antrian CS untuk solusi permasalahan ini. Namun, tidak salah juga jika setelah Anda sampai bank BRI, sampaikan dulu maksud dan tujuan Anda dapat pada satpam yang bertugas. Biasanya, pihak tersebut akan memberikan arahan lanjutan. Seperti mengambil nomor antrian, dan sebagainya.

4. Tunggu Hingga Nomor Antrian Dipanggil

Setelah Anda berhasil dapat nomor antrian, tentu saja harus tunggu dulu untuk dipanggil. Selama menunggu bisa Anda habiskan dengan memeriksa kelengkapan dokumen yang perlu dibawa. Supaya nanti begitu nomor antrian tiba, bisa langsung diproses dengan cepat.

5. Sampaikan Tujuan Pada CS Setelah Nomor Antrian Dipanggil

Ketika tiba saatnya nomor antrian Anda dipanggil, artinya bisa langsung menemui pihak CS. Silahkan sampaikan maksud dan tujuan Anda yaitu untuk mengetahui status rekening BRI yang dimiliki. Apakah masih aktif atau justru sebaliknya.

6. Ikuti Instruksi CS

Pada tahap ini, Anda hanya tinggal mengikuti apa saja instruksi dari CS. Biasanya dokumen yang perlu disiapkan tadi akan diminta. Setelah itu, CS akan mulai melakukan verifikasi data dan lain-lain dari sumber dokumen tersebut.

7. Tunggu Proses Pengecekan

Terakhir, tugas Anda hanya perlu menunggu sampai proses pengecekan rekening selesai. Biasanya CS tidak akan memerlukan waktu lama dalam hal ini. Setelah itu, hasil dari pengecekan akan langsung disampaikan pada Anda. Apakah rekening Anda masih terhitung aktif atau justru sebaliknya.

Cara Cek Rekening BRI Masih Aktif atau Tidak Via BRILink

Pilihan lainnya yang dapat Anda petimbangkan untuk mengetahui status rekening BRI Anda adalah bertanya pada agen BRILink. Sama seperti mengecek via ATM, para agen BRILink akan mencoba melakukan transaksi seperti cek saldo, atau transfer, hingga melihat 5 mutasi transaksi terakhir.

Untuk cara satu ini Anda akan berhubungan dengan meni “info statement”. Menu ini adalah salah satu dari komponen mesin mini ATM BRILink. Untuk teknis prosesnya sendiri, agen BRILink akan lebih tahu. Jadi, Anda langsung konsultasi saja pada agen-agen BRILink yang terpercaya.

Cara Cek Rekening BRI Masih Aktif atau Tidak Dari HP

Cara-cara sebelumnya belum cukup membuat Anda puas? Tenang saja karena masih ada cara lain jika ingin mengetahui status rekening BRI yang dimiliki statusnya masih aktif atau tidak. Anda bahkan bisa menggunakan HP saja sehingga terbilang sangat praktis.

Untuk cara satu ini, pastikan Anda memiliki aplikasi dompet digital yang saat ini sudah sangat populer. Salah satu saja diantara OVO, Gojek, LinkAja, Dana dan lain-lain. Setelah itu, coba lakukan transfer sejumlah uang lewat aplikasi dompet digital tersebut.

Lanjutkan dengan memeriksa halaman konfirmasi. Apabila pada halaman konfirmasi tersebut muncul nama pemilik rekening serta nomor rekeningnya, artinya rekening bank BRI masih aktif. Begitu pun sebaliknya jika tidak muncul, besar kemungkinan rekening sudah diblokir oleh pihak bank.

Untuk lebih meyakinkan, silahkan klik menu “konfirmasi”. Nanti akan langsung muncul informasi tentang status transfer berhasil atau tidak. Cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak yang satu ini lebih banyak diminati karena cukup mudah dan praktis.

Hal-Hal Yang Penting Tentang Cek Status Rekening BRI

Anda sudah lebih paham bukan tentang cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak? Namun selain itu, ada baiknya Anda juga mengetahui tentang hal-hal penting terkait pengecekan status rekening BRI. Sehingga, bisa menjadikannya sebagai langkah antisipasi atau paling tidak sebagai pengetahuan. Berikut penjelasan selengkapnya khusus buat Anda:

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI

Begitu menyadari jika rekening BRI milik Anda ternyata terblokir atau habis masa aktifnya apa yang dilakukan? Anda mungkin bertanya apakah rekening yang sudah tidak aktif masih bisa diaktifkan lagi? Tentu saja masih bisa, Anda dapat menggantinya dengan yang baru.

Beda cerita jika status rekening BRI masih pasif. Artinya ada sisa saldo yang mengendap di dalamnya untuk biaya bulanan. Kalau kondisinya begitu, dapat langsung diaktifkan saja tanpa perlu penggantian.

Caranya sangat mudah sekali. Silahkan Anda pergi ke kantor cabang bank BRI terdekat. Sebelum itu, pastikan dulu sudah membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, ATM, serta buku tabungan asli.

Biaya Pengaktifan Rekening BRI

Apabila Anda mendapati rekening bank BRI sudah dalam status mati, artinya mau tidak mau harus menggantinya dengan yang baru. Prosesnya juga masih sama kok dengan saat pertama kali membuatnya dulu. Termasuk soal biaya, akan tetap dikenakan pada masing-masing nasabah.

Bukan hanya biaya pengaktifan kembali saja. Anda juga diwajibkan untuk melakukan pengisian saldo pertama. Untuk jumlahnya sendiri dapat disesuaikan dengan jenis rekening tabungan yang dipilih. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menyediakan uang tunai pada tahap ini.

Itu dia tadi macam-macam cara cek rekening BRI masih aktif atau tidak termudah. Anda bisa memilih salah satu mana yang paling cocok buat Anda. Bahkan yang dapat dilakukan tanpa perlu keluar rumah sehingga sangat praktis. Semoga informasi di atas bisa menjadi sumber referensi terbaik untuk Anda yang membutuhkan. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url