Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta Paling Efektif

cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta

Artikel diperbarui pada 29 Desember 2022.

Anggapan harus memiliki gaji besar untuk bisa membeli rumah ternyata salah. Hal ini dikarenakan ada cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta melalui arahan yang simpel. Dengan cara ini, maka rumah tetap bisa dibeli.

Jika masih belum tahu bagaimana cara menabungnya, maka pada uraian kali ini akan dijabarkan secara menyeluruh. Agar lebih mudah dipahami, maka setiap poinnya akan dijelaskan dan diberikan rincian detailnya.

Semakin paham mengenai caranya, maka proses pengaplikasiannya akan jauh lebih mudah. Penasaran bagaimana cara menabungnya? Untuk mengetahui daftar dan uraiannya, simak struktur yang terdaftar sebagai berikut:

1. Lunasi Semua Hutang

Sebelum menabung, pastikan dulu bahwa semua hutang yang dimiliki sudah lunas. Baik itu hutang kecil atau hutang besar, semua harus diselesaikan agar proses menabung bisa dilakukan untuk tujuan pembelian rumah yang tepat.

Jika penyelesaian hutang dilakukan bersamaan dengan menabung untuk membeli rumah, maka akan sulit untuk dilakukan. Hal ini, justru akan menimbulkan masalah baru di mana kebutuhan sehari-hari tidak bisa dipenuhi dengan baik.

Jadi uang yang dimiliki alokasikan dulu untuk keperluan harian dan untuk melunasi hutang. Pastikan untuk tidak menambah hutang atau kredit baru yang diperuntukkan membeli barang-barang tertentu. Hal tersebut sangat tidak disarankan.

Saat hutang sudah selesai dan bersih, maka proses menabung bisa segera dilakukan. Karena sudah tidak ada hutang, maka proses menabung akan lebih fokus dan tidak menyimpang. Proses ini tentunya bisa memberikan kebiasaan yang baik.

2. Buat Rencana keuangan

Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta terkonsep kedua adalah dengan membuat rencana keuangan. Apalagi gaji yang dimiliki hanya 1 juta, maka perencanaan harus dibuat serinci mungkin agar salah arah.

Jika perencanaan keuangan tidak dibuat, maka gaji 1 juta akan mudah habis secara cepat dengan tujuan yang tidak jelas. Hal ini tentu akan membuat proses menabung menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Jadi sebelum gaji di dapat, buat dulu perencanaan yang jelas dengan acuan pengeluaran bulanan yang dimiliki. Kemudian saat gaji didapat, maka langsung alokasikan ke pos-pos yang sudah direncanakan sejak awal.

Apabila cara yang sangat sederhana ini dilakukan secara konsisten, maka hasilnya akan lebih baik dan proses menabung bisa lebih konsisten. Gaji yang dimiliki juga bisa dialokasikan ke pos yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

3. Buat Rekening Khusus

Proses menabung akan lebih mudah dilakukan jika rekening yang dipakai tidak hanya satu. Jadi rekening untuk kebutuhan harus ada, sedangkan rekening untuk menabung disendirikan. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan.

Jika rekeningnya dibedakan, maka proses menabung akan lebih mudah dan uang langsung dialokasikan. Metode ini juga meminimalisir pencampuran uang tabungan dengan uang kebutuhan harian yang harus dipakai.

Jadi jika masih memiliki satu rekening, segera buat rekening baru yang bisa difungsikan. Pastikan untuk mempertimbangkan pemilihan bank yang tepat untuk rekening kedua. Agar lebih hemat, maka pilih rekening dengan biaya admin yang murah.

Semakin murah biaya admin, maka pengeluaran bulanannya untuk rekening ini tidak akan banyak. Jadi, hanya asal memilih rekening dan langsung membuat saja. Pertimbangkan segala sisinya, agar proses pemanfaatannya akan lebih baik.

4. Pangkas Pengeluaran Agar Hemat

Metode atau cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta di titik lain adalah dengan memangkas pengeluaran yang tidak diperlukan. Tujuan utama pemangkasan ini adalah agar bisa lebih hemat dan uang tidak terbuang sia-sia.

Apalagi jika ditambah dengan menabung untuk membeli rumah, maka pengeluaran akan semakin banyak. Untuk itu, segala kebutuhan yang memang tidak diperlukan memang harus dihilangkan agar bisa menabung untuk rumah.

Jika gaya hidup masih sama sedangkan gaji 1 juta juga harus dipakai untuk membeli rumah, maka dana untuk kebutuhan harian akan kurang. Hal ini, tentunya akan menyulitkan dan akhirnya rumah tidak akan segera dibeli.

Oleh karenanya, kebiasaan hidup hemat harus segera dijalankan dan harus segera disesuaikan sejak dini. Jika sudah terbiasa hidup hemat, maka pemangkasan kebutuhan ini bukanlah hal yang menyulitkan dan proses menabung bisa konsisten.

5. Buat Penentuan Target Tabungan

Setelah itu, penentuan target tabungan tiap bulan harus segera dilakukan. Tentukan dahulu berapa besaran uang yang akan ditabung setiap bulan. Tentunya perhitungan ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan harian.

Target tabungan bulanan ini bisa dipenuhi dengan berbagai metode. Bisa dengan metode menabung harian, mingguan, atau langsung saja untuk satu bulan. Asalkan konsisten, maka hasil yang didapat akan sesuai dengan besaran yang diinginkan.

Proses penentuan target tabungan untuk satu bulan ini sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak dilakukan, maka besaran tabungan untuk setiap bulan tidak akan sama. Hal ini, akan membuat proses pengumpulan dana akan lebih sulit.

Jadi, pastikan sejak awal sudah ditentukan metode apa yang paling nyaman untuk dilakukan. Tentukan juga berapa uang yang ingin ditabung untuk setiap bulannya. Saat semua sudah ada patokannya, maka prosesnya akan lebih mudah.

6. Ikut Program KPR Subsidi

Ikut program KPR subsidi juga menjadi cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta dengan acuan jelas. Saat ini, pemerintah sudah menyediakan banyak program KPR dengan subsidi yang nominalnya sangat menggiurkan.

Jika ada kesempatan yang baik, maka pertimbangkan untuk ikut ke dalam program ini, agar bisa mendapatkan rumah dengan harga yang murah. Namun bukan berarti saat ada program langsung diikuti tanpa perhitungan.

Pastikan untuk melakukan pertimbangan baik dari sisi harga, lokasi, dan besaran tabungan yang sudah dimiliki. Jika semuanya sudah sesuai dan dirasa mampu menyelesaikan pembayaran rumah, maka bisa ikut KPR yang ada subsidi tersebut.

7. Kelola Uang Tabungan di Aset Lain

Selain menabung dalam bentuk uang ke rekening yang dimiliki, ada metode lain yang bisa dipakai yaitu menabung ke aset lain. Pilihan aset yang bisa dijadikan tujuan adalah saham, emas, atau reksadana.

Jika suka dengan tantangan dan sudah memiliki skill, maka saham dan reksadana bisa dijadikan pilihan. Namun jika ingin yang aman dengan nilai yang terus naik, maka emas adalah pilihan yang paling pas.

Misalkan menabung di aset emas, maka uang yang dijadikan modal akan bertambah karena harga emas di kemudian hari juga akan meningkat. Hal ini bisa dijadikan pilihan jika ingin uang tabungan bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

Semua cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta melalui arahan di atas tentunya bisa langsung diikuti. Pastikan setiap poinnya dipahami dengan baik agar tidak ada langkah yang sampai salah untuk dijalankan.

Jika cara menabung ini dilakukan secara berkala dan konsisten, maka nantinya rumah akan bisa dibeli sesuai dengan dana yang sudah terkumpul. Oleh karenanya, niat harus dipupuk dengan kuat agar tujuan pembelian rumah bisa tetap tercapai.

Related Posts

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

Cara Hemat Dalam Membelanjakan Uang Jajan, Simak Dibawah!

Cara hemat dalam membelanjakan uang jajan tidak sesulit yang orang-orang bayangkan. Justru sebaliknya cara-cara sederhana malah menjadi cara yang ampuh untuk lebih hemat dalam membelanjakan uang jajan. …

cara transfer bni ke bca

5 Cara Transfer BNI ke BCA dengan Praktis dan Mudah

Proses transfer antar bank memang bisa dilakukan dengan mudah. Misal ingin melakukan transfer dari BNI ke BCA, maka sudah ada cara tertentu. Cara transfer BNI ke BCA,…

cara transfer dari shopeepay ke bca

Cara Transfer dari ShopeePay ke BCA, Dijamin Makin Mudah 

Sekarang ini transfer uang bisa dilakukan dengan semakin mudah dan cepat. Bahkan, ada cara transfer dari ShopeePay ke BCA. Walaupun ShopeePay adalah e-Wallet dan BCA adalah bank….

biaya transfer bsi ke bca

Ketahui Biaya Transfer BSI Ke BCA dari Berbagai Platform 

Sebagaimana bank lainnya, pastinya akan dikenakan biaya transfer jika transaksinya dari dua bank yang berbeda. Termasuk, biaya transfer BSI ke BCA yang akan dikenakan pada nasabah BSI…

cara bayar pegadaian lewat atm bca

Cara Bayar Pegadaian Lewat ATM BCA dengan Mudah

Di era digital, pembayaran tagihan Pegadaian kini bisa dilakukan melalui berbagai pilihan metode. Salah satunya melalui atm BCA. Cara bayar Pegadaian lewat atm BCA, bisa menjadi pilihan…

Cara Bayar FIF Lewat Brimo

Cara Bayar FIF Lewat Brimo Terlengkap

Kecanggihan teknologi memungkinkan semua orang yang memiliki angsuran FIF lebih mudah membayar. Kreditur bisa memanfaatkan aplikasi Brimo untuk menyelesaikannya. Cara bayar FIF lewat Brimo juga tergolong mudah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.