10 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang 2021

aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang

Siapa yang tidak menginginkan penghasilan tambahan? Pada zaman serba teknologi seperti saat ini, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tersebut. 

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang.

Syarat Umum Menulis Cerita Dibayar

Apabila Anda ingin mendapatkan uang dari hasil menulis cerita di internet, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja syarat umumnya terlebih dahulu. 

Dengan begitu, tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan bayaran tersebut. Lantas, apa saja syarat-syarat yang perlu diperhatikan?

Perlu diketahui, bahwa setiap tulisan cerita tersebut adalah murni miliki sendiri, original, asli, dan bukan hasil dari plagiat karya milik orang lain. 

Karya tersebut juga wajib belum pernah dipost dimana saja. Baik itu media sosial, blog, aplikasi cerita, atau penerbit sekalipun.

Setiap cerita yang dibuat perlu memiliki alur segar dan menarik. Selain itu, cerita tersebut juga perlu memunculkan rasa penasaran kepada setiap pembacanya. 

Tentu saja, hal inilah yang semakin membuat para pembaca penasaran sehingga tidak ingin melewatkan kelanjutan dari cerita yang ditulis tersebut.

Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang 2021

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis cerita, tentu akan sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan uang. 

Terlebih, saat ini sudah ada banyak aplikasi yang dapat digunakan. Di bawah ini beberapa yang rekomendasi aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang:

1. Dreame

Dreame merupakan salah satu aplikasi menulis novel dapat uang yang saat ini cukup populer digunakan. Aplikasi ini sendiri memungkinkan penggunanya mendapatkan penghasilan tambahan. 

Sangat cocok bagi mereka yang memiliki hobi menulis cerita sehingga akan dibayar dengan uang tunai.

Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk menulis saja, setiap pengguna nantinya juga dapat membaca berbagai cerita yang mereka inginkan. 

Baca Juga: Aplikasi Pengatur Keuangan

Salah satunya adalah novel dengan berbagi penulis yang sudah terbit. Oleh karena itu, pastikan untuk mencoba menggunakan aplikasi tersebut.

2. Storial

aplikasi menulis novel yang menghasilkan uang

App satu ini memiliki fungsi untuk menulis cerita. Anda juga dapat menggunakannya versi situs jika ingin. 

Dengan begitu, setiap pengguna dapat memilih versi tersebut sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Saat ini sendiri, sudah ada banyak user dari aplikasi tersebut.

Storial juga menyediakan antarmuka yang sangat intuitif. Terdapat banyak genre tulisan yang dapat Anda tulis nantinya. 

Setiap pengguna juga bebas untuk membaca cerita yang mereka inginkan. Selain itu, ada banyak fitur yang sangat memudahkan pembaca untuk menggunakannya.

Selain dari apk ini, Anda juga dapat memperoleh cuan dari rekomendasi aplikasi penghasil uang yang sudah kami himpun.

3. Noveltoon

Aplikasi Noveltoon menyediakan berbagai kelebihan bagi setiap penggunanya. Salah satunya adalah pembaca yang dapat memperoleh poin serta bingkai avatar yang keren dan juga sebagai aplikasi menulis cerpen yang menghasilkan uang. 

Noveltoon sendiri juga menyediakan berbagai genre cerita yang sangat unik. Mulai dari fantasi barat, roman istana, dan lainnya.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk menulis memakai aplikasi ini agar mendapat penghasilan tambahan. 

Terlebih, langkah-langkah menulisnya terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Sangat cocok bagi siapa saja yang suka menulis cerita termasuk seorang pemula sekalipun.

4. WeRead

WeRead merupakan salah satu aplikasi yang juga menyediakan fitur baca novel. Akan ada banyak cerita menarik dengan genre yang khas. 

Selain itu, Anda dapat membuat sendiri dan menjadi WeRead sebagai aplikasi menulis novel yang menghasilkan uang.

Tidak heran jika aplikasi tersebut terbilang sangatlah unik jika dibandingkan dengan yang lainnya. Akan ada genre cerita yang ada pada bagian beranda aplikasi.

Anda dapat membaca novel adventure, romantis, cerpen, dan yang lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membuat cerita sendiri yang nantinya dapat diposting pada aplikasi tersebut. 

Dengan begitu, akan ada banyak orang yang membaca postingan ceritanya.

5. Innovel

Menawarkan pengalaman menulis sekaligus membaca yang tidak kalah unik dibandingkan aplikasi lainnya. Mengapa? 

Pada aplikasi yang satu ini, akan ada dua genre spesifik saja yang dapat ditemui. Diantaranya adalah Teenage dan Adult. Akan tetapi, pengguna dapat memperoleh banyak pilihan.

Aplikasi ini juga menyediakan koin yang dapat dibeli oleh penggunanya. Koin tersebut juga dapat diperoleh dengan menyelesaikan berbagai tugas atau pekerjaan yang ada di aplikasi. 

Tentu saja, dengan menggunakan Innovel dapat membantu pengguna menghasilkan uang dari tulisan mereka.

6. Joylada

aplikasi menulis cerpen yang menghasilkan uang

Apk menulis cerita yang menghasilkan uang Joylada dapat Anda manfaatkan untuk menulis cerita. Maka, jangan ragu menggunakan aplikasi ini agar cerita dapat dibaca oleh seluruh penggunanya. 

Dengan cara tersebut, maka penulis pun akan lebih mudah dalam mendapatkan penghasilan tambahan.

Tidak hanya itu, setiap pengguna juga dapat membaca berbagai judul novel yang keren dengan berbagai genre. 

Mulai dari drama, sains fiksi, komedi, cerita cinta, thriller, horor, positive vibe, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, maka pastikan mengunduh aplikasi terlebih dahulu di Playstore.

7. Web Novel

Anda dapat memperoleh banyak cerita di aplikasi yang satu ini. 

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat membaca novel Indonesia dengan berbagai genre, membaca komik, eBook menarik, dan lain sebagainya. Tentu sangat mudah untuk menyesuaikan apa yang ingin dibaca nantinya.

Anda juga dapat membuat tulisan cerita, eBook, atau komik dari aplikasi tersebut. Selanjutnya, pastikan untuk mempostingnya agar mendapat pembaca yang banyak. 

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur tantangan dengan penulisan yang dapat diatur sendiri.

8. Novelme

aplikasi menulis novel dapat uang

Aplikasi menulis cerita menghasilkan uang dikembangkan oleh Starlight.Dev. Anda akan disuguhkan banyak pilihan bacaan novel saat menggunakannya. 

Mulai dari novel yang berbayar hingga novel yang gratis sekalipun. Tentu akan sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki hobi membaca.

Tidak hanya sampai disitu, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menerbitkan tulisan cerita sendiri. Pastikan untuk menulisnya sebaik mungkin sehingga nantinya dapat dibaca oleh ribuan orang. 

Saat menulis sendiri nantinya akan mendapat bayaran berdasarkan royalti penjualan bab berbayar.

9. Wattpad

Merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menulis cerita seperti novel. Aplikasi ini sendiri sudah cukup populer digunakan. 

Tidak hanya itu, kebanyakan anak muda zaman sekarang pun menyukai aplikasi yang satu ini. Oleh karena itu, jangan sampai Anda ketinggalan menggunakannya.

Aplikasi yang identik dengan warna orange ini sendiri menyediakan kisah-kisah romantis yang menjadi ciri khasnya. Adapun genre yang paling disukai pada aplikasi tersebut adalah fan-fiction.

10. Cabaca.id

Aplikasi lainnya yang dapat dipilih adalah Cabaca.id. Anda juga dapat mengaksesnya lewat web jika ingin. 

Aplikasi ini sendiri dapat Anda gunakan untuk menulis serta membaca cerita yang diinginkan. Nantinya, seorang penuli akan memperoleh royalti jika bukunya memperoleh banyak pembaca.

Perlu diketahui juga, bahwa pembaca hanya akan mendapatkan bacaan 3 bab gratis. Pada bab-bab selanjutnya, 

Anda perlu membeli bacaannya sesuai harga yang sudah tertera. Caranya adalah dengan membeli kerang agar dapat membaca karya-karya penulis yang diinginkan tersebut.

11. Gramedia Writing Project

Merupakan salah satu platform yang awalnya hanyalah sebuah kompetisi penulis agar mereka dapat masuk ke penerbit mayor sehingga dapat diterbitkan oleh Gramedia. 

Akan tetapi, saat ini terdapat platform tersebut yang menyediakan kesempatan untuk menulis.

Aplikasi menulis cerita dapat uang tidak mempunyai fitur untuk pembaca. Aplikasi ini juga terbilang tidak terlalu populer digunakan jika dibandingkan dengan Wattpad. 

Jika Anda ingin mencobanya, maka tentu tidak ada yang salah. Terlebih, Gramedia sendiri sudah terkenal dengan bukunya yang berkualitas.

Alternatif Lain Cara Menulis Dapat Uang

Pada dasarnya, terdapat beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan saat ingin mendapatkan uang dari hasil menulis cerita. Salah satunya adalah dengan mengikuti lomba menulis. 

Umumnya, lomba ini diadakan oleh penerbit maupun aplikasi. Lomba tersebut seperti menulis fiksi mini, novel, cerpen dan lainnya.

Umumnya, hadiah yang diberikan kepada pemenang lomba juga cukup banyak sampai jutaan rupiah. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mencoba mengikuti berbagai lomba tersebut. Hanya saja, Anda perlu bersaing dengan penulis yang lainnya agar memenangkan kompetisi.

Adapun yang harus diperhatikan adalah sering melatih dan mengasah skill dalam menulis cerita. Jika perlu, Anda juga dapat membaca berbagai buku agar dapat menghadirkan tulisan yang tidak hanya bagus akan tetapi juga enak saat dibaca. Seperti buku tentang ilmu kepenulisan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang yang dapat Anda manfaatkan. Saat ini sendiri setiap aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di Google Playstore. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki hobi menulis cerita, maka jangan sampai ketinggalan untuk menggunakannya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url