Begini Cara Mencairkan Uang di Steemit, dari Steem Dollars Sampai Jadi Rupiah!

Begini Cara Mencairkan Uang di Steemit, dari Steem Dollars Sampai Jadi Rupiah!

Artikel diperbarui pada 12 Agustus 2023.

Cara mencairkan uang di Steemit banyak beredar di internet belakangan ini. Lantas, apa yang dimaksud dengan Steemit? Bagaimana cara kerjanya dan apakah platform tersebut mampu memberikan uang tambahan?

Dunia maya dihebohkan dengan hadirnya Steemit beberapa tahun lalu. Steemit sejatinya merupakan platform sosial media baru yang sistemnya berbasis blockchain. Jadi, dalam platform ini segala bentuk pertukaran dan transaksinya menggunakan mata uang digital atau kripto.

Menurut informasi yang beredar, Steemit bisa menjadi platform yang tepat bagi orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan walaupun dari rumah saja. Kerjaannya juga mudah, cukup posting konten terbaik sesuai passion. Semua hasil postingan akan dibayar oleh pihak Steemit dalam bentuk mata uang Steem. Berikut informasi lainnya terkait platform ini.

Mengenal Steemit

Perkembangan dunia digital yang sangat pesat membuat masyarakat harus beradaptasi. Steemit merupakan jejaring sosial media atau blog yang memanfaatkan blockchain. Dalam platform ini, mata uang yang digunakan adalah cryptocurrency.

Pencetus platform ini adalah Daniel Larimer dan Ned Scott. Mereka menggagas lahirnya dunia sosial media baru yang pusatnya di Amerika Serikat. Steemit hadir dan populer di masyarakat sejak 4 Juli 2016. Tawaran menariknya adalah hadiah uang virtual bagi orang-orang yang mengisi situs mereka dengan beragam aktivitas.

Layaknya sosial media lain, pengguna juga perlu mendaftarkan diri sebagai anggota. Kemudian, pengguna juga bisa langsung mengunggah sejumlah foto, tulisan, hingga video. Platform ini juga memungkinkan pemakainya untuk memberi penilaian suka maupun tidak suka serta berkomentar terhadap postingan orang.

Steemit akan memberikan uang kepada semua orang yang melakukan aktivitas di dalam platform. Hanya sekadar berkomentar, mengunggah foto, memberikan tanda suka, hingga menjadi pilihan kurator akan mendapat uang dalam bentuk Steem. Ini yang membuat pengguna Steem di dunia melonjak, termasuk Indonesia.

Cara Mencairkan Uang di Steemit

Steemit bukanlah platform abal-abal yang kerap menipu anggotanya. Sudah banyak review dan testimoni dari orang yang dibayar.

Kebanyakan orang akan merasa bingung dengan cara mencairkan uangnya. Padahal, langkahnya sangat mudah, diantaranya:

  • Pertama, buka akun dan klik Wallet lada bagian blog.
  • Lalu, pilih Reward Redeem. Sistem akan mengarahkan anggota masuk ke Steem Power.
  • Buka tab yang baru dan login pada akun Bitcoin.
  • Kemudian, pilih DOGE dan MARKET, lalu bisa lamgsung setor dengan mengklik Withdraw DOGE.
  • Di halaman Terima DOGE COIN, klik warna merah untuk mengisi alamat wallet.
  • Salin sekitar 30 karakter unik pada alamat DOGE COIN dan buka tab baru, yakni website blocktrades.us.
  • Pada bagian bawah, isi kotak dengan mempaste 30 karakter unik tadi. Kemudian, klik Get Deposit Address.
  • Masih pada website blocktrades.us, lihat Memo pada halaman Manual transfer. Salin angka pada memo tersebut dengan mengklik kotak kecilnya.
  • Buka kembali Steemit dan di bagian Steem Dollars, klik tulisan Transfer.
  • Akan muncul halaman baru yang bertuliskan Transfer to Account. Masukan karakter unik memo tadi dan klik Submit.
  • Akan muncul Returning Users untuk kembali ke akun. Isi dengan username dan passwordnya, lalu klik Masuk.
  • Pada halaman Bitcoin, akan ada bagian Transactions dengan notifikasi angka 1.
  • Kemudian, pada notifikasi akan ada tulisan Deposit (nilai) Telah Masuk. Ini menandakan proses berjalan maksimal dan tinggal klik Selesai.
  • Buka dashboard bitcoin, lalu akan muncul saldo bitcoinnya. Jual bitcoin dengan mengklik Lanjutkan.
  • Setelah bitcoin berhasil dijual, pilih Selesai dan saldo akan kembali menjadi Rupiah.
  • Langsung pilih Tarik Rupiah dan klik kotak berwarna orange bila sudah muncul aturannya.
  • Lalu, kirim pin melalui SMS dan masukan pinnya di SMS. Klik Kirim dan perhatikan data rekening.
  • Bila sudah benar, klik OK dan tunggu beberapa saat sampai saldo masuk ke rekening.
  • Periksa kolom riwayat penarikan tunai, bila sudah muncul tulisan Sukses, maka artinya saldo rekening sudah bertambah dan proses pencairan berhasil.

Istilah Mata Uang Steemit

Setelah mengetahui cara mencairkan uang di Steemit, ada baiknya jika mengetahui apa saja jenis mata uang digital yang ditawarkan platform ini. Secara umum, ada tiga mata uang Steemit, yakni:

1. Koin Steem

Pertama, ada istilah Koin Steem. Ini merupakan aset kripto resmi miliki Steemit yang menjadi dasar aset lainnya, yakni Steem Dollars dan Steem Power. Penggunaan koin Steem biasanya untuk membeli atau menjual aneka jasa dalam platform.

Selain itu, bisa menjadi alat pembayaran untuk transaksi jasa di luar platform. Pengguna bisa mendapat Koin Steem sebagai imbalan atas konten berkualitas atau aktivitas lain yang memberikan dampak positif bagi platform.

Pengguna juga menganggap Koin Steem sebagai aset investasi potensial karena terus berkembang dalam pasar kripto. Sejak dirilis pada tahun 2016, Koin Steem terus mengalami perkembangan harga. Bulan Januari menjadi puncak harganya, yakni mencapai $8.58 atau jika dirupiahkan menjadi Rp130 ribu.

2. Steem Dollars

Cara mencairkan uang di Steemit juga bisa untuk Steem Dollars. Koin ini ada di blockchain Steemit dan memiliki nilai 1 : 1 dengan dolar AS. Nilainya tergolong lebih stabil, sehingga sebagian besar pembayaran pencipta diproses melalui Steem Dollars.

Ini bertujuan untuk melindungi kurator dari fluktuasi nilai kripto. Uniknya lagi, Steem Dollars juga bisa diperjualbelikan di sejumlah platform crypto.

3. Steem Power

Sesuai namanya, koin ini yang melambangkan seberapa besar pengaruh platform Steem. Jenis koin ini memberikan 1:1 atas suara pengguna. Beberapa orang menganggap Steem Power sebagai investasi untuk jangka panjang karena tidak bisa dijual sebelum pemegang memilikinya selama 13 minggu.

Selain itu, 50% pembayaran kontributor Steemit dibayarkan melalui Steem Power. Pada platform ini, pengguna bisa menambah kekuatan bila koin SP nya banyak. Namun, bila koin SP nya diuangkan, maka kekuatan akunnya akan berkurang.

Keuntungan Menggunakan Steemit

Steemit berhasil menarik minat banyak orang meskipun fungsionalnya mirip seperti sosial media pada umumnya. Tentu saja ini tidak terjadi begitu saja, karena ada alasan di balik keunggulan Steemit. Berikut beberapa keunggulan bila memakai platform ini.

  • Pengguna bisa mendapatkan imbalan bila aktif berkontribusi dan menghasilkan konten berkualitas.
  • Bisa menjadi sarana penghasilan tambahan dari mana saja.
  • Ada banyak komunitas aktif yang memudahkan jaringan pergaulan.
  • Tergolong aman dan sifatnya transparan.
  • Kemungkinan untuk bebas secara finansial di kemudian hari, karena pembayaran dilakukan lewat mata uang digital.

Sebagai gebrakan baru atas dunia maya yang lebih modern, Steemit harus menjaga kualitasnya. Ini bertujuan agar para anggotanya tidak bosan atau justru berpaling meninggalkannya.

Selain itu, menjaga sistem dan konsistensi hadiah juga berperan penting dalam meningkatkan pengguna Steemit. Dibandingkan dengan platform lainnya yang menawarkan uang secara cuma-cuma, Steemit terbilang paling mudah.

Tampilannya sederhana, namun tampak elegan, sehingga bisa memudahkan penggunanya. Dari segi keamanan, Steemit juga terbukti membayar dan merahasiakan seluruh data pengguna.

Cara mencairkan uang di Steemit tidak membutuhkan waktu lama. Karena berbentuk cryptocurrency, maka penting untuk memperhatikan pergerakan pasar. Kemudian, nantinya mata uang digital ini dapat ditukar menjadi mata uang asli berupa dollar. Prosesnya akan memakan waktu, namun tenang saja karena pasti uang masuk ke rekening masing-masing.

Related Posts

Trading Saham Harian: Mengenal Teknik Penghasil Uang Cepat

Trading Saham Harian: Mengenal Teknik Penghasil Uang Cepat

Artikel diperbarui pada 20 Mei 2024. Apakah kamu ingin melakukan kegaitan trading saham harian? Jika begitu maka wajib untuk menyimak ulasan dibawah ini. Seperti sudah diketahui bahwa…

Trading Saham Online: Pengenalan dan Cara Kerja Secara Singkat

Trading Saham Online: Pengenalan dan Cara Kerja Secara Singkat

Artikel diperbarui pada 16 Mei 2024. Apakah kamu ingin mendapatkan penghasilan menguntungkan? Kalau begitu trading saham online adalah pilihan terbaik. Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan…

Cara Mencairkan Uang dari Olymp Trade

Cara Mencairkan Uang dari Olymp Trade

Artikel diperbarui pada 6 Mei 2024. Ingin tahu cara mencairkan keuntungan dari Olymp Trade? Simak panduan lengkapnya dalam artikel ini dan pelajari tips-tips sukses menjadi trader di…

Aplikasi Saham Stockbit

Aplikasi Saham Stockbit Cocok untuk Pemula Belajar Trading

Artikel diperbarui pada 22 April 2024. Aplikasi Saham Stockbit adalah platform investasi online yang menyediakan informasi dan analisis pasar saham Indonesia. Stockbit juga menyediakan fitur-fitur trading dan…

Review Aplikasi RTI Business

Review Aplikasi RTI Business: Trading Saham Jadi Lebih Mudah

Artikel diperbarui pada 28 Maret 2024. Aplikasi RTI Business adalah sebuah platform digital yang digunakan untuk membantu pengelolaan bisnis secara efisien dan efektif. Karena aplikasinya yang bersifat…

Investasi Aman Return Tinggi

Investasi Aman Return Tinggi: Kenali Macam Instrumen & Risikonya

Artikel diperbarui pada 18 Oktober 2023. Artikel ini berisi pembahasan untuk pencarian platform investasi aman dengan return tinggi. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan pembahasan mengenai macam-macam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *