Cara Mencairkan Dana Cicil Akulaku Tanpa Ribet

Artikel diperbarui pada 30 Agustus 2023.

Solusi bagi seseorang yang memerlukan dana mendadak bisa dilakukan dengan melakukan pinjaman di akulaku. Cara mencairkan Dana Cicil Akulaku pun cenderung simpel dan mudah dilakukan bahkan oleh para pengguna baru sekalipun.

Aplikasi penyedia pinjaman dana secara online saat ini memang sedang bermunculan mengingat banyak pihak yang membutuhkan layanan ini. Banyaknya platform pinjaman memang menuntut penggunanya agar teliti dalam memilih platform yang aman.

Keamanan platform pendanaan semacam  ini umumnya diketahui dari terdaftar atau tidaknya aplikasi di OJK. Akulaku yang merupakan pinjol populer ini terdaftar di OJK sehingga bisa dipercaya keamanannya.

Mengenal Akulaku 

Sebelum lebih jauh ke pembahasan cara mencairkan Dana Cicil Akulaku, pengguna perlu paham dulu mengenai Platform ini. Akulaku sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi keuangan dimana basis perusahaan ini adalah di Indonesia.

Aplikasi yang mempunyai reputasi cukup  bagus ini memiliki berbagai layanan keuangan dari pinjaman hingga investasi. Platform satu ini telah beroperasi di sejumlah negara Asia, seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, dan tentu saja Indonesia.

Selain produk berupa pinjaman, Akulaku menyediakan juga fitur-fitur spesial ke aplikasinya sehingga penggunaannya akan lebih luas. Fitur yang dimiliki Akulaku terbilang cukup lengkap dan cukup membantu para penggunanya.

1. Fitur Marketplace

Akulaku ini bisa juga berfungsi layaknya sebuah marketplace seperti Tokopedia maupun aplikasi lainnya yang serupa. Penggunanya dapat menambahkan produk di keranjang untuk kemudian melakukan checkout seperti belanja di marketplace pada umumnya.

Perbedaan utama yang ada di fitur ini adalah pilihan pembayarannya hanya ada saldo Akulaku dan Paylater Akulaku. Tampilannya secara umum mirip dengan Shopee dimana tersedia ulasan pada produk-produk yang sudah terjual. 

2. Produk digital

Selain produk nyata, berbagai produk digital juga tersedia di Akulaku misalnya, pulsa, voucher game, token listrik dan sebagainya. Menariknya untuk produk dengan jenis digital ini pembayarannya bisa dengan VA berbagai bank nasional.

3. Pembayaran Merchant Offline

Akulaku memang bisa membuat hidup penggunanya menjadi begitu praktis karena platform ini juga bisa dipakai bertransaksi di Merchant secara offline. Dimana metodenya adalah dengan memakai QR code disini Akulaku berfungsi seperti dompet digital.

Mengenal Dana Cicil

Aplikasi Akulaku ini menawarkan pinjaman uang secara tunai dengan dua jenis produk yaitu KTA Asetku dan Dana Cicil. Pada KTA Asetku yang diutamakan adalah kecepatan pencairannya sedangkan Dana Cicil mengedepankan nominalnya, berikut hal-hal mengenai Dana Cicil : 

1. Limit Dana Cicil Akulaku

Layanan ini akan diberikan berdasarkan loyalitas para penggunanya, artinya pengguna dengan kredit point yang bagus akan diberikan limit maksimal. Apabila kredit poinnya rendah limit Dana pun akan rendah juga, bahkan fasilitas ini mungkin tidak dimunculkan.

2. Suku Bunga

Dana Cicil membebankan bunga dengan jumlah yang sedikit tinggi jika dibandingkan dengan SPinjam. Bunga yang dibebankan yaitu sebesar 3,08%, dimana ada juga biaya tambahan senilai 50 sampai 99 ribu. 

3. Durasi Pengembalian

Limit yang disediakan produk Dana Cicil ini tergolong sedang, dimana untuk kredit poin tertingginya limit yang diperoleh adalah 15 juta. Dengan limit tersebut tenor yang ditetapkan adalah 3 sampai dengan 12 bulan. 

Syarat Mencairkan Limit Akulaku

Cara mencairkan Dana Cicil Akulaku memanglah mudah asalkan pengguna telah memenuhi persyaratan pencairannya. Persyaratan ini akan sangat berguna dalam kelancaran pencairan yang nanti akan dilakukan, berikut penjelasannya.

1. Limit Kredit Masih Tersedia

Syarat yang harus dipastikan pertama kali adalah bahwa limit kredit masih ada dan dapat dipakai untuk bertransaksi. Apabila ternyata sudah tidak bisa, maka pengguna wajib membayar tagihan terlebih dahulu, setelah itu barulah bisa menggunakannya kembali.

2. Mempunyai Akun E-Commerce

Bukan hanya satu buah akun saja, pengguna disarankan memiliki dua buah akun di dua perangkat smartphone berbeda. Akun pertama akan dipakai sebagai akun penjual sedangkan yang satunya adalah akun pembeli. 

3. Memiliki 2 Rekening Aktif 

Dua buah rekening yang dimaksud adalah harus dengan nama yang berbeda dan harus masih aktif. Rekening lainnya ini akan dipakai untuk menerima dana transferan yang akan dilakukan dari akun Akulaku.

4. Siap Menanggung Risiko

Apabila ternyata pengguna dalam mencairkan limit ini menggunakan jasa gesek tunai, maka akan ada resiko yang ditanggung. Sebab, gesek tunai merupakan tindakan yang melanggar kebijakan yang dimiliki Akulaku. 

Ketika pengguna membutuhkan uang mendesak lebih baik menggunakan layanan sah, yaitu dengan pinjaman tunai. Pencairan limit di Akulaku yang sah bisa dilakukan melalui Blibli, Akulaku pinjaman, Bukalapak dan Dana Cicil. 

Mencairkan Limit di Dana Cicil

Untuk mengajukan Dana Cicil pengguna bisa melakukannya langsung melalui aplikasi penyedia dana Akulaku. Namun, setelah sukses mengajukan Dana Cicil nantinya pengguna bisa mengajukan dana lagi setelah pinjaman sebelumnya lunas.

Jadi, meskipun limit yang ada di Dana Cicil tersebut masih ada, pengguna akan ditolak ketika mengajukan pinjaman lagi. Selain itu, pengguna juga perlu menjaga setoran dan pelunasan agar sesuai tanggalnya agar kredit poinnya tinggi agar memperoleh manfaat : 

  • Mendapat kesempatan limit maksimal saat akan mencairkan Dana Cicil.
  • Bisa melakukan pinjaman lain di kemudian hari.
  • Memperoleh kepercayaan karena rekam transaksi yang baik.

Dari beberapa produk pendanaan tunai yang disediakan pihak Akulaku, produk satu ini memang cukup menarik. Penggunanya paling cocok bagi pihak yang memerlukan dana mendesak dengan nominal cenderung besar.

Sebab, jika dibandingkan layanan lain yang serupa, Dana Cicil memiliki kemungkinan nominal pinjaman paling besar dan mudah. Meskipun sebenarnya untuk masalah kecepatan pencairannya, KTA Asetku masih lebih unggul.

Pinjaman tunai dari Dana Cicil ini jika digambarkan, maka skemanya mirip KTA Asetku, tetapi limitnya lebih tinggi. Selain itu, jangka waktu atau yang lebih umum disebut dengan tenor juga lebih panjang, berikut cara pencairannya. 

  • Jalankan aplikasi lalu cek apakah limitnya cukup.
  • Setelah itu, tap opsi Keuangan, lalu pilih fitur bernama Dana Cicil.
  • Lanjutkan dengan menentukan nominal pinjaman sekaligus tenor atau waktu pengembalian pinjaman.
  • Pilih tujuan dicairkannya pinjaman misalkan untuk kebutuhan konsumtif, pendidikan, atau lainnya, lalu ceklist kotak kecil persetujuan yang ditampilkan pada bagian bawah.
  • Selanjutnya ketuk perintah ajukan sekarang dan tunggu sampai tampilannya berubah.
  • Cek pesan yang berisi kode dari Akulaku kemudian masukkan OTP tersebut.
  • Langkah terakhir, periksa mutasi rekening apakah dana yang dicairkan telah masuk.

Dana yang dicairkan ini umumnya memerlukan waktu beberapa jam sampai hari untuk bisa diterima. Rekening tujuan transfer yang didaftarkan harus dipastikan aktif dan masih berlaku.

Sebab, apabila ternyata rekening yang dicantumkan bermasalah misalnya sudah tidak lagi aktif. Maka, pencairan tentu akan tertunda dan bahkan bisa saja dibatalkan tergantung pada peraturan Akulaku.

Demikianlah cara mencairkan Dana Cicil Akulaku lengkap dengan pembahasan hal-hal yang terkait dengan layanan tersebut. Meskipun layanan ini cukup menggoda, calon pengguna harus memperhatikan setiap persetujuan terutama tentang bunga dan beban lain yang dimiliki.

 

Related Posts

Alasan Pinjol Masih Diminati.

Keuntungan Mengajukan Pinjaman Online: Alasan Pinjol Masih Diminati

Artikel diperbarui pada 18 Mei 2024. Ada banyak orang yang sudah merasakan banyaknya keuntungan mengajukan pinjaman online. Hal ini dikarenakan pinjol bisa menjadi solusi ketika ada kebutuhan…

Pinjaman Online AdaKami: Fitur, Syarat, & Cara Ajukan Kredit Dana Tunai

Pinjaman Online AdaKami: Fitur, Syarat, & Cara Ajukan Kredit Dana Tunai

Artikel diperbarui pada 16 Mei 2024. Pinjaman online AdaKami saat ini dikenal sebagai salah satu bisnis yang sedang menjamur di Indonesia. Pinjaman online ini banyak diburu oleh…

Mengenal Fitur Aplikasi Home Credit dan Cara Penggunaannya

Mengenal Fitur Aplikasi Home Credit dan Cara Penggunaannya

Artikel diperbarui pada 15 Mei 2024. Fitur aplikasi home credit menjadi salah satu keunggulan aplikasi tersebut. Mungkin, home credit terdengar tidak asing karena kebanyakan masyarakat sudah menggunakannya,…

Aplikasi Kredit Digital Julo Menawarkan Hal Menarik Ini

Kredit Digital Julo: Keuntungan Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Artikel diperbarui pada 4 Mei 2024. Salah satu kredit digital julo merupakan bagian dari layanan pinjaman online di zaman sekarang. Pastinya aplikasi sejenis juga sudah bermunculan dengan…

Mengenal Aplikasi Cicil

Mengenal Aplikasi Cicil, Pinjamkan Uang ke Mahasiswa!

Artikel diperbarui pada 21 April 2024. Mengenal aplikasi Cicil yang belakangan ini sedang ramai di kalangan mahasiswa, karena mampu menawarkan pinjaman dengan bunga yang kecil. Penasaran bagaimana…

Aplikasi Pay Later

5 Rekomendasi Aplikasi Pay Later Terpercaya Diawasi OJK

Artikel diperbarui pada 13 April 2024. Aplikasi pay later menjadi solusi terbaik bagi kamu untuk memenuhi kebutuhan tanpa pembayaran langsung atau tunai. Pasalnya fitur ini memberikan kemudahan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *