Cara Mengetahui User ID BRI, Begini Yang Paling Mudah!

Cara mengetahui user ID BRI - Penting untuk selalu tahu cara mengetahui user id BRI. Mengingat hanya itu satu-satunya yang dibutuhkan selain password untuk bisa mengakses mobile banking atau internet banking. Apalagi sekarang tinggal segelintir orang yang tak mengaplikasikan layanan online perbankan. Termasuk internet maupun mobile banking.

Walaupun demikian, pertanyaan tentang apakah ada yang tahu cara mengetahui user ID BRI itu sebenarnya agak menggelitik. Pasalnya, rata-rata yang lupa itu password, bukan user ID. Kalau password yang lupa pasti lebih mudah. Anda tinggal mereset ulang password tersebut tanpa harus pergi ke bank.

Namun, jika Anda lupa user ID BRI, ada baiknya langsung tanya pada CS bank atau via call center. Pasalnya bank menyimpan seluruh data user dan password di sistem BRI. Biasanya untuk mengurusnya pihak BRI akan memberikan pilihan pada Anda. Mau membuat akun baru, hanya ganti username, atau lihat user kembali. Tergantung apa yang Anda mau sebagai nasabah.

Apa Itu User ID BRI

Sebelum membahas tentang cara mengetahui user ID BRI, mungkin dari Anda belum tahu. Khususnya tentang apa itu user ID BRI? Jadi user ID BRI adalah layanan perbankan online yang biasanya dipergunakan untuk melakukan transaksi keuangan. Baik itu via ponsel, laptop/PC. Syarat utama penggunaan user id BRI adalah Anda harus terkoneksi dengan internet.

Dengan adanya user ID BRI, Anda dapat mengakses internet banking maupun mobile banking. Dari internet banking atau mobile banking banyak transaksi atau layanan keuangan yang bisa didapatkan. Mulai dari pengecekan saldo, pembayaran, isi ulang, mutasi rekening, hingga transfer. Mulai dari sesama rekening BRI hingga antar bank selama 24 jam dalam 7 hari.

Selain itu, user ID juga merupakan nama atau identitas yang akan selalu terpakai oleh nasabah BRI. Dengan begitu, dapat mengakses semua layanan mobile banking BRI juga internet banking BRI.

Pada umumnya, user ID BRI itu terdiri dari sepuluh digit alfanumerik. Terbagi menjadi enam digit huruf dari nama nasabah serta empat digit acak angka dari tanggal. Satu lagi untuk lebih mudahnya user ID BRI adalah kode nama pengguna yang membedakan akun satu dengan i banking lainnya. Apabila user ID tidak cocok, maka Anda pun tidak akan bisa mengakses internet banking atau mobile banking.

User ID BRI dibuat saat proses registrasi “mendaftar internet banking BRI”. Bisa melalui mesin ATM maupun bantuan teller bank. Keduanya dapat dipilih sesuai kebutuhan. Saat membuat user ID maupun password usahakan yang mudah diingat supaya tidak mudah lupa.

Namun, kadang manusia juga bisa lupa user ID bahkan password internet banking BRI miliknya sendiri. Hal ini disebabkan karena mungkin terlalu lama tidak dipergunakan. Selain itu dapat juga secara tak sengaja diganti oleh orang tak bertanggung jawab. Kalau Anda termasuk salah satunya, jangan khawatir karena di bawah ini akan ada acara mengetahui user ID BRI dengan mudah.

Contoh User ID BRI

Untuk mengetahui contoh user id BRI tentunya Anda harus memilikinya terlebih dahulu. Apabila belum memiliki internet banking BRI, silahkan untuk membuatnya dulu karena sangat mudah. Pastikan saja untuk menyiapkan segala persyaratannya untuk melakukan pendaftaran internet banking BRI.

Jika Anda mau bisa daftar sendiri langsung melalui mesin ATM. Tinggal masukkan saja kartu ATM pada mesin. Lalu masukkan nomor PIN dan pilih menu “lainnya”. Nanti akan muncul beberapa pilihan menu. Silahkan klik menu “registrasi” lalu klik “internet banking”

Setelah itu bila muncul perintah registrasi, silahkan lakukan. Buat password sebanyak 6 digit numeric untuk proses login. Lanjutkan dengan mengulanginya lagi, lalu contoh User ID BRI akan muncul pada struk yang keluar.

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, user ID BRI terdiri dari sepuluh digit alphanumeric. Masing-masing berupa enam digit huruf perpaduan nama nasabah dan empat digit angka tanggal secara acak.

Cara Mengetahui User ID BRI

Begitu sadar jika lupa user ID BRI, tak perlu khawatir. Ada banyak cara mengetahui user ID BRI dengan sangat mudah. Anda tinggal pilih mana yang dianggap paling mungkin dicoba. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Mengetahui User ID BRI Via Call Center

Cara pertama jika Anda ingin mengetahui user ID BRI bisa melalui Call Center. Anda bisa pilih cara ini jika memang tak ada waktu untuk datang langsung ke kantor cabang. CS BRI pada umumnya dapat menjawab apa saja keluhan para nasabah. Termasuk Anda yang lupa username ID.

Bisa dibilang cara mengetahui user ID BRI satu ini adalah paling mudah. Mengapa? Pasalnya nanti Anda bisa dibantu oleh petugas CS BRI untuk menemukan dan mencarikan user ID BRI sesuai data pribadi Anda. Oleh sebab itu, hingga sekarang masih cukup banyak nasabah yang menggunakan cara ini saat lupa user ID atau password internet bankingnya.

Apabila Anda ingin mencoba cara ini, pastikan untuk menyediakan beberapa dokumen pendukung dulu. Selain itu tidak ada salahnya menyiapkan beberapa hal yang dianggap penting seperti di bawah ini:

  • KTP atau Ektp
  • Buku rekening BRI terdaftar di layanan BRI mobile (BRimo) atau internet banking
  • Nama Ibu Kandung, sebab pada umumnya akan ditanyakan oleh petugas CS BRI
  • Nomor kartu ATM BRI terdaftar
  • Pastikan nomor telepon terisi pulsa regular. Supaya lebih aman, isi pulsa minimal Rp30.000,-.

Ketika semua persiapan di atas sudah lengkap, artinya Anda sudah boleh mulai menelepon CS BRI. Persiapan tersebut akan mempermudah Anda sendiri ketika harus menghubungi CS nanti, seperti prosesnya bisa jadi lebih cepat.

Langkah-langkah Cara Mengetahui User ID BRI Via Call Center

1. Isi Pulsa

Periksa dulu ketersediaan pulsa Anda. Sebab menghubungi call center BRI ini bukan layanan bebas pulsa. Apabila di tengah jalan nanti pulsa Anda habis, tentu akan menyulitkan diri Anda sendiri.

2. Buka Menu Panggilan

Jika saat mengecek pulsa ternyata sudah terisi cukup banyak, langsung buka saja menu panggilan pada HP Anda. Setelah itu, ketik saja nomor call center BRI yaitu 14017 atau 021-57987400. Baru lanjutkan dengan membuat panggilan ke nomor tersebut.

3. Tunggu Hingga Terhubung

Langkah selanjutnya adalah tunggu sampai sambungan telepon Anda terhubung. Biasanya setelah terhubung nanti, Anda akan diberikan beberapa pilihan. Untuk satu ini, silahkan pilih layanan untuk berbicara langsung dengan call center.

4. Katakan Maksud dan Tujuan Anda

Apabila sudah diterima oleh petugas/CS call center, langsung saja katakana maksud dan tujuan Anda. Misalnya Anda ingin diberitahu tentang user ID BRI. Alasannya karena lupa dan sebagainya.

Selain itu, pada umumnya, petugas juga akan menanyakan hal-hal khusus terkait data pribadi Anda. Silahkan jawab saja semua pertanyaan yang diajukan tersebut dengan benar dan lengkap.

5. Ikuti Instruksi Selanjutnya

Terakhir tinggal ikuti instruksi selanjutnya yang diberikan oleh petugas call center BRI. Proses pencarian user ID nasabah biasanya tidak akan butuh waktu terlalu lama. Apalagi jika Anda kebetulan memberikan data nasabah dengan lengkap.

Cara Mengetahui User ID BRI Via Kantor Cabang

Jika Anda punya banyak waktu luang, tidak ada salahnya menanyakan user id BRI via kantor cabang terdekat saja. Walaupun harus antri, namun cara ini juga tetap masih banyak diminati. Pasalnya, Anda juga akan langsung mendapatkan user id tanpa perlu pusing mengingat-ingat lagi.

Selain itu, dengan pergi ke kantor cabang BRI, Anda juga tak perlu menyiapkan pulsa regular. Bahkan bisa dibilang gratis. Saat Anda memutuskan untuk pakai cara ini, jangan lupa siapkan dulu siapkan dulu persyaratannya meliputi:

  • Buku Tabungan
  • KTP
  • Buku Rekening
  • Kartu ATM
  • Aplikasi Brimo
  • Nomor HP terdaftar

Merasa sudah menyiapkan syarat-syarat di atas dengan lengkap? Langsung saja bisa pergi ke kantor cabang BRI terdekat.

Langkah-Langkah Cara Mengetahui User ID BRI Melalui Kantor Cabang

1. Datang Ke Kantor Cabang dan Bawa Persyaratan

Anda bisa cari kantor cabang bank BRI terdekat. Atau kalau tidak mau antri lama, pilih kantor cabang yang agak sepi juga boleh. Jangan lupa bawa semua persyaratan yang sebelumnya sudah Anda persiapkan tadi.

2. Ambil Nomor Antrian

Setelah sampai kantor cabang BRI, biasanya Anda akan disambut dengan petugas keamanan. Bilang saja mau bertemu customer service untuk bertanya perihal user ID BRI. Anda akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Jika sudah dapat tinggal menunggu hingga nomor Anda dipanggil.

3. Katakan Keluhan Anda Pada CS

Saat nomor antrian Anda sudah dipanggil, langsung saja temui para petugas CS. Jangan lupa siapkan semua dokumen atau syarat tadi supaya nanti lebih mudah jika ditanyakan. Pertama-tama mungkin Anda bisa langsung katakan keluhan Anda. Seperti tidak bisa mengingat user ID BRI, dan lain-lain.

4. Berikan Dokumen Syarat Ke CS

Begitu CS sudah paham maksud dan tujuan Anda, biasanya akan meminta seluruh dokumen syarat tadi. Berikan saja semua pada CS dengan lengkap. Supaya proses pencarian user ID BRI Anda jadi lebih cepat.

5. Tunggu Sampai CS Menemukan User ID BRI Anda

Terakhir, Anda hanya tinggal menunggu CS bekerja. Dari dokumen syarat tadi, biasanya mereka akan menggunakannya untuk mencari user ID BRI nasabah. Jangan khawatir, karena biasanya proses seperti ini tidak akan memakan waktu terlalu lama.

Sebagai informasi saja, di bank rata-rata Anda akan diarahkan untuk mengganti user id dengan yang baru. Apalagi dengan keluhan Anda yang mudah lupa data-data penting. Jika Anda memutuskan untuk membuat user id baru, pastikan yang mudah diingat saja.

Contoh user id BRI yang mudah diingat seperti menggabungkan nama Anda. Disertai dengan angka kelahiran baik bulan, tahun atau tanggal. Contohnya seperti cekatm3, agung2, dan sebagainya.

Dengan pergi ke kantor cabang BRI sudah pasti permasalahan akan terpecahkan. Termasuk mengetahui user ID BRI atau ingin menggantinya. Hanya saja kadang rasa malas atau padatnya kegiatan membuat sebagian besar orang tidak sempat datang kesana.

Cara Mengetahui User ID BRI Lewat Email

Jika memang tak mau repot pergi ke kantor cabang bank BRI, pakai cara satu ini saja untuk mengetahui user ID. Anda bisa mengetahuinya via email. Email yang dimaksud adalah yang dulunya dipakai untuk registrasi baik melalui mesin ATM maupun di CS.

Pasalnya, semua data termasuk user ID akan terkirim ke alamat email terdaftar. Maka, jangan sampai Anda menghapus email tersebut selama Anda berniat menggunakan layanan internet banking atau mobile banking BRI.

Langkah-langkah Mengetahui User ID BRI Via Email

1. Buka Aplikasi gmail/Yahoo

Pertama-tama, silahkan Anda buka gmail atau Yahoo. Ingat-ingat jenis email yang Anda daftarkan dulu, apakah Gmail atau Yahoo. Akses internet banking BRI ini dapat dibuka di gmail maupun Yahoo.

2. Login

Jika sudah ingat, silahkah langsung buka email Anda. Jangan lupa juga pastikan Anda akan login menggunakan email yang terdaftar pada layanan BRI Mobile atau Internet Banking BRI.

3. Buka Kotak Masuk

Berikutnya, silahkan buka kotak masuk. Seperti biasanya jika Anda ingin mencari pesan-pesan yang dikirimkan pada alamat email Anda. Klik seperti biasanya untuk langkah selanjutnya.

4. Klik Kotak Pencarian

Setelah itu, klik kotak pencarian. Kotak pencarian ini biasanya ada di bagian paling atas. Ada ikon kaca pembesar, dengan kata-kata telusuri email. Anda klik saja seperti biasanya.

5. Masukkan Keyword “BRI Internet Banking”

Jika Anda sudah menemukan kotak pencarian, silahkan masukkan keyword khusus. Masukkan saja “BRI Internet Banking”. Pastikan Anda menuliskan dengan benar, setelah itu langsung klik “enter” atau “ok”.

6. Cara Email Pemberitahuan Pendaftaran

Begitu Anda klik opsi “enter” atau “ok”, biasanya akan langsung muncul banyak sekali email yang berhubungan dengan keyword tersebut. Anda pilih saja satu demi satu yang merupakan email pemberitahuan pendaftaran dan aktivasi internet banking.

7. Buka Email Pemberitahuan Pendaftaran

Apabila Anda sudah berhasil menemukan email pemberitahuan pendaftaran, silahkan buka seperti biasa. Di dalamnya Anda pasti bisa menemukan user ID BRI. Silahkan catat dan simpan baik-baik supaya di kemudian hari tidak lupa lagi. Selain itu, setelah Anda mendapatkan user id coba login ulang. Untuk memastikan user ID Anda memang benar.

Cara Mengetahui User ID BRI Dari Browser Google

Untuk cara mengetahui user ID BRI yang satu ini sebenarnya masih cukup riskan. Namun, ketika Anda tidak bisa mengingat user id BRI, tidak ada salahnya pakai cara ini. Ingat-ingat lagi sat Anda login ke ib.bri.co.id melalui browser seperti google chrome, pada umumnya akan ada semacam pop up yang muncul.

Bunyinya kurang lebih seperti “apakah Anda mau menyimpan user dan password?” Pop up ini akan muncul saat Anda menginput user id dan password, lalu klik login. Langsung saja notifikasi tersebut akan nampak pada layar.

Dalam hal ini, sebagai user Anda punya 2 pilihan. Bisa pilih “yes” atau “no”. Jika seandainya Anda pilih “yes”, maka user id Anda akan otomatis tersimpan di akun google Anda sendiri. Suatu saat jika Anda lupa user ID, bisa menemukannya dengan mudah via google.

Satu yang harus diingat adalah cara seperti ini punya resiko yang cukup tinggi. Pasalnya, besar kemungkinan bisa dibobol oleh orang lain. Bisa juga saat HP Anda hilang akan sangat mudah sekali bagi orang tersebut untuk mengaksesnya.

Lalu Bagaimana Dengan BRI Syariah? Apa Itu BSI?

Anda merasa punya rekening BRI Syariah? Atau tertarik untuk mencoba membuka rekening bank BRI Syariah? Namun masih cukup ragu apakah sama-sama punya pelayanan terbaik seperti BRI konvensional?

BRI Syariah nyatanya juga memiliki banyak fasilitas dan layanan yang menjamin kenyamanan nasabah. Termasuk kemudahan dalam bertransaksi seperti adanya sistem internet atau mobile banking. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk mencoba menjadi bagian dari BRI Syariah.

Hanya saja, sekarang ada program baru yaitu BSI, yaitu bank Syariah Indonesia. BSI sendiri merupakan merger antara PT Bank BRIsyariah, PT. Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah. Penggabungan tersebut untuk menyatukan kelebihan dari masing-masing ketiga bank Syariah.

Sehingga mampu menghadirkan pelayanan yang lebih lengkap, jangkauan lebih luas, hingga memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik. Selain itu juga didukung dengan perusahaan serta komitmen pemerintah melalui kementerian BUMN, Bank Syariah Indonesia, serta didorong untuk dapat bersaing di tingkat global.

BSI juga merupakan ikhtiar atas lahirnya bank Syariah kebanggaan umat. Diharapkan dengan adanya BSI Menjadi energi baru pembangunan ekonomi nasional dan berkotribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas. BSI pun kemudian menjadi cermin wajah perbankan Syariah di Indonesia dengan modern, universal, dan memberikan kebaikan bagi segenap ama.

Dalam konteks tersebut menjadikan kehadiran BSI adalah hal penting. Bukan hanya bisa memainkan peran penting sebagai fasilitator pada seluruh aktivitas ekonomi dalam ekosistem industri yang halal saja. Namun juga sekaligus sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan harapan Negeri.

Apakah Bank BRI Syariah (BSI) Punya Layanan Mobile Banking?

Pertanyaannya apakah BRI Syariah atau yang sekarang dinamakan BSI juga punya layanan seperti BRI konvensional? Seperti sama-sama mempunyai fasilitas internet atau mobile banking? Tentu saja punya, karena sekarang ini nasabah membutuhkan layanan untuk mempermudah transaksi keuangan.

Cara satu-satunya adalah dengan menggunakan sistem layanan online seperti internet maupun mobile banking. Terkait cara aktivasinya juga mudah, jadi Anda tidak perlu khawatir. Bahkan Anda bisa aktivasi BSI Mobile Banking ini tanpa perlu ke bank dulu.

Cara Aktivasi BSI Mobile Banking

Sebelum bisa mengaktivasi BSI Mobile Banking tentunya Anda perlu daftar dulu. Anda bisa daftar mobile banking BSI via banyak cara. Berikut beberapa cara daftar mobile banking yang dapat dicoba:

  • Daftar mobile banking via WA, caranya dengan live chat langsung ke Aisyah yaitu nomor 0815 8411 440.
  • Daftar mobile banking via BSI Call, jadi Anda bisa menghubungi ke nomor 14040
  • Daftar mobile banking via aplikasi BSI Mobile, setelah unduh aplikasinya, ketik “minta kode aktivasi” pada kolom search. Maka kode aktivasi Anda akan dikirim via SMS.

Langkah-langkah Aktivasi BSI Mobile Banking

Apabila Anda sudah mendapatkan kode aktivasi BSI, langsung aktifkan saja tanpa perlu ke bank. Jangan lupa simpan baik-baik kode tersebut jangan sampai hilang atau diketahui oleh orang lain.

Setelah itu, buka kembali aplikasi BSI Mobile yang sudah diunduh tadi. Kali ini klik opsi “sudah memiliki rekening”. Lanjutkan dengan klik tombol “aktivasi”. Setelah itu akan muncul halaman baru. Isinya tentang syarat dan ketentuan, jika Anda memang setuju langsung klik tombol “setuju”.

Langkah berikutnya tinggal masukkan nomor HP yang terdaftar layanan BSI online. Lalu masukkan kode aktivasi yang Anda peroleh tadi. Klik tombol “selanjutnya”, lalu pilih opsi “lanjut”. Ini dilakukan supaya Anda memperoleh sms verifikasi.

Anda akan dialihkan ke menu perpesanan. Sebelumnya pastikan nomor HP yang dipakai sudah diisi pulsa minimal 2 ribu rupiah. Nanti akan ada SMS verifikasi menandakan proses sudah berhasil.

Tinggal buat PIN transaksi BSI mobile. Setelah itu buat password untuk akses menu transaksional. Anda bisa pakai fingerprint/face.id jika fitur HP mendukung. Aktivasi BSI mobile pun selesai.

Itu dia tadi bagaimana cara mengetahui user ID BRI. Anda bisa memilih mana yang dianggap paling mudah. Sedikit disampaikan juga BRI Syariah kini sudah menjadi BSI yang memiliki layanan sama lengkapnya dengan BRI konvensional.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url