Jenis VPS: Manfaat dan Pengertian

Saat baru pertama kali terjun ke dunia virtualisasi VPS, Anda pasti akan menemukan istilah KVM, XEN dan OpenVZ. Ketiga istilah itu merupakan platform virtualisasi yang biasa digunakan dalam VPS. Sehingga, tak heran kalau VPS dapat memiliki performa yang baik dan luar biasa.

Sebelum mulai membahas jenis-jenis VPS yang telah disebutkan di atas, Anda harus tahu dulu apa itu VPS secara garis besar.

Apa Itu VPS?

VPS merupakan suatu mesin virtual yang memungkinkan satu server fisik bisa dibagi-bagi sumber dayanya menjadi beberapa server yang berjalan secara virtual.

Seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu penggunaan populer VPS adalah untuk menyediakan akses yang lebih luas bagi pengelola server.

Umumnya, penggunaan VPS ini tidak terlalu banyak karena membutuhkan biaya operasional yang lebih tinggi.

Namun, berkat pembagian sumber dayanya, harga VPS bisa jauh lebih murah daripada dedicated server dengan fasilitas yang masih sama.

Sehingga, ketika Anda ingin menggunakan VPS, maka tidak perlu membeli server fisik lagi.

Meskipun begitu, proses pembagian ini sudah pasti memerlukan jenis VPS, seperti KVM, XEN dan OpenVZ yang akan dibahas di bawah ini.

3 Jenis VPS yang Wajib Anda Ketahui

Apabila ingin menggunakan VPS, pastikan Anda mengetahui informasi seputar KVM, XEN dan Open VZ yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Apa Itu KVM?

KVM (Kernel-Based Virtual Machine) merupakan suatu teknologi virtualisasi yang bisa Anda kembangkan serta jalankan menggunakan Linux sebagai sistem operasinya.

KVM cocok untuk tipe CPU X86 (64 bit). Selain itu, KVM memiliki komponen-komponen hypervisor karena jenis VPS ini bisa Anda jalankan langsung di atas server fisik.

Oleh sebab itu, KVM bisa menjadi host yang stabil karena tidak berjalan diatas OS lain.

Keunggulan KVM

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh KVM, yaitu:

  • Efisien

Saat menggunakan KVM, Anda tidak perlu khawatir aktivitas dari satu server virtual dapat mempengaruhi server lain, walaupun sama-sama berada dalam satu sumber daya server fisik yang sama.

Sehingga, hal ini akan membuatnya lebih efisien karena setiap VPS bisa menggunakan sumber daya masing-masing, tanpa perlu bersinggungan.

  • Mendukung RAM dan CPU sendiri untuk Semua VPS

Setiap VPS yang berada dalam satu sistem dengan menggunakan KVM akan memiliki RAM dan CPU sendiri.

Tak hanya itu, KVM memiliki manajemen memori lebih besar dan mendukung VMM (Virtual Memory Management) dari platform virtualisasi VPS lainnya. Jadi, kinerja server pun akan jauh lebih cepat dari sebelumnya.

  • Fleksibel

Keunggulan KVM berikutnya adalah bisa digunakan pada sistem operasi apapun. Alhasil, Anda bebas menggunakannya di sistem operasi yang Anda inginkan.

Adapun beberapa sistem operasi yang mendukung penggunaan VPM, yaitu Ubuntu, Debian, CentOS, Fedora, Suse hingga operasi Windows.

  • Migrasi Tanpa Downtime

Anda bisa melakukan migrasi antar fisik dari VPM yang sedang berjalan. Jadi, Anda tetap bisa berjalan secara live tanpa ada kendala dari layanan server.

Tentunya, migrasi ini akan membantu Anda yang ingin melakukan pengalihan hardware atau membagi beban antar host.

  • Keamanan Tingkat Tinggi

KVM memiliki standar keamanan yang merupakan kombinasi dari SELinux (Security-enhanced Linux) dan Secure Virtualization (sVirt). Sehingga, para penyusup akan kesulitan untuk mengakses sumber daya maupun mengendalikan VM milik Anda.

2. Apa Itu XEN?

XEN dikembangkan oleh Cambridge University dan pertama kali rilis pada tahun 2009.

Virtual machine manager ini bersifat open-source. Sejak awal, Cambridge mengembangkan XEN supaya platform ini bisa mengoperasikan ratusan sistem operasi, meskipun hanya memiliki satu komputer saja.

Untuk cara kerjanya sendiri, XEN akan mengalokasikan elemen-elemen yang terdapat pada server fisik pada tiap VM yang terdapat dalam server.

Keunggulan XEN

  • Hemat Waktu

Jenis VPS ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menjalankan VM. Sehingga, Anda hanya perlu membuat jaringan penyimpanan khusus dan menginstal software, lalu menjalankannya dengan cepat.

Anda tak perlu melakukan konfigurasi rumit pada infrastruktur IT. Pasalnya, XEN sudah memiliki beragam fitur yang membuat kinerjanya menjadi lebih cepat.

  • Manajemen Server Kuat

XEN memiliki fitur XENCenter Management Console yang bisa mengoptimasi dan mengintegrasi infrastruktur visual dengan proses managemen yang lebih terstruktur.

Selain itu, XEN juga sudah dilengkapi dengan VM Protection and Recovery supaya dapat melakukan perlindungan, pencadangan dan pemulihan jika terjadi sesuatu pada VM.

  • Bisa Menggunakan Windows

Tentunya, virtualisasi VPS dengan XEN bisa Anda jalankan pada OS Windows serta sistem operasi Linux.

3. Apa Itu OpenVZ?

OpenVZ merupakan bagian dari jenis-jenis VPS yang memiliki basis Container dengan menggunakan sistem operasi Linux. Cara kerjanya adalah membuat komputer server bisa menjalankan beberapa virtual machine dengan containers ini.

Keunggulan OpenVZ

  • Hemat Biaya

OpenVZ memiliki harga lebih ekonomis daripada KVM dan XEN karena bisa Anda kembangkan dan sebarkan secara open-source. Jadi, Anda tidak perlu membeli lisensi dulu dan bisa menggunakannya secara gratis.

  • Mudah Digunakan

OpenVZ memiliki cara penggunaan yang sederhana dan cepat, mulai dari pengecekan penggunaan memori, jumlah proses, penggunaan CPU, serta kapasitas penggunaan disk dan lainnya bisa Anda lakukan dengan mudah.

  • Managemen Resource Lebih Efektif

Dengan fitur ini, Anda dapat membagi-bagi sumber daya seperti CPU, RAM, dik dan lainnya dengan mudah.

  • Efisien

Struktur OpenVZ sangat sederhana, sehingga memiliki performa yang stabil. Tak hanya itu, OpenVZ bisa mengelola beberapa container sekaligus secara mudah.

  • Powerful

OpenVZ memiliki sistem container yang sifatnya independen. Tiap container dapat berjalan secara mandiri pada lapisan virtualisasi kernel di OS host. Selain itu, sistem container tidak terikat pada satu CPU, tetapi bisa menggunakan CPU yang ada.

Kesimpulan

Itulah informasi seputar jenis-jenis VPS yang bisa Anda ketahui. Jika Anda menginginkan layanan VPS yang efisien, standar keamanan tingkat tinggi, serta bisa digunakan pada berbagai sistem operasi, maka KVM bisa menjadi salah satu pilihan. Tetapi, jenis lainnya seperti OpenVZ dan XEN pun tetap bisa menjadi pilihan Anda.

Apabila Anda ingin menikmati segala keunggulan dari jenis VPS diatas, maka bisa coba gunakan layanan VPS dari Niagahoster. Melalui Niagahoster, Anda bisa menikmati VPS dengan fitur terlengkap dan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jadi, saatnya mulai upgrade website dan hosting milik Anda melalui layanan VPS dari Niagahoster sekarang!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url