Cara Pinjam Uang di Bank BRI Syariah Jaminan BPKB Motor

Cara pinjam uang di bank BRI Syariah Jaminan BPKB motor - Ada yang belum tahu cara pinjam uang di Bank BRI Syariah jaminan BPKB motor? Sekarang ini peningkatan kebutuhan yang tidak dibarengi dengan kenaikan pendapatan, membuat sebagian orang merasa perlu mencari pinjaman. Sebetulnya, pinjam uang boleh-boleh saja.

Asal Anda tepat mencari Lembaga keuangan yang sesuai. Bank adalah solusi terbaik karena terbukti terpercaya. Paling tidak, Anda tidak akan tertipu seperti pinjam uang di rentenir yang mengharuskan bayar bunga besar. Dari sekian banyak pilihan bank, BRI syariah mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda.

Bank BRI Syariah sendiri merupakan anak perusahaan dari Bank BRI persero. Seperti yang telah diketahui, BRI Syariah sudah banyak sekali di Indonesia. Berdasarkan fakta tersebut, terlihat jelas jika BRI Syariah memang begitu diminati oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena bank tersebut memiliki layanan yang menekankan pada perbankan Syariah

Ada salah satu layanan BRI Syariah yang paling banyak diminati selain tabungan yaitu pinjaman. Khususnya pinjaman dengan jaminan BPKB sepeda motor. Mau tahu penjelasan selengkapnya? Silahkan cari tahu dari pembahasan di bawah ini.

Mengapa Nasabah Pinjam Uang Dengan Jaminan BPKB Motor?

Sebelum membahas tentang cara pinjam uang di bank BRI syariah jaminan BPKB motor, ada informasi lain yang sepertinya perlu Anda ketahui. Seperti yang telah banyak diketahui, jaminan yang dipergunakan untuk pinjaman jenisnya ada banyak sekali. Tapi apakah Anda pernah berpikir mengapa orang lebih suka menggunakan BPKB motor sebagai jaminan pinjaman?

1. Prosesnya Cepat

Harus Anda tahu jika menggunakan BPKB motor sebagai jaminan pinjaman itu rata-rata prosesnya sangat cepat. Hal inilah yang membuat orang-orang lebih suka memilihnya. Apalagi jika Anda meminjam di bank BRI Syariah. Dijamin tidak akan memakan banyak waktu untuk disetujui jika memang syarat-syarat Anda sudah lengkap.

2. Syaratnya Mudah

Selain prosesnya cepat, penggunaan BPKB motor sebagai jaminan pinjaman itu syaratnya begitu mudah. Anda pasti tidak mau bukan jika pihak peminjam memberikan syarat yang terlalu rumit. Tapi, jika Anda menggunakan BPKB motor sebagai jaminan, biasanya syaratnya akan sederhana. Sudah prosesnya cepat lalu syaratnya mudah, siapa yang tak mau bukan?

3. Sebagian Besar Masyarakat Indonesia Memiliki Motor

Alasan lain mengapa jaminan BPKB motor begitu populer saat mau meminjam uang adalah memang karena sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki kendaraan tersebut. Kalau tidak percaya, silahkan lihat jalanan sekarang. Rata-rata adalah kendaraan roda 2 bukan? Bahkan sepertinya, beberapa warga hanya bisa mengandalkan motor tersebut untuk kendaraan dan investasi.

4. Terdesak Kebutuhan

Hal lain yang membuat orang senang menggunakan jaminan BPKB untuk pinjam uang adalah karena terdesak kebutuhan. Harga-harga sekarang ini sudah mulai naik. Sementara penghasilan tidak mengalami kenaikan. Belum lagi jika ada kebutuhan mendesak yang perlu banyak uang.

Contohnya seperti memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, biaya sekolah, biaya pengobatan atau rawat jalan, dan masih banyak lagi. Selain itu, banyak juga yang mengalami PHK kemudian memutuskan untuk membuka usaha. Pinjam uang dengan BPKB motor adalah pilihan paling efektif demi mendapatkan modal bisnis.

Keunggulan Pinjam Dana Dengan Jaminan BPKB Motor di BRI Syariah

Bisa jadi sudah banyak bank lain yang juga punya layanan serupa yaitu pinjaman dengan jaminan BPKB. Namun sampai saat ini terbukti masih banyak orang yang lebih suka mengajukan pinjaman jaminan BPKB motor ke BRI Syariah. Hal ini karena mereka punya cukup banyak kelebihan diantaranya sebagai berikut:

1. Kesempatan Disetujui Sangat Besar

Anda mungkin saja belum tahu, jika bank BRI Syariah memberikan peluang besar buat Anda yang sedang mencari pinjaman dana. Khususnya bagi para debitur yang menggunakan BPKB motor sebagai jaminan.

Hal ini disebabkan karena bank BRI sendiri yang dipercaya oleh Pemerintah dalam pengadaan dana pinjaman buat masyarakat. Tidak tanggung-tanggung pemerintah memberikan sekitar 70%. Dengan begitu, peluang Anda disetujui pengajuannya akan sangat tinggi.

2. Bunga Rendah

Selain itu, mengapa pinjaman uang dengan jaminan BPKB motor di Bank BRI Syariah paling banyak dipilih adalah memiliki suku bunga yang cenderung rendah. Bagaimana tidak begitu, jika bunga yang ditentukan hanya sebesar 6% saja.

Dengan adanya bunga yang rendah, pihak bank tidak akan memberatkan Anda sebagai debitur dalam melakukan angsuran. Anda juga harus tahu jika sebagian bunga yang wajib dibayarkan pada pihak bank, sebetulnya sudah dilunasi oleh pemerintah. Baik debitur atau masyarakat tidak akan kesulitan untuk melakukan pelunasan tepat waktu.

3. Nominal Pinjaman Besar

Jangan salah, jika dibandingkan dengan Lembaga keuangan lain, dana pinjaman yang bisa diberikan BRI Syariah ini relatif lebih tinggi. Apalagi dengan dibarengi oleh bunga yang rendah. Anda bisa mendapatkan tambahan pinjaman lebih cepat dan mudah. Mau untuk modal usaha, pengobatan, kebutuhan mendesak, sudah tidak perlu pusing lagi.

4. Persyaratan Mudah

Jangan lupa, syarat untuk pengajuan pinjaman ke bank BRI Syariah juga tergolong sangat mudah. Sudah banyak yang membuktikan sendiri kemudahannya. Prosesnya juga sama sekali tidak memakan waktu lama.

Kemungkinan besar hal ini karena banyaknya dana yang disiapkan oleh pemerintah. Sehingga, bank BRI tidak memiliki kriteria khusus untuk calon debitur. Pastikan saja Anda melengkapi persyaratannya dan peluang disetujui akan makin tinggi.

5. Mudah Bayar Cicilan

Keunggulan berikutnya yang tak kalah menggiurkan adalah Anda diberikan kemudahan dalam hal pembayaran cicilan. Anda bisa membayar cicilan per bulan dengan langsung mendatangi kantor cabang bank BRI Syariah.

Merasa tidak ada waktu kesana? Jangan khawatir, karena Anda pun tetap bisa melunasi cicilan dengan membayar via PPOB atau Payment Point Online Bank. Contohnya seperti kantor pos, hingga beberapa minimarket terdekat.

Syarat Pinjam Uang di Bank BRI Syariah Jaminan BPKB Motor

Sudah mulai tertarik untuk mencoba pinjam uang di BRI Syariah pakai jaminan BPKB motor? Jangan lupa, seperti saat Anda meminjam uang di bank atau Lembaga keuangan lain. Ada syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi. Maka, perhatikan syarat pinjam uang jaminan BPKB motor di BRI Syariah berikut ini:

Ketentuan Pinjaman Dengan Jaminan BPKB Motor

Pertama terkait beberapa ketentuan peminjam. Sebagian besar ketentuan pinjam uang di BRI Syariah pakai jaminan BPKB motor memang cukup umum. Setidaknya, pastikan Anda sudah memenuhi ketentuan dan kriteria:

1. Memiliki Penghasilan Tetap

Bagi yang mau mencoba melakukan pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB motor di BRI Syariah, pastikan sudah memiliki penghasilan tetap. Penghasilan tetap ini begitu penting karena nantinya akan dipergunakan sebagai acuan cicilan pinjaman.

2. Ketentuan Umur

Berikutnya adalah soal ketentuan umur. Bank BRI Syariah menetapkan ketentuan khusus terkait umur calon debitur. Bagi Anda yang mau meminjam uang di sana dengan menggunakan BPKB motor sebagai jaminan pastikan sudah mencapai umur 21 tahun.

Lalu bagaimana yang sudah menikah? Untuk yang satu ini batas minimal harus mencapai minimal 18 tahun. Sementara untuk batas umur yang ditentukan adalah maksimal 60 tahun saat pelunasan pinjaman.

3. Usia Motor

Bukan hanya ketentuan usia calon debitur saja. Bank BRI Syariah juga menetapkan ketentuan khusus untuk motor yang BPKB-nya dipergunakan sebagai jaminan. Untuk motor yang mau Anda jaminkan, pastikan umurnya tidak melebihi 9 tahun. Jadi jika sudah lewat dari itu, kemungkinan besar permohonan pengajuan pinjaman Anda akan ditolak.

Selain itu, bukan hanya maksimal berumur 9 tahun saja. Anda juga harus pastikan motor yang dijaminkan tersebut sudah lunas. Artinya bukan berstatus kredit atau masih dalam proses cicilan.

4. Merupakan Warga Yang Berdomisili di Kantor Cabang Tersebut

Selain itu, untuk bisa mengajukan pinjaman di bank BRI Syariah adalah Anda juga harus memastikan tinggal di area kantor cabang bank tersebut. Sebetulnya syarat ini akan memudahkan Anda sendiri. Untuk mengurusnya jadi tak perlu jauh-jauh. Tidak membuang banyak uang untuk ongkos.

5. Dokumen Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Jika beberapa ketentuan di atas sudah dirasa bisa Anda siapkan, saatnya mengetahui dokumen apa saja yang perlu disediakan. Syarat dokumen sebenarnya tak seberapa sulit. Siapkan saja hal-hal berikut jika mau pengajuan pinjaman pakai jaminan BPKB motor di BRI Syariah disetujui

6. Fotocopy Kartu Keluarga

Dokumen pertama adalah fotocopy kartu keluarga. Pastikan dokumen satu ini Anda siapkan pertama kali karena sangat penting. Bila perlu Anda siapkan dan bawa yang asli saat pengajuan ke kantor cabang BRI Syariah.

7. Fotocopy KTP

Berikutnya adalah fotokopi KTP. Ini adalah persyaratan dokumen yang sama sekali tidak boleh sampai Anda lupakan. Pastikan KTP masih berlaku, karena Anda bisa langsung ditolak jika sebaliknya.

8. Foto Barang Jaminan

Agak sedikit kurang familiar, tapi ini memang syarat jika pengajuan pinjaman uang Anda di BRI Syariah pakai jaminan BPKB motor disetujui. Jadi Anda perlu memfoto barang yang mau dijaminkan.

Oleh karena dalam hal ini BPKB motor artinya Anda harus menyediakan beberapa foto. Pertama fisik sepeda motor itu sendiri. Kedua adalah dokumen surat motor tersebut yaitu STNK serta BPKB. Ini bukan fotokopi, tapi foto asli jadi silahkan diperhatikan baik-baik.

9. STNK dan BPKB Asli + Fotocopy

Apakah hanya foto dari STNK dan BPKB saja yang diperlukan? Tentu saja tidak, karena BPKB nantinya akan dijadikan jaminan. Maka baik STNK dan BPKB motor asli harus Anda bawa ketika melakukan pengajuan pinjaman di cabang BRI Syariah nanti. Jangan lupa juga sertakan copyan dari kedua dokumen kendaraan tersebut.

10. Fotocopy Slip Gaji

Anda pasti sudah membaca ketentuan siapa saja yang bisa mengajukan pinjaman ke BRI Syariah dengan jaminan BPKB motor tadi. Salah satu poin adalah harus memiliki penghasilan tetap bukan? Bagaimana pihak bank tahu jika Anda benar-benar memiliki penghasilan per bulan?

Dari fotocopy slip gaji ini sehingga jadi salah satu syarat dokumen yang perlu Anda siapkan. Kalau tidak ada slip gaji bagaimana? Anda bisa menggunakan surat keterangan penghasilan resmi sebagai alternatif. Lalu apabila ternyata Anda kesehariannya adalah seorang pengusaha? Silahkan menggunakan surat keterangan memiliki usaha/Kerja.

11. Pas Foto

Jangan lupa saat mau berangkat ke kantor cabang BRI Syariah untuk mengajukan pinjaman, bawa serta pas foto. Rata-rata calon debitur melupakan atau justru mengabaikan persyaratan ini, padahal sangat penting. Bawa beberapa buah pas foto Anda sebagai pihak yang mengajukan pinjaman untuk berjaga-jaga.

12. Punya Rekening di Bank BRI Syariah

Jika Anda merasa belum menjadi nasabah BRI Syariah, silahkan buka rekening dulu. Pasalnya, syarat untuk bisa mengajukan pinjaman di bank tersebut adalah sudah terdaftar menjadi nasabah. Lagipula tidak akan merugi menjadi nasabah bank BRI Syariah.

Seperti yang banyak orang ketahui, BRI Syariah adalah anak perusahaan Bank BRI yang sudah sangat populer dan terpercaya. Buka rekening di bank tersebut sangat mudah dan cepat. Anda akan dipandu dengan CS untuk bisa membuka rekening. Sehingga proses pengajuan pinjaman dapat segera dilakukan.

13. Materai 6000

Jangan lupa siapkan materai 6000. Walaupun nanti biasanya pihak bank menyediakannya, akan lebih baik Anda sudah mempersiapkan dari awal. Sebagai informasi saja, nantinya materai ini akan dipergunakan untuk dokumen yang akan ditandatangani oleh calon debitur.

Cara Pinjam Uang di Bank BRI Syariah Jaminan BPKB Motor

Saatnya Anda mengetahui bagaimana cara pinjam uang di bank BRI syariah jaminan BPKB motor. Jika Anda sudah benar-benar berminat, silahkan ikuti saja langkah-langkah di bawah ini. Dengan begitu pengajuan Anda bisa diproses lebih cepat:

1. Pergi ke Kantor Cabang BRI Syariah

Jika Anda merasa semua ketentuan dan syarat sudah lengkap, langsung ajukan saja pengajuan ke bank BRI Syariah. Untuk memperbesar peluang pengajuan Anda diterima, silahkan pilih kantor cabang yang dekat dengan lingkungan tempat tinggal Anda. Jangan lupa bawa dokumen persyaratan yang sudah dipersiapkan tadi.

2. Masuk Temui CS

Ketika sudah sampai kantor cabang BRI Syariah, silahkan ambil nomor antrian dulu. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil untuk bertemu CS yang bertugas. Apabila sudah waktunya Anda dipanggil, katakan maksud Anda yaitu ingin mengajukan pinjaman uang dengan jaminan BPKB motor.

3. Isi Formulir dan Berikan Semua Dokumen Persyaratan

Ketika CS mulai mengerti tujuan Anda, biasanya akan mengarahkan untuk pengisian form. Form ini khusus untuk pengajuan pinjaman. Jadi isi dengan baik dan lengkap, jangan ada satu data pun yang terlewat.

Sebelum itu, CS pun biasanya akan meminta Anda untuk menyerahkan semua dokumen persyaratan. Serahkan semua dokumen yang dimaksud pada CS untuk diperiksa kelengkapannya.

4. Pilih Besaran Pinjaman dan Tenornya

Langkah berikutnya setelah Anda mengisi formulir, CS akan mengarahkan untuk memilih besaran pinjaman dan tenor. Pilih yang benar-benar sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda merasa ragu, silahkan konsultasi pada CS biasanya akan memberikan alternatif terbaik.

5. Tanda Tangan Surat Perjanjian Pinjaman Bermaterai

Saat Anda sudah memilih besaran pinjaman dan tenornya, langkah berikutnya adalah tanda tangan dokumen perjanjian pinjaman. Tanda tangan di atas materai 6000 yang sudah dipersiapkan tadi.

6. Tunggu Beberapa hari

Berikutnya, Anda harus menunggu beberapa hari. Paling lama 3 hari karena bisa jadi lebih cepat. Pihak bank BRI Syariah akan menelepon Anda guna melakukan survey kendaraan yang mau dijaminkan.

7. Pihak Bank Melakukan Survey

Tiba pada hari dimana pihak bank akan melakukan survey pada kendaraan Anda. Pada tahap ini bank BRI Syariah akan melakukan pengecekan pada kondisi motor. Pada umumnya, jika sudah sampai tahap ini, kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda disetujui.

8. Pengajuan Disetujui

Apabila memang pengajuan pinjaman Anda sudah disetujui, artinya dana bisa langsung ditransfer. Nantinya, jumlah nominal akan disesuaikan dengan taksiran pada saat survey. Dana pinjaman akan ditransfer ke rekening yang sudah terdaftar di BRI Syariah pada saat pengajuan.

9. Bayar Cicilan Bulanan

Apabila pengajuan pinjaman Anda sudah disetujui, Anda pun berkewajiban untuk membayar cicilan sesuai dengan perjanjian awal. Besarnya cicilan bulanan disesuaikan dengan kesepakatan bersama pihak bank BRI Syariah. Jangka waktu pelunasan pun cukup bervariasi yaitu 12 bulan, 24 bulan, dan 48 bulan.

Untuk memberikan pandangan buat Anda ketika mengajukan pinjaman uang dengan jaminan BPKB di bank Syariah BRI, ada contoh cicilannya. Dalam contoh di bawah ini diasumsikan Anda meminjam dana sebesar 10 juta rupiah. Jadi untuk pinjaman dengan nominal tersebut, cicilan yang perlu dibayar adalah:

  • Anda memilih jangka waktu 12 bulan, maka cicilan per bulan yaitu Rp698.000,-
  • Jika memilih jangka waktu 24 bulan, maka cicilan per bulan yang perlu dibayar adalah Rp370.000,-
  • Anda memilih jangka waktu 36 bulan, cicilan per bulannya adalah Rp 263.000,-
  • Apabila Anda memilih jangka waktu 48 bulan, cicilan per bulannya yaitu Rp 211.000,-

Lalu dimana Anda bisa membayar cicilan tersebut? Jangan khawatir, sama mudahnya dengan cara pinjam uang di bank BRI syariah jaminan BPKB motor. Begitu juga saat Anda membayar cicilan per bulan.

Para debitur dapat membayar cicilan pinjaman ke kantor cabang BRI Syariah atau via payment point online bank (PPOB). Contoh PPOB itu apa saja? Bisa kantor pos, hingga minimarket terdekat. Anda harus tahu jika pinjam uang dengan jaminan BPKB motor di BRI Syariah memang terbukti memberikan banyak keuntungan dan kemudahan.

Tips Menggunakan BPKB Sebagai Jaminan Mengajukan Pinjaman ke Bank

Anda sudah tahu cara pinjam uang di bank BRI syariah jaminan BPKB motor. Sekarang, sepertinya juga butuh tips untuk mengajukan pinjaman menggunakan BPKB motor sebagai jaminan. Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman dan tujuan pun tercapai. Berikut penjelasan selengkapnya yang dapat digunakan sebagai referensi:

1. Pilih Tempat Terpercaya

Di luar saja, banyak sekali Lembaga keuangan baik bank maupun non bank yang menawarkan layanan pinjaman uang dengan BPKB motor sebagai jaminan. Hanya saja, Anda harus berhati-hati memilihnya. Sebab bisa saja ada tempat yang ternyata belum terdaftar di OJK atau otoritas jasa keuangan. Sehingga, ada baiknya Anda cek dulu tempat peminjaman uang tersebut. Pastikan memang sudah terdaftar di OJK supaya main aman.

2. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Jika pengajuan pinjaman Anda sudah disetujui, jangan langsung sedang. Anda tetap punya kewajiban yaitu membayar cicilan tiap bulan. Usahakan untuk selalu membayar cicilan tepat waktu sesuai dengan ketentuan.

Anda bisa dapat masalah jika sampai terjadi kredit macet. Kemungkinan terburuknya adalah motor dapat disita oleh bank. Ini sebagai jaminan untuk menutup hutang Anda yang tak dibayar tersebut.

3. Pilih Pinjaman Bank Dengan Cicilan Ringan

Setiap bank atau Lembaga keuangan tentu punya cara tersendiri dalam menentukan besarnya cicilan. Oleh sebab itu, calon debitur ada baiknya mampu membandingkan besaran cicilan dari satu bank ke bank lain.

Seperti bank BRI Syariah, penentuan cicilan bukan berdasarkan bunga, karena tidak sesuai dengan konsep Syariah. BRI Syariah ini menggunakan sistem akad mudharabah yang beda dengan lainnya.

4. Ketahui Syarat dan Ketentuan Pinjaman

Anda juga wajib memperhatikan syarat dan ketentuan masing-masing bank yang akan memberikan pinjaman. Bank satu dengan yang lain tentu memilih ketentuan dan syarat masing-masing. Memahami ketentuan dan syarat dengan baik akan meningkatkan peluang pengajuan pinjaman diterima.

Demikian tadi cara pinjam uang di bank BRI syariah jaminan BPKB motor. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat buat Anda dan semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url