Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku Terbaru 2022

Cara membatalkan pesanan di Akulaku - Saat ini, platform belanja dan pinjaman online semakin marak di kehidupan masyarakat. Pasalnya, banyak masyarakat yang ingin berbelanja, namun tertahan oleh biaya yang belum ada saat itu.

Sehingga, muncul salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk berbelanja, lalu membayarnya dengan cara dicicil. Platform yang dimaksud disini dan bisa Anda gunakan adalah Akulaku.

Akulaku menjadi salah satu e-commerce yang sekaligus memberikan layanan pembayaran cicilan untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui fitur Akulaku Pay.

Melalui platform ini, Anda dapat berbelanja secara mencicil tanpa harus menggunakan kartu kredit.

Menariknya, fitur pembayaran yang ada di Akulaku tak hanya dapat Anda gunakan saat berbelanja di Akulaku saja. Tetapi, Anda bisa menggunakan di e-commerce lain, seperti Shopee, Bukalapak, Blibli hingga JD.ID.

Apabila Anda ingin mengenal lebih jauh terkait Akulaku, mulai dari cara mengajukan cicilan, syarat, hingga pembatalan pesanan, maka bisa simak informasi di bawah ini.

Mengenal Akulaku: Platform Belanja Online dengan Metode Cicilan

Akulaku merupakan salah satu aplikasi belanja online yang memberikan penawaran pembayaran serta cicilan dan produk pinjaman online dengan limit kredit cukup besar.

Tentunya, Anda dapat mengajukan cicilan pembelian barang atau pinjaman dengan cepat, yaitu kurang dari 24 jam. Hal ini membuat e-commerce Akulaku lebih banyak disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Untuk cicilan produk yang dibeli, kamu dapat memilih tenor cicilan, mulai dari 3,6, hingga 12 bulan dengan bunga yang rendah.

Selain itu, Akulaku memiliki tiga jenis layanan yang bisa Anda pilih, yaitu:

1. Aku Cicil

Aku Cicil merupakan fasilitas cicilan yang bisa Anda gunakan untuk membeli produk atau barang secara online tanpa menggunakan kartu kredit. Tentunya, Anda dapat membeli beragam produk dari merchant yang bekerjasama dengan Akulaku, baik itu secara online maupun offline.

Menariknya, pengguna Akulaku akan memiliki limit berbeda-beda tergantung skor kredit. Namun, maksimal limit yang akan dimiliki oleh pengguna adalah sebesar Rp15.000.000.

2. KTA Asetku

KTA Asetku merupakan produk pinjaman online tanpa agunan yang bisa dinikmati oleh semua masyarakat Indonesia. Proses pengajuan KTA Asetku terbilang cepat, bahkan hanya dalam beberapa menit saja.

Apalagi, syarat yang diharuskan hanya perlu melampirkan KTP dan data identitas pribadi resmi saja. Sehingga, layanan ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan dana darurat.

3. Dana Cicil

Produk layanan terakhir dari Akulaku adalah Dana cicil. Produk ini bisa memberikan Anda pinjaman online hingga 12 juta dengan tenor cicilan sampai 15 bulan. Sama halnya dengan KTA Asetku, Dana Cicil memiliki proses mudah dan dana yang Anda pinjam akan langsung cair ke rekening pribadi hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Apabila Anda ingin mencoba menggunakan produk Aku Cicil atau Akulaku Pay untuk berbelanja barang kebutuhan di Akulaku, maka perlu mengetahui cara ajukan cicilan, syarat hingga limit pinjaman.

Cara Mengajukan Cicilan Pesanan di Akulaku

  • Silakan download aplikasi Akulaku di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS terlebih dahulu.
  • Anda bisa mendaftar sebagai pengguna dengan mengisi nomor telepon aktif serta masukkan 5 digit kode verifikasi yang terkirim melalui SMS.
  • Silakan ajukan limit kredit Anda dengan cara masukkan informasi pribadi, seperti nama lengkap sesuai KTP, email, informasi keluarga, lalu ‘Ajukan Limit Kredit’.
  • Jika limit kredit sudah disetujui, Anda akan menerima notifikasinya melalui SMS.
  • Kini, layanan Aku Cicil atau Akulaku Pay sudah bisa Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan aplikasi belanja online lain dan ingin membayar menggunakan Akulaku, maka bisa ikuti cara berikut.

  • Ketika akan melakukan check out, pilih metode pembayaran ‘Akulaku’.
  • Jika sudah konfirmasi pembayaran, Anda akan otomatis masuk ke Akulaku Pay.
  • Silakan ajukan pendaftaran dengan cara klik ‘Daftar’, lalu ikuti intruksinya dengan baik sampai selesai.

Syarat Mengajukan Kredit Pesanan di Akulaku

Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit pesanan di Akulaku, maka ada beberapa syarat yang mesti diperhatikan, yaitu:

  • Wajib memiliki E-KTP
  • Usia minimal 23 tahun
  • Domisili Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta
  • Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Untuk pengusaha, wajib melampirkan fotokopi NPWP maupun daftar rekening koran

Cara Ajukan Limit Kredit di Aplikasi Akulaku

Jika Anda ingin mendapatkan limit kredit Akulaku, maka harus mengajukan dulu dengan menggunakan KTP. Perlu Anda ketahui, KTP ini tidak bisa diganti dengan SIM, Paspor atau lainnya.

Adapun cara mengajukan limit kredit di Aplikasi Akulaku adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke aplikasi Akulaku, kemudian klik menu ‘Keuangan’.
  • Klik ‘Pengajuan Limit Kredit’ dan buka ‘Aku Cicil’.
  • Isi semua informasi pribadi dengan lengkap dan tepat.
  • Isi kontak darurat dan informasi pekerjaan dengan benar.
  • Anda akan mendapatkan limit virtual, namun harus mengupload data lain agar bisa memiliki limit kredit sebenarnya.
  • Beberapa dokumen yang harus Anda upload adalah foto KTP, foto diri sendiri sambil memegang KTP, kemudian masukkan NIK milik Anda.
  • Lengkapi foto yang diperlukan dan pastikan data sudah jelas.
  • Anda bisa mengisi otoritas akun Facebook maupun BPJSTKU, namun bagian ini bisa juga di skip.
  • Kirim semua data itu dan tunggu verifikasi.
  • Jika hasil verifikasi lolos, maka pengajuan limit kredit berhasil Anda dapatkan.

Anda berhak mendapatkan limit kredit hingga 15 juta dengan tenor mulai dari 1 bulan sampai 12 bulan. Dengan begitu, Anda bisa berbelanja keperluan pribadi yang sedang dibutuhkan melalui platform Akulaku.

Namun, bagaimana jika barang yang Anda pesan ternyata keliru dan ingin membatalkannya? Apakah bisa membatalkan pesanan yang ada di Akulaku?

Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Bisakah Pesanan di Akulaku Dibatalkan?

Apabila produk yang Anda pesan belum juga diproses atau Anda keliru dan ingin membatalkan pesanannya, maka hal ini masih bisa dilakukan. Cukup klik opsi ‘Batalkan Pesanan’ yang ada dalam aplikasi Akulaku.

Namun, ada beberapa syarat yang harus Anda perhatikan untuk membatalkan pesanan di Akulaku tersebut. Untuk syaratnya sendiri akan dibahas pada ulasan di bawah ini.

Syarat Membatalkan Pesanan di Akulaku

  • Penjual tidak menunjukkan aktivitas, sehingga membuat pesanan Anda tidak kunjung di proses dalam waktu lama.
  • Kesalahan ketika membeli produk, mulai dari salah ukuran, warna atau hal lainnya.
  • Stok produk sudah kosong dan Anda terlanjur sudah memesannya. Namun, biasanya pihak penjual akan menghubungi Anda via Whatsapp, lalu menginformasikan bahwa produk sudah kosong. Penjual akan menawarkan produk lain, tapi jika Anda tidak bersedia, maka cukup batalkan pesanan saja.

Apabila Anda memiliki salah satu syarat di atas, maka proses pembatalan bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Cara membatalkan pesanan di Akulaku terbilang mudah dan bisa Anda lakukan dalam waktu beberapa menit saja. Namun, perlu diperhatikan syarat pembatalan pesanan di atas terlebih dahulu, ya.

Jika sudah sesuai dan yakin ingin membatalkan pesanan, maka bisa ikuti cara membatalkan pesanan di Akulaku berikut.

  • Silakan buka aplikasi Akulaku yang ada pada smartphone Anda.
  • Klik menu ‘Bills’ untuk melihat apakah limit yang Anda miliki sudah terpotong atau belum.
  • Jika limit sudah terpotong, Anda bisa klik ‘Pesananku’, lalu akan muncul ‘Menunggu Hasil Pembayaran’ dan pesanan akan dibatalkan.
  • Selanjutnya, klik ‘Rincian Pesanan’ dan pilih opsi ‘Batalkan Pesanan’.
  • Klik ‘Konfirmasi’ dan kembali ke menu Bills, maka limit otomatis akan bertambah kembali seperti sebelumnya.

Setelah mengikuti cara di atas, maka Anda sudah berhasil membatalkan pesanan yang ada di aplikasi Akulaku. Namun, perlu diingat bahwa proses pembatalan bisa dilakukan jika Anda sudah memenuhi syarat di atas.

Jadi, jangan sampai Anda sembrono dan membatalkan pesanan tanpa pikir panjang. Pastikan sebelum membatalkan pesanan seperti di atas, Anda dapat melakukan pembatalan pesanan melalui cara berikut.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Sudah Dibayar

Jika Anda ingin membatalkan pesanan di Akulaku yang sudah dibayar, maka jangan terburu-buru untuk membatalkannya. Pasalnya, proses refund akan memakan waktu lama.

Sehingga, pastikan Anda membatalkan pesanan yang sudah dibayar ketika pesanan sudah diterima saja. Setelah itu, barulah Anda bisa membatalkan pesanan dari Akulaku.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku yang Belum Dibayar

Cara membatalkan pesanan di Akulaku yang belum dibayar juga tidak perlu kamu lakukan secara terbutu-buru. Tunggulah hingga batas waktu yang ditentukan, sebab jika pesanan tidak diproses dalam jangka waktu lama, maka pihak Akulaku akan membatalkan pesanan secara otomatis.

Sehingga, dana atau limit akan kembali ke dalam akun Anda secara utuh. Apabila Anda membatalkan pesanan secara manual, maka proses refundnya akan diverifikasi selama berhari-hari. Hal ini akan membuat dana dalam akun Akulaku dapat kembali dalam jangka waktu lama.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku dengan Menghubungi Penjual

Cara membatalkan pesanan di Akulaku juga bisa Anda lakukan dengan menghubungi penjual bersangkutan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Akulaku terlebih dahulu.

Selanjutnya, masuk ke menu ‘Pesananku’, lalu lihat bagian samping nama penjual ada opsi ‘Hubungi’.

Klik opsi ‘Hubungi’, kemudian katakan bahwa Anda ingin meminta pembatalan pesan di Akulaku. Sampaikan juga alasannya agar pihak penjual dapat memaklumi dan menerima keinginan Anda tersebut.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku Melalui Chat Penjual

Selain menghubungi langsung penjual melalui opsi ‘Hubungi’, Anda juga bisa mengirim chat kepada penjual langsung dari lapak jualan.

Sampaikan dengan rinci alasan Anda ingin membatalkan pesanan, seperti barang mengalami masalah atau ketidakcocokan lainnya.

Apabila chat Anda tidak direspon oleh penjual selama berhari-hari, maka jangan bingung dulu. Lebih baik screenshoot bukti chatnya untuk melanjutkan proses pembatalan pesanan.

Dengan begitu, proses pembatalan pesanan masih bisa dilakukan dengan menghubungi pihak customer service Akulaku, atau Anda bisa klik ‘Batalkan Pesanan’ dan menunggu selama beberapa hari.

Namun, jika pembatalan pesanan ingin dilakukan secara cepat, Anda harus menghubungi pihak CS Akulaku sambil melampirkan bukti screenshoot yang Anda miliki.

Cara Membatalkan Pesanan via Customer Service Akulaku

Cara membatalkan pesanan via customer service Akulaku menjadi cara terakhir yang bisa Anda lakukan. Anda dapat menghubungi CS Akulaku melalui berbagai cara, baik itu telepon, email maupun Whatsapp ke nomor resmi mereka.

Adapun nomor resmi CS Akulaku yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Call Center Akulaku 24 jam nonstop: 1500920
  • Nomor Whatsapp Akulaku: 0811-1350-8161
  • Email resmi Akulaku: cs.id@akulaku.com

Anda dapat menghubungi salah satu dari nomor di atas sesuai keinginan untuk membatalkan pesanan yang ada dalam aplikasi Akulaku. Pastikan Anda menyampaikan pengajuan pembatalan pesanan dengan bahasa mudah dipahami, detail, serta bukti yang menguatkan.

Sehingga, pihak Akulaku akan membantu Anda dalam proses pembatalan pesanan yang ada dalam aplikasi. Anda tidak perlu menunggu waktu lama, sebab proses pembatalan ini bisa dilakukan secara cepat hanya dalam waktu kurang 24 jam.

Namun, jika membutuhkan waktu lebih banyak, maka proses pembatalan akan dilakukan maksimal 3x24 jam kerja.

Cara Menyampaikan Komplain atau Keluhan di Akulaku

Jika Anda memiliki komplain, keluhan atau pertanyaan kepada Akulaku, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubunginya, yaitu:

  • Biar lebih mudah dan cepat mendapatkan respon, Anda dapat bertanya kepada customer service Akulaku melalui layanan Live Chat.
  • Kalau belum merasa puas dengan jawaban yang diberikan, Anda dapat menghubungi secara langsung via call center Akulaku, yaitu 1500920.
  • Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan pertanyaan maupun keluhan ke email resmi Akulaku, yaitu cs.id@akulaku.com.
  • Bahkan, Anda pun bisa menghubungi media sosial yang dimiliki oleh Akulaku, baik via Facebook maupun Instagram resminya.
  • Apabila kamu berada dekat dengan kantor pusat Akulaku dan memiliki waktu senggang, maka bisa langsung datang ke kantor pusat Akulaku, yaitu di Gedung Graha Lestari Lantai 11 Zona 5. Namun, jika lokasinya cukup jauh, maka cukup datangi kantor cabangnya saja untuk melakukan komplain tersebut.

Dengan melakukan cara-cara tersebut, maka penyampaian pertanyaan, keluhan atau komplain Anda dapat ditindaklanjuti dengan baik. Pihak Akulaku akan memberikan solusi atas masalah Anda dan bersama-sama untuk menyelesaikannya secara tepat.

Tips Refund Dana di Aplikasi Akulaku

Perlu Anda ketahui bahwa dana yang digunakan untuk pembelian produk dari marketplace Akulaku dapat di refund. Tentunya, hal ini dapat dilakukan ketika Anda mengikuti beberapa tips berikut.

  • Pastikan Anda menggunakan aplikasi Akulaku versi terbaru agar bisa mempermudah proses refund dana.
  • Setelah itu, Anda dapat langsung melakukan refund, dimana pengembalian dana ini akan kembali ke limit saldo akun sesuai pembatalan pesanan itu sendiri.
  • Untuk melihat apakah saldo sudah kembali atau belum, Anda dapat langsung mengecek bagian menu Bills dari opsi Personal.
  • Jika saldo sudah masuk, Anda dapat menarik uang itu ke akun rekening bank yang terdaftar dalam aplikasi Akulaku tersebut.
  • Apabila kamu kesulitan dalam melakukan penarikan uang, segera hubungi customer service Akulaku untuk meminta bantuan.

Proses refund dana dari pembatalan pesanan ini akan memakan waktu maksimal 1 hari kerja setelah pembatalan berhasil dilakukan. Jika saldo belum juga kembali setelah satu hari, Anda harus menghubungi CS Akulaku dan menanyakan hal tersebut.

Sementara untuk proses penarikan uang dari saldo Akulaku akan membutuhkan waktu mulai dari 7 hari dan maksimal selama 14 hari kerja, setelah Anda mengajukan penarikan saldo.

Sebelum melakukan penarikan, pastikan Anda mengecek informasi rekening agar terhindar dari kesalahan transfer atau hal lainnya.

Tips Sebelum Belanja di Akulaku

Agar terhindar dari pembatalan pesanan di Akulaku, Anda bisa mengikuti beberapa tips sebelum belanja di Akulaku berikut ini.

  • Perhatikan Bunga Kredit

Perlu Anda ketahui bahwa bunga kredit yang dimiliki oleh Akulaku cukup besar. Walaupun saat pertama kali Anda menggunakan cicilan sangat mudah, tetapi Anda harus memikirkan masa yang akan datang.

Pastikan Anda memilih produk cicilan di Akulaku sesuai kebutuhan saja dan jangan tergiur oleh produk lain yang tidak Anda butuhkan. Hal ini untuk mengantisipasi bunga yang terlalu tinggi, sehingga Anda akan terjebak dan sulit melakukan pembayaran.

  • Jangan Sampai Telat Membayar Cicilan

Ingatlah bahwa ketika Anda membayar cicilan lebih dari jatuh tempo, maka akan dikenakan denda yang cukup besar. Selain itu, Anda akan mendapatkan panggilan terus dari pihak Akulaku yang akan mengganggu aktivitas Anda.

Apalagi jika sampai telat lebih dari 2 bulan, maka tempat tinggal Anda akan langsung didatangi oleh pihak debt collector Akulaku.

Jika hal itu tidak ingin terjadi kepada Anda, maka pastikan untuk membayar cicilan secara tepat waktu, ya. Hal ini akan menjaga kredibilitas kredit Anda serta mengamankan data pribadi Anda agar tidak kesebar ke pihak luar.

  • Pilih Merchant yang Terpercaya dan Aktif

Apabila Anda baru pertama kali belanja di Akulaku, maka pastikan untuk memperhatikan merchant yang aktif dan terpercaya. Pasalnya, seringkali ada beberapa merchant yang sudah tidak beroperasi dan menghambat proses pengiriman barang pesanan Anda.

Ada baiknya Anda melihat aktivitas pembelian serta rating dari produk tersebut. Jika ratingnya bagus dan ulasan para pembeli juga masih baru, maka Anda bisa memilih merchant itu untuk membeli produknya.

Kalau sudah begitu, Anda bisa langsung membeli produk dan pihak merchant akan langsung mengemas pesanan Anda. Biar lebih mudah, silakan pilih merchant yang se-domisili dengan Anda. Supaya proses pengiriman lebih mudah dan cepat.

  • Pastikan untuk Bertanya Terkait Ketersediaan Produk dan Spesifikasinya Kepada Penjual

Jika Anda ingin bertanya-tanya terkait produk kepada pihak penjual, maka bisa chat penjual saat itu juga. Sampaikan bahwa Anda ingin bertanya terkait ketersediaan produk serta spesifikasi lengkapnya.

Apabila produk dengan spesifikasi yang Anda inginkan tidak tersedia, maka bisa mencari merchant lain. Kalau sudah ketemu lagi, coba bertanya kepada penjual terkait stock produknya.

Jika mereka masih menyediakan stock produk yang Anda inginkan, maka segera lakukan pemesanan. Jangan lupa untuk membayar dengan metode cicilan dari Akulaku. Pastikan Anda memilih limit yang tepat sesuai kemampuan agar tidak telat membayar dari jatuh tempo.

Kalau sudah dipesankan, penjual pun akan memproses pesanan dan Anda tinggal menunggu saja sampai pesanan datang ke rumah.

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku - Tanya Jawab

Apa itu saldo Akulaku?

Saldo Akulaku merupakan dompet digital yang dapat Anda gunakan untuk membayar cicilan, pesanan barang serta tarik dana ke bank.

Apakah pinjaman Akulaku bisa dibatalkan?

Anda bisa melakukan pembatalan pinjaman maupun pesanan Akulaku dengan cara menghubungi Customer Service Akulaku, baik itu melalui Whatsapp, Email atau Telepon.

Berapa limit kredit Akulaku bagi pengguna baru?

Limit kredit bagi pengguna baru Akulaku adalah mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 1,5 juta.

Apakah kredit barang di Akulaku Aman?

Akulaku sudah diawasi dan terdaftar resmi di OJK, sehingga aman bagi Anda yang ingin melakukan kredit barang disini. Terkait keamanan ini, Anda dapat melihatnya dari Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-436/NB.11/2018, pada tanggal 18 April 2018.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url