KUR BRI 100 Juta: Ketahui Syarat, Angsuran Serta Cara Pengajuannya!

kur bri 100 juta

Artikel diperbarui pada 30 Juni 2023.

KUR BRI 100 juta bisa diajukan oleh pelaku UMKM, untuk mengembangkan usahanya. Pinjaman yang bisa bermanfaat untuk modal usaha tersebut, dihadirkan oleh bank BRI dengan persentase bunga yang rendah, yaitu sebesar 6%.

Program peminjaman dana bagi pelaku UMKM tersebut menjadi langganan bagi para pengusaha. Hal tersebut disebabkan oleh kemudahan akses, kecepatan dalam pencairan dana, dan juga persyaratan yang tidak rumit. Oleh sebab itu, banyak pelaku UMKM yang menggunakannya.

Pada program KUR BRI tersebut, nasabah juga tak perlu memberikan jaminan apapun. Sebelum mengajukan pinjaman dana, alangkah baiknya jika pelaku UMKM mengetahui dengan rinci akan persyaratan hingga pada cara pengajuannya berikut:

Syarat Pengajuan KUR BRI 100 Juta

Pengajuan dana pinjaman atau KUR BRI bagi pelaku UMKM tentunya mempunyai pelbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi. Nantinya persyaratan tersebut, menjadi hal yang wajib dimiliki oleh pelaku UMKM agar bisa mendapatkan pinjaman.

Syarat yang perlu dipenuhi oleh pelaku UMKM tidak akan memberatkan, malah bisa dibilang mudah untuk dipenuhi. Proses pengajuan akan jauh lebih cepat jika semua syarat pengajuan bisa dipenuhi. Oleh sebab itu, harap simak persyaratannya dengan baik.

Apabila semua syarat yang tersedia telah dipenuhi, maka pelaku UMKM akan dapat meminjam dana sampai dengan 100 juta. Pastikan juga untuk mengatur angsuran bulanan dengan keuntungan usaha yang seimbang, agar bisa membayarnya. Mari simak persyaratannya berikut:

  • Dilakukan oleh perorangan atau individu.
  • Mempunyai usaha yang telah dijalankan dengan kurun waktu minimal enam bulan.
  • Usaha yang dijalankan tersedia di salah satu lapak e-commerce semacam Tokopedia, Lazada, Shopee, Gojek, dan sebagainya.
  • Tidak sedang aktif dalam kegiatan kredit perbankan, kecuali pada kredit konsumtif seperti KPR, Kartu Kredit, beserta KKB.
  • Melengkapi pelbagai macam persyaratan administrasi semacam fotokopi KK (Kartu Keluarga), KTP, surat nikah, agunan, NPWP, beserta surat izin usaha.

Semua persyaratan di atas tentunya tidak akan berat untuk dilengkapi. Pelaku UMKM hanya perlu menyiapkan pelbagai berkas yang dibutuhkan saja. Usaha yang dijalankan juga harus benar-benar berusia minimal enam bulan agar pinjaman bisa diproses.

Apabila sudah mengetahui dengan seksama pelbagai persyaratannya, pelaku UMKM bisa langsung menyimak ulasan mengenai angsurannya. Waktu cicilannya pun tersedia mulai dari 12 hingga 60 bulan dengan suku bunga yang rendah. Langsung saja simak ulasan berikut:

Angsuran KUR BRI 100 Juta

Usai menyimak pelbagai persyaratan yang harus dipenuhi guna pengajuan KUR BRI 100 juta, kini pelaku UMKM bisa mengetahui angsurannya. Syarat yang tersedia di atas tergolong mudah dan tidak ribet untuk dipenuhi.

Pelaku UMKM cukup melengkapi semua persyaratan di atas agar bisa mendapatkan dana pinjaman secara cepat. Nantinya pihak bank juga akan mendatangi lokasi UMKM secara langsung guna meninjau kelayakan peminjaman.

Jika semua proses telah dijalani dengan baik, maka pinjaman akan langsung dicairkan ke rekening BRI milik nasabah. Hal penting yang juga harus diurus adalah penentuan besaran cicilan setiap bulan jika meminjam dana sebesar 100 juta.

Mengenai bunga yang ditetapkan oleh bank BRI bagi program KUR ini adalah sebesar 6% per tahun. Berapapun nominal pinjaman yang diajukan, akan mendapatkan bunga sebesar 6%. Suku bunga tersebut, terbilang kecil terlebih lagi bagi para pelaku UMKM.

Oleh sebab itu, banyak pengusaha UMKM yang mengajukan KUR BRI tersebut. Mari simak dengan seksama rincian angsuran yang bisa dibayar saat mengajukan KUR sebesar 100 juta berikut:

  • 12 bulan: Rp. 8.606.643/bulan.
  • 18 bulan: Rp. 5.823.849/bulan.
  • 24 bulan: Rp. 4.432.057/bulan.
  • 36 bulan: Rp. 3.042.188/bulan.
  • 48 bulan: Rp. 2.348.354/bulan.
  • 60 bulan: Rp. 1.933.604/bulan.

Tenor cicilan mulai dari 12 hingga 60 bulan tersebut sudah ditambah dengan bunga sebesar 6%. Pastikan untuk memilih tenor waktu pinjaman selaras dengan keuntungan yang diperoleh pada usaha yang dijalankan, agar mudah untuk membayarnya.

Cara Pengajuan KUR BRI 100 Juta

Mari beralih ke cara pengajuan dana pinjaman untuk investasi ataupun pengembangan bisnis UMKM melalui program KUR BRI. Jika pelaku UMKM sudah mengetahui secara pasti akan persyaratan beserta angsuran dan bunga KUR BRI, cara pengajuannya pun perlu diketahui.

Caranya bisa dilakukan melalui dua metode, yaitu langsung ke cabang bank BRI terdekat ataupun secara online. Kemudahan cara yang disediakan oleh bank BRI tersebut tentu akan menghemat waktu para pelaku UMKM. Mari simak kedua caranya berikut:

1. Melalui Offline

Langsung mendatangi kantor cabang BRI terdekat merupakan salah satu cara yang bisa dijalankan oleh pelaku UMKM. Kelebihan dari cara yang pertama ini, akan mempercepat proses peminjaman ke bank BRI dikarenakan langsung mendatangi kantornya.

Pelaku UMKM yang berkenan mengajukan pinjaman bisa langsung datang ke kantor dengan membawa seluruh berkas persyaratan di atas. Alur pendaftarannya bisa mengikuti ulasan yang telah disediakan berikut:

  • Persiapkan semua persyaratan dokumen yang harus dibawa guna pengajuan KUR.
  • Periksa kelengkapan data yang akan diajukan.
  • Datangi kantor cabang BRI terdekat.
  • Sampaikan ke customer service jika ingin mengajukan KUR.
  • Ikuti semua prosedur pendaftaran agar bisa memperoleh dana pinjaman secara cepat.
  • Tunggu proses verifikasi beserta tinjauan langsung dari pihak bank ke lokasi UMKM.
  • Dana akan langsung dicairkan ke rekening BRI yang dimiliki setelah semua prosedur telah dilaksanakan dan layak untuk diberikan pinjaman.

Cara yang satu ini, bisa dilakukan saat nasabah mempunyai waktu yang luang. Hal tersebut disebabkan karena prosedurnya akan membutuhkan lebih banyak waktu. Jadi, persiapkan waktu yang tepat saat akan mengajukan pinjaman dana secara offline atau langsung ke tempat.

2. Melalui Online

Tak hanya via offline saja, cara pengajuan pinjaman untuk pelaku UMKM pun bisa dijalankan secara online melalui website KUR BRI. Tentunya kelebihan cara yang satu ini lebih efisien, karena tak harus mengantri seperti saat pengajuan secara langsung.

Namun, nasabah yang akan mengajukan pinjaman secara online juga harus mempersiapkan pelbagai persyaratan administrasinya via soft file. Mulai dari scan fotokopi KK, KTP, NPWP, hingga pada surat perizinan usaha harus tampak jelas dan valid.

Dokumen-dokumen tersebut harus terlihat jelas dibaca, tidak buram, dan pastinya merupakan dokumen asli. Nantinya akan ada peninjauan lebih lanjut guna mengecek semua keabsahan persyaratan tersebut. Mari simak alur lengkapnya berikut:

  • Masuk ke website resmi dari KUR BRI yang bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencarian.
  • Usai masuk ke halaman utama website KUR BRI, maka silahkan klik menu “Ajukan Pinjaman”.
  • Masuklah menggunakan akun yang sebelumnya telah dibuat di website resmi BRI.
  • Jika belum mempunyai akun tersebut, maka nasabah bisa klik menu “Daftar” dan mengikuti serangkaian prosesnya.
  • Proses peminjaman nantinya akan dihadirkan pada sejumlah pertanyaan dan nasabah cukup klik “Setuju”.
  • Masukkan pelbagai syarat administrasi yang dibutuhkan guna peninjauan pinjaman agar cepat dicairkan.

Demikian ulasan mengenai syarat, angsuran, beserta cara pengajuan KUR BRI 100 juta yang bisa dipahami oleh nasabah. Dengan menyimak ulasan di atas, maka nasabah akan dapat mengetahui secara pasti mengenai alur pengajuan pinjaman ke BRI.

Related Posts

biaya transfer bsi ke bca

Ketahui Biaya Transfer BSI Ke BCA dari Berbagai Platform 

Artikel diperbarui pada 10 Desember 2023. Sebagaimana bank lainnya, pastinya akan dikenakan biaya transfer jika transaksinya dari dua bank yang berbeda. Termasuk, biaya transfer BSI ke BCA…

Cek Saldo Manulife – Cara Mudah dan Cepat Melakukan Pengecekan Saldo

Artikel diperbarui pada 10 Desember 2023. Tak Perlu Bingung Lagi, Ini Dia Cara Mudah dan Cepat Cek Saldo Manulife Kamu sebagai nasabah Manulife tentu pernah mengalami kebingungan…

Kenapa Tidak Bisa Cek Saldo JHT?

Artikel diperbarui pada 10 Desember 2023. Masalah yang Sering Terjadi Kamu mungkin pernah mengalami kesulitan saat ingin mengecek saldo JHT secara online. Hal ini bisa terjadi karena…

Cara Cek Saldo KIP – Mengetahui Dana Siswa dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 9 Desember 2023. Masih Bingung Cara Cek Saldo KIP? Baca Ini! Apakah kamu sedang mencari cara cek saldo KIP dengan mudah dan efektif? Jangan…

Cek Saldo PKH 2022: Cara Mudah Mendapatkan Informasi Terkini

Artikel diperbarui pada 9 Desember 2023. Perkenalan Apakah kamu salah satu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)? Jika iya, maka kamu pasti ingin tahu bagaimana cara cek…

Cara Cek Saldo K Vision

Artikel diperbarui pada 9 Desember 2023. Cara Mudah Cek Saldo K Vision Apakah kamu sering mengalami kebingungan mengecek saldo K Vision? Sebagai pengguna K Vision, pastinya kamu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *