Simak Cara Jualan Di Shopee Food Agar Produk Semakin Banyak Dikenal!

Cara Jualan Di Shopee Food

Bagi yang tengah memulai membuka bisnis makanan, maka tak ada salahnya jika mempraktekkan bagaimana cara jualan di shopee food agar penjualan lebih baik. Shopee food sendiri baru beberapa tahun ini diluncurkan. Sehingga mitranya pun belum sebanyak platform lainnya. 

Karena itu, bagi pebisnis pemula masih ada kesempatan terbuka untuk sukses di sana. Namun tentunya ada berbagai persyaratan yang dibutuhkan sebagai langkah pendaftaran. Meski begitu, persyaratannya pun tidak terlalu rumit. 

Jadi jika memang ingin bermitra dengan Shopee food, maka kali ini akan diulas mengenai cara yang dapat dilakukan. Sehingga pengguna juga harus memperhatikan beberapa persyaratan yang diperlukan. Langsung sama simak penjelasannya, berikut:

Sekilas Tentang Shopee Food 

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara berjualan makanan di Shopee food, maka sebelumnya ketahui terlebih dahulu mengenai Shopee food ini. Dimana Shopee food ini merupakan fitur terbaru dari Shopee. Banyak makanan siap saji yang ditawarkan di dalamnya. 

Sama seperti aplikasi yang menjadi indukan yakni Shopee, Shopee food ini juga membuka kemitraan. Jadi para pebisnis makan bisa berjualan menu di alamnya. Atau istilah lainnya adalah menjadi partner. 

Jika berhasil menjadi merchant Shopee food,maka bukan tidak mungkin jika Romo makanan yang miliki akan memiliki banyak pelanggan. Meski sistem yang digunakan nantinya adalah pembelian secara online. Namun setidaknya akan mendapatkan banyak pelanggan baru. 

Namun dengan menjadi partner dari Shopee food, maka dengan kata lain harus tunduk dengan segala peraturan yang ditetapkan oleh pihak Shopee seperti salah satunya adalah  potongan komisi. Potongan komisi ini adalah sebesar 20% per satu makanan yang terjual. 

Persyaratan yang Dibutuhkan Untuk Berjualan di Shopee

Seperti yang telah disinggung, bahwa untuk bisa berjualan di Shopee food maka harus mempersiapkan segala persyaratan yang ditetapkan. Dengan begini cara jualan di shopee food yang akan dilakukan dapat berhasil. Berikut adalah ulasan lengkapnya. 

1. Persyaratan Untuk Usaha Individu atau Perorangan 

Jadi di Shopee food sendiri membagi dua jenis usaha, salah satunya adalah usaha perseorangan atau individu. Jadi ini merupakan usaha-usaha yang baru mulai atau masih belum besar. Berikut adalah persyaratannya:

  • Persyaratan pertama adalah kartu tanda pengenal, atau berupa KTP namun juga bisa menggunakan KITAS. 
  • Lalu untuk persyaratan kedua adalah surat NPWPD.
  • Pemilik usaha yang ingin mendaftarkan usahanya di Shopee food juga harus menyiapkan berkas berupa SPPKP atau yang merupakan surat pengukuhan pengusaha kena pajak. 
  • Persyaratan terakhir adalah foto buku tabungan, tentunya buku tabungan pribadi. 

2. Persyaratan Untuk Usaha yang Sudah Terdaftar di Badan Hukum 

Jika yang akan mendaftar merupakan sebuah PT atau usaha yang sudah terdaftar di badan hukum, maka persyaratannya pun sedikit berbeda. Dokumen atau berkas yang harus dipersiapkan pun lebih banyak. Jadi mari simak beberapa persyaratannya. 

  • Pertama adalah berupa kartu identitas bisa berupa KTP ataupun berupa Kitas. 
  • Selain itu, pemilik usaha juga harus menyiapkan berkas berupa NPWP.
  • Lalu persiapkan juga SIUP atau jika tidak punya maka bisa siapkan TDUP. 
  • Kemudian lengkapi juga TDP atau bisa juga menggunakan NB. 
  • Karena ini merupakan usaha yang sudah terdaftar di badan hukum, maka persiapkan juga akta pendirian usaha. 
  • Persyaratan berikutnya adalah surat keterangan domisili saat itu dan juga foto buku tabungan. 

Cara Berjualan di Shopee Food

Setelah mengetahui apa saja persyaratan untuk bisa berjualan di Shopee food, maka akan langsung dibahas poin berikutnya. Yakni tentang bagaimana cara jualan di shopee food yang dapat pengguna lakukan. Karena itu, terus simak ulasannya hingga selesai. 

  • Pertama pengguna dapat memulainya dengan masuk pada situs pendaftaran, jika tak tahu maka bisa langsung kunjungi https://help.shopee.co.id/portal/webform/67b3f1bc34d94e9ba2e9c6491ae1d281. 
  • Pada halaman tersebut, nanti akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi Shopee partner. 
  • Jika aplikasi telah terinstall, maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan pendaftaran atau pembuatan akun.
  • Selanjutnya, pengguna bisa masuk pada menu pendaftaran kemudian tentukan jenis usaha yang ingin Didaftarkan pada halaman yang tersedia. 
  • Pada tahap ini pula, nanti akan diminta beberapa dokumen sebagai persyaratan pendaftaran seperti yang sebelumnya telah disebutkan. 
  • Jika usaha tersebut termasuk PT atau CV, maka tinggal isi saja pada halaman tertera.
  • Namun jika usaha tersebut merupakan usaha perorangan maka bisa klik mulai aktivasi, jika sudah klik submit.
  • Bila semua sudah, maka langkah berikutnya adalah dengan mengatur lokasi dan detail bisnis.
  • Tapi sebelumnya pengguna juga harus pastikan bahwa domisili saat ini masih termasuk dalam wilayah operasi dari Shopee food. 
  • Jika lokasi sudah terjangkau, maka bisa berikan informasi mengenai detail usaha Sepri jam buka, jam tutup dan lain sebagainya. 
  • Bila semua sudah, maka tahap berikutnya adalah dengan menunggu verifikasi, pada tahap ini mungkin akan memerlukan waktu sekitar 1 hingga 5 hari kerja. 
  • Untuk pengecekan, bisa dilakukan melalui email yang disertakan atau bisa juga melalui aplikasi Shopee partner. 
  • Jika telah diverifikasi, maka tinggal posting menu yang ingin diperjual belikan. 
  • Pada tahap postingan ini, nanti ada beberapa persyaratan penulisan menu yang harus sesuai dengan standar dari Shopee. 
  • Apabila semua proses telah selesai, dan menu sudah berhasil di post, maka tinggal tunggu ada yang meng ordernya. 

Apa Saja Keuntungan Bermitra dengan Shopee Food ?

Telah disebutkan mengenai bagaimana cara jualan di shopee food yang dapat dilakukan pada pembahasan sebelumnya. Jadi pada pembahasan ini akan diulas mengenai keuntungan jika bermitra dengan Shopee food. Berikut ulasan mengenai beberapa keuntungannya.

1. Dapat Menjangkau Pelanggan Baru 

Dengan kepopuleran Shopee, tentu bukan tidak mungkin jika nanti pelanggan baru akan semakin banyak peminatnya. Bukan tidak mungkin juga jika nanti akan mendapatkan pelanggan setia. Tentunya saat ini pun banyak yang memilih makanan delivery. 

Bagian pentingnya pengguna harus terus melakukan promosi. Karena setelah melakukan cara yang telah disebutkan di atas, bukan berarti bisa langsung lepas tanggung jawab.  Namun lakukan promosi. 

2. Langsung Terintegrasi dengan Aplikasi 

Keuntungan kedua jika bermitra dengan Shopee food adalah usaha akan terintegrasi langsung dengan Shopee. Shopee sendiri menjadi salah satu aplikasi yang banyak digemari. Jadi jangkauan pasar akan lebih luas. 

Tak hanya itu saja, sistem pembayaran yang digunakan pun melalui Shopeepay. Sehingga pembayaran seperti ini pun tergolong sangat aman. Jadi nanti bisa dicairkan melalui Shopeepay ini. 

3. Inklusif 

Keuntungan selanjutnya yang bisa menjadi keuntungan adalah inklusif. Shopee food sendiri bisa menerima pendaftaran merchant dari berbagai kalangan. Sehingga bukan hanya usaha terdaftar saja, namun pedagang kaki lima juga bisa berpartisipasi.

Dengan begini para usaha yang baru saja merintis tidak usah ragu untuk mendaftar. Namun tentu harus ketahui mengenai sistem yang digunakan oleh Shopee. Bahwa akan ada potongan sebesar 20% untuk setiap menu yang terjual. 

Demikian adalah ulasan mengenai cara jualan di shopee food yang bisa pengguna coba praktekkan.  Terpenting dapat cara ini adalah untuk melengkapi segala persyaratan yang telah disebutkan. Maka dengan begitu kemungkinan besar usaha yang didaftarkan akan disetujui pihak Shopee.

Related Posts

Cara Membuat Iklan di Facebook

3 Cara Membuat Iklan di Facebook dari Mulai Berbayar Hingga Gratis

Digital marketing memang sangat perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis seperti misalnya dengan cara membuat iklan di facebook yang dapat dijadikan solusi. Lakukan iklan di platform media sosial…

Ingin Berpenghasilan dari YouTube

Ingin Berpenghasilan dari YouTube? Berikut Cara Lengkapnya

Jika dulu YouTube hanya berperan sebagai media hiburan untuk masyarakat, saat ini YouTube sudah berubah menjadi media untuk mendapat uang. Cara agar bisa berpenghasilan dari YouTube juga…

Fungsi Digital Marketing

Apa Saja Fungsi Digital Marketing? Simak Penjelasannya!

Mungkin sudah tak asing dengan kata digital marketing, namun apakah tahu apa saja fungsi digital marketing ini? Digital marketing sendiri merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam…

cara mencari suplier di shopee

7 Cara Mencari Suplier di Shopee Termurah dan Terpercaya

Terdapat cukup banyak cara mencari suplier di shopee yang bisa diterapkan oleh penggunanya. Namun sebelum itu, penting untuk mengetahui tentang apa itu shopee. Shopee adalah salah satu…

tips jualan online di whatsapp

Tips Jualan Online di WhatsApp untuk Jangka Panjang

Berbisnis online sedang menjadi primadona di era kecanggihan teknologi, misalnya melalui WA. Tips jualan online di WhatsApp penting untuk diketahui, sehingga bisa menjalankan usaha tersebut dengan maksimal….

Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop

Artikel diperbarui pada 29 April 2022. Cara membatalkan pesanan di tiktok shop – Kali ini, akan dibahas tentang informasi yang kemungkinan besar di cari-cari oleh banyak orang….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is registered on wpml.org as a development site.