Cara Top Up Gopay BCA Lewat ATM, M-Banking dan Lainnya

Cara Top Up Gopay BCA Lewat ATM - Saat ini, sudah banyak masyarakat yang menggunakan dompet digital (e-wallet), salah satunya Gopay. Pasalnya, bertransaksi dengan e-wallet sangat mudah, terutama saat belanja via online.

Semakin maraknya penggunaan e-wallet, maka proses top up atau pengisian saldo pun menjadi lebih mudah. Kini, Anda bisa melakukan top up Gopay melalui BCA dengan berbagai cara, baik itu melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking, hingga BCA OneKlik.

Bagi Anda yang ingin tahu cara top up Gopay BCA lewat ATM dan metode lainnya, maka bisa simak ulasan berikut.

Sekilas Mengenai BCA

BCA atau Bank Central Asia merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia dengan kapitalisasi pasar tertinggi di ASEAN pada tahun 2019. Nilai kapitalisasi pasar BCA mencapai USD46,017 miliar atau setara dengan Rp644,24 triliun dalam kurs Rp14.000 per USD.

Hal itu berhasil menjadi prestasi yang meningkatkan citra BCA. Pasalnya, BCA mampu menyalip The Development Bank of Singapore (DBS) atau bank DBS asal Singapura yang sempat berada di peringkat atas se-ASEAN dari sisi penguasaan pangsa pasar (market share).

Pencapaian BCA itu memberikan sinyal positif, terutama dalam peningkatan profil di dalam negeri. BCA kian populer karena menghadirkan banyak layanan baru yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi, salah satunya layanan top up ke Gopay.

Dengan adanya layanan tersebut, nasabah BCA tidak perlu top up ke tempat lain. Sebab, top up Gopay BCA kini bisa dilakukan dengan mudah via ATM, M-Banking, Internet Banking maupun OneKlik.

Sekilas Mengenai Gopay

Gopay merupakan layanan e-money atau e-wallet yang terdapat dalam aplikasi Gojek Indonesia. Layanan e-money ini bisa Anda gunakan untuk pembayaran semua fitur Gojek, mulai dari GoFood, GoCar, GoRide, GoSend, pembelian pulsa dan pembayaran tagihan, hingga transaksi tunai maupun non tunai di merchant.

Menariknya, gopay sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan terkini yang menjamin semua data serta transaksi pengguna selalu aman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau data yang dimasukkan akan tersebar ke pihak tidak bertanggung jawab. Sebab, Gopay sudah melindungi semua data Anda yang dimasukkan tersebut.

Fitur Utama Gopay

Ada beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Gopay, yaitu:

1. Patungan Lewat Fitur Chat

Gopay kini memiliki fitur baru bernama patungan gampai pakai Gopay dengan fitur chat. Fitur ini memudahkan Anda dalam urusan bayar membayar saat berkumpul bersama teman atau saudara.

2. Gopay Diary

Fitur Gopay Diary merupakan rekapan transaksi gopay Anda selama satu bulan supaya bisa melihat riwayat penggunaan Gopay berdasarkan layanan Gojek. Pengguna Gopay yang melakukan transaksi setidaknya satu kali dalam sebulan akan mendapatkan Gopay Diary melalui email.

Supaya Anda bisa mendapatkan fitur ini, pastikan untuk melakukan verifikasi email via aplikasi Gojek, ya.

3. Layanan Pembayaran Gopay

Ada banyak layanan pembayaran Gopay yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi Gojek, mulai dari GoRide, GoFood, GoCar, GoSend, GoShop, GoLife, Gobox, pembayaran merchant secara online maupun offline, serta pembayaran tagihan (GoPulsa dan GoBills).

4. Sistem Keamanan

Gopay memiliki beragam rangkaian sistem keamanan yang akan membantu data, saldo, serta transaksi Anda terlindungi dengan aman.

Beberapa keamanan yang ada pada Gopay, seperti PIN Gopay, kode OTP, perlindungan ekstra untuk saldo Gopay dan PayLater dengan jaminan saldo kembali jika ada kehilangan karena aktivitas mencurigakan di luar kendali khusus, serta halaman bantuan pada menu Gopay.

Anda dapat memanfaatkan semua fitur utama dari Gopay supaya transaksi online menjadi semakin aman dan praktis.

Cara Registrasi Gopay

Apabila Anda tertarik untuk memiliki akun Gopay, maka bisa segera melakukan registrasi dengan cara berikut:

  • Download aplikasi Gojek di Play Store maupun App Store terlebih dahulu
  • Kalau sudah terinstal di HP, Anda bisa membuka aplikasinya, lalu klik Gopay.
  • Lengkapi data pribadi yang diminta dan upgrade Gopay ke Gopay Plus supaya Anda bisa menggunakan semua fitur Gopay dengan mudah.

Keuntungan Upgrade Akun ke Gopay Plus

Layanan e-money dari Gopay tentu saja memiliki banyak keuntungan, terutama bagi Anda yang sudah melakukan upgrade akun ke Gopay Plus.

Berikut ada beberapa keuntungan upgrade akun ke Gopay Plus yang bisa Anda dapatkan:

1. Limit Lebih Besar

Jika akun Gopay Anda sudah di upgrade ke Gopay Plus, Anda akan mendapatkan limit penyimpanan yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Limit saldo Gopay akan bertambah menjadi Rp10.000.000, lho. Menarik sekali, bukan?

2. Bisa Transfer ke Rekening Bank

Dengan menggunakan akun Gopay Plus, Anda dapat melakukan transfer ke semua rekening bank hanya dalam hitungan menit. Hanya saja, proses transfer dari saldo Gopay ke rekening bank ini membutuhkan biaya admin sebesar Rp2.500 per transaksi.

Meskipun begitu, hal ini cukup bermanfaat karena jika akun Gopay tidak Anda upgrade, maka tidak bisa melakukan transfer ke rekening bank.

3. Ada Banyak Promo Eksklusif

Dengan menggunakan Gopay Plus, Anda berkesempatan untuk mendapatkan banyak promo eksklusif. Tentunya, setiap promo yang ditawarkan sangat berguna untuk transaksi. Misalnya, potongan harga atau diskon, promo gratis ongkir pengiriman GoFood, cashback dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi, setiap promo eksklusif akan ditawarkan dalam jangka waktu panjang setiap bulannya. Jadi, Anda dapat memilih promo tersebut sesuai kebutuhan masing-masing.

4. Proteksi Ekstra untuk Saldo Gopay

Keuntungan menggunakan Gopay Plus berikutnya adalah mendapatkan proteksi ekstra untuk melindungi saldo Gopay Anda. Maksudnya, jika Anda mendapatkan aktivitas mencurigakan dan kehilangan saldo di luar kendali, maka saldo tersebut bisa kembali lagi ke akun Anda.

5. Bisa Kirim Saldo Gopay

Saat menggunakan Gopay Plus, Anda bisa saling kirim saldo Gopay ke sesama pengguna Gopay lainnya. Cara kirimnya pun sangat mudah, cukup masukkan nomor HP Gopay milik pengguna Gopay lainnya, lalu kirimkan saldo tersebut.

Hanya dalam hitungan detik, saldo Gopay yang Anda kirimkan akan langsung masuk ke akun penerima. Tentunya, fitur ini sangat disukai pengguna Gopay karena praktis dan tidak sulit saat menggunakannya.

6. PayLater

Gopay Plus menawarkan fitur PayLater yang membantu Anda untuk beli sekarang, lalu bayar nanti. Batas waktu yang diberikan adalah selama satu bulan dan maksimal pembayaran tagihan adalah tanggal 5 di bulan berikutnya.

Adapun limit PayLater yang diberikan kepada pengguna Gopay Plus minimal 100 ribu dan maksimal 700 ribu.

Cara Daftar Gopay Plus

Jika Anda tertarik untuk upgrade akun ke Gopay Plus, maka bisa ikuti cara-cara berikut:

  • Cara pertama, Anda bisa masuk ke aplikasi Gojek, lalu klik menu “Gopay” dan pilih “Lainnya”.
  • Klik “Upgrade ke Gopay Plus, gratis!” yang ada disana.
  • Selanjutnya, Anda bisa pilih “Upgrade sekarang” supaya bisa melanjutkan proses daftar Gopay Plus tersebut.
  • Ambil foto KTP (Kartu Identitas Penduduk) yang Anda miliki dengan jelas.
  • Kalau sudah, Anda bisa langsung mengambil foto wajah (selfie) bersama KTP dengan jelas dan sesuai ketentuan yang diberikan.
  • Jika semua dokumen yang diminta telah Anda isi dengan baik, maka bisa langsung klik “Kirim Dokumen”.
  • Anda bisa menunggu proses verifikasi selama 1x24 jam
  • Jika Anda ingin melihat status upgrade akun, maka bisa cek menu “Lainnya” dan pilih pengaturan.

Apabila upgrade akun Gopay Plus telah aktif, Anda bisa langsung memakai akunnya untuk segala jenis transaksi. Semua fitur dan keuntungan yang dijelaskan sebelumnya bisa Anda gunakan dengan praktis.

Sehingga, transaksi e-money pun menjadi semakin mudah, baik untuk pembayaran online maupun offline. Bahkan, Anda tidak perlu khawatir saldo Gopay yang tersimpan dalam akun hilang atau sejenisnya, ya.

Soalnya, akun Gopay sudah terlindungi dengan baik, beserta data-data yang Anda masukkan sebelumnya ke dalam aplikasi.

Berapa Minimal dan Maksimal Top Up Gopay BCA Lewat ATM?

Bagi Anda yang ingin top up Gopay dari BCA, pastikan untuk mengetahui jumlah minimal dan maksimal top up-nya.

Minimal top up Gopay dari BCA adalah sebesar Rp10 ribu. Sementara untuk maksimal top up tergantung apakah Anda sudah upgrade akun Gopay atau belum.

kalau belum upgrade akun Gopay, maka maksimal top up adalah Rp1 juta, tetapi jika sudah upgrade akun ke Gopay Plus, maka maksimal top up adalah Rp10 juta.

Sementara itu, biaya top up Gopay dari BCA, baik itu melalui ATM, M-Banking, Internet Banking maupun OneKlik akan dikenakan biaya admin sebesar Rp1000 per transaksi.

Saldo yang telah masuk ke akun Gopay bisa tersimpan tanpa batas dan tanpa ada biaya admin per bulan. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin menyimpan uang di Gopay sebagai dompet digital.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal biaya admin karena akun Gopay tidak akan menerapkan sistem biaya admin per bulan.

Syarat Top Up Gopay BCA Lewat ATM dan Metode Lainnya

Bagi Anda yang ingin top up Gopay dari BCA, maka pastikan untuk mengetahui syarat-syaratnya dulu supaya transaksi bisa berjalan dengan lancar.

Adapun syarat top up Gopay BCA lewat ATM dan metode lainnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Saldo BCA Mencukupi

Sebelum mulai top up Gopay dari BCA, pastikan Anda mengecek saldo di rekening BCA terlebih dahulu. Tujuannya supaya proses top up dapat dilakukan dengan mudah tanpa ada masalah apapun.

Kalau saldo BCA yang Anda miliki tidak cukup, maka proses top up pun menjadi terhambat.

2. Catat Kode Top Up Gopay untuk BCA

Jika ingin top up Gopay lewat BCA, Anda harus mengetahui kode top up-nya terlebih dahulu. Sebab, proses top up atau isi saldo dari rekening BCA akan dilakukan melalui menu Virtual Account.

Sehingga, Anda harus tahu kode top up Gopay yang akan digunakan pada BCA. Adapun kode top up Gopay lewat BCA adalah 70001 + No HP Gopay.

3. Catat Nomor HP Gopay yang Akan Diisi Saldo dari BCA

Setelah mengetahui kode top up Gopay yang ditentukan untuk BCA, kini saatnya Anda mencatat nomor HP Gopay yang akan diisi saldo. Pastikan Anda mencatat dengan benar dan tidak keliru satu angka pun.

Pasalnya, kesalahan sedikit pun akan membuat proses top up Gopay lewat BCA menjadi terkendala nantinya.

Jika sudah mengikuti semua persyaratan tersebut, kini saatnya Anda mulai mencoba cara top up Gopay BCA lewat ATM dan metode lainnya dengan langkah-langkah yang sudah tersedia berikut.

Cara Top Up Gopay BCA Lewat ATM

Bagi Anda yang ingin melakukan top up Gopay dari BCA lewat ATM, maka bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama, Anda bisa mengunjungi ATM BCA terdekat dengan tempat tinggal
  • Jika sudah berada di ATM BCA, Anda dapat memasukkan kartu ATM ke mesin BCA tersebut.
  • Selanjutnya, masukkan PIN ATM BCA dengan benar, lalu pilih “Bahasa Indonesia” supaya mudah dimengerti.
  • Pilih menu “Transfer” dan klik “BCA Virtual Account”.
  • Anda dapat memasukkan kode perusahaan untuk Gojek, yaitu 70001 serta nomor HP yang sudah terdaftar dalam akun Gopay, misalnya 700010897654xxxx.
  • Masukkan jumlah top up Gopay yang akan Anda isi dan klik “OK”.
  • Nantinya, akan muncul pemberitahuan mengenai rincian transaksi Anda, lalu Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp1000 untuk setiap transaksi.
  • Kalau setuju, Anda bisa klik “OK” dan tunggu sampai transaksi beres, lalu akan keluar struk transaksi top up Gopay dari ATM BCA tersebut.

Cara Top Up Gopay BCA Lewat M-Banking (BCA Mobile)

Selain lewat ATM, Anda juga bisa top up Gopay lebih praktis melalui m-banking BCA atau BCA, yaitu m-BCA. Anda dapat mengunduh aplikasi m-BCA secara gratis melalui Play Store dan App Store terlebih dahulu. Kalau verifikasi m-BCA telah berhasil, maka proses top up saldo Gopay pun akan bisa segera Anda lakukan.

Berikut beberapa cara top up Gopay BCA lewat m-Banking atau m-BCA, yaitu:

  • Pastikan akun m-BCA sudah terpasang pada HP dan sudah diverifikasi oleh pihak BCA.
  • Silakan login ke dalam aplikasi m-BCA, lalu pada halaman utama, Anda bisa pilih menu “M-Transfer”.
  • Jika sudah, klik opsi “BCA Virtual Account” dan masukkan kode virtual akun Gopay milik Anda.
  • Selanjutnya, masukkan jumlah nominal angka yang akan Anda top up ke akun Gopay dari BCA.
  • Kalau sudah, Anda dapat memasukkan PIN BCA dan selesai. Akun Gopay pun sudah terisi oleh saldo yang Anda top up barusan.

Sama seperti top up melalui ATM BCA, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp1000 untuk setiap transaksi yang dilakukan ke akun Gopay. Jadi, pastikan saldo Anda mencukupi untuk biaya transaksinya juga, ya.

Cara Isi Saldo Gopay via Internet Banking BCA

Cara isi saldo gopay BCA juga bisa dilakukan melalui internet banking. Adapun cara-cara yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, Anda harus login ke Klik BCA terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama, Anda dapat memilih menu “Fund Transfer” dan pilih “Transfer to BCA Virtual Account”.
  • Masukkan kode virtual akun Gopay milik Anda, yaitu 70001+No HP Gopay.
  • Kalau sudah, Anda dapat memasukkan jumlah nominal saldo yang akan di top up ke akun Gopay.
  • Ikuti proses transaksi berikutnya sesuai dengan perintah yang diberikan sampai Anda mendapatkan struk atau resi transaksi.

Jika top up saldo BCA lewat internet banking telah berhasil, Anda dapat mengeceknya ke dalam akun Gopay dan saldo pun sudah pasti akan bertambah.

Cara Top Up Gopay BCA via OneKlik

Layanan BCA OneKlik juga menyediakan top up ke berbagai e-money, termasuk Gopay. Para pengguna dapat menggunakan layanan ini secara mudah dan praktis tanpa perlu antre di ATM. Cukup dengan koneksi internet yang stabil, maka proses transaksi top up Gopay pun dijamin sukses.

Berikut cara top up Gopay BCA via OneKlik yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  • Silakan Anda masuk ke BCA OneKlik terlebih dahulu.
  • Anda akan berada di halaman pertama OneKlik, dikarenakan Anda akan isi top up Gopay, maka bisa pilih “Isi Saldo”, lalu klik “Tab Instan”.
  • Selanjutnya, Anda bisa memasukkan nominal jumlah saldo yang akan diisi. Pastikan untuk menuliskannya dengan benar dan tidak keliru, ya.
  • Kalau sudah, Anda akan diminta untuk memilih kartu BCA yang akan digunakan untuk top up saldo Gopay tersebut.
  • Setelah berhasil memilih, selanjutnya klik “Lanjut” dan lakukan konfirmasi pembayaran dengan cara klik “Konfirmasi & Bayar”.
  • Masukkan PIN Gopay yang Anda miliki dengan benar dan tepat.
  • Jika saldo telah berhasil masuk ke akun Gopay, maka Anda akan menerima notifikasi pada saat itu juga.

Cara top up Gopay lewat BCA OneKlik ini memang sangat mudah dan praktis, bukan? Anda cukup klik beberapa menu saja dan saldo pun akan masuk ke dalam akun Gopay.

Cara Top Up Gopay BCA Lewat Blu BCA

Blu by BCA Digital merupakan layanan aplikasi terbaru yang diluncurkan oleh BCA. Aplikasi ini sangat digandrungi, terutama oleh kalangan muda karena mudah digunakan serta memiliki tampilan yang fresh.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan top up ke berbagai e-money maupun dompet digital sepuasnya tanpa ada biaya admin, termasuk saat ingin top up ke akun Gopay.

Nah, jika Anda ingin tahu cara top up Gopay BCA lewat Blu BCA, maka bisa ikuti caranya berikut:

  • Pastikan Anda sudah mengunduh dan mendaftar ke aplikasi Blu by BCA Digital, kalau sudah silakan masuk ke aplikasinya saat itu juga.
  • Klik logo smartphone yang berada di bagian bawah tengah, lalu klik menu “Top Up E-Money”.
  • Setelah itu, Anda dapat memilih e-money yang akan di top up, yaitu Gopay.
  • Masukkan juga nomor HP Gopay yang Anda gunakan.
  • Pilih nominal top up yang akan Anda isi, yaitu mulai dari Rp20 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp150 ribu, Rp250 ribu sampai Rp500 ribu.
  • Kalau sudah berhasil memasukkan nominal top up, Anda bisa lakukan konfirmasi dengan klik “Bayar”.
  • Masukkan PIN Blu BCA dan tunggu sampai proses transaksi berhasil.

Jika transaksi top up Gopay dari Blu BCA telah berhasil, Anda dapat langsung mengecek akun Gopay dan lihat saldonya apakah sudah bertambah atau belum.

FAQS - Cara Top Up Gopay BCA Lewat ATM

Apakah bisa top up Gopay di ATM BCA?

Bisa. Anda hanya perlu datang ke ATM BCA, lalu ikuti petunjuk top up Gopay-nya secara mudah.

Berapa biaya top up Gopay lewat ATM BCA?

Anda akan dikenakan biaya admin top up Gopay sebesar Rp1000 per transaksi.

Apakah uang di Gopay bisa hangus?

Tidak ada batasan masa berlaku saldo gopay, sehingga uang Anda tidak akan hangus walau disimpan dalam jangka waktu lama.

Berapa maksimal simpan uang di Gopay?

Bagi pengguna yang belum upgrade akun Gopay, maksimal menyimpan uang adalah sebesar Rp20 juta, sementara untuk pengguna yang sudah upgrade ke Gopay Plus, maka limit menyimpan uang sebesar Rp40 juta.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url