Cara Cek Mutasi di ATM BCA Lewat HP Termudah

Cara cek mutasi di ATM BCA lewat HP - Bank BCA kini sudah memberikan pelayanan yang dapat mempermudah nasabah untuk mengakses perbankan kapan dan dimana saja. Salah satu layanan yang diberikan pihak BCA kepada nasabah adalah layanan cek mutasi rekening melalui HP.

Dengan adanya layanan ini, Anda tidak perlu datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk mengecek mutasi lagi, lho. Sebab, semuanya bisa dilakukan secara online melalui HP. Anda hanya membutuhkan koneksi internet stabil dan aplikasi yang sudah disediakan oleh pihak BCA.

Jika ingin tahu lebih banyak terkait cara cek mutasi di ATM BCA lewat HP, maka bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening merupakan riwayat atau catatan transaksi yang ada pada tabungan bank, dimana menunjukkan aktivitas dana masuk serta dana keluar.

Dalam mutasi rekening, Anda bisa melihat jelas kapan uang masuk ke rekening, kemana Anda mentransfer uang, serta berapa sisa saldo yang Anda miliki.

Tentunya, mutasi sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk bukti transaksi dan alat pelengkap kepengurusan administrasi, misalnya syarat pengajuan visa, pinjaman atau cicilan.

Berkat perkembangan zaman yang semakin pesat, kini Anda bisa cek mutasi rekening di ATM BCA lewat HP secara mudah dan praktis. Anda dapat mengecek secara online, tanpa perlu pergi ke kantor cabang BCA terdekat.

Selain itu, mengecek secara online bisa Anda lakukan kapan dan dimana saja, tanpa perlu mengantri atau menunggu lama. Sehingga, segala proses yang membutuhkan mutasi rekening bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Format Pengecekan Mutasi Rekening

Sebenarnya, format pengecekan mutasi rekening setiap bank itu berbeda-beda, namun beginilah format secara umum:

  • Nama pemilik akun atau rekening bank
  • Saldo yang mengendap
  • Tanggal dan bulan periode dari rekening bank
  • Nilai transaksi
  • Tipe transaksi
  • Nama bank
  • Tanggal transaksi dilakukan
  • Uraian transaksi
  • Nomor rekening

Fungsi Mutasi Rekening

Berikut ini ada beberapa fungsi mutasi rekening yang bisa Anda ketahui, yaitu:

1. Untuk Mengajukan Visa

Saat ingin jalan-jalan atau pergi ke luar negeri, beberapa negara menerapkan kebijakan untuk warga asing supaya memiliki visa saat berkunjung ke negara tersebut.

Saat mengajukan permohonan membuat visa, Anda akan diminta beberapa persyaratan, salah satunya bukti dana yang cukup dengan melampirkan mutasi rekening.

Tujuannya untuk jaminan bahwa Anda memiliki uang yang cukup saat berkunjung ke sebuah negara tertentu. Tak hanya melampirkan mutasi rekening selama kurun waktu 3 hingga 6 bulan terakhir, proses pembuatan visa pun membutuhkan lampiran SPT PPh21, slip gaji hingga surat PBB.

2. Sebagai Bukti Transaksi

Mutasi rekening juga bisa dijadikan sebagai bukti transaksi keuangan supaya tidak ada kesalahpahaman yang menjadi perselisihan dengan pihak lain.

Misalnya, ketika Anda membeli barang secara online serta diharuskan membayar sejumlah uang, Anda bisa melampirkan bukti mutasi rekening sebagai bukti bahwa Anda telah membayar.

Sehingga, barang yang Anda pesan bisa langsung diproses serta dikirimkan ke alamat bersangkutan.

Selain itu, mutasi rekening juga bisa dijadikan sebagai bukti agar terhindar dari segala macam penipuan. Misalnya, seseorang berkata kepada Anda bahwa telah transfer sejumlah uang ke rekening milik Anda. Namun, ketika dicek tidak ada riwayat uang masuk ke dalam rekening, sehingga dipastikan bahwa itu merupakan tindakan penipuan.

3. Syarat untuk Mengajukan Pinjaman atau Cicilan

Fungsi mutasi rekening bank berikutnya adalah sebagai salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman atau cicilan. Salah satunya ketika Anda hendak mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), hingga kredit kendaraan.

Data ini akan memudahkan pihak bank untuk melihat adanya alur keuangan pada rekening yang dimiliki, sehingga mampu mempermudah proses pengajuan nantinya.

Tanpa adanya mutasi rekening, biasanya proses pengajuan pinjaman atau cicilan akan terasa sulit. Jadi, pastikan Anda memiliki rekening bank dengan mutasi rekening yang aktif.

5+ Cara Cek Mutasi di ATM BCA Lewat HP

Ada banyak cara cek mutasi di ATM BCA lewat HP yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Dari banyaknya cara yang tersedia, Anda dapat memilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah serta praktis.

Berikut beberapa cara cek mutasi di ATM BCA lewat HP yang bisa Anda ikuti, yaitu:

Cara cek Mutasi di ATM BCA

Apabila Anda ingin mengecek mutasi rekening di ATM BCA, maka cara-cara yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Pergi ke ATM Terdekat

Cara cek mutasi di ATM BCA pertama adalah Anda bisa pergi ke ATM BCA terdekat dengan tempat tinggal.

2. Masukkan Kartu ATM BCA

Jika sudah berada di depan mesin ATM BCA, Anda bisa memasukkan kartu ATM BCA yang dimiliki ke dalam mesin.

Pilih bahasa yang akan digunakan, apakah “Bahasa Inggris” atau “Bahasa Indonesia”. Supaya proses transaksi dapat berjalan lancar, maka bisa pilih “Bahasa Indonesia” saja.

Kalau sudah memilih bahasa, Anda bisa memasukkan PIN ATM BCA dan jangan sampai salah angka, ya.

3. Mulai Pengecekan Mutasi Rekening

Setelah itu, Anda dapat memilih opsi “Transaksi Lainnya”, kemudian klik “Menu Informasi” dan pilih “Mutasi Rekening”.

4. Keluar Struk Mutasi Rekening

Tunggu beberapa saat sampai keluar struk mutasi rekening milik Anda yang berisi data lima transaksi terakhir.

Cara Cek Mutasi di BCA Mobile Lewat HP

Apabila Anda ingin mengecek mutasi rekening melalui HP tanpa perlu pergi ke ATM BCA, maka bisa melalui BCA Mobile. Namun, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi BCA Mobilenya, yaitu M-Banking BCA.

Anda dapat mengunduhnya BCA Mobile ini melalui Play Store maupun App Store terlebih dahulu. Kalau sudah, maka bisa ikuti cara cek mutasi di BCA Mobile lewat HP berikut:

  • Pertama, Anda bisa membuka aplikasi BCA Mobile yang sudah terpasang di smartphone.
  • Klik opsi m-BCA dan masukkan kode akses yang Anda miliki, lalu klik “Login”.
  • Selanjutnya, pilih menu “m-Info” dan klik opsi “Mutasi Rekening”.
  • Anda bisa memilih “Jenis Transaksi” dan pilih periode mutasi dari tanggal berapa sampai tanggal berapa sesuai kebutuhan.
  • Kalau sudah, klik “Send” dan masukkan PIN m-BCA, terakhir klik “OK”.

Anda akan melihat riwatar transaksi sesuai tanggal yang dimasukkan. Untuk informasi mutasi rekening BCA yang muncul meliputi tanggal, bulan, nominal, jenis transaksi debit dan kredit, nama pengiriman dan masih banyak lagi.

Cara Cek Mutasi BCA Lewat SMS Banking di HP

Apabila Anda ingin cek mutasi rekening BCA melalui SMS Banking, Anda harus mengaktifkan dulu fitur SMS Banking ini dengan mendaftarkan nomor HP di ATM.

Adapun langkah-langkah aktivasi SMS Banking melalui mesin ATM, yaitu:

  • Pertama, Anda bisa memasukkan kartu ATM BCA dan memasukkan PIN terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pilih menu “Daftar E-Banking atau Autodebet”.
  • Anda dapat memilih SMS BCA, kemudian masukkan nomor ponsel milik Anda dan pastikan bahwa nomor tersebut aktif serta masih digunakan.
  • Kemudian, masukkan empat digit kode akses atau PIN SMS banking sesuai keinginan, namun pastikan PIN mudah diingat tapi memiliki keamanan yang kuat.
  • Masukkan lagi 4 digit kode akses yang sudah Anda masukkan tadi, lalu klik “Benar”.
  • Anda bisa pilih “YA” untuk menyetujui konfirmasi nomor HP yang dipilih.
  • Tunggu beberapa saat sampai mesin ATM mengeluarkan struk bukti SMS banking milik Anda sudah berhasil diaktivasi.

Kalau sudah melakukan langkah-langkah diatas, Anda bisa langsung melakukan cek mutasi rekening BCA secara mudah seperti berikut:

  • Jika ingin cek mutasi rekening BCA, Anda bisa ketik SMS dengan format: MUTASI (spasi) KODE AKSES lalu kirim ke 69888.
  • Sementara untuk cek saldo rekening BCA via SMS Banking, Anda bisa ketik SMS menggunakan format: SALDO (spasi) KODE AKSES dan kirim ke 69888.

Seperti halnya saat Anda cek mutasi melalui ATM BCA, data transaksi yang bisa diambil hanya lima transaksi terakhir serta akan dikenakan biaya tarif SMS untuk GSM sebesar Rp500 sampai Rp1.620. Sementara untuk CDMA adalah sebesar Rp400-Rp550.

Cek Mutasi Rekening BCA via Internet Banking

Layanan internet banking atau Klik BCA juga bisa Anda gunakan untuk mengecek mutasi rekening.

Namun, untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda mesti melakukan registrasi terlebih dahulu, ya. Registrasi bisa Anda lakukan di ATM BCA atau kantor cabang BCA supaya bisa mendapatkan User ID, PIN serta keyBCA.

Kalau sudah terdaftar, Anda bisa langsung menggunakan layanan Internet Banking atau KlikBCA untuk cek mutasi rekening seperti berikut:

  • Pertama, Anda bisa masuk ke website KlikBCA terlebih dahulu, kalau sudah masuk, maka bisa klik “Login”.
  • Masukkan User ID dan PIN internet Banking yang sudah terdaftar.
  • Klik menu “Informasi Rekening” dan pilih “Mutasi Rekening”.
  • Selanjutnya, isi tanggal periode mutasi rekening yang ingin Anda lihat, lalu klik “Lihat Mutasi Rekening”.
  • Nantinya, layar akan menunjukkan riwatat mutasi rekening dari transaksi yang sudah Anda pilih sesuai periode waktu.

Cara Cek Mutasi BCA via LINE Vira Secara Online

Tak hanya melalui aplikasi saja, kini nasabah BCA bisa mengecek mutasi rekening melalui aplikasi LINE, yaitu menggunakan layanan chatbot virtual bernama Vira.

Adapun cara cek mutasi BCA melalui LINE Vira ini tergolong praktis, yaitu:

  • Anda bisa masuk ke dalam aplikasi LINE yang sudah terpasang di smartphone terlebih dahulu.
  • Pastikan bahwa Anda sudah berteman dengan akun LINE resmi bank BCA.
  • Kalau sudah, Anda bisa buka chat LINE BCA, lalu mulai melakukan chat.
  • Klik menu “Perbankan”, kemudian klik “Cek Mutasi Rekening”.
  • Nantinya, Vira LINE akan menampilkan mutasi rekening milik Anda yang berisi daftar lima transaksi terakhir dari rekening BCA.

Cara Cek Mutasi ATM BCA Lebih dari 1 Tahun di HP

Untuk mengecek mutasi ATM BCA lebih dari 1 tahun di HP, Anda dapat menggunakan fitur e-statement BCA yang tersedia di BCA Mobile, SMS Banking dan Klik BCA.

Melalui fitur e-statement BCA, Anda dapat memeriksa mutasi dengan durasi waktu lebih dari 6 bulan.

Adapun cara cek mutasi rekening BCA lebih dari 1 tahun melalui internet banking atau Klik BCA, maka bisa cek langkah-langkahnya berikut:

  • Pertama, Anda bisa buka situs Klik BCA di HP masing-masing terlebih dahulu.
  • Lakukan login dengan cara memasukkan user ID dan PIN internet Banking yang Anda miliki.
  • Klik opsi menu “e-statement” yang letaknya ada di sebelah kiri layar HP.
  • Lalu, Anda bisa memilih menu “Tabungan dan Giro”, kemudian pilih rekening yang ingin Anda lihat.
  • Masukkan periode cek mutasi yang Anda inginkan.
  • Apabila ingin menyimpan rincian data mutasi, maka bisa klik “Download” supaya dapat mengunduh berkas mutasi rekening BCA sesuai periode yang telah Anda pilih.
  • Nantinya, hasil unduhan akan tersimpan pada folder perangkat elektronik milik Anda berupa berkas dengan format PDF.

Cara cek mutasi rekening periode lebih dari 1 tahun melalui HP ini cukup mudah Anda lakukan, bukan? Kini, Anda tidak perlu bingung lagi kalau diminta untuk memberikan mutasi rekening dengan periode lebih dari 6 bulan.

Sebab, Anda bisa menggunakan fitur e-statement dan melakukan pengecekan melalui internet banking atau Klik BCA.

2 Cara Hapus Mutasi BCA Lewat HP

Mutasi rekening BCA bisa Anda hapus dengan mudah melalui HP dengan bermodalkan jaringan internet yang lancar.

Sebelum mulai menghapus mutasi rekening, pastikan Anda sudah memikirkannya secara berulang kali supaya tidak menyesal nantinya.

Sebab, mutasi rekening yang sudah terhapus sulit untuk dikembalikan lagi. Jadi, Anda harus memikirkannya dengan sebaik mungkin.

Selain itu, ada beberapa ketentuan yang mesti Anda perhatikan saat memutuskan untuk menghapus mutasi BCA lewat HP, yaitu:

  • Seluruh data mutasi rekening yang Anda hapus tidak bisa dilakukan pengembalian informasi. Tetapi, nasabah masih bisa melakukan permohonan pengembalian informasi mutasi melalui pihak layanan pelanggan atau customer service.
  • Saat Anda memutuskan untuk menghapus daftar mutasi rekening BCA, berarti Anda siap menghapus seluruh data tentang transaksi yang terdapat pada nomor rekening tersebut.
  • Pihak BCA tidak bertanggung jawab atas penghapusan mutasi rekening yang dilakukan pihak nasabah.

Setelah mengetahui ketentuan hapus mutasi rekening BCA, Anda bisa langsung cek beberapa cara hapus mutasi BCA berikut ini.

Cara Hapus Mutasi BCA di BCA Mobile

Bagi Anda yang ingin menghapus mutasi rekening melalui BCA Mobile, maka bisa cek langkah-langkahnya berikut ini:

  • Silakan buka aplikasi BCA Mobile yang sudah terpasang di smartphone Anda masing-masing.
  • Selanjutnya, pilih menu “m-BCA” yang terdapat pada tampilan awal.
  • Kemudian, masukkan kode akses BCA Mobile yang Anda miliki.
  • Jika lampu indikator yang letaknya ada di sebelah pojok kanan aplikasi sudah berubah warna dari biru menjadi hijau, maka bisa klik menu “m-Admin”.
  • Scroll ke bawah sampai Anda menemukan menu “Hapus Daftar”.
  • Selanjutnya, klik salah satu opsi hapus mutasi rekening yang Anda inginkan.
  • Nantinya, seluruh data mutasi rekening BCA akan ditampilkan, Anda bisa menandainya dengan mencentang daftar mutasi rekening yang akan dihapus tersebut.
  • Kalau sudah terpilih semua daftar mutasi rekening yang ingin Anda hapus, selanjutnya langsung klik “Delete”.
  • Sebelum proses menghapus mutasi rekening dilakukan, Anda akan mendapatkan konfirmasi berupa nama, nomor rekening sampai nama bank.
  • Periksa informasi yang ditampilkan secara teliti dan kalau sudah sesuai, Anda bisa klik opsi “OK”.
  • Terakhir, masukkan PIN m-BCA milik Anda dan selesai, proses penghapusan mutasi rekening pun telah dilakukan dengan baik.

Cara Hapus Mutasi BCA di Internet Banking

Selain menghapus mutasi rekening BCA melalui mobile banking, Anda juga bisa melakukan proses penghapusan mutasi melalui Internet Banking atau Klik BCA.

Adapun cara hapus mutasi BCA di Internet Banking yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Anda bisa mengunjungi laman Klik BCA melalui Chrome di HP masing-masing.
  • Setelah itu, klik “Login” yang berada di bagian pojok kanan bawah.
  • Kemudian, masukkan nama dan kata sandi internet BCA yang Anda ketahui.
  • Lalu, pilih menu “Administrasi” yang letaknya ada dibagian pojok kiri bawah.
  • Selanjutnya, klik “Hapus Daftar Rekening” yang ada pada bagian menu.
  • Pilih daftar riwayat transfer atau mutasi rekening yang ingin Anda hapus.
  • Kalau sudah semuanya, klik “Kirim” dan berikan tanda centang pada nama atau nomor rekening yang akan Anda hapus mutasinya.
  • Terakhir, klik “Proses” yang letaknya ada di bagian pojok kanan bawah dan selesai, proses penghapusan mutasi rekening pun berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Beberapa cara cek mutasi di ATM BCA lewat HP di atas bisa Anda pilih salah satunya untuk dicoba sendiri. Dengan proses pengecekan melalui HP, Anda tidak perlu pergi ke kantor cabang BCA terdekat dan tidak perlu antri lama, ya.

Sebab, proses cek mutasi melalui HP bisa Anda lakukan hanya dalam hitungan detik. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengecek mutasi rekening BCA dengan waktu lebih dari 1 tahun.

Pasalnya, aplikasi Mobile Banking dan Internet Banking sudah menyediakan layanan e-statement yang bisa digunakan untuk cek mutasi rekening dengan waktu tempo lebih dari 1 tahun.

Kalau Anda ingin menghapus mutasi rekening pun bisa dilakukan dengan mudah, lho. Tinggal ikuti cara-cara diatas dan mutasi pun akan terhapus. Namun, Anda tidak bisa mengembalikannya kembali, kecuali meminta langsung kepada pihak CS BCA.

Oleh karena itu, jika ingin menghapus mutasi rekening BCA, pastikan Anda sudah memikirkannya dengan baik supaya tidak menyesal nantinya.

Q&A - Cara Cek Mutasi di ATM BCA Lewat HP

Apakah di ATM BCA bisa melihat mutasi rekening?

Bisa, Anda hanya perlu datang ke mesin ATM BCA, lalu masukkan kartu BCA dan PIN, pilih bahasa, lalu klik “Mutasi Rekening” dan struk berisi informasi mengenai mutasi pun akan keluar.

Berapa lama tempo waktu mutasi ATM BCA di Mobile Banking?

Anda dapat melihat mutasi rekening BCA melalui mobile banking dengan periode maksimum 31 hari.

Apakah bisa cek mutasi 3 bulan terakhir di rekening BCA?

Bisa, Anda dapat menggunakan fitur e-statement BCA yang memudahkan nasabah dalam mengecek mutasi lebih dari 3 bulan dan 6 bulan.

Apa perbedaan mutasi rekening dan rekening koran?

Mutasi rekening hanya menampilkan informasi singkat mengenai transaksi yang telah dilakukan nasabah, sementara rekening koran akan menampilkan informasi keseluruhan terkait setiap transaksi.

Apa arti D dan K di mutasi rekening?

D merupakan singkatan dari Debit yang menandakan bahwa ada uang masuk. Sementara K adalah singkatan Kredit yang menandakan uang keluar.

Apakah melakukan cek mutasi akan dikenakan biaya?

Cek mutasi melalui internet banking dan mobile banking tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Namun, jika Anda mengeceknya melalui SMS Banking, maka akan dikenakan biaya untuk kirim SMS-nya.

Bisakah menghapus mutasi rekening BCA?
Bisa, Anda dapat melakukannya melalui aplikasi mobile banking dan internet banking atau Klik BCA.

Cetak rekening koran harus minta ke siapa?

Anda bisa mengunjungi kantor cabang BCA terdekat, lalu temui CS bertugas dan katakan bahwa Anda ingin mencetak rekening koran.

Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url